Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Akibat Kelebihan Asam Folat Pada Ibu Hamil dan Janin

advertisement

Kehamilan adalah masa dimana seorang ibu harus berjuang, berjuang untuk menopang bayi selama 9 bulan atau lebih kemudian berhadapan dengan hidup dan mati ketika melahirkan dan berusaha keras untuk merawat bayinya. Pasti semua ibu ingin bayi yang dilahirkan sehat. Terus bagaimana untuk mewujudkan hal itu. Bagi para ibu harus benar-benar memperhatikan masa kehamilannya. Ketika proses kehamilan dijalani dengan baik tanpa kesalahan maka kelak akan dilahirkan bayi yang sehat dan normal, begitu juga sebaliknya. Untuk menjaga kesehatan janin saat fase kehamilan sang ibu harus memberikan pasokan nutrisi yang baik untuk janin dan dirinya. Salah satu nutrisi ibu hamil yang baik untuk kehamilan adalah asam folat.

Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Asam folat memang dianjurkan untuk ibu hamil. Sebuah penelitian telah mengungkap bahwa ibu yang sedang hamil butuh 400 mcg per harinya selama tiga bulan pertama kehamilan dan 600 mcg per hari dari bulan ke empat sampai ke sembilan kehamilan. Hal inilah yang menyebabkan asam folat penting untuk ibu hamil. Selain itu asam folat juga memiliki bebrapa manfaat bagi ibu hamil, seperti menjauhi resiko keguguran, baik untuk perkembangan bayi, membantu pembentukan sel dan jaringan pada janin, dan masih banyak lainnya.

Namun tahukah anda, meskipun asam folat baik untuk janin dan anda bila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kandungan anda. Inilah beberapa dampak negatif akibat kelebihan asam folat pada ibu hamil.

1. Menghalangi asupan vitamin B12

Jika dalam masa kehamilan anda mengkonsumsi asam folat berlebih maka akan mempengaruhi pasokan vitamin B12 anda. Jika terjadi interaksi antara asam folat dan vitamin B12 dalam tubuh maka kandungan asam folat yang berlebih akan menghalangi bahkan menghilangkan vitamin B12 dalam tubuh kita. Padahal vitamin B12 merupakan salah satu nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil, karena vitamin ini berfungsi untuk pembentukan sistem syaraf pusat pada janin anda.

2. Kesulitan Untuk Tidur

Kandungan asam folat berlebih dalam tubuh akan mengakibatkan sulit tidur atau insomnia. Bagi anda para ibu hamil akan sangat berbahaya ketika waktu tidur anda kurang.

Sponsors Link

Perkembangan janin anda akan terganggu dengan kurangnya waktu tidur anda. Padahal dalam masa kehamilan sang ibu harus banyak banyak istirahat supaya janinnya tetap sehat. Yang paling ditakutkan apabila ibu merasa capek atau stres, kemudian meminum obat tidur padahal efek samping dari obat tidur sangat jelek bagi janin anda.

(Baca juga : posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil – posisi tidur ibu hamil)

3. Menyebabkan iritasi pada kulit

Ternyata asam folat yang berlebih juga tidak baik bagi kulit. Kandungan tersebut akan memicu tumbuhnya bakteri atau virus yang menyebabkan iritasi pada kulit, seperti timbul ruam-ruam atau bintik merah. Perlu kita ketahui kondisi bayi sangat dipengaruhi oleh sang ibu, jika kulit ibu iritasi ditakutkan kulit bayi yang masih rentan dan lunak akan mengalami iritasi juga.

4. Menimbulkan kejang

Kelebihan asam folat juga bisa menyebabkan kejang-kejang bagi ibu hamil. Bayangkan apakah tidak bahaya ibu yang sedang mengandung janin dalam perutnya kejang. Sungguh hal ini tidak diinginkan selain berdampak buruk bagi sang ibu, sang bayipun akan terkena imbasnya. Kejang ini disebabkan sistem tubuh terganggu karena adanya asam folat yang berlebih.

5. Terjadinya kesemutan

Ternyata dosis yang tinggi dari asam folat mampu menyebabkan kesemutan pada sang ibu. Tentu hal ini tidak diinginkan karena sang ibu butuh kekuatan ekstra untuk bergerak dan melakukan aktivitas, jika kesemutan melanda makin buruk keadaan sang ibu.

6. Menyebabkan Mual

Perlu diketahui bahwa akibat kelebihan asam folat pada ibu hamil bisa membuat tingkat keasaman lambung kita meningkat. Hal ini akan menyebabkan anda mual dan ingin muntah, mulut terasa pahit, keringat dingin dan lainnya. Pastinya hal ini bukan kondisi yang diinginkan oleh ibu hamil, karena bisa mengganggu kehamilannya.

Sponsors Link

7. Menyebabkan kelelahan dan keletihan

Tubuh anda akan terasa lelah dan capek ketika dalam masa kehamilan anda terlalu banyak mengkonsumsi asam folat. Hal ini akan berefek buruk bagi kandungannya, karena pada dasarnya sang ib tidak boleh dalam keadaan capek.

8. Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kandungan asam folat berlebih dalam tubuh ibu hamil akan menyebabkan hipertensi, sehingga ibu mudah marah, emosi tidak terkendali, dan lain sebagainya. Hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam tubuhnya. (Baca juga : hipertensi dalam kehamilan – Tekanan tekanan darah tinggi pada ibu hamil)

9. Menyebabkan mati rasa

Ternyata efek jangka panjang yang disebabkan oleh kandungan manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mati rasa. Bayangkan ketika sang ibu mati rasa, tidak tahu rasanya lapar dan lain-lain. Maka bagaimana asupan nutrisi bayi bisa terpenuhi.

10. Peredaran darah terganggu

erlu kita ketahui bahwa asam folat merupakan penghasil eritrosit dalam darah kita. Ketika kita mengkonsumsi asam folat berlebih, maka eritrosit dalam darahpun berlebih sehingga menyebabkan darah terlalu kental dan tidak bisa beredar secara baik.

Untuk ibu hamil perhatikan ini baik-baik. Memang asam folat sangat baik untuk anda yang sedang hamil ketika dikonsumsi secara teratur dan cukup tidak berlebih. Karena bila berlebihan dalam mengkonsumsinya maka dampak negatif akan menimpa anda dan janin anda.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 26th, February 2016 / 06:43 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil