13 Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil

Saat masa kehamlan, menjaga kesehatan juga sangat penting, agar kesehatan janin juga tidak terganggu. namun ada banyak hal yang bisa menjadi pantangan untuk dikonsumsi saat hamil, karena dapat mempengaruhi kehamilan. Makanan yang paling sering menjadi pantangan atau ragu untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil adalah buah. Namun, bukan berarti semua buah tidak aman dikonsumsi. Sebab banyak juga buah yang ternyata justru sangat menguntungkan untuk dikonsumsi saat hamil. Salah satu contoh buah yang aman untuk dikonsumsi adalah buah belimbing. (Baca juga: Makanan bergizi untuk Ibu hamil , Buah Buahan Untuk Ibu Hamil)

Buah belimbing dikenal sebagai salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi belimbing. Kandungan dari buah belimbing memiliki berbagai nutrisi yang juga cukup tinggi dan baik untuk dikonsumsi. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah belimbing. Berikut beberapa manfaat yang dapat ditemukan saat mengkonsumsi buah belimbing.(Baca juga: Manfaat buah nangka untuk Ibu hamil , Manfaat Kelengkeng Bagi Ibu Hamil)

Manfaat buah belimbing untuk ibu hamil

1. Vitamin A

Buah belimbing memiliki kandungan Vitamin A dengan senyawa beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Senyawa tersebut dapat mempertahankan serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Selain itu, vitamin A juga dapat meningkatkan nafsu makan pada wanita saat hamil. Sebab banyak Ibu hamil yang mengalami penurunan nafsu makan, padahal perkembangan janin membutuhkan asupan yang cukup dari sang Ibu. (Baca juga: Manfaat buah pepaya untuk Ibu hamil , Bahaya Vitamin A bagi Ibu Hamil)

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain dari vitamin A adalah kandungan atau manfaat antioksidannya dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga proses metabolisme tubuh saat hamil. Antioksidan sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh dapat menangkal banyak penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan Ibu dan janin. Jika Ibu mengalami sakit saat hamil, maka sangat rentan juga mempengaruhi kesehatan janin. (Baca juga: Bahaya buah cempedak bagi Ibu hamil , Vitamin A untuk Ibu Hamil)


3. Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bagi Ibu hamil. Sehingga Ibu hamil dapat dicegah dari serangan virus ataupun bakteri penyebab penyakit. Kandungan antioksidannya juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker. Disisi lain Vitamin C juga dapat bermanfaat dalam proses detoksifikasi atau membantu proses pengeluaran atau pembuangan zat beracun (atau berbahaya) dari tubuh. Dikatakan juga bahwa vitamin C membantu proses pertumbuhan berbagai organ seperti rambut, kuku, kulita, gigi, tulang dan berperan serta dalam proses penyerapan zat besi. (Baca juga: Manfaat buah belimbing bagi Ibu hamil , Vitamin C untuk Ibu Hamil)

4. Menurunkan kolesterol jahat

Dalam beberapa penelitian, dikatakan bahwa buah belimbung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Mekanisme ini diperantarai oleh zat pektin. Dikatuhui bahwa metabolisme lemak di dalam tubuh terjadi pada organ hati. Kolesteraol normalnya dalam hati akan dipecah menjadi asam empedu dan dikeluarkan dari tubuh. Ternyata, kandungan pektin di dalam buah belimbing mampu mengikat asam empedu untuk dibuang keluar dari tubuh. Sehingga hati akan mengganti asam empedu yang terbuang dengan memecah lagi kolesterol yang ada didalam darah. Oleh karena itu, dengan mekanisme ini, diharapkan kolesterol dapat menurun secara perlahan-lahan. (Baca juga: Manfaat buah delima bagi Ibu hamil , Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil)

5. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pada belimbing terdapat kandungan serat yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat berperan dalam mencegah konstipasi atau sembelit pada Ibu hamil, serta berperan dalam mencegah penyerapan kolesterol berlebih dari makanan di dalam usus. Sehingga kesehatan usus dapat terjaga dan terhindar dari faktor kanker usus, karena serat memiliki manfaat melindungi mukosa atau selaput lendir di permukaan usus besar terhadap paparan zat yang dapat mengiritasi atau meracuni sel. Selain itu, pada buah belimbing juga terdapat zat anti inflamasi yang berperan dalam mengobati dan mencegah terjadinya radang atau iritasi pada usus. (Baca juga: Manfaat buah kiwi bagi Ibu hamil , Cara Mengatasi Bayi Sembelit)

6. Melindungi kerusakan hati termasuk dari alkohol

Didalam buah belimbing terdapat kandungan pektin. Kandungan pektin ini dapat berfungsi dalam proses menurunkan alkohol pada Ibu hamil serta berperan dalam mencegah terjadinya hepatitis (penyakit radang pada hati). (Baca juga: Bahaya buah nenas bagi Ibu hamil , Tanda-tanda bahaya kehamilan)

7. Kalium

Belimbing memiliki kandungan kalium yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil sehingga bisa terhindar dari faktor resiko terjadinya serangan jantung dan stroke pada Ibu hamil. Selain itu, kalium juga sangat penting menjaga keseimbangan elektrolit, sebab gengguan keseimbangan elektrolit dapat membuat Ibu hamil menjadi mudah lemas dan menjadi tidak bersemangat untuk beraktivitas. (Baca juga: Manfaat buah apel hijau bagi Ibu hamil , Penyebab Jantung Berdebar Pada Ibu Hamil)

8. Zat besi

Zat besi juga terdapat di dalam belimbing. Mineral ini berperan dalam mempercepat proses pembentukan sel darah merah pada Ibu hamil, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia pada Ibu hamil. Pada Ibu hamil, kasus terjadinya anemia masih sering terjadi dan bisa disebabkan salah satunya pada pola makan yang kurang baik sehingga menyebabkan kurangnya asupan zat besi. Zat besi sendiri berperan dalam pembentukan hemoglobin (Hb) dari sel darah merah, dimana Hb ini sendiri berperan dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta pada janin tentunya. Kasus defisiensi atau kekurangan zat besi hingga saat ini juga masih sering ditemukan. (Baca juga: Manfaat buah blueberry untuk Ibu hamil  , Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil)

9. Kalsium

Manfaat kalsium bisa didapatkan dengan mengkonsumsi belimbing. Kalsium sendiri sangat berperan dalam menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang dan gigi pada Ibu hamil dan janin. Selain itu, dengan mengkonsumsi belimbing dengan kandungan kalsiumnya dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis. (Baca juga: Buah sehat untuk Ibu hamil , Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui)


10. Melancarkan Buang Air Kecil

Kandungan zat seperti kalium didalam belimbing, dapat membantu menjaga proses buang air kecil (BAK) dapat berjalan lancar. Sehingga produksi urin dapat terjaga atau bahkan meningkat, namun bagus terhadap kesehatan ginjal. Serta mengurangi faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada tubuh (jika terjadi penumpukan cairan bisa menyebabkan sesak, anggota badan juga kadang tampak bengkak). (Baca juga: Manfaat buah rambutan untuk Ibu hamil)

11. Batuk

Manfaat lain dari belimbing adalah membantu dalam proses meredakan batuk. Dikatakan bahwa belimbing memiliki manfaat sebagai obat ekspektoran. Dengan mengkonsumsi belimbing, maka dahak yang terdapat pada tenggorokan akan dengan mudah dikeluarkan. Sehingga tenggorokan akan terasa lega dan batuk akan dengan mudah atau cepat menyembuh. (Baca juga: Buah-buahan untuk Ibu hamil , Obat Batuk Berdahak Anak)

12. Menyembuhkan infeksi pada mulut

Dengan mengkonsumsi buah belimbing ternyata radang ataupun infeksi yang terkena pada mulut dapat dengan cepat akan sembuh. Keadaan seperti sariawan akan dengan cepat sembuh saat mengkonsumsi rutin buah belimbing. Hal ini dikarenakan efek antioksidan yang mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri pada sekitar mulut. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan dalam proses penyembuhan luka yang terjadi pada mulut. (Baca juga: Bahaya buah kelengkeng bagi Ibu hamil , Vitamin untuk Ibu Menyusui)

13. Pengatur mood

Ternyata buah belimbing juga memiliki efek baik dalam mengembalikan mood saat kehamilan. Banyak para Ibu hamil yang mudah mengalami stres akibat perubahan hormon saat masa kehamilan. Ada banyak faktor yang dapat memicu terjadinya stres, misalnya tentang kesehatan antara Ibu dan janin, bentuk tubuh (kelihatan gemuk nantinya), dan memikirkan proses persalinan nantinya. Dengan mengkonsumsi belimbing diharapkan tingkat kecemasan atau stres dapat membuat perasaan atau mood menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan pektin dari buah belimbing juga berperan dalam menurunkkan stres. Pektin membantu tubuh untuk menurunkan kadar hormon yang dapat membuat stres di otak (hormonstres berupa epinefrin dan norepinefrin). (Baca juga: Bahaya buah nangka bagi Ibu hamil , Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil)

, , , , ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 23:53 Oleh :
Kategori : Buah Sehat