Sponsors Link

15 Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Setiap ibu hamil pasti mendambakan kehamilan yang aman dan lancar hingga proses persalinan tiba. Namun, pada masa kehamilan segala hal bisa terjadi termasuk hal yang paling tidak diharapkan sekaligus. Salah satunya adalah munculnya kista ovarium atau kista yang muncul pada indung telur.

ads

Kejadian ini tentu membuat calon orang tua si jabang bayi panik dan khawatir. Ibu hamil dengan kista tentu harus menjaga pola hidup sehat dan berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang kista ovarium dan makanan yang baik untuk ibu hamil, yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista

Ibu hamil dengan kista di rahimnya tentu bukan kasus biasa. Pola hidup sehat harus diterapkan, demikian pula dengan makanan yang dikonsumsi. Ibu hamil harus memastikan bahwa makanan yang masuk ke dalam perut dan janin adalah makanan yang tidak akan membuat kista semakin berkembang. Berikut daftar Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista.

Baca juga:

1. Tomat

Tomat adalah jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di pasar. Salah satu bumbu masakan yang paling populer ini memiliki kandungan glikemik yang rendah dan kandungan likopen yang tinggi. Tomat memiliki zat anti penuaan yang juga baik untuk mencegah pertumbuhan kista. Selain itu mengonsumsi tomat juga membantu ibu hamil untuk lebih mengontrol berat badan.

2. Yogurt

Produk fermentasi susu ini mengandung bakteri baik yang sangat banyak. Kandungan di dalam yogurt dalam melindungi ibu hamil dari infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Zat anti infeksi ini mampu mencegah kista dan mengurangi resiko bahaya kista. Pilih yogurt yang difermentasikan secara alami tanpa banyak bahan kimia.

3. Brokoli hijau

Sayur brokoli hijau mempunyai banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya dalam mengurangi resiko kista dan mencegah pertumbuhan kista. Brokoli hijau mengandung banyak vitamin dan indeks glikemik yang rendah. Di dalam sayuran ini juga terdapat zat anti kanker.

Baca juga:

4. Susu

Ibu hamil memerlukan asupan kalsium dan protein yang cukup untuk pertumbuhan bayi. Oleh karena itu, konsumsi susu sangat diperlukan mulai dari trisemester awal kehamilan. Kandungan yang ada di dalam susu mampu membantu proses pematangan sel telur, membangun folikel ovarium sebagai tempat si jabang bayi, dan memperkuat tulang janin. Untuk memenuhi kecukupan nutrisi, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi setidaknya 2 gelas susu per hari.

5. Salmon

Salmon menjadi makanan wajib bagi ibu hamil, tidak terkecuali ibu hamil dengan kista di rahimnya. Salmon kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk tumbuh kembang otak janin. Salmon juga mampu meningkatkan kadar androgen pada ibu hamil yang mengalami kista ovarium. Indeks glikemik yang rendah pada daging salmon juga dapat mengurangi resiko kista dan berdampak baik bagi jantung ibu hamil dan janin.

Sponsors Link

6. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Protein mampu menutrisi perkembangan janin di dalam rahim, sekaligus menangkal kista yang ada di dalamnya. Namun ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi telur dalam kondisi setengah matang. Telur yang dimakan oleh ibu hamil harus berada pada tingkat kematangan sempurna agar seluruh bakteri yang ada dalam telur tidak masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Baca juga:

7. Bayam

Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista yaitu harus memperbanyak konsumsi sayuran hijau rendah kalori. Salah satunya adalah bayam. Bayam memiliki kandungan kalori sangat rendah dan zat besi yang tinggi sehingga sangat baik untuk janin yang sedang dikandung.

8. Selada

Selada termasuk sayuran hijau segar yang sangat cocok untuk ibu hamil yang menderita kista. Kandungan pada sayur selada dapat mengurangi resiko resistensi insulin. Salah satu gangguan yang disebabkan oleh resistensi insulin beresiko menyebabkan kista di dalam rahim. Sayur selada mampu menekan resiko ini.

ads

9. Kayu Manis

Rempah-rempah satu ini memang sejak lama terkenal mampu mengobati berbagai macam penyakit. Kayu manis mengandung banyak khasiat yang mampu menekan resiko kista di dalam rahim ibu hamil. Zat yang ada di dalamnya mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh sehingga bisa menyembuhkan kista. Ibu hamil bisa mengonsumsi air seduhan kayu manis ini secara rutin selama masa kehamilan.

Baca juga:

10. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah rasa sedap pada makanan. Bawang putih juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kista karena zat yang ada di dalamnya bisa membantu proses penyembuhan kista ovarium di dalam rahim.

11. Kacang-kacangan

Kandungan gizi yang ada dalam kacang-kacangan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Zat yang ada di dalamnya juga sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan kista. Jenis kacang-kacangan yang sangat baik adalah kacang almond dan hazelnut. Dua jenis kacang ini mampu mengontrol resistensi insulin dalam tubuh sehingga membantu mencegah pertumbuhan kista.

12. Buncis

Konsumsi sayur buncis sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, terlebih yang sedang menderita kista ovarium. Buncis sangat rendah kalori dan mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi buncis daya tahan tubuh ibu hamil dan janin akan semakin kuat.

Baca juga:

13. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk perawatan kencantikan kulit dan rambut saja, tetapi juga bermanfaat bagi ibu hamil. Penyakit kista ovarium salah satunya disebabkan oleh hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. Dengan mengonsumsi jus lidah buaya dapat membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh.

14. Apel

Buah apel memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dalam buah apel mampu membantu mengecilkan dan melarutkan kista yang tumbuh di dalam rahim. Oleh karena itu ibu hamil yang menderita kista sangat disaranka untuk mengonsumsi buah yang satu ini.

15. Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, fosfor, kalsium, kalium, dll. Semua zat ini sangat baik untuk organ reproduksi wanita. Pepaya juga bisa menekan resiko kanker. Buah pepaya merupakan salah satu Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista

Baca juga:

Penyebab Kista Pada Ibu Hamil

Kista ovarium atau kista pada ibu hamil adalah kasus yang jarang terjadi pada masa kehamilan. Kemunculan kista sendiri tidak selalu menimbulkan efek negatif bagi ibu dan janin. Namun ibu hamil dengan kista memang harus memeriksakan diri secara rutin ke dokter untuk mengetahui perkembangan kista dan janin. Berikut adalah hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya kista pada rahim.

  • Endometriosis

Sebuah kondisi dimana sel endometrium (sel yang ada di dalam rahim) tumbuh di luar rahim. Sel endometriosis yang seharusnya ada di bagian dalam rahim, namun justru ditemukan di bagian luar rahim. Sel yang tumbuh dengan tidak wajar ini bisa berkembang menjadi kista. Artikel terkait: Gejala Kista di Rahim

Sponsors Link

  • Menstruasi tidak teratur

Para wanita harus memperhatikan siklus menstruasi mereka. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa memicu pertumbuhan kista di dalam rahim. Ketika menstruasi, ovarium melepaskan folikel yang kemudian menjadi darah menstruasi. Proses pelepasan ini terjadi pada masa ovulasi yang terjadi selama periode menstruasi. Ketika masa ovulasi tidak teratur, folikel yang tidak dilepaskan oleh rahim bisa berkembang menjadi kista. Artikel terkait: Hamil dengan Kista dan Miom

  • Stress

Kondisi dalam tekanan dan depresi mampu memicu pertumbuhan kista karena produksi hormon progesteron akan menurun. Hal ini menyebabkan folikel yang melekatkan sel telur dalam rahim tidak dapat bekerja sehingga folikel akan terus membentuk jaringan pemicu kista. Artikel terkait: Kista Ovarium

  • Ketidakseimbangan hormon

Produksi hormon yang tidak seimbang memicu pertumbuhan kista dalam rahim. Ketidakseimbangan hormon disebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur, stress, depresi, serta tekanan yang tinggi pada wanita dan ibu hamil. Artikel terkait: Penyebab Kista

  • Konsumsi obat kesuburan

Pasangan yang baru menikah biasanya melakukan berbagai cara untuk segera dikaruniai momongan. Salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan meminum obat yang bisa meningkatkan kesuburan. Obat kesuburan memang mampu memproduksi folikel dalam jumlah banyak sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan. Namun jumlah folikel yang berlebihan bisa mendorong terbentuknya kista, karena tidak semua folikel bisa melepaskan sel telur. Artikel terkait: Bahaya Kista

Itulah Makanan untuk Ibu Hamil Penderita Kista. Kesehatan ibu dan janin harus betul-betul diperhatikan selama masa kehamilan, sehingga anak bisa lahir dengan sempurna. Ajak suami untuk bersama-sama menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang baik untuk janin sekaligus mencegah pertumbuhan kista di dalam rahim.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 05:36 Oleh :
Kategori : Kista