Sponsors Link

14 Ciri ciri Bayi Lahir Prematur

advertisement

Ciri-ciri bayi lahir prematur harus diketahui oleh semua orang terutama masyarakat awam yang masih memiliki sedikit pengetahuan tentang bayi dan kelahiran prematur. Meski kelahiran prematur jarang terjadi dan terjadi pada 15 kehamilan di 100 kehamilan namun bukan berarti sebagai wanita atau ibu kita bisa berdiam diri begitu saja.

Untuk menghindari kelahiran dan memiliki bayi prematur, ibu hamil harus tahu apa saja yang menyebabkan kelahiran prematur, cara mencegah kehamilan prematur, resiko melahirkan bayi prematur, tanda melahirkan secara prematur dan masih banyak lagi lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri bayi prematur. Banyak hal negatif yang akan menimpa bayi yang dilahirkan dengan prematur, terutama bayi yang dilahirkan dengan usia kurang dari 32 minggu.

Jenis Kelahiran Prematur

Selama ini kehamilan prematur hanya dikenal dengan 1 macam saja, namun di dunia medis ada banyak jenis kelahiran prematur. Perbedaan jenis tersebut adalah usia kelahiran bayi tersebut ke dunia ini. Kelahiran prematur dibedakan menjadi 3 kelompok. Berikut ini adalah jenis kelahiran prematur berdasarkan dengan waktu kelahirannya :

  1. Late preterm – Bayi yang dilahirkan secara prematur ini akan lahir di usia antara 34 sampai dengan 37 minggu (perkembangan janin 9 bulan) kehamilan.
  2. Very preterm.- Bayi ini akan dilahirkan dengan usia kurang dari 32 minggu (perkembangan janin 8 bulan) kehamilan.
  3. Extremely preterm – Bayi ini akan dilahirkan dengan usia kehamilan kurang dari 25 minggu (perkembangan janin 7 bulan). Bayi dengan jenis ini tidak bisa bertahan hidup, jika bisa maka dia membutuhkan alat medis lengkap untuk menunjang kehidupannya.

Ciri- ciri

Kebanyakan bayi yang dilahirkan prematur di usia 28 minggu sampai dengan usia 36 minggu. Usia kandungan seperti itu bisa dikatakan bayi yang akan dilahirkannya kelak disebut dengan bayi prematur dan prosesnya disebut dengan persalinan prematur. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui ciri pasti dari bayi yang dilahirkan secara prematur. Berikut ini adalah ciri-ciri bayi yang dilahirkan secara prematur yang harus diketahui :

1. Tertutup Lanugo

Kebanyakan bayi yang dilahirkan secara prematur, seluruh tubuhnya akan ditutupi dengan lanugo atau rambut halus. Lanugo itu bisa menutupi di bagian wajah dan juga tubuhnya. Pada bayi yang dilahirkan secara normal, lanugo itu bisa hilang dengan sendirinya. Pada bayi yang dilahirkan dengan prematur, hilangnya lanugo tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan bayi yang terlahir secara normal.

2. Refleks Belum Sempurna

Bayi prematur akan memiliki ciri-ciri refleksnya belum sempurna, misalnya saja jika disentuh dan dipegang, bayi tersebut akan terlambat dalam merefleksnya. Yang belum sempurna yang lainnya adalah refleks hisapnya belum sempurna sehingga bayi akan kesulitan jika harus menyusui dari ibunya. Kebanyakan bayi yang lahir prematur, makanan dan minumannya akan dialirkan melalui selang infus.

3. Memiliki Kulit Tipis

Jaringan kulit pada bayi yang dilahirkan secara prematur belum terbentuk dengan sempurna sehingga kulit bayi prematur itu terlihat lebih tipis dibandingkan dengan kulit bayi yang dilahirkan dengan normal. Kulit yang tipis itu bisa membuat bayi yang dilahirkan secara prematur bisa terlihat pembuluh darah di jaringan kulitnya tersebut.

4. Kulit Merah

Bayi belum cukup umur namun sudah dilahirkan ke dunia ini memiliki kulit yang berwarna merah dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan dengan usia yang normal. Bayi dengan usia yang normal akan memiliki kulit putih hal itu disebabkan di tubuh bayi tertutupi dengan membran kulit putih. Membran itu bisa hilang saat bayi sudah berumur tujuh hari, sedangkan pada bayi prematur membran tersebut belum terbentuk sehingga warna kulitnya tidak putih melainkan berwarna merah.

5. Telinga Elastis

Karena organ telinganya belum terbentuk dengan sempurna, bayi yang terlahir belum cukup umur bisa memiliki tulang telinga yang elastis. Tulang tersebut sangat elastis dan sangat lunak, jika pada umumnya daun telinga akan sedikit kaku jika dipegang. Tulang pada daun telinga bayi akan sangat elastis dan juga sangat lentur.

Selain itu, masalah pada telinga bayi juga seringkali terjadi karena :

Sponsors Link

6. Pernafasan Belum Sempurna

Ciri ciri bayi lahir prematur atau belum cukup umur akan memiliki pernafasan yang belum sempurna, bayi itu akan masuk ke ruangan khusus dengan bantuan selang oksigen di hidungnya. Penyebabnya adalah organ paru-paru bayi belum matang dan belum sempurna sehingga bayi jika hidup di luar rahim dia membutuhkan bantuan alat pernafasan berupa oksigen.

Selain itu, yang bisa menyebabkan pertumbuhan paru-paru bayi menjadi tidak sempurna yaitu :

7. Garis Tangan dan Garis Kaki Tipis

Lihatlah garis tangan dan garis kaki yang dimiliki oleh bayi tersebut. Garis-garis pada telapak tangan dan juga telapak kaki masih terlihat samar dan juga tipis. Hal itu dikarenakan garis pada telapak tangan dan telapak kaki belum terbentuk dengan sempurna.

8. Berat Badan Rendah

Bayi yang dilahirkan dengan belum cukup umur ciri-ciri yang bisa dilihat adalah bayi tersebut memiliki berat badan yang rendah. Berat badan yang rendah itu disebabkan oleh kurangnya umur bayi tersebut, jika bayi itu tidak prematur di dalam rahim dia masih bisa bertambah berat badannya dengan menyerap gizi ibu hamil yang dikonsumsi. Namun jika sudah dilahirkan dan belum cukup umur, bayi itu tidak akan bisa bertambah berat badannya kembali. Bayi yang lahir secara prematur memiliki berat badan kurang dari 2500 gram bahkan ada yang di bawah 2000 gram. Bayi itu pun akan terlihat lebih mungil dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan normal.

Kelahiran bayi dengan berat badan rendah juga bisa disebabkan oleh :

9. Banyak Tidur

Bayi yang dilahirkan secara prematur akan lebih sering tidur dibandingkan terbangun. Memang bayi yang baru dilahirkan akan banyak tidur dibandingkan bergerak dan juga terbangun. Namun estimasi jam tidur pada pola tidur bayi yang dilahirkan secara prematur lebih banyak dibandingkan dengan bayi yang baru saja dilahirkan secara normal.

 

10. Ukuran Kepala Tidak Proporsional

Bahaya bayi lahir prematur akan memiliki ukuran kepala yang tidak proporsional. Jika dibandingkan dengan ukuran badannya, ukuran kepala akan lebih besar atau lebih kecil dibandingkan dengan badannya.

Masalah pada ukuran kepala bayi ini, juga bisa disebabkan oleh :

ads

11. Tubuh Kurang Berisi

Jika kita meraba dan memencet bayi yang dilahirkan secara prematur, bayi lahir prematur yakni bagian tubuhnya tersebut kurang berisi. Selain itu, kulitnya tidak kencang dan juga kendor.

12. Suhu Tubuh Dingin

Saat bayi dilahirkan, suhu tubuh bayi akan terasa dingin dan suhu tubuhnya rendah. Oleh sebab itulah banyak bayi yang dilahirkan secara prematur harus dimasukkan ke dalam ruang inkubator yang ada penghangat tubuh bayinya.

13. Sesak Nafas

Jika bayi dilepas oksigennya, bayi tersebut akan mengalami sesak nafas dan juga gangguan pernafasan. Oleh karena itulah bayi tersebut sangat bergantung pada selang oksigen yang dialirkan ke pernafasannya.

Kondisi sesak napas pada bayi ini juga bisa dikarenakan oleh :

14. Tidak Memiliki Bulu Mata

Bayi yang dilahirkan secara prematur tidak memiliki bulu mata dan bola matanya agak menonjol ke luar. Hal itu dikarenakan pertumbuhan bulu mata dan alis matanya belum terbentuk secara sempurna. Berbeda halnya dengan bayi yang dilahirkan dengan cukup umur, bayi itu akan memiliki alis dan bulu mata yang sempurna.

Hal yang Berkaitan dengan Bayi Prematur

Ada hal-hal yang berkaitan dengan bayi serta kelahiran prematur yang tidak diketahui oleh wanita terutama masyarakat luas. Berikut ini ada hal yang berkaitan dengan bayi prematur yang harus diketahui oleh banyak orang :

Fakta

Fakta tentang bayi prematur belum diketahui oleh banyak orang. Fakta dari bayi prematur adalah kelahiran prematur merupakan penyebab kematian bayi yang baru saja dilahirkan. Data yang dimiliki WHO pada tahun 2013, sebanyak 1,5 juta bayi dilahirkan secara prematur setiap tahunnya di dunia ini. Jumlah tersebut setiap tahunnya akan bertambah. Indonesia sendiri memegang peringkat ke-5 dari jumlah 10 negara yang memiliki bayi dan kelahiran prematur terbanyak di dunia ini.

Penyebab kematian pada bayi ini juga bisa terjadi karena :

Komplikasi

Bayi yang dilahirkan secara prematur akan memiliki komplikasi kesehatan serius. Komplikasi yang paling banyak dialami oleh bayi yang dilahirkan secara prematur adalah bayi tersebut akan mengalami komplikasi pernafasan. Resiko infeksi dan juga komplikasi pada jantung bisa terjadi pada bayi yang dilahirkan secara prematur. Metabolisme bayi akan terganggu, sistem imun bayi juga belum terbentuk dengan sempurna sehingga bayi akan rentan terkena virus dan kuman dari luar.

Oleh sebab itu, bayi yang dilahirkan secara prematur tidak boleh terkena virus dan kuman dari luar. Orang yang ingin menjenguk bayi prematur harus steril dan tidak sedang berpenyakit. Bayi juga akan mengalami kematian mendadak atau dikenal dengan SIDS. Komplikasi jangka panjang adalah bayi bisa mengalami penyakit penurunan kognitif, memiliki pertumbuhan yang lambat dalam hal psikologis dan juga perilaku. Hal terakhir yang bisa menjadi komplikasi adalah indera penglihatan bayi tersebut bisa terganggu sebab inderanya belum berkembang dengan sempurna.

  • Membutuhkan Finansial yang Lebih

Perawatan bayi prematur berbeda dengan perawatan bayi yang dilahirkan secara normal. Ruangan bayi tersebut khusus dan juga dilengkapi dengan berbagai peralatan medis penunjang lainnya. Biaya untuk perawatan bayi prematur tersebut lebih banyak dan lebih mahal dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan secara normal.

Untuk itu cara mencegah bayi lahir prematur lebih baik dilakukan, sebelum bayi dilahirkan dalam keadaan prematur.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Friday 28th, August 2015 / 05:40 Oleh :
Kategori : Kelahiran Prematur