26 Cara Mengatasi Morning Sickness Ibu Hamil ( No. 19 Harus Dicoba )

Cara mengatasi morning sickness perlu diketahui oleh ibu hamil baik hamil muda maupun hamil tua, hal itu dikarenakan lama morning sickness di tiap ibu hamil berbeda. Kehamilan merupakan moment penting dalam kehidupan yang perlu dijaga kesehatan serta perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Pada masa kehamilan ini ada beberapa hal yang berubah, termasuk salah satunya yaitu kondisi kesehatan ibu hamil yang lebih rawan.

Orang hamil yang masih pada usia kehamilan muda sering mengalami gejala morning sickness. Morning sickness merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu yang sedang mengandung pada usia kehamilan muda hingga usia kehamilan kedelapan atau kesembilan terjadi puncak morning sickness tersebut. Morning sickness yang dialami oleh ibu hamil ini berupa beberapa gejala yang mengganggu kesehatan ibu hamil seperti terasa mual dipagi hari serta sering juga ibu yang muntah.

Morning sickness juga kadang terjadi tidak hanya pada pagi hari saja tetapi bisa terjadi pada malam hari. Morning sickness yang terjadi malam hari sehingga sampai dapat mengganggu waktu istirahat ibu hamil. ( Baca : Bahaya hiperemesis bagi ibu hamil dan janinPenyebab mual saat hamilPenyebab morning sickness saat hamil )

Morning sickness memang merupakan gejala umum yang biasa dialami oleh ibu hamil. Menurut Dr. Marjorier Greenfield bahwa 70% ibu hamil akan mengalami mual dan sekitar 50% ibu hamil akan mengalami mual pada usia kehamilan awal. Jadi anda yang mengalami morning sickness saat hamil maka jangan terlalu cemas dan takut jika memang tidak begitu parah gejalanya. Tetapi morning sickness memang mengganggu kesehatan ibu hamil, sehingga ibu hamil menjadi kurang nyaman. Berikut ini cara mengatasi morning sickness yang efektif :

  1. Makan dengan porsi kecil

Cara mengatasi morning sickness yang pertama adalah makan dengan porsi kecil. Masa kehamilan merupakan masa dimana membutuhkan banyak nutrisi untuk kesehatan bayi juga kesehatan ibu hamil. Ibu hamil haru tetap terpenuhi kebutuhan akan gizi bisa didapat dari makanan atu minuman. Ibu hamil yang mengalami morning sickness seringkali mengalami penurunan nafsu makan, sehingga susah makan. Tetapi ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Maka tidak perlu makan dengan porsi besar yang penting tetap memenuhi kebutuhan gizi. Makanlah dengan porsi kecil tetapi terjadwal dan sering. Makan dengan porsi besar dapat menyababkan perut terasa penuh sehingga mudah merasa mual. Makan dengan porsi kecil maka akan menjaga kondisi perut terhindar dari masalah mual yang disebabkan oleh kekenyangan serta kebutuhan gizi tubuh ibu hamil tetap terpenuhi.

Baca : Folamil genioManfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamilMakanan sehat untuk penderita kista

  1. Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu

Jika anda bangun tidur di pagi hari maka jangan langsung beranjak dari tempat tidur, tetapi berikanlah jeda waktu pada tubuh anda untuk duduk kemudian bangun dengan pelan-pelan. Jika anda bisa maka lakukanlah dengan bangun lalu makan biskuit sebelum beranjak dari tempat tidur untuk mengatasi mual yang terjadi di pagi hari, tetapi jika anda termasuk orang yang tidak bisa makan ketika bangun tidur maka berikanlah jeda dahulu pada tubuh sebelum anda akan beranjak dari tempat tidur anda. Hal ini akan membantu mengatasi mual yang terjadi.

Baca : Posisi tidur ibu hamil 5 bulanBayi tidur tengkurapAkibat bayi terjatuh dari tempat tidur

  1. Menghindari makanan pedas dan berlemak

Saat masa kehamilan maka hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung pedas dan berlemak. Makanan ini bisa memicu ibu hamil mengalami mual. Walaupun mual biasanya pada siang hari sudah tidak dirasa lagi, tetapi anda sebaiknya menghindari makanan yang pedas dan berlemak karena memang makanan tersebut kurang baik untuk kesehatan ibu hamil yang berhubungan dengan kondisi kesehatan janin yang berada dalam kandungan. Makanan pedas dan berlemak selain dapat memicu parahnya morning sickness juga dapat mengganggu pencernaan pada ibu hamil.

