Sponsors Link

14 Cara Mengobati Kista Ovarium Secara Alami dan Ampuh

Sponsors Link

Kista ovarium adalah sebuah kantung yang berisi cairan dan berkembang pada bagian dalam atau luar ovarium. Kista ovarium bisa terjadi pada salah satu bagian ovarium atau berkembang pada kedua bagian ovarium. Semua wanita bisa terkena kista ovarium dan ini adalah proses yang sangat alami sehingga tidak dianggap sebagai bagian penyakit reproduksi. Kista ovarium juga bisa terjadi selama masa menjelang menopause atau ketika masih usia subur. Kista ovarium biasanya jinak namun beberapa juga bisa berkembang menjadi kanker. Kondisi ini sering menyebabkan gejala adanya kista di rahim yang sering tidak disadari. Namun beberapa wanita juga bisa merasakan berbagai keluhan seperti penyebab nyeri haid berlebihan, penyebab haid tidak teratur, nyeri buang air besar, sakit saat  berhubungan intim dan tekanan pada bagian kandung kemih. Beberapa penderita kista ovarium juga bisa mengalami kesulitan hamil karena menjadi penyebab kemandulan. (baca: kista bisa hamil – terapi kesuburan)

ads

Mengapa Kista Ovarium harus Diobati?

Beberapa wanita yang menderita kista ovarium bisa sembuh sendiri dan tidak memerlukan perawatan. Namun beberapa juga kista ovarium juga harus diobati, dengan beberapa alasan seperti:

  1. Ukuran kista yang terus membesar sehingga dikhawatirkan bisa menurunkan kesuburan dan mempengaruhi organ reproduksi yang lain.
  2. Bentuk dan warna kista yang menunjukkan gejala komplikasi kista ovarium.
  3. Kista ovarium terbentuk selama proses menjelang menopause dan selama menopause sehingga meningkatkan resiko kista menjadi kanker ovarium. Ini menjadi bahaya kista yang harus segera di atasi sejak awal muncul gejala kista.
  4. Kista ovarium terjadi ketika penderita juga mengalami komplikasi kesehatan yang lain.
  5. Kondisi hamil dengan kista dan miom sering menjadi penyebab janin yang meninggal dalam kandungan atau penyebab keguguran hamil muda.

Melihat berbagai alasan tersebut maka perawatan untuk kista ovarium bisa dilakukan dengan dua metode, yaitu dengan tindakan medis atau secara alami. Tentu saja jenis perawatan yang dipilih harus berdasarkan pertimbangan medis yang dibutuhkan. Berikut ini berbagai cara untuk merawat dan mengobati kista ovarium.

  1. Tindakan operasi (tindakan bedah)

Operasi diperlukan untuk jenis kista ovarium yang berukuran kurang lebih 5 sampai 10 cm dan diketahui bahwa kista tersebut tidak bisa hilang secara alami. Selain itu tindakan operasi juga diperlukan jika diketahui dari pemeriksaan darah atau MRI ternyata kista berpotensi menjadi kanker. Ada dua jenis operasi yang sering dilakukan secara medis untuk menghilangkan kista yaitu:

  • Laparoskopi

Laparoskopi adalah prosedur bedah medis yang termasuk dalam operasi minimal invasif atau minimal luka bedah. Operasi dilakukan dengan cara membuat luka kecil sekitar 0,5 sampai 1,5 cm untuk memasukkan alat laparoskop yang berbentuk seperti mikroskop kecil. Kemudian gas akan ditiupkan ke bagian dalam panggul sehingga dokter bedah bisa mencapai bagian ovarium. Setelah itu kista akan diambil dan luka bekas potongan akan dijahit. Tindakan operasi ini sangat minimal rasa sakit dan biasanya membutuhkan waktu pemulihan yang lebih cepat.

  • Laparotomi

Laparotomi adalah jenis tindakan bedah yang disarankan untuk mengetahui jenis penyakit pada kista ovarium dan mengetahui penyebab kista yang berat. Biasanya dilakukan untuk kista yang sudah berukuran besar dan kemungkinan telah menjadi kanker. Operasi dilakukan dengan membuat luka sayatan pada dinding perut. Kemudian semua kista akan dihapus dan bagian dari kista akan diteliti jika kemungkinan itu adalah jenis kanker tertentu. Operasi ini jarang disarankan oleh dokter kecuali untuk kasus kista yang berat, karena membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

Beberapa poin yang harus diwaspadi setelah operasi adalah:

