8 Bahaya Jeruk Nipis Bagi Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sering digunakan dalam bumbu dapur sebagai penambah rasa asam dalam makanan. Tumbuhan yang termasuk jenis jeruk-jerukan ini memiliki kadar asam yang tinggi sehingga cendengrung asam dan mempunyai warna hijau didalam serta warna putih diluar. Tumbuhan ini juga memiliki ciri bentuk buah yang bulat atau lonjong, memiliki kulit agak tebal dan sulit dibuka langsung, memiliki daging yang tebal dan tidak serabut bagian dalam, dan bijinya cenderung berbentuk oval. Buah yang memiliki kandungan asam sitrat ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat jeruk nipis bagi kesehatan :

  • Mengatasi ambeien
  • Mengatasi amandel
  • Mengatasi sakit gigi
  • Menyembuhkan batuk
  • Mengurangi batuk berdahak
  • Menghilangkan bau badan
  • Mencegah batu ginjal
  • Mengatasi difteri
  • Mengatasi demam
  • Mengatasi Haid Tidak Teratur

Selain memiliki manfaat yang banyak ternyata jeruk nipis juga memiliki dampak yang berbahaya bagi ibu hamil. Berikut ini adalah bahaya yang timbul bagi ibu hamil saat mengkonsumsi jeruk nipis. Bahaya jeruk nipis bagi ibu hamil :

1. Menyebabkan keguguran

Keguguran adalah hal yang tidak diinginkan bagi seorang ibu. Karena ketika seorang ibu keguguran maka dia telah menghilangkan sebuah janin yang telah lama ada dalam kandungannya. Vitamin C untuk ibu hamil pada jeruk nipis bisa menyebabkan resiko keguguran pada ibu hamil, ini dikarenakan adanya tekanan progesteron membuat tidak nyaman pada janin.

2. Memperparah bagi pengidap maag

Bagi para pengidap maag mungkin sangat menghindari buah yang satu ini, karena akan memperparah penyakit maag bagi para pengidapnya. Vitamin C pada lambung akan meningkatkan suasana asam pada lambung yang akhirnya menyebabkan rasa perih di perut. Untuk ibu hamil yang mempunyai sakit maag harus menghindari buah yang satu ini apalagi jika buah ini bisa membahayakan bagi sang janin.


baca juga : Bahaya Obat Maag Untuk Ibu Hamil – Perbedaan Mual Hamil atau Maag

3. Meningkatkan asam lambung

Asam lambung bisa meningkat saat adanya asupan asam yang masuk ke dalam lambung kita. Vitamin C dalam jeruk nipis dapat menaikkan asam lambung pada perut yang akhirnya dapat memicu gangguan seperti maag. Pada ibu hamil yang memiliki harus memperhatikan asupan asam yang masuk kedalam perutnya. Apabila ada gangguan pada perut tentu  juga akan berpengaruh pada perkembangan janin yang di kandung.

4. Adanya rasa perih pada lambung

Rasa perih pada lambung wajar terjadi saat adanya asupan asam yang masuk kedalam perut kita. Rasa perih ini timbul karena adanya penolakan pada lambung kita. Jeruk nipis menjadi salah satu pemicu dari timbulnya rasa perih tersebut. Untuk para ibu hamil diusahakan untuk mengurangi konsumsi jeruk nipis karena dengan ada timbulnya rasa perih pada lambung tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

5. Gangguan pada pencernaan

Pencernaan yang baik bisa menunjukan seseorang sehat atau tidak. Dengan mengetahui keadaan pencernaan seseorang juga dapat menentukan apakah orang tersebut dalam keadaan sedang fit atau tidak. Bagi ibu hamil jika mengkonsumsi jeruk nipis dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan, maka sebaiknya untuk diminimalisir pengkonsumsiannya. Tentu ibu hamil tidak ingin gangguan penceraan bisa mempengaruhi perkembangan bayi.


Baca juga masalah pencernaan ibu hamil lainnya : perut melilit saat hamil – diare saat hamil

6. Menyebabkan muntah

Rasa mual dan muntah pada usia kehamilan muda sering terjadi. Hal ini dikarenakan tubuh belum menyesuaikan adanya benda asing dalam tubuhnya yaitu janin dalam kandungan sang ibu. Rasa muntah ini ternyata bisa dipicu dengan adanya konsumsi jeruk nipis bagi ibu hamil. Vitamin C pada jeruk nipislah yang menjadi penyebab mual saat hamil dan muntah.

7. Adanya rasa tidak enak di perut

Jeruk nipis juga bisa menyebabkan rasa tidak enak pada perut ibu hamil. Rasa tidak ini bisa ditimbulkan karena lambung pada ibu hamil tidak bisa menyesuaikan rasa asam yang diterima pada jeruk nipis. Jadi bagi ibu hamil jika jeruk nipis tidak sesuai dengan kondisi perutnya sebaiknya untuk tidak mengkonsumsinya agar keadaan perutnya bisa nyaman dan tidak menyebabkan resiko pada sang bayi.

Baca juga : penyebab morning sickness – penyebab sering pusing saat hamil

8. Timbulnya alergi

Alergi pada ibu hamil bisa terjadi kapan saja. Ini bis terjadi karena kondisi sang ibu yang terbilang sensitive terhadap gangguan bahkan asupan yang tidak bisa oleh perutnya. Bisa saja terjadi saat hamil sang ibu menjadi memiliki alergi terhadap jeruk nipis, entah karena aroma maupun karena kandungan buahnya. Jika tidak ingin hal ini terjadi, sang ibu hamil bisa mengganti jeruk nipis dengan buah yang masih memiliki kandungan setara dengan jeruk.

Alergi ini juga bisa terjadi karena : Bahaya Kunyit bagi Ibu Hamil – Bahaya Makan Jamur bagi Ibu Hamil

Jeruk nipis memang memiliki banyak manfaat bagi sang ibu, namun selalu perlu diperhatikan apakah jeruk nipis tersebut cocok untuk keadaan sang ibu hamil atau tidak. Memang untuk ibu hamil harus selaku pilah pilih dalam mengkonsumsi berbagai asupan yang ada agar perkembangan janin selalu dapat berkembang dengan baik dan sehat seperti yang diidam-idamkan. sehingga jagalah dengan baik janin anda, dan perhatikan apa yang akan anda konsumsi agar tidak membahayakan janin anda

,
Post Date: Tuesday 31st, May 2016 / 08:36 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya