9 Penyebab Ibu Hamil Menggigil Kedinginan : Penyakit dan Kondisi

Kehamilan memang bisa memberikan pengaruh yang sangat besar untuk semua wanita hamil. Ada janin yang sedang tumbuh dalam rahim dan sering membuat kondisi kesehatan ibu mengalami gangguan. Kemudian masalah perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil juga bisa membuat ibu hamil mudah terkena penyakit infeksi. Salah satu kondisi yang tidak nyaman adalah menggigil kedinginan. Biasanya masalah ini disertai dengan demam yang membuat tubuh ibu hamil sangat panas namun terasa sangat dingin di luar. (baca: demam saat hamil)

Berikut ini adalah beberapa penyebab ibu hamil menggigiil kedinginan.

  1. Terkena infeksi saluran kemih

Semua ibu hamil memiliki resiko terkena infeksi saluran kemih. Biasanya ibu hamil akan sering buang air kecil dan beberapa ibu hamil sengaja untuk menahannya. Kondisi ini juga bisa membuat ibu hamil terkena infeksi saluran kemih. Infeksi terjadi ketika bakteri berkembang biak dan masuk ke dalam sistem urin. Akhirnya infeksi berkembang baik pada bagian ureter maupun sampai ke bagian ginjal. Penyakit ini selalu menyebabkan tubuh ibu demam dan menggigil kedinginan. Infeksi saluran kemih harus segera mendapatkan perawatan agar tidak terjadi komplikasi baik pada ibu hamil dan janin. Namun semua penyebab ini harus diperiksa oleh dokter sehingga bisa dipastikan penyebab yang sebenarnya. (baca:  Sering kencing saat hamil – infeksi saluran kemih pada ibu hamil)

  1. Ibu terkena flu atau influenza

Tubuh ibu hamil memang bisa lemah dan rentan dengan beberapa penyakit infeksi termasuk seperti penyakit influenza. Penyakit ini bisa menyebabkan tubuh ibu hamil tidak nyaman. Gejala selain menggigil termasuk seperti batuk, mual, sakit kepala, muntah, hidung tersumbat dan bersin. Tubuh ibu hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah sehingga mudah terkena ancaman virus. Kemudian ketika virus sudah masuk maka bisa membuat tubuh memberi reaksi berlebihan seperti menggigil kedinginan. Untuk mengatasi efek samping yang berat maka ibu hamil bisa mendapatkan obat dari dokter yang merawat.

Baca juga:

  1. Penyakit infeksi pernafasan atas

Kemudian ibu hamil juga bisa demam sampai menggigil karena terkena penyakit infeksi saluran pernafasan atas. Infeksi bisa menyebar ke semua saluran pernafasan atas termasuk sinus, hidung, laring dan faring. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti flu, hidung yang terus mengeluarkan ingus, sakit pada tenggorokan, batuk dan juga sesak nafas. Meskipun penyakit ini terlihat berat sebenarnya bisa sembuh sendiri selama kurang lebih 3 sampai 14 hari. Kemungkinan ibu hamil juga bisa terkena penyakit lain yang berhubungan dengan infeksi termasuk seperti sinusitis, radang tenggorokan, bronkhitis dan pneumonia.

Baca: penyebab ibu hamil sesak nafas – asma saat hamil – bahaya asma bagi ibu hamil – obat asma untuk ibu hamil

  1. Penyakit saluran pencernaan

Kemudian ibu hamil juga bisa terkena penyakit saluran pencernaan yang bisa menyebabkan tubuh ibu menggigil kedinginan. Penyakit ini sering ditandai dengan beberapa kondisi termasuk seperti muntah dan diare. Pada kasus yang sangat buruk maka ibu juga bisa mengalami penurunan tekanan darah dengan cepat, sakit kepala, tubuh yang sangat lemah, pingsan dan tubuh yang tidak berdaya. Kondisi ini juga bisa membuat tubuh ibu kekurangan cairan yang parah sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit. Jika ibu menunjukkan tanda dehidrasi yang parah maka ibu bisa mencoba mendapatkan perawatan darurat. (baca:  bahaya obat maag untuk ibu hamil – obat maag untuk ibu hamil