  • Munculnya pendarahan berat.
  • Rasa sakit yang parah pada bagian perut.
  • Perut atau bekas operasi menjadi bengkak.
  • Tubuh menggigil atau demam tinggi.
  • Keputihan berbau dan berwarna keruh.
  1. Kompres dengan minyak jarak

Minyak jarak adalah salah satu jenis minyak tradisional untuk merawat dan mengobati kista. Namun obat ini sebaiknya tidak digunakan saat menstruasi atau saat menjalani program kehamilan. Efek obat minyak jarak bisa menyebabkan efek berat pada ovulasi dan gangguan menstruasi yang berat. Fungsi minyak jarak adalah untuk membersihkan semua jaringan yang tidak diperlukan seperti kista, merangsang peredaran darah  dan membuat kista hancur secara alami. Berikut ini cara untuk merawat kista dengan minyak jarak:

  • Berikan beberapa tetes minyak jarak pada handuk yang sudah dilipat sesuai dengan ukuran perut Anda.
  • Tempatkan handuk ini pada bagian perut Anda kemudian lapisi dengan handuk yang lebih tebal.
  • Tempatkan botol kompres diatas handuk lalu tutup dengan kain yang lebih tebal.
  • Lakukan kompres selama 20 – 30 menit lalu bersihkan bagian perut Anda dengan handuk yang kering.

Baca: cara menghilangkan strecth mark saat hamil – cara mengatasi batuk pada bayi secara alami

  1. Kompres dengan handuk hangat

Mengompres dengan handuk hangat atau botol kompres sangat baik untuk merawat kista. Metode perawatan ini bisa dilakukan saat perut atau bagian panggul Anda terasa sakit. Namun juga bisa dilakukan ketika tidak ada rasa sakit. Berikut ini cara untuk mengompres bagian kista yang sakit:

  • Celupkan handuk bersih pada air panas kemudian peras.
  • Tempatkan handuk pada bagian perut atau bawah panggul sambil berbaring.
  • Lakukan kompres selama 20 menit sehingga perut menjadi lebih nyaman.
  • Lakukan sesering mungkin untuk hasil yang lebih cepat.
  • Perawatan ini sangat sesuai untuk kista yang masih kecil dan kemungkinan bisa hilang secara alami saat menstruasi.
  1. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel juga disarankan untuk mengobati kista dengan ukuran yang masih kecil. Cuka sari apel mengandung kalium yang sangat baik untuk mengecilkan ukuran kista kemudian bisa membuat kista larut. Cara ini sangat alami dan sama sekali tidak menyebabkan efek samping. (baca: cuka bagi ibu hamil muda)

Berikut cara menyembuhkan kista dengan minum cuka sari apel:

Sponsors Link

  • Siapkan air hangat dalam cangkir.
  • Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel pada air hangat tersebut.
  • Aduk hingga semua cuka sari apel larut kemudian minum saat masih hangat.
  • Jangan melakukan perawatan ini saat menstruasi karena bisa menyebabkan pendarahan berat, kram perut parah dan rasa sakit akibat menstruasi yang berlebihan.
  1. Minum jus buah bit

Buah bit adalah buah alami dengan warna merah yang sangat menyegarkan. Meskipun rasa buah bit yang tidak terlalu enak namun bisa dicampur dengan buah lain sehingga rasanya lebih lezat. Bit yang berwarna merah mengandung senyawa betasianin yang bisa membantu hati untuk membersihkan racun. Termasuk bagian dari kista ovarium dalam tubuh. Selain itu juga bersifat asam yang bisa membantu mengecilkan ukuran kista dan melarutkan kista secara alami. Berikut cara perawatan kista ovarium dengan jus buah bit:

  • Pilih bit yang masih segar dan kemudian hancurkan dengan mesin pembuat jus bersama dengan buah stroberi, jambu merah dan wortel.
  • Jangan menambahkan gula untuk jus ini karena sudah mendapatkan gula alami dari jambu merah.
  • Minum jus setiap pagi saat perut masih kosong. Perawatan ini bisa membantu menghilangkan kista ovarium dengan cepat.
  1. Mandi dengan garam Epsom

Garam epsom atau dikenal dengan garam inggris juga bisa membantu menyembuhkan kista ovarium. Bahkan garam epsom juga bisa mengelola rasa sakit akibat kista ovarium. Garam epsom mengandung tingkat magnesium yang cukup tinggi sehingga bisa membuat otot pada bagian panggul menjadi lebih santai. Cara ini bisa mengurangi rasa sakit akibat tekanan kista pada perut dan sekaligus mengecilkan ukuran kista. (baca: bahaya garam bagi ibu hamil)

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kista ovarium dengan garam epsom:

  • Larutkan satu cangkir garam epsom dalam bak mandi yang berisi air hangat.
  • Aduk hingga semua bagian garam bercampur dengan air.
  • Kemudian rendam bagian bawah tubuh Anda selama 30 menit.
  • Ingat jangan melakukan perawatan ini saat menstruasi karena bisa meningkatkan pendarahan berat dan rasa sakit berlebihan.
  • Untuk hasil yang lebih baik maka lakukan setiap dua hari sekali.
  1. Makan kacang almond setiap hari

Almond adalah jenis kacang super yang bisa membantu mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk kista ovarium dan termasuk makanan sehat untuk ibu hamil. Kacang almond mengandung magnesium yang tinggi sehingga bisa mengatasi rasa sakit saat menstruasi, mengecilkan ukuran kista dan menghilangkan kista secara alami. Anda bisa mengkonsumsi almond dengan beberapa cara yaitu makan beberapa butir almond setiap hari, minum susu almond tanpa tambahan gula atau menggunakan minyak almond untuk mengompres bagian perut Anda. (baca: manfaat almond bagi ibu hamil)

  1. Minum teh Chamomile

Teh Chamomile adalah jenis teh yang kurang populer di Indonesia. Namun Anda bisa mencoba mencari teh ini untuk menyembuhkan kista secara alami. Pada dasarnya teh chamomile mengandung efek yang menenangkan dan mengurangi rasa sakit akibat kista ovarium. Bahkan minum teh chamomile juga akan melancarkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Efek kerja teh chamomile akan bekerja untuk merangsang darah bagian panggul dan rahim sehingga tubuh Anda menjadi lebih nyaman. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  • Larutkan teh Chamomile ke dalam air panas sebanyak satu cangkir kecil.
  • Tambahkan madu kemudian tutup selama kurang lebih 5 menit.
  • Aduk teh Chamomile kemudian saring hingga menyisakan larutan teh yang bersih.
  • Minum saat masih hangat.
  • Anda bisa minum teh Chamomile setiap hari untuk menghilangkan kista yang masih kecil.

Baca: bahaya teh bagi ibu hamil – ibu hamil minum air teh – teh bagi ibu hamil

  1. Konsumsi flazseed

Flaxseed adalah jenis biji dari tanaman bunga flax yang berbentuk seperti biji wijen. Flaxseed bekerja untuk membantu hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh menjadi seimbang. Kemudian efek dari keseimbangan hormon diharapkan bisa mengurangi ukuran kista lalu membuat kista larut dan sembuh. Selain itu flaxseed juga mengandung serat yang sangat baik untuk membuang racun dalam tubuh, mengurangi kolesterol dan mengurangi resiko obesitas.  Cara untuk mengkonsumsi flaxseed adalah dengan melarutkan flaxseed dalam air hangat. Kemudian minum sebelum makan pagi. Jika Anda kurang suka dengan tekstur dan rasa flaxseed maka konsumsi flazseed dengan salad atau sup buah. (baca: manfaat flaxseed-bagi ibu hamil)

  1. Minum air jahe

Jahe adalah bahan alami yang sangat baik untuk membantu menghilangkan kista dan mengatasi kista tanpa menyebabkan efek samping. Jahe mengandung senyawa antiinflamasi seperti gingerol. Efek gingerol adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah peradangan berlebihan dalam tubuh. Efek ini juga sangat baik bekerja untuk kista dan bahkan bisa mengurangi rasa sakit akibat kista saat menstruasi dan mengecilkan ukuran kista. (baca: manfaat jahe untuk ibu menyusui – manfaat jahe untuk ibu hamil)

Berikut cara untuk membuat air jahe yang menyembuhkan kista:

  • Pilih dan hancurkan beberapa ruas jahe yang sudah dibersihkan.
  • Larutkan jahe dengan air panas dan campurkan dengan seledri atau apel.
  • Minum air jahe ini setiap hari sebelum makan pagi untuk menghilangkan kista.
ads
  1. Kendalikan paparan estrogen yang masuk ke dalam tubuh

Ketika tubuh Anda memiliki tingkat estrogen yang tinggi maka bisa menyebabkan ovulasi tidak teratur dan meningkatkan ukuran kista lebih besar. Bahkan terlalu tinggi tingkat estrogen dalam tubuh bisa meningkatkan peluang kista ovarium menjadi kanker. Estrogen tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teraturAda berbagai cara untuk mengurangi estrogen secara alami yaitu:

  • Hindari mengkonsumsi susu sapi yang terbuat dari bukan susu organik dan meningkatkan asupan susu dari jenis pengolahan susu secara organik. Anda bisa mencoba jenis susu kambing yang lebih sehat. (baca: manfaat susu formula untuk bayi – manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil)
  • Hindari kebiasaan memasak atau memanaskan makanan dengan microwave. Terlebih untuk media makanan yang berbahan plastik.
  • Kurangi konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang berbahan kedelai.
  • Kurangi kebiasaan mengkonsumsi air mineral yang dikemas dengan bahan plastik.
  • Hindari berbagai kosmetik yang dibuat dengan campuran bahan kimia.
  1. Tingkatkan progesteron dan keseimbangan hormon secara alami

Tingginya tingat estrogen dalam tubuh juga bisa menyebabkan turunnya level progesteron dalam tubuh Anda. Masalah ini menyebabkan keseimbangan hormon dalam tubuh terganggu dan menyebabkan ukuran kista lebih cepat besar. Pada dasarnya memang sulit untuk meningkatkan level progesteron, namun sebenarnya ada berbagai cara alami yang bisa dilakukan, seperti:

  • Mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan estrogen dalam tubuh agar lebih sehat.
  • Jangan membiarkan pikiran Anda terganggu, menerima tekanan berat dan stres berlebihan.
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak berlebihan.
  • Konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti bayam, ikan makarel, beras merah dan coklat hitam.
  • Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti paprika kuning, jeruk, pepaya, kale, bayam, dan kiwi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi seperti ikan tuna kaleng, daging kalkun, kurma, dan kacang pistachi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung mineral seng tinggi seperti tiram yang dimasak hingga matang, daging sapi tanpa lemak, gandum, dan kacang mete.
  • Konsumsi makanan sehat untuk penderita kista secara teratur.
  • Konsumsi makanan untuk penyubur kandungan yang alami dan sehat.
  1. Biasakan mengelola berat badan

Menjaga berat badan yang ideal bisa membantu tubuh menyembuhkan kista secara alami. Berat badan berlebihan biasanya akan menyebabkan masalah keseimbangan hormon estrogen dan progesteron yang bisa meningkatkan ukuran kista. Karena itu menjaga berat badan pada titik yang ideal akan mempercepat penyembuhkan kista. Ada beberapa cara alami untuk mengelola berat badan yaitu:

  • Melakukan olahraga secara teratur seperti jalan kaki, berenang atau bersepeda.
  • Mengurangi konsumsi makanan berlemak
  • Melakukan diet dengan cara yang baik dan alami.
  1. Kurangi atau hilangkan kebiasaan hidup yang buruk

Berbagai kebiasaan gaya hidup yang buruk bisa menyebabkan kista bertambah besar. Untuk menyembuhkan kista maka Anda harus mencoba melakukan gaya hidup yang lebih sehat. Asupan makanan atau minuman serta kebiasaan yang buruk harus benar-benar dihentikan dan mulailah melakukan kebiasaan yang baik. Berikut ini kebiasaan buruk yang harus dihentikan:

  • Jangan minum alkohol karena alkohol akan meningkatkan level estrogen dan kista lebih buruk lagi. (baca: bahaya alkohol saat hamil)
  • Kurangi konsumsi makanan dari gandum yang mengandung ragi seperti roti karena gandum bisa mengurangi keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Kurangi kebiasaan minum kafein seperti soda, kopi, coklat dan teh hitam. (baca: bahaya kafein bagi ibu hamil)
  • Kurangi gula pemanis yang ditemukan pada permen, makanan ringan dan berbagai kue kering.
  • Kurangi kebiasaan menggunakan berbagai tempat makan dan minum dari plastik karena plastik mengandung racun yang bisa masuk ke makanan.
  • Kurangi stres karena stres bisa menyebabkan kista menjadi lebih buruk dan merusak keseimbangan hormon dalam tubuh.

Jadi menyembuhkan kista bisa dilakukan secara medis maupun secara alami. Perawatan medis bisa dilakukan untuk kista berukuran besar atau jika kista menurunkan kesuburan. Sementara cara alami dianggap lebih aman dan tidak menyebabkan efek samping. Apapun keputusan tentang perawatan untuk menyembuhkan kista sebaiknya didahului dengan konsultasi dengan dokter.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 18th, August 2016 / 06:31 Oleh :
Kategori : Kista