  1. Minum vitamin zinc dan vitamin B6

Vitamin zinc serta vitamin B6 mampu mencegah mual pada kehamilan yang disebabkan oleh morning sickness. Maka dari itu anda bisa mengkonsumsi pil vitamin tersebut untuk mengatasi mual yang anda rasakan. Anda bisa meminta saran dan rekomendasi dokter kandungan anda untuk memberikan resep vitamin yang baik untuk kondisi kehamilan anda.

Baca : Vitamin B6 untuk ibu hamilManfaat vitamin B6 untuk ibu hamil

  1. Mendengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik yang menenangkan akan bisa membuat perasaan anda menjadi lebih tenang, sehingga mual akan bisa teratasi. Bahkan mual yag terjadi pada ibu hamil banyak yang disebabkan karena kondisi ibu yang stres sehingga perlu ketenangan hati dan batin ibu untuk mengurangi stres yang dideritanya dan bisa mengurangi mual yang terjadi. Mendengarkan musik menggunakan organ telinga.

Organ telinga akan mampu menyambungkan dan terhubung ke perut, seperti contohnya kita mendengar kabar berita yang buruk atau menjijikan maka perut kita bisa merasakan mulas. Hal inilah hubungannya antara telinga dan perut. Banyak jenis musik yang bisa menenangkan, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, musik yang menenangkan bisa musik klasik, musik sholawatan atau jenis musik lainnya.

Baca : Manfaat membaca alquran bagi ibu hamil

  1. Akupuntur

Akupuntur dapat membantu menyamankan kondisi kesehatan anda yang merasa mual karena mengalami morning sickness. Akupuntur merupakan pengobatan dengan tradisi Asia Timur yang dilakukan dengan cara tusukan jarum dengan menggunakan jarum khusus pada titik-titik tertentu pada tubuh. seiring dengan perkembangan zaman akupuntur ini telah tersedia pada rumah sakit besar yang berada di kota-kota besar yang dilengkapi juga dengan dokter akupuntur. Cara ini juga bisa anda coba untuk mengatasi rasa mual serta beberapa gejala morning sickness lainnya.

  1. Minum campuran cuka dan teh

Cuka merupakan cairan yang dapat mengeringkan air liur pada mulut serta mengurangi mual. Ibu yang hamil akan memproduksi lebih banyak air liur sehingga akan memicu mual. Maka anda bisa mengatasi mual tersebut dengan minum teh dicampus dengan sedikit cuka. Campurkan dua sampai dua sendok teh cuka kedalam air teh hangat untuk diminum pada sarapan dipagi hari. Hal ini akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dibanding anda mengatasi mual dengan minum kopi. Minum kopi justru akan memberikan efek perut bergejolak dan akan membuat mual.

Baca : Bahaya teh bagi ibu hamilIbu hamil minum air tehTeh bagi ibu hamil

  1. Jalan-jalan di taman

Jalan-jalan dipagi hari atau siang hari ketika anda istirahat kerja maka akan membuat pikiran lebih tenang apalagi jika jalan-jalan ditaman yang dapat menyuguhkan pemandangan yang memberikan vitamin dan merefresh kelelahan mata karena kerja atau aktifitas lain. Jalan-jalan ditaman ini ternyata terbukti bisa mengatasi morning sickness yang terjadi pada ibu hamil, menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat.

Di taman udaranya tentunya akan lebih segar karena mengandung banyak tumbuhan dan tanaman yang bisa bertukar udara dengan kita. Kita membutuhkan oksigen yang mereka buang dan mereka membutuhkan karbondioksida yang kita buang.

Baca : Tips melakukan perjalanan jauh bagi ibu hamil

  1. Aromaterapi

Aromaterapi memang mempunyai banyak khasiat baik untuk kecantikan ataupun untuk kesehatan tubuh. Aroma terapi juga bisa mengatasi morning sickness yang terjadi pada ibu hamil. Aroma terapi dengan aroma yang dihasilkan mampu menenangkan pikiran, menghilangkan rasa mual serta dapat mengurangi stres yang dialami. Anda dapat menghirup aroma terapi dengan menggunakan tisu dengan aroma terapi pilihan anda yang disukai.


Ada banyanya jenis aroma terapi, beberapa yang aman untuk kehamilan yaitu seperti aromaterapi lemon atau jeruk mandarin. Untuk penggunaan aroma terapi lainnya pada ibu hamil, maka anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan karena ada beberapa aroma terapi yang justru berbahaya jika dihirup oleh ibu hamil.

Baca : Hamil tidak mual dan tanpa ngidamTidak mual saat hamilPenyebab mual saat hamil

  1. Pijat refleksi

Pijat refleksi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi mual atau gejala morning sickness lainnya. Pijat refleksi bekerja dengan cara mendatangkan tekanan-tekanan pada kaki atau tangan yang mempunyai teknik khusus yang berhubungan dengan anggota tubuh sehingga mampu mengatasi rasa mual yang terjadi. pijat refleksi akan dilakukan oleh ahli pijat refleksi yang telah mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam menentukan titik-titik bagian kaki atau tangan yang bisa membantu mengurangi rasa mual yang terjadi.

Baca : Cara melakukan pijat bayi yang benar

  1. Tulis diary

Dengan anda menulis diary maka anda dapat merekan apa saja yang anda lakukan dalam sehari-hari, makanan apa saja yang anda konsumsi dalam sehari-hari, kapan atau jam berapa saja anda mengalami mual atau gejala morning sickness lainnya. Dengan mencatat hal-hal tersebut maka anda bisa mencegah terjadinya mual dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah morning sicknes sebelum kebiasaan datangnya jam morning sickness yang biasa anda rasakan. Jika terjadi morning sickness anda juga bisa menelusuri apa penyebabnya dengan melihat catatan makanan apa yang telah dikonsumsi.

  1. Konsumsi diet sehat dan seimbang

Saat anda hamil maka jangan berpikiran bahwa mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak akan membuat kesehatan anda lebih tinggi. Makanlah dengan porsi diet tetapi tetap mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang, sehingga kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Makanan yang mengandung gizi seimbang sangatlah banyak, sehingga anda bisa memilih berbagai macam jenis makanan yang anda sukai tetapi mengandung gizi banyak, serta anda bisa mencoba berbagai resep untuk menghindari kebosanan serta tetap menarik nafsu makan.

Baca : Bahaya diet saat menyusui bayi

  1. Menyediakan makanan ringan

Makanan ringan dapat anda sediakan setiap hari untuk mengatasi mual yang sering muncul dengan tiba-tiba. Anda bia menyediakan makanan ringan tetapi tetap mengandung manfaat gizi baik untuk tubuh seperti biskuit atau makanan dari bahan buah. Makanan ringan seperti biskuit mampu mengatasi rasa mual yang timbul.

  1. Pilih makanan yang menggugah nafsu makan

Ibu hamil membutuhkan makanan yang lebih banyak mengandung gizi dan nutrisi karena ibu hamil bertugas memenuhi dua tubuh yaitu ibu dan janin. Karena memenuhi kebutuhan gizi dua tubuh maka asupan gizinya harus lebih banyak yang masuk, padahal ibu hamil yang mengalami morning sickness bianya susah untuk makan karena nafsu makannya akan berkurang efek dari mual yang terjadi. Untuk itu berusalah untuk mengkonsumsi makanan yang bisa menggugah nafsu makan anda, yang penting makanan yang tidak mengganggu kondisi kesehatan kandungan dan ibu hamil.

  1. Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan sayuran segar

Karbohidrat merupakan sumber energi serta sayuran merupakan sumber nutrisi dan protein yang diperlukan oleh tubuh. konsumsilah makanan yang mengandung banyak karbohidrat sehingga energi tubuh ibu hamil banyak dan tidak lemah. Konsumsi sayuran sehingga akan mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh ibu dan janin serta membantu perkembangan janin yang masih dalam kandungan karena perkembangan janin juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang mengandungnya. Hal ini juga dapat mengurangi morning sickness yang umum terjadi pada ibu hamil karena asupan gizi tercukupi.

Baca : Ibu hamil muda cepat laparBahaya jantung pisang bagi ibu hamil

  1. Jadwalkan waktu untuk tidur siang

Ibu hamil memerlukan waktu istirahat yang cukup karena walaupun mereka kadang tidak melakukan aktifitas yang berat tetapi kondisi kesehatannya memang sangat rentan sehingga perlu untuk dijaga dengan baik. Tidur siang akan bermanfaat untuk mengembalikan energi pada ibu hamil serta menghilangkan kelelahan dan juga dapat merilekskan badan. Jika tubuh tidak lelah serta rileks maka stres akan terhindar sehingga morning sickness bisa dikendalikan dan diatasi dengan baik.

Baca : Stres saat hamil

  1. Kenakan pakaian yang longgar

Pakaian yang aman dipakai oleh ibu hamil yaitu salah satunya pakaian yang longgar yaitu dengan artian tidak ketat di bagian perut. Pakaian yang ketat pada bagain perut maka akan menyebabkan perut merasa kurang gerak dan mual. Maka jika sedang hamil lebih aman mengenakan daster atau pakaian yang khusus dirancang dengan ukuran longgar agar ibu hamil tetap nyaman dalam melakukan berbagai aktifitas.

  1. Pastikan sirkulasi udara dirumah lancar dan bersih

Ibu hamil lebih sering melakukan berbagai aktifitas dirumah karena tidak dianjurkan banyak melakukan kegiatan diluar rumah yang bisa membayakan kesehatan tubuh ibu dan janin yang sedang dikandung. Karena aktifitas ibu hamil lebih banyak di dalam rumah maka pastikan kondisi udara didalam rumah bersih dan sirkulasinya lancar. Udara yang bersih maka dapat menjadikan pikiran ibu hamil menjad tenang karena menghirup udara yang bersih. Pikiran tenang maka dapat mengurangi morning sickness yang terjadi.

Baca : Bahaya belerang bagi ibu hamilManfaat yodium bagi ibu hamilBahaya sate bagi ibu hamil

  1. Minimalkan terjadinya stress pada ibu hamil

Morning sickness pada ibu hamil sering terjadi karena tekanan yang terjadi sehingga menimbulkan stress. Sehingga stress yang terjadi pada ibu hamil tidak bisa dianggap sepele karena dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Jika anda bekerja yang banyak tekanan maka sebaiknya anda mengambil cuti terlebih dahulu. Oleh sebab itu sebagai cara mengatasi morning sickness yang efektid ibu hamil tidak boleh stress dan tertekan.

  1. Perbanyak ngemil

cara mengatasi morning sickness yang bisa dilakukan adalah dengen ngemil sehat. Dengan mengemil maka dapat mengatasi mual yang terjadi. lakukanlah ngemil sering dengan beberapa jam sekali dengan makanan yang ringan dan tidak menimbulkan kenyang. Ibu hamil dengan usia kehamilan muda akan lebih mudah mual jika mengkonsumsi banyak makanan yang mengenyangkan maka mual akan muncul.

Mengemil juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi yaitu memilih makanan cemilan yang sehat. Semilan yang banyak mengandung karbohidrat contohnya yang akan menyumbang kebutuhan energi tubuh karena ibu hamil memerlukan banyak energi.

Baca : Makanan pengganti karbohidrat bagi ibu hamilCara meningkatkan berat badan janin saat hamil

  1. Hindari makanan penimbul gas

Makanan yang bisa menimbulkan gas tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menimbulkan mual dan gejala morning sickness lainnya. Maka hindarilah makanan yang menimbulkan gas. Makanan yang menimbulkan seperti makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi seperti kol, sawi, nangka, durian, sirsak serta makanan hasil fermentasi lainnya. Maka jika akan mengkonsumsi makanan, ibu hamil perlu cermat meneliti makanan tersebut yang akan dikonsumsi.

Baca : Cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguranCara mengatasi anak susah makan nasi setiap hari

  1. Jauhi makanan enek pemicu mual

Beberapa makanan yang dapat menimbulkan efek mual pada ibu hamil yaitu seperti makanan yang mempunyai lemak tinggi, makanan berminyak serta makanan pedas. Ketiga jenis makanan tersebut sangat memberikan efek mual pada ibu hamil. Makanan berlemak tinggi tidak hanya memberikan efek mual tetapi juga tidak baik untuk kesehatan janin. Makanan berminyak tidak bisa diurai dengan mudah oleh usus sehingga akan menimbulkan rasa mual setelah anda mengkonsumsinya. Makanan pedas akan menimbulkan asam lambung (HC) tinggi, hal inilah yang menyebabkan rasa mual muncul dan akan memperparah mual yang terjadi.

  1. Minum secukupnya saja

Mengkonsumsi air putih sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang mengalami muntah. Saat muntah maka akan menimbulkan banyak cairan yang keluar sehingga akan kekurangan cairan dan dehidrasi maka dari itu dianjurkan minum air putih yang cukup. Selain menetralisir rasa mual, air putih akan mencegah dehidrasi. Minumlah air putih maksimal 8 gelas sehari agar tidak terlalu banyak air putih karena terlalu banyak mengkonsumsii air putih untuk ibu hamil juga tidak baik. Mengkonsumsi airputih lebih baik yang hangat dari pada yang dingin, karena rasa hangat akan lebih bisa mengurangi rasa mual yang timbul.

Baca : Minum vegeta bagi ibu hamilAkibat ibu hamil jarang minum susuBahaya bayi minum minyak telon

  1. Mengkonsumsi buah bervitamin C

Vitamin C mampu mengatasi rasa mual yang terjadi pada morning sickness ibu hamil. Vitamin C mampu menenangkan sistem syaraf yang tegang serta juga dapat menurunkan kadar HCI dalam tubuh sehingga dapat mengatasi rasa mual yang timbul. Makanan yang banyak mengandung vitamin C diantaranya yaitu jeruk, lemon, jambu, tomat serta masih banyak lagi lainnya. Maka konsumsilah banyak makanan yang mengandung vitamin C untuk mengatasi rasa mual yang muncul.

  1. Mengkonsumsi buah dingin

Mengkonsumsi buah dingin terbukti dapat mengurangi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil, hal ini karena buah dingin lebih mudah dicerna dan diterima olah usus. Penelitian ini dilakukan oleh University of Havard. Karena mudah dicerna usus sehingga buah dingin tidak menimbulkan mual serta nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh tetap terpenuhi.

Baca : Bahaya buah keengkeng bagi ibu hamilBahaya buah nangka bagi ibu hamil mudaBahaya buah nanas bagi ibu hamil muda

  1. Menghirup udara pagi yang segar

Ibu hamil indera penciumannya akan menjadi lebih peka sehingga akan mudah terganggu dengan bau-bau yang tajam. Hal ini akan menimbulkan rasa mual dan ingin muntah. Untuk mengatasi hal tersebut maka anda bisa menghirup udara segar dipagi hari. Udara pagi yang belum tercemar oleh berbagai polusi sehingga akan mampu menenangkan pikiran serta menetralisir rasa mual karena bau tidak sedap atau bau tajam.

  1. Olahraga

Walaupun ibu hamil, tetapi perlu sekali untukmelakukan olahrga. Ibu hamil yang cenderung berdiam diri didalam rumah serta tidak melakukan aktifitas maka akan menimbulkan rasa pusing yang dapat memicu mual dan bisa juga muntah. Untuk itu sebaiknya berolahraga yang ringan seperti jalan-jalan dipagi hari sehingga dapat mengurangi rasa mual yang dirasakan.

Baca : Olahraga yang dilarang untuk ibu hamilOlahraga untuk ibu hamil

Penyebab Morning Sickness

Berikut adalah penyebab morning sickness bagi ibu hamil :

  1. Perubahan Hormon

Morning sickness ini banyak disebabkan perubahan hormon pada tubuh ibu hamil yaitu meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron sehingga akan mempengaruhi fungsi neuron dan mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya. Keadaan morning sikness yang masih normal seperti mual serta muntah yang tidak berlebihan maka hal ini tidak berbahaya karena memang terjadi perubahan hormon pada tubuh. Tetapi jika gejala yang timbul pada ibu hamil yang mengalami morning sickness sampai gejala yang berat seperti tubuh tidak bisa menerima makanan serta minuman, maka ini berbahaya karena bisa menimbulkan kurangnya energi dalam tubuh serta dehidrasi. Untuk menangani hal ini maka konsultasikan ke dokter kandungan.

  1. Perubahan Metabolisme

Penyebab lain dari terjadinya morning sickness selain perubahan hormon yaitu seperti perubahan metabolic dalam kehamilan, alergi, serta faktor psikologi. Ibu yang hamil pada usia dibawah 24 tahun maka resiko mual akan lebih besar dibanding wanita hamil diusia diatas 24 tahun. Bahkan usia hamil diusia dibawah 24 tahun bisa mengalami mual parah.

  1. Riwayat dan Obesitas

Faktor lain yang dapat menjadikan penyebab mual parah pada ibu hamil yaitu seperti ibu hamil yang mengalami obesitas serta ibu yang pernah mengalami riwayat mual pada kehamilan yang sebelumnya. Morning sickness akan semakin beresiko jika ibu hamil mengalami cemas atau stress, jadi kondisi hati dan mental ibu hamil juga harus dijaga dan dikondisikan.

Baca : Bahaya obesitas bagi bu hamilBahaya cokelat bagi ibu hamil

Demikian beberapa cara mengatasi morning sickness dan penyebabnya. Semoga dengan mencoba cara-cara tersebut bisa meringankan gejala morning sickness pada ibu hamil.

,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 03:26 Oleh :
Kategori : Morning Sickness
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular