Sponsors Link

6 Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Sponsors Link

Buah semangka merupakan buah dalam golongan jenis timun-timunan. Asal dari semangka ini berasal dari afrika selatan . Abad 7 sampai 17 mulai dibawa oleh kolonial keseluruh dunia. Abad ke 7 mulai dikembangkan atau dibudidayakan di India. Sampai saat ini buah semangka masih dikembangkan seperti buah semangka tanpa biji. buah semangka beraneka ragam jenisnya antara lain semangka lokal dan semangka hibrida, dari jenis tersebut dibagi lagi menjadi beberapa jenis lagi seperti semangka bojonegoro dan sengkaling (lokal), yellow baby, quality, new dragon, farmer giant, sweet beauty, golden crown (hibrida).

ads

Semangka mudah ditemukan di Indonesia.  Semangka juga mengandung banyak air, sangat segar apabila dikonsumsi dalam cuaca panas. Semangka memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi untuk ibu hamil namun dibalik kandungan nutrisi dalam semangka yang beraneka ragam, beberapa orang berpendapat bahwa semangka memiliki dampak negatif bagi ibu hamil.

Apa saja bahaya semangka untuk ibu hamil ? berikut ulasannya

1. Menyebabkan infeksi saluran  gastrointestinal

Pada tubuh manusia terdapat saluran gastrointestinal, saluran ini sangat vital pada semua orang terutama bagi ibu hamil karena dari saluran inilah ibu hamil dapat memberikan nutrisi untuk dirinya dan janin.

Saluran gastrointestial memiliki panjang 23 sampai 26 kaki, merupakan saluran tuba maskular panjang yang dimulai dari mulut hingga anus. Saluran gastrointestinal berfungsi untuk saluran pencernaan makanan sehingga dapat mengolah makanan yang masuk  menjadi nutrient yang dapat diserap oleh tubuh.

Gastrointestinal adalah gangguan system pencernaan pada usus dan lambung gejalanya seperti mual, kembung, diare,susah BAB bahkan muntah. Kondisi ini terjadi karena kelebihan lycopne dalam tubuh.

Untuk mengatasi susah bab bagi ibu hamil dapat anda baca di

lycopene yaitu zat warna merah muda atau oranye pada buah seperti tomat,semangka . Saluran gastrointestinal menghasilkan nutrien yang berasal dari sari makanan yang masuk melalui mulut maka jika terjadi infeksi pada saluran gastrointestial , makanan yang masuk kurang optimal diserap nutrientnya oleh tubuh sehingga kebutuhan nutrient pada tubuh menjadi kurang seimbang. Ibu hamil membutuhkan nutrient yang lebih bagi tubuhnya dikarenakan nutrient dalam tubuh pada ibu hamil diserap pula oleh janin yang dikandungnnya, sehingga ketika ibu hamil mengalami infeksi saluran gastrointestinal maka kebutuhan nutrient pada janin kurang optimal, sehingga dapat berpengaruh terhadap kondisi janin yang dikandungnya.

2. Menyebabkan hiperkalemia

Hiperkalemia yaitu seseorang yang mengalami kelebihan potasium atau kalium dalam tubuh, potasium merupakan salah satu jenis mineral dalam tubuh. kelebihan potasium atau kalium dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung seseorang tidak teratur, syaraf dan otot tidak berjalan optimal, sehingga bagi ibu hamil yang menderita hiperkalemia akan berakibat buruk bagi ibu hamil yang memiliki gangguan kardiovaskular juga.

Sponsors Link

Kardiovaskular yaitu penyakit yang berhubungan dengan organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah .

3. Mengganggu kinerja ginjal

Salah satu fungsi ginjal dalam gijal adalah menjaga jumlah mineral dalam tubuh  agar tetap seimbang , kelebihan potassium dalam tubuh menyebabkan kinerja ginjal menjadi berat dan terfosir akibanya ginjal menjadi semakin lemah.

4. Menyebabkan darah rendah (hipotensi)

Tekanan darah rendah terjadi apabila seseorang memiliki tekanan darah dibawah angka normal  sekitar 120/80 mmHG yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Ciri-ciri dari turunnya tekanan darah sebagai berikut :

  • Badan Lemas, disertai Kepala Pusing, Cepat lelah dan gemetar
  • Demam tinggi
  • Denyut jantung tidak normal
  • Leher kram
  • Penglihatan tidak jelas

Beberapa orang percaya bahwa semangka sangat berguna bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, namun mengonsumsi semangka juga dapat menyebabkan darah rendah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Artikel terkait darah rendah sebagai berikut :

5. Mengganggu stabilitas nutrisi dalam tubuh

Semangka dapat membersihkan zat-zat sisa dalam tubuh. Mengonsumsi semangka secara berlebihan malah berakibat buruk karena semangka juga dapat membersihkan nutrisi yang terkandung dalam tubuh. bagi ibu hamil kekurangan nutrisi saat hamil akan berakibat fatal bagi janin.

ads

Menambah gizi dan nutrisi ibu hamil dapat anda baca di :

6. Menyebabkan diabetes

Semangka yang dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan diabetes. Jumlah glikemik pada semangka cukup tinggi sekitar 72 persen. Nilai indeks glikemik pada semangka yang tinggi menyebabkan insulin dalam pankreas dapat terurai sehingga kadar gula darah dalam tubuh menjadi rendah.

Selain itu kandungan karbohidrat dalam semangka cukup tinggi sehingga sangat berbahaya bagi penderita diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bagi anda yan sedang mengandung dan ragu untuk mengonsumsi suatu makanan. (Baca juga : Bahaya diabetes saat hamil)

Seperti penjelasan diatas semangka memiliki beberapa akibat jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan apapun dapat dikonsumsi oleh ibu hamil namun  dengan batasan-batasan tertentu sesuai yang dianjurkan dokter.

Semangka juga bermanfaat bagi ibu hamil seperti artikel berikut :

Mitos  yang beredar dikalangan masyarakat seperti bahwa semangka dapat melemahkan janin, namun hal tesebut belum ada penelitian medis yang membuktikan secara akurat bahwa buah semangka dapat menyebabkan melemahkan kandungan.

Tips Mengkonsumsi Buah Semangka

Terlepas dari bahaya semangka untuk ibu hamil seperti yang diuraikan diatas mengonsumsi buah semangka bagi ibu hamil memang masih sangat kontroversi dikalangan masyarakat antara boleh atau tidak bagi ibu hamil, pasalnya buah semangka tersebar beberapa mitos negatif di masyarakat sekitar.

Menurut pernyataan para medis bahwa buah semangka dapat dikonsumsi minimal 3 irisan setiap harinya bagi ibu hamil dan kandungan lycope yang tinggi dalam semangka berguna untuk mengurangi preeklampsia pada ibu hamil. Hal ini mungkin sedikit berbeda dengan mitos yang beredar dikalangan masyarakat bahwa buah semangka berbahaya bagi ibu hamil, untuk menambah keyakinan anda demi menjaga kesehatan kandungan anda dan menjaga diri anda sebagai ibu hamil tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena setiap makanan yang anda konsumsi berguna dalam menambah nutrisi untuk anda dan janin anda .

Selain itu mengonsumsi buah semangka bersamaan dengan susu akan berakibat buruk bagi tubuh, ini adalah mitos lain yang beredar dimasyarakat, salah satu dokter menyatakan bahwa memperbolehkan mengonsumsi semangka dengan susu secara bersamaan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, July 2016 / 08:12 Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya