Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Makanan Sehat untuk Penderita Kista Wajib Dikonsumsi

advertisement

Kista merupakan penyakit yang sering diderita oleh wanita pada masa menopause dan pasca menopause. Kista merupakan penyait berbahya yang dapat menjadikan wanita susah dalam memiliki keturuna, jika kista tersebut menyerang daerah rahim. Penyakit kista juga dapat menyerang daerah payudara yang dapat menyebabkan payudara mengalami benjolan didalamnya.

Kista pada payudara bisa anda periksa sendiri dengan cara SADARI (periksa payudara sendiri). Caranya yaitu dengan menganggkat tangan kanan, jika yang diperiksa payudara bagian kanan, kemudian lakukan pemeriksaan dengan melakukan pemutaran dengan jari ke seluruh payudara. Jika terasa ada benjolan maka bisa jadi itu adalah gejala awal kista.

Selengkapnya tentang penyakit Kista

Banyak faktor pemicu timbulnya kista diantaranya seperti radikal bebas, pencemaran udara, debu, akibat asap rokok, serta asap kendaraan bermotor dan asap pabrik. Faktor lain yang dapat memicu adanya penyakit kista seperti, haid tidak teratur, makanan yang mengandung lemak, riwayat kista rahim terdahulu, serta menstruasi dini.

Baca juga :

Hati-hati dengan penyakit kista ini. Bahaya kista bisa dikurangi dengan cara melakukan hidup sehat, olahraga teratur dan juga harus menjaga pola makan serta mengonsumsi makanan yang sehat bagai berikut:

1. Konsumsi sayuran
Penderita kisat sangat dianjurkan mengkonsumsi sayuran agar nutrisi didalam tubuh terpenuhi serta ada beberapa sayur yang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh penderita kista serta membantu meringankan dan penyembuhan penyakit kista. Sayuran tersebut diantaranya, bayam, brokoli hijau, buncis, leunca, wortel, pare.

| Baca juga :

Brokoli hijau merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan rendah kalori. Brokoli juga sebagai sayuran yang memiliki sifat anti kanker, sehingga sangat baik jika dikonsumsi untuk penderita kista.

Sayur bayam juga sangat baik dikonsumsi penderita kista karena bayam merupakan sayuran yang rendah kalori serta bergizi tinggi. Wanita yang menderita kista baik jika mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah kalori hal ini untuk menginduksi ovulasi dan menghindari infertilitas yang disebabkan oleh adanya obesitas.

2. Konsumsi buah dengan dibuat juz
Kandungan vitamin yang ada di dalam buah akan membantu penderita kista menjadi lebih sehat dan melawan penyakit yang ada sehingga akan membantu penyembuhan. Banyak buah dengan kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, tetapi untuk penderita kista buah yang baik untuk dikonsumsi antara lain seperti tomat, pepaya, belimbing manis, apel malang, jeruk, jambu biji.

| Baca juga :

Berbagai buah tersebut merupakan buah yang sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita kista. Penderita kista bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat juz agar kandungan vitamin yang ada didalam buah akan terserap sempurna kedalam tubuh.

Tomat merupakan buah yang rendah indeks glisemik serta kaya akan zat likopen yang sangat diperlukan bagi penderita kista. Tomat ini sangat baik juga dikonsumsi oleh wanita karena mengandung zat anti penuaan serta dapat menjaga berat badan tetap ideal, bagi yang kegemukan bisa juga untuk diet.

3. Perbanyak minum air putih
Sepertiga dari komposisi tubuh kita adalah cairan. Jika kita tidak bisa memenuhi cairan tubuh tersebut maka kita akan mengalami kekurangan cairan.

Sponsors Link

Orang yang sehat juga memerlukan cairan apalagi bagi penderita kista maka sangat perlu cairan demi tetap melangsungkan aktifitas yang ada di dalam tubuh.

Sehari minimal kita minum air putih sebanyak 1,5 liter atau setara dengan 8 gelas. Air putih akan membantu memperlancar metabolisme tubuh kita serta membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat melakukan banyak aktifitas sepanjang hari. Kekurangan air putih sering berakibata pada pusing dan lemas.

4. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan ikan yang sangat baik untuk penderita kista diantara banyak jenis ikan yang ada. Ikan salmon memiliki kandungan yang diperlukan pada penderita kista, yaitu kaya akan asam lemak omega-3 serta rendah indeks glikemik yang juga merupakan manfaat ikan salmon untuk ibu hamil. Kandungan gizi dalam ikan salmon juga dapat meningkatkan kadar hormon androgen pada wanita sehingga dapat mengurangi dan membantu penyembuhan penyakit kista.

5. Selada
Selada merupakan sayuran hijau yang kaya akan nutrisi serta dapat menyembuhkan penyakit kista. Jangan malas untuk mengonsumsi selada karena ternyata manfaatnya dapat membantu penyembuhan kista. Orang yang menderita kista terdapat resistensi insulin dalam tubuhnya, untuk mengobatinya anda tidak usah begitu bingung untuk mencari obat yang efektif, karena kandungan dalam selada bisa untuk mengatasinya. Konsumsi selada setiap hari dan buktikan sendiri khasiatnya.

6. Kayu manis
Kayu manis dari dahulu memang lebih terkenal sebagi obat. Kayu manis memang merupakan rempah-rempah yang mengandung banyak khasiat obat didalamnya. Orang yang menderita kista juga bisa dibantu kesembuhannya dengan kayu manis. Rempah-rempah aromatik ini mengandung zat yang dapat menurunkun kadar insulin di dalam tubuh sehingga dapat menyembuhkan kista.Selain itu kayu manis juga dapat megatasi obesitas sehingga merupakan alternatif yang baik untuk diet. Anda dapat mengkonsumsi kayu manis ini dengan cara dibuat seduhan dengan air hangat atau bisa juga ditambahkan dalam masakan sebagai bumbu masak, selain bisa untuk mengobati juga bisa menambah rasa masakan semakin nikmat. Anda bisa mencobanya sekarang.

7. Telur
Telur merupakan makanan yang mengandung gizi tinggi. Telur ini juga selain lezat juga bisa membantu menyembuhkan penyakit kista pada wanita.

ads

Selain banyak manfaat telur bagi ibu hamil telur juga mengandung banyak zat yang mampu untuk melawan penyakit kista didalam tubuh. Dalam mengkonsumsi telur caranya yaitu dengan direbus kemudian dimakan dengan tanpa memakan kuning telurnya. Karena kuning telur dapat menyebabkan bahaya bagi jantung karena kandungan kolesterol yang tinggi didalamanya.

8. Susu
Susu merupakan minuman yang kaya akan gizi serta menyehatkan tubuh. susu merupakan minuman yang kaya akan kalsium untuk kesehatan tulang wanita. Wanita yang menderita kista sangat dianjurkan untuk minum susu agar bisa membantu pematangan sel telur, pembuangan folikel di ovarium dan memperkuat tulang. Minumlah susu secara teratur minimal 2 kali dalam sehari pagi dan malam hari agar bisa membantu penyakit kista anda segera sembuh. Minum susu secara teratur juga dapat menjadikan tubuh anda sehat dan fit sehingga dapat menjalankan aktifitas sepanjang hari dengan kuat dan sehat.

9. Yogurt
Yogurt mirip dengan susu karena merupakan produk lain dari susu, tetapi yogurt memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding susu. Pada penderita kista, yogurt juga sangat dianjurkan unutk dikonsumsi karena yogurt mampu melindungi para wanita dari infeksi seperti ISK. Yogurt memang masih sedikit asing jika dikonsumsi bagi para orang desa, tetapi jika sudah mengenalnya pasti akan merasakan khasiatnya untuk kesehatan tubuh, apalagi bagi penderita kista akan dengan cepat membantu penyembuhan penyakit tersebut.

10. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga diperlukan untuk dikonsumsi oleh penderita kista karena kandungan gizi yang ada dalam kacang-kacangan akan membantu penyembuhan penyakit kista. Selain manfaatnya untuk ibu hamil seperti manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, kandungan zat di dalam kacang-kacangan juga akan membantu mengontrol resistensi insulin di dalam tubuh sehingga akan membantu tubuh sehingga kista tidak semakin parah tetapi akan membantu untuk menyembuhkannya. Kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi penderita kista yaitu almond dan hazelnut. Konsumsilah secara rutin agar dapat dengan cepat menyembuhkan penyakit kista yang dialami.

11. Bawang putih
Bawang putih merupakan masuk kedalam jenis rempah-rempah. Bawang putih sering digunakan untuk bumbu masak yang akan semakin menambah lezat rasa masakan. Selain menambah lezat rasa masakan, ternyata bawang putih baik dikonsumsi bagi penderita kista. Zat yang terkandung didalam bawnag putih akan membantu proses penyembuhan yang dialami oleh penderita kista.

Mengkonsumsi bawang putih bisa dilakukan denga cara di juz lalu ditambahkan sedikit air dan diminum, cara ini akan lebih manjur karena zat yang terkandung dalam bawang putih akan terserap dengan sempurna oleh tubuh, tetapi jika anda tidak bisa mengkonsumsinya dengan cara ini maka anda bisa mengkonsumsi dengan cara lai yaitu dengan dibikin gorengan lalu dimakan untuk cemilan atau ditambahkan dalam masakan untuk sebagai penambah lezat masakan serta mendapat keuntungan lain yaitu menyembuhkan kista yang sedang diderita.

12. Kulit manggis
Kulit manggis sekarang telah terkenal untuk mengobati banyak penyakit, termasuk untuk mengobati penyakit kista. Selain itu banyak manfaat lain seperti manfaat manggis untuk ibu hamil. Sekarang sudah banyak dijual ekstrak kulit manggis yang di buat kapsul sehingga dengan mudah bisa anda dapatkan tanpa ribet dalam mengolahnya sendiri. Tetapi jika anda ingin mendapatkan kemurnian dari kulit manggis untuk mengobati kista maka anda bisa mengolahnya sendiri dengan dibuat juz. Jika anda sedikit kesulitan dalam meminumnya maka anda dapat menambahkan sedikit gula agar terasa manis.

Demikian beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kista. Kista memang penyakit yang membahayakan untuk wanita sehingga anda sebaiknya lebih berhati-hati dan jaga kondisi kesehtan anda masing-masing dengan pola hidup sehat serta memperhatikan setiap makanan yang akan kita makan. Lebih baik kita mencegah sebelum kista menggerogoti tubuh kita daripada mengobati. Tindakan pencegahan tentunya akan sanat lebih baik dibanding dengan tindakan pengobatan. Semoga anda termasuk golongan orang yang bisa mencegah penyakit kista sehingga kita bisa hidup sehat dan bahagia.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 06th, May 2016 / 11:56 Oleh :
Kategori : Kista