Sponsors Link

18 Makanan Pencegah Mual Saat Hamil dan Morning Sickness  

advertisement

Ibu hamil yang masuk trimester pertama pasti berjuang untuk mengatasi mual dan muntah sebagai efek dari morning sickness. Meskipun ada beberapa ibu hamil yang tidak mual saat hamil (baca: hamil tapi tidak mual dan tanpa ngidam). Pada dasarnya mual dan muntah adalah efek dari morning sickness sebagai tanda kehamilan karena tubuh ibu mengalami perubahan hormon yang sangat jelas. Bahkan ibu juga menjadi lebih sensitif untuk aroma sehingga mencium aroma yang kuat seperti parfum juga bisa menyebabkan muntah. Jika Anda sedang berjuang untuk mengatasi mual dan muntah maka bisa menggunakan beberapa makanan pencegah mual saat hamil.

Berikut ini rekomendasi makanan pencegah mual saat hamil yang bisa Anda konsumsi:

  1. Labu

Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun jika Anda mengalami mual yang parah maka bisa makan labu sebagai makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil. Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untukmengatasi mual. Magnesium bisa membantu ibu mengelola mual karena akan meningkatkan sirkulasi darah yang sangat baik untuk mengatasi perubahan hormon. Dan labu juga mengandung seng yang akan meningkatkan sistem kesehatan tubuh dan berpengaruh pada suasana hati ibu hamil. Untuk mengatasi mual maka ibu bisa mencoba makan labu rebus yang sudah dicampur dengan agar-agar. Dan labu sangat baik untuk ibu hamil karena menjadi makanan yang mengandung asid folik tinggi. (baca juga: manfaat labu bagi ibu hamil)

  1. Tomat

Tomat adalah makanan sehat untuk ibu hamil karena ini buah yang mengandung vitamin A dan juga vitamin C sangat tinggi. Tomat juga dibutuhkan untuk membangun sistem mata bayi dan mencegah agar tidak ada kelainan fungsi lensa mata. Tomat mengandung rasa asam yang didapatkan dari vitamin C dan kemudian rasa asam ini bisa membuat sistem air liur ibu menjadi normal dan tidak terlalu mual. Kandungan asam folat dalam tomat juga sangat penting untuk mencegah cacat tabung syaraf. Cara konsumsi tomat yang baik untuk ibu hamil adalah dicampurkan sup atau dijadikan jus. Hati-hati untuk makan tomat karena Anda harus mencuci tomat hingga bersih agar tidak terkena bahaya listeria bagi ibu hamil. (baca : manfaat tomat bagi ibu hamil)

  1. Wortel

Manfaat wortel bagi ibu hamil adalah jenis sayuran yang  bersifat sebagai bahan detoksifikasi alami. Tomat mengandung senyawa yang bisa membantu membersihkan hati dan ginjal untuk ibu hamil. Dan mengandung vitamin C yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Wortel juga mencegah berbagai dampak infeksi yang rentan untuk ibu hamil. Kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium dalam wortel akan bekerja untuk membantu menyeimbangkan hormon pada ibu hamil. Cara konsumsi wortel untuk ibu hamil bisa dibuat menjadi jus untuk ibu hamil atau sup. Makan wortel saat pagi hari bisa membantu mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil.

  1. Jahe

Jahe sangat baik untuk membantu sistem sirkulasi darah dalam tubuh ibu hamil kembali normal. Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil adalah untuk mengatasi mual dan muntah akibat morning sickness. Aroma jahe yang kuat berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh jahe. Dan senyawa gingerol bisa membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik. Bahkan jahe akan membantu mengatasi masuk angin pada ibu hamil. Konsumsi jahe bisa dilakukan dengan membuat air teh jahe. Rebus jahe dalam beberapa gelas air panas atau cukup memasukkan jahe yang telah digeprek ke dalam air panas. Jahe juga bisa menjadi obat diare untuk ibu hamil yang sangat aman.

  1. Kiwi

Kiwi mungkin terlalu asam bagi ibu hamil, tapi kiwi bisa menjadi makanan pencegah mual saat hamil. Salah satu manfaat buah kiwi bagi ibu hamil karena mengandung asam folat yang membantu dalam pembentukan sel pada bayi. Asam folat dalam buah kiwi yang ditemukan secara alami juga bisa menjadi bahan untuk mencegah keguguran. Perubahan hormon pada ibu hamil sering menyebabkan rasa tidak nyaman seperti mual, muntah, nyeri, stres, dan rasa lelah. Dan kiwi bisa membantu semua masalah ini karena senyawa asam dalam kiwi mengandung vitamin C yang akan mengatasi rasa mual.  Kiwi juga sangat baik untuk mengatasi nyeri, wasir, susah BAB saat hamil dan masalah pencernaan pada ibu hamil. Konsumsi kiwi terbaik bisa dilakukan pada pagi hari hanya dengan makan potongan buah kiwi segar atau dingin.

