Sponsors Link

10 Tanda Tanda Hamil Kosong – Penyebab, Perawatan dan Pencegahan

advertisement

hamil kosongApakah Anda pernah mendengar tentang kehamilan kosong? Ini adalah jenis masalah yang berbeda dengan hamil anggur atau hamil di luar kandungan (baca: beda hamil anggur dan hamil diluar kandungan). Peluang terjadinya hamil anggur pada wanita dan hamil kosong sama sekali tidak pernah diduga. Kasus kehamilan kosong bisa terjadi pada semua ibu dan sering menyebabkan rasa kecewa yang besar karena seperti kehamilan palsu. Dalam istilah medis kehamilan kosong juga sering disebut dengan kehamilan anembrionik. Kehamilan kosong akan terjadi ketika ibu sudah masuk trimester pertama dan menemukan ciri kehamilan bermasalah. Bahkan beberapa ibu sering tidak merasakan kehamilan atau tidak tahu jika dirinya sedang hamil. Karena janin tidak berkembang dalam kehamilan kosong maka dokter biasanya akan memberi tahu bahwa ibu telah mengalami tanda-tanda keguguran.

Apa Itu Kehamilan Kosong?

Kehamilan kosong adalah sebuah proses kehamilan yang terjadi ketika ada sebuah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempel dalam dinding rahim, namun embrio tersebut ternyata tidak berkembang. Sel yang sudah dibuahi memang akan membentuk kantung kehamilan namun embrio sama sekali tidak terbentuk atau janin tidak berkembang. Berbagai proses awal kehamilan kosong inilah yang sama seperti kehamilan nyata dan menyebabkan berbagai tanda – tanda kehamilan. Ketika plasenta terbentuk dan terus tumbuh namun tidak memiliki embrio maka tubuh ibu juga mengalami perubahan seperti kenaikan HCG. Karena itu berbagai tanda kehamilan pada tahap awal kehamilan belum tentu menjadi metode yang sesuai kecuali setelah dilakukan USG kehamilan pada trimester pertama. Memang sulit untuk mengetahui apakah hamil yang tidak terdeteksi ini normal atau hamil kosong.

Apa Penyebab Kehamilan Kosong?

  1. Kehamilan kosong biasanya akan menjadi salah satu penyebab keguguran hamil muda. Bahkan beberapa ibu yang mengalami hamil kosong bisa keguguran sebelum 8 minggu kehamilan. Penyebab kehamilan kosong sebenarnya adalah sebuah tanda ketika tubuh ibu mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenal atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami maka tubuh ibu merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. Karena itu tubuh menolak kromosom yang tidak normal yang bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat.
  2. Penyebab awal dari kehamilan kosong terjadi ketika ada sel membelah secara tidak sempurna akibat kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

Berikut ini adalah berbagai tanda tanda kehamilan kosong dari tahap ke tahap.

  1. Terlambat Menstruasi

Pada tahap awal kehamilan kosong maka ibu juga akan mengalami masalah terlambat datang bulan yang menjadi tanda tanda kehamilan. Ini memang sangat mirip seperti tanda-tanda kehamilan minggu pertama yang nyata. Pada prosesnya memang kehamilan kosong juga melewati proses sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Tahap awal ini akan membuat ibu merasa benar-benar hamil namun tidak ada gejala jika sebenarnya kantung kehamilan mungkin tidak terbentuk. (baca juga: penyebab haid tidak teratur – akibat telat haid)

  1. Tes Urin Positif

Dalam pengujian tes kehamilan dengan menggunakan urin,maka tingkat HCG dalam urin juga tinggi. Hal inilah yang menunjukkan jika tes kehamilan menghasilkan garis dua seperti ketika ibu benar-benar hamil. Memang ketika pada tahap awal kehamilan kosong sel telur yang dibuahi oleh sel sperma juga menempel pada dinding rahim. Tahap ini akan menunjukkan jika tubuh ibu bersiap untuk menyambut perkembangan janin. Dan tentu saja tingkat HCG dalam urin ataupun darah juga tinggi seperti hamil yang nyata. Namun belum tentu kadar HCG tinggi ketika dilakukan tes darah saat hamil. (baca juga: manfaat pemeriksaan VDRL pada ibu hamil)

  1. Perut Kembung

Perut kembung dan tidak nyaman akan menjadi gejala yang sering dialami pada kasus kehamilan kosong. Perut kembung menjadi tanda bahwa rahim bersiap untuk menyambut embrio dari sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma. Gejala ini juga terjadi pada ciri ciri orang hamil. Bahkan pertanda ini dianggap karena perkembangan embrio telah menekan saluran kencing. Beberapa ibu akan merasakan perut kembung yang parah, sulit untuk makan, dan terasa gas terjebak dalam perut. Pertanda ini bisa membuat ibu malas bergerak dan tubuh yang terasa lebih lemah. (baca juga: perut melilit saat hamilibu hamil sering kentut)

  1. Sakit Dada

Dada sesak saat hamil seperti tekanan yang kuat bisa menjadi pertanda kehamilan yang kosong. Tanda  ini yang sering dianggap oleh ibu hamil sebagai kelelahan yang berat karena memang ibu hamil cepat lelah. Sakit dada berhubungan dengan tingkat oksigen yang rendah dalam tubuh ibu dan reaksi akibat proses pembuahan dari sel telur dan sel sperma namun sebenarnya gagal berkembang. Ini termasuk reaksi alami tubuh yang sulit menjadi gejala apakah ini tanda tanda kehamilan kosong. (baca juga: cara mengatasi sesak nafas saat hamil)

  1. Morning Sickness

Ibu yang mengalami kehamilan kosong juga akan merasakan morning sickness yang parah. Sama seperti ibu hamil maka ibu juga akan merasa mual, muntah, tidak nafsu makan, ngidam makanan tertentu dan tubuh yang lemah. Penyebab morning sickness bisa terjadi akibat kenaikan progesteron tinggi dalam tubuh. Dan inilah yang menjadi perbedaan mual hamil atau maag yang membuat ibu terkena kehamilan kosong tidak peka.

Sponsors Link

Bahkan morning sickness tetap akan terasa ketika sebenarnya embrio dalam dinding rahim tidak terbentuk atau embrio tidak berkembang sempurna. Biasanya pada masa ini ibu akan tetap merasa gembira dengan morning sickness yang parah dan melakukan cara mengatasi morning sickness untuk mengurangi gejala bahaya morning sickness. Dan sulit bagi ibu untuk bisa merasakan kehamilan kosong yang terjadi.

  1. Sakit Kepala

Penyebab sering pusing saat hamil adalah akibat tingginya tingkat HCG dan persiapan tubuh dalam produksi progesteron tetap akan terasa. Sering sakit kepala akan terjadi mulai dari awal kehamilan hingga sepanjang kehamilan sampai selesai trimester ketiga. Beberapa ibu sering menganggap jika gangguan kehamilan ini akibat tubuh yang bersiap untuk menyambut bayi, perubahan hormon dan kelelahan. Namun kehamilan kosong sering menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih berat dibandingkan kehamilan yang sebenarnya. (baca juga: penyebab pusing pada ibu hamil)

  1. Perasaan Janin dalam Rahim

Ibu hamil memang memiliki insting atau perasaan yang sangat kuat. Termasuk ketika merasa hamil dan sudah merasakan berbagai tanda yang nyata. Ibu akan tetap merasakan ada janin dalam rahim dan perkembangan janin yang baik. Meskipun sebenarnya mungkin saja embrio yang sudah menempel pada dinding rahim sudah tidak berkembang. Pada tahap awal ini ibu sama sekali tidak merasa janggal dan tetap menganggap dirinya hamil.

  1. Terdapat Kantung Ketuban

Pada kehamilan kosong tahap perkembangan proses kehamilan memang sangat mirip seperti kehamilan yang nyata. Dalam pemeriksaan dokter dengan USG maka kantung ketuban tetap akan terbentuk seperti kehamilan yang normal. Hal ini juga sering membuat dokter terlewat untuk memberitahukan kehamilan kosong pada pasien. Namun pada pemeriksaan USG yang dilakukan di minggu ke 7, maka kantung ketuban akan terbentuk sempurna dan sama sekali tidak ada embrio yang berkembang. Jika dokter tahu dengan hasil pemeriksaan ini maka biasanya dokter akan memberitahu kepada ibu dan memberikan saran untuk menghadapi kehamilan kosong. (baca juga: janin yang meninggal dalam kandungan)

  1. Kram Perut Bawah

Rasa sakit pada bagian perut bawah yang mirip seperti kram memang sering dialami oleh ibu hamil yang masuk trimster pertama. Kram perut bisa disebabkan karena perubahan rahim yang mulai menebal dan bersiap untuk menyambut embrio. Pada kehamilan kosong memang sel telur benar-benar menempel pada dinding rahim. Kemudian juga menekan rahim sehingga sering menyebabkan rasa nyeri atau kram pada perut bawah. Namun kram harus diwaspadai karena kehamilan kosong sering menyebabkan kram yang disertai dengan bercak coklat atau merah dari vagina.

  1. Pendarahan Berat

Setelah ibu melewati kram perut bawah yang berat disertai dengan flek bercak darah saat hamil muda, maka ibu bisa mengalami pendarahan. Tidak ada waktu yang pasti kapan pendarahan akan terjadi, bahkan ibu sering menganggap pendarahan tersebut adalah menstruasi. Beberapa kehamilan kosong juga sering tidak disertai dengan berbagai tanda yang berat. Sehingga ibu sering menganggapnya sebagai menstruasi yang tidak teratur atau terlambat. Namun ketika pendarahan menjadi berat dan lama maka itu bukan tanda menstruasi sebab bisa jadi tanda-tanda keguguran. Ibu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pendarahan berat ini juga sering menjadi tanda kehamilan ektopik.

ads

Pemeriksaan Hamil Kosong

Kehamilan kosong akan terdeteksi ketika usia kehamilan sudah mencapai 7 atau 8 minggu. Dokter bisa melakukan USG untuk melihat apakah sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma berkembang menjadi embrio. Pada usia kehamilan 5 sampai 6 minggu biasanya baru terbentuk kantung kehamilan, jadi sulit untuk melihat kehamilan kosong. Jika hasil dari USG menunjukkan kantung janin sudah berukuran 25 mm dan belum ditemukan embrio, maka kemungkinan itu adalah hamil kosong.

