Sponsors Link

10 Cara Mengobati Miom Secara Medis dan Alami 

advertisement

Miom menjadi salah satu masalah reproduksi bagi wanita yang sangat menakutkan. Penyakit ini  berbeda dengan jenis penyakit reproduksi lain seperti kista. Namun apapun itu semua penyakit yang menyerang reproduksi wanita memang sangat menakutkan. Terkadang munculnya berbagai penyakit ini bisa menjadi penyebab kemandulan sehingga sulit hamil. Penyakit miom diartikan sebagai penyakit yang bukan termasuk kanker atau kista ovarium dan sering tumbuh pada rahim setelah melahirkan. Ukuran miom bisa berkembang dari kecil, sedang dan besar. Jika sudah besar maka bisa menyebabkan tekanan dan distorsi pada rahim. Bahkan dalam kondisi yang parah bisa mendesak rahim hingga ke tulang rusuk.

Biasanya miom memang tidak menyebabkan gejala apapun atau terkadang hanya gejala ringan seperti gejala adanya kista di rahim. Namun miom membutuhkan perawatan penting untuk menjaga organ reproduksi. Berikut ini adalah berbagai cara untuk merawat miom baik secara medis maupun alami.

  1. Obat Medis

Obat medis biasanya diberikan oleh dokter ahli kandungan untuk pasien yang menderita miom. Pada dasarnya pemberian obat memang tidak bisa menghilangkan miom sepenuhnya, tapi bisa mengecilkan ukuran miom. Obat ini bekerja untuk mengatur hormon selama menstruasi sehingga bisa membuat menstruasi menjadi lebih teratur.  Obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyebab menstruasi tidak teratur. Berikut ini jenis obat untuk merawat miom:

  • Gn-RH (Gonadotropin Releasing Hormone) yaitu jenis obat yang bekerja untuk membantu mengatur hormon estrogen dan progesteron. Obat ini bisa menghentikan produksi kedua hormon tersebut sehingga membuat wanita mengalami menopause. Setelah itu obat akan membuat ukuran miom mengecil, wanita juga tidak akan menstruasi. Bagi penderita miom dengan anemia juga bisa diobati dengan jenis obat ini. Obat akan digunakan selama waktu tertentu sebelum tindakan perawatan yang lain dan maksimal penggunaan obat antara 3 sampai 6 bulan. Beberapa jenis obat yang termasuk dalam golongan ini adalah seperti Synarel dan Lupron.
  • IUD : adalah salah satu alat kontrasepsi yang bisa mengurangi pendarahan rahim akibat adanya miom. Penggunaan alat ini bisa mengurangi berbagai gejala miom yang menyakitkan namun sebenarnya tidak bisa menghilangkan miom. Penggunaan IUD juga bisa membantu mencegah kehamilan dan menstruasi. (baca: cara mencegah kehamilan tanpa KB – bahaya KB spiral)
  • Lysted : yaitu jenis obat yang termasuk golongan asam traneksamat. Obat akan bekerja untuk membuat pendarahan menstruasi berat akibat miom menjadi lebih ringan. Obat juga tidak akan menghilangkan miom namun hanya membantu meringankan gejala menstruasi yang sangat berat. (baca: darah haid berwarna hitam pekat)
  • Obat anti-inflamasi (golongan NSAID): yaitu jenis obat yang tidak berpengaruh pada tingkat hormon namun bisa membantu meringankan rasa sakit akibat miom. Obat hanya bekerja untuk mengurangi rasa sakit tapi tidak bisa mengurangi pendarahan yang berat sehingga terlihat tidak efektif untuk perawatan miom.
  1. Operasi Bedah Minimal Invasif

Tindakan bedah minimal invasif sering dilakukan untuk menghancurkan jaringan miom pada rahim. Tindakan operasi ini sama sekali tidak bisa menghapus miom dari rahim namun dengan beberapa metode yang bisa membantu menyusutkan miom. Tindakan ini diharapkan bisa membantu menghilangkan miom. Tapi sebelum melakukan tindakan operasi maka bicarakan dengan dokter mengenai beberapa efek samping operasi miom. Berikut ini beberapa metode bedah minimal invasif yang dikenal dalam dunia medis:

  • Myolisis : yaitu sebuah prosedur bedah dengan alat laparoskopi baik menggunakan laser atau arus listrik untuk menghancurkan lapisan miom. Tindakan ini bisa membuat pembuluh darah yang bekerja untuk miom mengecil sehingga miom bisa sembuh.
  • Embolisasi arteri rahim : yaitu sebuah tindakan memasukkan bahan emboli atau partikel khusus yang masuk ke dalam arteri lewat suntikan, terutama arteri yang bekerja untuk rahim. Kemudian akan membantu menghilangkan aliran darah ke miom sehingga miom mengecil atau mati. Namun tindakan ini bisa menyebabkan efek samping karena suplai darah ke bagian ovarium dan organ dalam lain tidak berjalan dengan baik.
  • Miomektomi : tindakan ini bisa membantu menghilangkan miom sepenuhnya namun tidak mengangkat rahim. Jika ditemukan banyak miom kecil dalam jumlah yang banyak maka prosedur ini bisa dilakukan. Lewat monitor kecil maka dokter bisa melihat semua bagian rahim, dan memotong miom dengan ukuran yang kecil. Setelah itu miom dikeluarkan dari rahim dan meninggalkan bekas luka bedah yang sangat kecil.
  • Miomektomi histeroskopi : yaitu sebuah tindakan untuk menghapus miom berukuran kecil dan banyak namun sudah masuk dalam bagian dalam rahim. Dokter akan memasukkan sebuah alat kecil lewat vagina untuk menjangkau rahim kemudian mengambil miom. Tindakan biasanya dilakukan dengan bius umum sehingga pasien tetap nyaman. (baca: efek ramping kuret)
  • Ablasi endometrium : yaitu prosedur dengan memasukkan sebuah alat tertentu ke dalam rahim kemudian memanfaatkan panas dari arus listrik atau gelombang mikro. Alat ini akan bekerja untuk menghapus miom pada lapisan rahim. Namun tindakan ini bisa menyebabkan penderita tidak mengalami menstruasi dan mengurangi darah menstruasi. Tapi prosedur ini tidak bisa menyembuhkan miom yang tumbuh di bagian luar rahim.
  1. Tindakan Bedah Non-invasif
Sponsors Link

Ini adalah sebuah prosedur baru untuk cara mengobati miom dengan memanfaatkan teknologi MRI dan USG. Ketika dokter memeriksa dengan MRI atau USG maka dokter mengarahkan gelombang tinggi dan panas yang bisa mencapai lapisan miom. Kemudian miom akan dihancurkan dengan alat ini lalu akan keluar dari jaringan rahim seperti ketika menstruasi. Ini adalah prosedur baru yang terbukti aman dan minimal efek samping.

  1. Tindakan Bedah / Operasi

Ada beberapa tindakan bedah atau operasi yang dilakukan untuk menghilangkan miom. Tindakan ini akan dilakukan jika beberapa cara modern sudah tidak mampu atau dengan pertimbangan khusus dari analisa dokter. Berikut ini beberapa cara perawatan dengan tindakan bedah:

  • Histerektomi : ini adalah sebuah tindakan bedah untuk menghapus rahim dan merupakan salah satu perawatan yang paling manjur. Namun perawatan ini bisa menyebabkan seorang wanita tidak memiliki anak. Selain itu pertimbangan lain adalah bahwa ini merupakan operasi besar yang membutuhkan tim medis ahli.
  • Miomektomi : ini adalah sebuah tindakan operasi untuk mengambil miom berukuran besar yang mencapai rahim bagian dalam. Operasi ini bisa benar-benar menghapus miom namun terkadang bisa mengurangi kesuburan karena adanya pertumbuhan jaringan parut pada rahim.

Berikut ini berbagai jenis perawatan tradisional untuk merawat miom

  1. Kompres dengan minyak jarak

Minyak jarak membantu mengatasi miom karena bisa membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan minyak jarak juga bisa membantu merangsang pengeluaran racun dari dalam tubuh. Selain itu minyak jarak mengandung bahan asam risinoleat yang bisa mengurangi berbagai efek peradangan dalam tubuh. Obat ini tidak aman jika dilakukan saat menstruasi dan hamil. Cara untuk menggunakan minyak jarak adalah sebagai berikut:

  • Teteskan minyak jarak pada handuk yang bersih.
  • Bungkus handuk dengan handuk lagi yang lebih tipis.
  • Letakkan pada perut dan kemudian tempelkan botol kompres di atasnya.
  • Lakukan perawatan ini setiap dua hari sekali.

Baca juga:  cara mengatasi batuk pada bayi secara alami –  cara menghilangkan strecth mark saat hamil – cara mengobati kista

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel bisa membantu semua gejala miom yang bisa menganggu kesehatan reproduksi wanita. Obat ini juga bisa membantu menghilangkan miom, lemak dan juga racun. Secara alami cuka sari apel bisa membuat miom menyusut tanpa menyebabkan efek samping yang berat. Berikut ini cara untuk menggunakan cuka sari apel :

ads
  • Masukkan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam satu cangkir air hangat.
  • Tambahkan madu atau gula untuk mengurangi rasa asam yang kuat.
  • Aduk hingga semua bahan terlarut lalu minum saat masih hangat.
  • Hindari perawatan ini saat menstruasi dan hamil karena bisa menyebabkan efek samping. (baca: pantangan saat haidmakanan yang dilarang ketika datang bulan)
  1. Akar Dandelion

Akar dandelion adalah salah satu jenis obat yang akan membantu menghilangkan miom dan juga mengecilkan ukuran miom yang terlalu besar. Perawatan ini bisa dilakukan jika Anda ingin menjalani prosedur bedah untuk menghapus miom sepenuhnya. Lapisan bahan dalam akar dandelion bisa membantu membuang racun dalam tubuh dan bahkan menghilangkan lapisan lemak. Kelebihan lemak bisa menyebabkan pembentukan miom dalam rahim. Berikut ini perawatan yang bisa Anda lakukan dengan akar dandelion:

  • Pilih beberapa akar dandelion yang masih segar kemudian rebus dengan satu cangkir air.
  • Didihkan selama beberapa saat hingga menyisihkan beberapa bagian air saja.
  • Minum saat masih hangat dan jika perlu tambahkan madu.
  1. Minum Teh Hijau

Teh hijau adalah bahan alami yang sudah dikenal sebagai obat tradisional berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah untuk cara mengobati miom tanpa menyebabkan efek samping, termasuk untuk siklus menstruasi. Teh hijau mengandung sebuah senyawa yaitu epigallocatechin gallate. Senyawa ini bisa mengecilkan ukuran miom dan juga menghambat pembesaran ukuran miom. Teh hijau dianggap lebih ampuh karena bisa benar-benar menghapus miom dalam rahim. Cara perawatan dengan minum teh hijau sebaiknya menggunakan teh hijau yang diramu dari daun teh asli bukan teh hijau bubuk dan hindari menambahkan madu atau gula. Minum aktif selama 2 kali sehari bisa menyembuhkan miom. (baca: bahaya teh bagi ibu hamil – ibu hamil minum air teh – teh bagi ibu hamil)

  1. Minum susu secara rutin

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Boston, menyebutkan jika konsumsi susu secara rutin juga bisa menyembuhkan miom. Hal ini disebabkan oleh pengaruh kalsium tinggi dalam susu menekan pertumbuhan sel-sel miom dan bahkan bisa mengurangi ukuran miom secara alami. Penelitian ini dibuktikan pada sejumlah wanita yang minum empat gelas susu setiap hari dan yang tidak minum susu atau mengurangi dari jatah porsi yang diwajibkan. Ditemukan hasil bahwa wanita yang tidak minum susu ternyata menderita miom sementara hanya jumlah kecil wanita yang minum susu dan tetap terkena miom.

  1. Bawang putih

Efek bawang putih untuk kesehatan memang sudah diakui sejak lama, termasuk untuk mengobati penyakit miom. Bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah pembentukan miom dan juga mengurangi miom yang sudah terbukti. Disarankan untuk wanita yang terkena miom bisa mengkonsumsi bawang putih mentah selama beberapa hari sebelum dan sesudah menstruasi. Jika dilakukan secara teratur maka ukuran miom bisa mengecil dan sembuh.

Perawatan miom memang masih menjadi hal yang diragukan dalam dunia medis dan alternatif. Perawatan menghapus bagian rahim dianggap yang paling tepat, namun efek dari perawatan ini bisa menyebabkan wanita tidak akan bisa memiliki rahim. Jadi pertimbangkan untuk memilih jenis perawatan yang tepat dan paling efektif untuk miom, sebelum mengambil langkah perawatan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 19th, August 2016 / 01:21 Oleh :
Kategori : Miom