Sponsors Link

  1. Jeruk

Jeruk memang sudah terkenal sebagai buah camilan setiap pagi untuk ibu hamil. Kandungan vitamin C untuk ibu hamil dalam buah jeruk sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga diperkaya dengan seng dan zat besi yang akan membantu fungsi tersebut berjalan baik. Jeruk mengandung senyawa khusus yang dihasilkan dari zat asam. Senyawa ini bekerja untuk mengatasi peradangan dan mencegah masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan ibu hamil. Dan kandungan kalium yang tinggi pada jeruk akan membantu menjaga fungsi jantung untuk ibu hamil dan janin. Anda bisa mencoba untuk selalu makan buah jeruk sebagai camilan pagi setelah sarapan selain untuk mendapatkan manfaat jeruk untuk ibu hamil.

  1. Apel

Apel dianggap sebagai buah yang bisa membersihkan tubuh ibu hamil dari racun. Manfaat apel untuk ibu hamil sangat baik untuk membantu bayi tumbuh sehat dan aman dari gangguan radikal bebas. Secara umum apel mengandung serat tidak larut yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Dari fungsi ini maka apel juga akan mengatasi rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Dan apel juga mengandung karbohidrat yang sangat sehat sehingga buah ini bisa mencegah mual karena menyumbang nutrisi yang mengandung kalori. Apel akan membantu mencegah penyebab sering pusing saat hamil. Apel bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau dimakan langsung.

  1. Melon

Selama ini ibu hamil menganggap bahwa melon termasuk buah yang merusak selera makan dan memiliki aroma yang tajam. Memang melon memiliki aroma yang sangat kuat. Namun sebenarnya melon sangat baik untuk ibu hamil karena mengatasi mual dan mulas selama trimester pertama. Melon juga mengandung cairan yang baik untuk membantu mencegah dehidrasi. Kondisi ini bisa disebabkan sebagai akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil. Melon juga akan membantu mengatur tekanan darah untuk mencegah hipertensi dalam kehamilan. Dan ibu hamil bisa makan melon sebagai buah segar setiap pagi sebelum sarapan dengan makanan yang berat. Jadi pastikan Anda mendapatkan manfaat melon bagi ibu hamil sebagai makanan pencegah mual saat hamil.

  1. Pepaya

Pepaya memang kadang tidak sukai oleh ibu hamil karena mengandung getah lateks yang bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman. Namun sebenarnya getah lateks pada buah pepaya yang sudah matang sangat baik untuk mengatasi maul dan muntah pada ibu hamil. Buah pepaya mengandung bahan senyawa aktif termasuk juga vitamin seperti vitamin A dan vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh. Dan kandungan kalium dalam buah pepaya sangat baik untuk menjaga kerja jantung ibu hamil. Pepaya juga mengandung vitamin E yang akan membuat kulit ibu hamil tidak kering, tidak kusam dan lebih halus. Namun ibu hamil harus memastikan mengkonsumsi pepaya matang untuk mencegah masalah janin karena pepaya mentah bisa menjadi makanan yang dapat menyebabkan keguguran. (baca: manfaat buah pepaya untuk ibu hamil – manfaat daun pepaya bagi ibu hamil

ads

  1. Kentang

Kentang adalah jenis makanan yang bisa menjadi pengganti karbohidrat untuk ibu hamil. Kentang juga mengelola diabetes gestasional pada ibu hamil sehingga bisa mencegah bahaya diabetes saat hamil. Makan kentang setiap pagi sebagai sarapan sangat baik untuk menjaga agar tingkat gula darah terus stabil sepanjang hari. Kandungan bahan flavonoid dalam kentang juga membantu menjaga tekanan darah sepanjang hari. Kemudian kandungan folat dalam kentang sangat baik untuk membantu mencegah masalah cacat janin. Kentang akan menjadi makanan yang memasok energi penuh untuk ibu hamil sehingga ibu hamil tetap produktif sepanjang hari. (baca: penyebab janin cacat sejak dalam kandungan)

  1. Alpukat

Manfaat alpukat untuk ibu hamil memang sudah dipercaya sejak lama. Kandungan asam folat pada alpukat akan mencegah cacat tabung syaraf pada janin sebagai akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil. Dan alpukat mengandung mentega alami yang terkenal sebagai jenis lemak sehat untuk ibu hamil. Konsumsi potongan alpukat akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat. Alpukat juga akan membantu mencegah tubuh lemah akibat anemia pada ibu hamil. Anemia harus diatasi dengan baik agar tubuh ibu hamil tidak terlalu lemah. Alpukat juga bisa membantu ibu hamil mengatasi sembelit karena kandungan serat alami dalam alpukat.

  1. Stroberi

Salah satu manfaat strawberi bagi ibu hamil adalah karena mengandung vitamin C yang akan membantu tubuh ibu hamil tetap kuat meskipun mengalami morning sickness yang parah. Kandungan vitamin C ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah radikal bebas yang sering merusak sel sehat dalam tubuh ibu hamil. Vitamin C dalam stroberi juga sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit untuk tubuh. Dan sekarang stroberi bisa menjadi makanan yang akan mengatasi mual berlebihan. Namun rasa asam yang kuat pada stroberi mungkin bisa membuat kondisi penyakit maag pada ibu hamil menjadi lebih parah. Untuk itu cara konsumsi stroberi harus disesuaikan dengan ketahanan ibu terhadap rasa asam pada stroberi.