Baca juga: manfaat USG 4 dimensi – bahaya USG kehamilan yang terlalu sering – manfaat USG kehamilan

Perawatan Hamil Kosong

  1. Pada dasarnya kehamilan kosong tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Secara alami tubuh ibu akan memberikan reaksi yang bagus. Setelah mengalami pendarahan seperti keguguran dan lebih mirip dengan menstruasi yang berat maka rahim ibu sebenarnya sudah bersih. Ini adalah mekanisne alami dari tubuh ibu untuk mengusir jaringan dan sel yang tidak diterima oleh rahim. (baca : keguguran tanpa kuret)
  2. Jika ibu sudah melakukan pemeriksaan USG dan telah mendapatkan diagnosis kehamilan kosong, maka ibu tidak perlu melakukan apapun. Ibu hanya perlu menunggu apakah akan merasakan tanda pendarahan yang terlihat mirip seperti menstruasi. Jika dalam beberapa hari atau minggu tidak ada tanda pendarahan maka ibu harus kembali melakukan konsultasi dengan dokter.
  3. Jika tidak ada proses pendarahan setelah hamil kosong maka dokter bisa memberikan obat untuk membersihkan rahim. Obat seperti jenis misoprostol bisa membantu rahim untuk kontraksi dan membersihkan kantung kehamilan yang berisi embrio namun tidak berkembang.
  4. Tindakan kuret atau bedah biasanya tidak dilakukan dokter untuk mengatasi kehamilan kosong. Namun proses kuret atau bedah untuk mengambil kantung janin bisa dilakukan jika ibu dan dokter sepakat untuk memeriksa jaringan tersebut. Hal ini penting untuk mengetahui apa penyebab keguguran. (baca : proses kuret janin tidak berkembangefek samping kuret)

Cara Mencegah Kehamilan Kosong

Hingga saat ini sebenarnya dunia medis belum menemukan cara untuk mencegah kehamilan kosong. Ada beberapa wanita yang bisa mengalami kehamilan kosong dan ada pula yang selalu berhasil dengan proses kehamilan. Biasanya kehamilan kosong hanya terjadi satu kali dalam setiap kesempatan hamil bagi semua wanita di dunia. Namun jika suami dan istri memiliki beberapa keluhan genetik dan warisan genetik dari orang tua mengenai kehamilan kosong, maka pengujian genetik bisa dilakukan setelah pernikahan. Cara ini bisa membantu calon orang tua menghindari ketakutan kehamilan kosong karena masalah genetik yang sudah diketahui.

Fakta Peluang Kehamilan Normal Setelah Hamil Kosong

  1. Pada dasarnya setelah hamil kosong maka ibu sama sekali tidak akan mengalami masa nifas seperti pada kasus keguguran. Ibu akan mengalami menstruasi seperti biasa dan sesuai dengan tingkat kesuburan. Peluang untuk hamil normal sangat mungkin terjadi namun program kehamilan atau bayi tabung sebaiknya dilakukan setelah melewati tiga kali menstruasi. (baca: cara cepat hamil secara alami – proses bayi tabung)
  2. Persiapan mental dan fisik sangat penting untuk ibu yang barus saja mengalami hamil kosong. Persiapan ini membantu ibu melewati proses kehamilan yang normal dan mencoba mendapatkan bayi yang sehat.
  3. Jika ibu kembali mengalami keguguran setelah hamil kosong, maka pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab utama masalah tersebut. Kasus ini sering disebabkan karena masalah penyakit diabetes dan hipotiroidisme. (baca : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)
  4. Pada dasarnya ibu yang telah mengalami hamil kosong bisa mendapatkan kehamilan yang normal dan alami. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika menemukan bukti jika semua ibu yang pernah mengalami hamil kosong maka akan hamil normal pada periode selanjutnya. Waktu terlama untuk menunggu kehamilan normal sekitar lima tahun dan tergantung dengan tingkat kesuburan suami istri.

Kehamilan kosong memang akan melukai perasaan semua calon orang tua. Terlebih dengan berbagai tanda kehamilan kosong yang mirip seperti kehamilan nyata. Karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan rutin sejak awal kehamilan untuk mengetahui perkembangan janin dan potensi masalah kesehatan pada ibu dan janin.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 12th, August 2016 / 04:41 Oleh :
Kategori : Masalah Kehamilan