  1. Gangguan sistem syaraf otonom

Pada dasarnya kehamilan telah merubah semua sistem kerja dalam tubuh ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat sistem syaraf otonom juga mengalami gangguan. Penyebab dari gangguan ini sangat beragam termasuk seperti ibu hamil yang mengalami insomnia parah, ibu hamil yang kurang tidur dalam jangka panjang, morning sickness yang parah, dan juga stres. Semua masalah ini bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah. Akibatnya maka pembuluh darah memberi respon pada tubuh ibu hamil dan ibu hamil bisa merasa sangat dingin. (baca: penyebab ibu hamil susah tidur)

  1. Gangguan sirkulasi darah dalam tubuh

Ketika kehamilan sudah mencapai trimester ketiga maka biasanya beban bayi di bagian depan tubuh bisa membuat gangguan keseimbangan. Hal ini juga bisa menyebabkan tekanan yang berat pada bagian panggul sehingga justru  bisa membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Kondisi ini juga bisa membuat tubuh ibu menggigil dan tidak bisa menahan demam dengan baik.Masalah peredaran darah yang tidak sempurna juga bisa membuat tubuh ibu menjadi kurang sehat. Pemicu lain dari masalah ini termasuk seperti ketika ibu hamil duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, atau ketika berbaring dengan posisi yang sama terus menerus. Jika darah tidak bisa mengalir ke bagian ekstremitas maka tubuh ibu bisa merespon dengan rasa dingin yang buruk.  (baca : Penyebab Kram Kaki Pada Ibu Hamil – penyebab varises pada ibu setelah melahirkan)

  1. Tubuh ibu kurang gerak

Kemudian ketika ibu hamil tidak bergerak cukup maka bisa menyebabkan otot tubuh ibu hamil menjadi lebih lemah. Kemudian hal ini bisa membuat otot ibu tidak terlatih dengan baik dan tubuh tidak bisa menghasilkan panas tubuh secara alami. Respon tubuh yang cepat maka bisa membuat ibu merasa sangat dingin kemudian bisa menggigil. Untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya ibu hamil tetap bergerak baik dengan senam hamil, berenang, jalan kaki atau aktifitas yang lain. (baca juga: manfaat berenang bagi ibu hamil – olahraga untuk ibu hamil muda dan tua – senam hamil)

  1. Adanya perubahan kadar homon

Ibu hamil memang mengalami perubahan hormon kehamilan yang sangat cepat. Hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi bisa membuat sistem tubuh mengalami kekacauan. Kemudian ketika itu terjadi maka tubuh mengirim respon menggigil. Kemudian jika ibu mengalami stres dan tekanan maka sistem hormon juga bisa kacau dan ibu menggigil. Untuk mengatasi ini maka ibu hamil bisa menjaga kesehatan dengan baik dan mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan trimester kehamilan.

 

  1. Adanya pengaruh dari kondisi lingkungan

Ketika ibu hamil diam dalam waktu lama di sebuah ruangan yang menggunakan AC maka suhu dingin bisa membuat tubuh ibu menggigil. Hal ini biasanya mungkin tidak dialami sebelum hamil dan baru terjadi setelah hamil. Kemudian gangguan sistem pencernaan juga bisa menyebabkan tubuh ibu semakin menggigil. Untuk mengatasi semua masalah ini maka tubuh ibu perlu menyesuaikan dengan lingkungan dan mendapatkan suhu yang tepat. (baca: bahaya kipas angin untuk ibu hamil)

Berbagai penyebab ibu hamil menggigil kedinginan memang perlu dicari baik secara medis maupun non medis. Menggigil bisa menjadi sinyal bahwa dalam tubuh terjadi hal yang tidak normal sehingga harus diatasi dengan cepat untuk mengurangi resiko pada ibu dan bayi dalam kandungan.

, , ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 04:38 Oleh :
Kategori : Masalah Kehamilan