  1. Lobak

Lobak mungkin banyak dihindari oleh ibu hamil karena sayuran ini tertanam dalam tanah. Lobak memang  semua bagiannya tertanam dalam tanah. Namun untuk menghindari berbagai efek dari bakteri salmonella yang mungkin ada dalam tanah maka ibu bisa mengkonsumsi olahan lobak yang sudah masak. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi lobak mentah. Lobak mengandung kalsium dan magnesium yang sangat baik sebagai makanan pencegah mual saat hamil. Lobak juga mengandung serat yang akan mengurangi rasa tidak nyaman akibat sembelit pada ibu hamil.Dan tentu saja lobak menjadi makanan bergizi untuk ibu hamil di semua trimester.

  1. Yogurt

Apakah Anda mengkonsumsi yogurt selama hamil? Ya, yogurt akan membantu ibu hamil mengatasi mual dengan cara yang sangat alami. Probiotik dalam yogurt akan berfungsi untuk mengatasi masalah bakteri yang tidak seimbang dalam usus. Pada ibu hamil maka bakteri dan ragi dalam usus besar akan meningkat sebagai efek dari perubahan hormon. Dan kondisi ini sering menyebabkan ibu mengalami mual yang parah. Yogurt akan membantu mengatasi masalah ini karena bakteri baik dalam yogurt menenangkan perut. Namun ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi jenis yogurt yang alami dan organik. Jangan mengkonsumsi yogurt yang sudah mengandung gula pemanis untuk sepenuhnya mendapatkan manfaat yoghurt untuk ibu hamil.

  1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Anemia menjadi salah satu masalah yang bisa membuat ibu hamil semakin lemah setelah mual dan muntah-muntah. Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, kalsium, kalium dan magnesium yang sangat tinggi. Semua mineral ini akan berfungsi untuk mencegah rasa mual dan muntah yang berlebihan karena itu pisang bisa menjadi makanan pencegah mual saat hamil. Untuk mengatasi mual berlebihan maka ibu hamil bisa makan buah pisang setelah makan pagi. Pastikan Anda membatasi porsi awal agar perut tidak terlalu kenyang. Mulai sekarang jangan ragu untuk mendapatkan manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil atau jenis pisang lainnya.

  1. Jagung

Jagung bisa dimakan bersama dengan kentang dan wortel sebagai makanan yang akan mencegah mual sepanjang hari untuk ibu hamil. Jagung diperkaya dengan serat yang akan mengatasi wasir pada ibu hamil. Kemudian jagung juga mengandung thiamin yang akan membantu fungsi sel syaraf dan otak bayi menjadi lebih baik. Dan kandungan asam patotenik dalam jagung bisa membuat fungsi organ tubuh pada ibu hamil stabil. Ini makanan yang sangat baik untuk melawan perubahan hormon yang sering menyiksa ibu hamil. Jadi manfaat jagung untuk ibu hamil tidak hanya mencegah mual tapi juga penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.

  1. Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran yang kaya dengan zat besi dan bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Dan bayam juga bisa menjadi cara mencegah bayi lahir prematur secara alami. Bayam bisa dikonsumsi sebagai sayuran yang sehat pada siang hari. Ibu hamil bisa mencampurnya dengan wortel atau kentang untuk mencegah perut yang tidak nyaman setelah mual atau muntah. Hindari mengkonsumsi jus bayam karena mungkin saja bayam mengandung salmonella yang berbahaya untuk ibu hamil . Dan ternyata bayam mengandung beta karoten yang sangat baik untuk membantu perkembangan paru-paru pada janin dalam rahim ibu hamil. Bahkan Anda masih bisa mendapatkan manfaat bayam bagi ibu hamil yang lainnya untuk janin.

  1. Almond

Almond bisa menjadi kacang camilan yang sangat sehat untuk ibu hamil dan menjadi makanan pencegah mual saat hamil terutama pada pagi hari. Almond mengandung protein nabati yang sangat tinggi dan berfungsi untuk mencegah ibu hamil lemah. Almond akan meningkatkan stamina tubuh ibu hamil dan menjaga agar bayi dalam kandungan tetap sehat. Almond juga mengandung vitamin E yang akan membantu pembentukan sel kulit dan rambut pada bayi. Kandungan kalsium akan meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada bayi. Dan riboflavin sangat baik untuk membantu mengatasi mual pada ibu hamil dan juga membantu ibu hamil tidak terkena depresi berlebihan. (baca: manfaat almond bagi ibu hamil) Jadi ada banyak makanan yang membantu ibu hamil tidak mengalami mual dan muntah berlebihan sepanjang kehamilan. Mungkin beberapa ibu hamil bisa mengatasi mual hanya dengan jenis makanan tertentu. Sehingga ibu hamil bisa memilih berbagai jenis makanan pencegah mual saat hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, October 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Mual