Sponsors Link

6 Akibat Kekurangan Minum Air Putih Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Hamil merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh pasangan, terlebih lagi pada pasangan baru. Oleh Karena itu saat ibu dalam keadaan hamil, harus memperhatikan dengan betul keadaan kehamilannya dan pastikan tubuh tetap sehat. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan, karena tubuh ibu yang sehat akan membuat bayi yang berada di kandungan akan tetap sehat. ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan.

ads

Salah satu jenis minuman yang sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah air putih. Meskipun air putih tidak berasa, beraroma dan cenderung tidak menggugah selera seperti teh atau kopi namun ternyata khasiat yang ada di dalamnya sangatlah besar dan ampuh bagi semua orang termasuk untuk ibu hamil. Seperti yang telah diketahui bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Pada orang dewasa terdapat kandungan air hingga 60 – 70%. Pada dalam tubuh bayi sekitar 80% air dan janin yang lebih dari 90%.

Air Putih Merupakan Gizi yang Harus Dipenuhi

Kementerian kesehatan republik Indonesia menjadikan air putih sebagai salah satu menu yang harus ada dalam 13 menu makanan gizi seimbang. Air putih juga disinyalir menjadi obat bagi seluruh jenis penyakit. Hal ini dikarenakan air terdiri dari oksigen dan hydrogen.Dengan mengkonsumsi air putih secara cukup akan membuat tubuh menjadi bersih karena bisa mengeluarkan racun dan toksin di dalam tubuh dengan cara membuangnya melalui keringat dan air seni. Jadi, jika tubuh kekurangan air putih maka hal ini akan membuat racun dan toksin tertimbun dalam tubuh dan tidak dikeluarkan.

Ibu hamil sangat penting mengkonsumsi karena jika tidak akan menimbulkan berbagai jenis penyakit yang ringan maupun seirus. Apa saja keampuhan air putih dalam mencegah penyakit? Simak berikut ini :

Sponsors Link

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyakit yang membuat cairan di dalam tubuh kurang. Tubuh memiliki sebuah mekanisme mempertahankan diri dari kekurangan cairan tubuh dengan menggunakan rasa haus. Haus merupakan sinyal yang digunakan oleh tubuh yang menandakan bahwa tubuh anda memerlukan cairan tubuh yang harus segera diisi. Jika tubuh mengalami dehidrasi bisa membuat kehilangan konsentrasi dan keseimbangan tubuh.

Terutama pada ibu hamil, karena ada bayi yang berada di dalam perut sehingga membutuhkan air dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini dikarenakan ibu hamil akan lebih cepat berkeringat dan lebih banyak dari hari biasanya. Ada beberapa indikasi yang bisa digunakan untuk mengecek apakah anda terkena dehidrasi atau tidak. Tubuh memberi sinyal dehidrasi antara lain :

  • warna urin yang bewarna kuninghingga orange dalam warna yang pekat
  • mengalami sakit kepala karena kekurangan oksigen di dalam tubuh
  • merasakan mual dan muntah

2. Melancarkan aliran darah

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya tubuh sangat memerlukan air pada seluruh bagian tubuh manusia. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup maka akan membuat tubuh mencari cairan lainnya seperti darah. Jika darah diserap oleh tubuh maka akan menjadi penyumbatan. Air ini akan berfungsi melancarkan peredaran darah. Jika ibu hamil tidak mengkonsumsi air putih dengan cukup dapat membuat peredaran tidak lancar dan akan berakibat fatal bagi kesehatan bayi.

3. Mencegah bayi lahir prematur

Terjadinya bayi lahir secara prematur disebabkan karena tubuh kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Tubuh ibu hamil yang mengalami dehidrasi ini akan membuat kontraksi pada perut sehingga, membuat bayi lahir lebih awal dibandingkan seharusnya.

Sponsors Link

4. Membersihkan ginjal

Air putih dapat membersihkan organ tubuh manapun termasuk bagian ginjal. Ginjal merupakan penyaring dari racun dan kotoran yang ada di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh. Jadi air putih akan membersihkan ginjal melalui air putih. Jika ibu hamil tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup akan menyebabkan gangguan kehamilan dan janin yang ada di dalam perut karena beresiko terkena penyakit batu ginjal.

5. Mencegah ibu menjadi sembelit

Jika ibu hamil mengalami sembelit atau susah buang air besar sebaiknya untuk mengkonsumsi air putih karena air putih merupakan obat pencahar yang sangat ampuh dan alami. Pencernaan yang bagus juga akan membuat kesehatan bayi dan ibu terjaga dengan baik.

6. Sebagai penyeimbang suhu tubuh

Saat dalam masa proses kehamilan, ibu akan mengalami peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat suhu tubuh tetap terjaga dengan baik. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika suhu tubuh ibu hamil tidak seimbang dapat membuat konstipasi dan akan merasakan kelelahan.

Demikian beberapa manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil jika mengkonsumsi air putih yang cukup. ibu tidak perlu khawatir jika dengan banyak nimum air putih akan membuat anda jadi sering buang air kecil. Justru hal itulah yang membuat racun di dalam tubuh keluar bersama air seni.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 20th, November 2015 / 06:12 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil