Sponsors Link

12 Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Hamil

Sponsors Link

Buah blewah merupakan buah yang memiliki tampakan seperti buah melon. Bahkan di beberapa tempat, buah ini juga disebut buah melon. Namun hal terebut tidak ada salahnya, karena buah blewah memang termasuk dalam keluarga dari jenis buah melon. Buah blewah memiliki banyak kandungan nutrisi yang tentunya dapat berguna bagi tubuh. Namun kandungan nutrisi yang banyak tersebut kadang masih membuat banyak Ibu hamil untuk mengkonsumsinya. (Baca juga: Manfaat blewah bagi Ibu hamil , Manfaat Melon untuk Ibu Hamil)

ads

Banyak Ibu hamil yang cenderung masih takut mengkonsumsi sembarang buah. Hal ini mungkin karena takut terhadap efek buah terhadap janin atau memang tidak menyukainya. Sebenarnya buah ini aman untuk dikonsumsi. Selain itu, kandungan nutrisinya juga penting bagi tubuh untuk memenuhi kebutuhanIbu dan janin selama masa kehamilan. Hal ini tidak lepas dari beberapa manfaat buah blewah untuk ibu hamil, antara lain: (Baca juga: Makanan bergizi untuk Ibu hamil , Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil)

1. Mencegah kanker

Blewah merupakan buah dengan berbagai kiandungan nutrisi yang salah satunya adalah beta karoten. Senyawa karotenoid ini bersama phytochemical di dalam kandungan blewah berperan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker atau dikenal memiliki sifat sebgai anti tumor. (Baca juga: Bahaya buah nangka bagi Ibu hamil , Buah Sehat untuk Ibu Hamil)

2. Penangkal radikal bebas

Pada tubuh dapat terkumpul radikal bebas yang merupakan senyawa yang berasal dari hasil produk sampingan pada proses metabolisme. Pada blewah terdapat kandungan anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas ini dapat menimbulkan berbagai kondisi berbahaya bagi tubuh, seperti penyakit jantung dan kanker. (Baca juga: Bahaya buah kelengkeng bagi Ibu hamil , Manfaat Buah Belimbing untuk Ibu Hamil)

3. Kesehatan mata

Pada buah blewah terdapat kandungan Vitamin A yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata bagi Ibu hamil. Vitamin A atau prekursor beta karoten pada buah blewah ternyata sangat tinggi. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa kadar karatenoid ini dapat lebih tinggi 30 kali lipat dibanding dengan jeruk segar. Bahkan dikatakan dapat sebanding dengan kandungan di dalam wortel. Dengan adanya vitamin A diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan fungsi penglihatan. Selain itu, dengan adanya kandungan vitamin C, diharapkan memberi manfaat yang mampu menurunkan resiko terjadinya katarak, serta melindungi bagian pusat dari sel penglihatan (makula). (Baca juga: Manfaat buah rambutan untuk Ibu hamil , Manfaat Wortel untuk Ibu Hamil)

Sponsors Link

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada blewah terdapat kandungan vitamin C yang berperan dalam membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh berperan penting dalam tahap awal terhadap serangan atau infeksi dari bakteri dan virus. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh dapat menghambat terjadinya penyakit akibat infeksi. Selain pencegahan, blewah juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat memulihkan segera tubuh yang sakit akibat terjadi infeksi saat penurunan daya tahan tubuh. (Baca juga: Buah yang baik untuk Ibu  hamil)

5. Kesehatan kulit

Vitamin A dan vitamin C yang juga dikandung di dalam buah blewah dapat menjaga kesehatan kulit. Diharapkann dengan mengkonsumsi rutin buah blewah maka kebutuhan tubuh akan vitamin tersebut dapat terpenuhi, tanpa perlu takut akan berlebihan. Sebab tubuh hanya akan menggunakan sebanyak yang dibutuhkannya. Dalam menjaga kesehatan kulit, manfaat antioksidan mampu menjaga kalit dari kerusakan atau kontaminasi dari luar yang mengenai kulit. Vitamin yang berasal dari buah blewah mampu menjaga kulit dalam proses meregenerasi kulit. Hal ini juga termasuk dalam proses penyembuhan kulit setelah mengalami luka. (Baca juga: Manfaat buah pisang ambon bagi Ibu hamil , Vitamin C untuk Ibu Hamil)

6. Menurunkan stres

Saat tubuh mengalami stres, maka hal tersebut dapat dipicu oleh karena adanya pelepasan hormon stres dan akibat kurangnya pasokan darah ke otak. Hal ini bisa terjadi akibat faktor-faktor psikis yang dapat mempengaruhi tingkat stres. Di dalam buah blewah terdapat kandungan kalium. Efek kalium terhadap pembuluh darah adalah melebarkan pembuluh darah. Diharapkan dari efek tersebut, maka aliran darah ke otak dapat berjalan dengan lancar. Dengan lancarnya aliran darah, maka suplai oksigen ke otak dapat berjalan lancar sehingga mampu membuat otak lebih tenang. Selain itu, dengan adanya efek dari kalium terebut, diharapkan mampu menghambat pelepasan hormon stres di otak, seperti hormon kortisol. (Baca juga: Manfaat buah apel hijau bagi Ibu hamil , cara menghilangkan stres saat hamil)

7. Meningkatkan energi

Buah blewa ternyata dapat meningkatkan energi dengan cepat. Buah blewah tidak memerlukan enzim pankreas untuk dapat dicerna. Untuk memenuhi kebutuhan mencernanya, ternyata enzim yang dibutuhkan sudah terdapat di dalam kandungan buuah terebut. Hal berarti bahwah buah blewah dapat dicerna dengan cepat dan sumber energi yang dikandungnya dapat dengan cepat digunakan oleh tubuh. (Baca juga: Bahaya buah nenas bagi Ibu hamil)

8. Menstabilkan gula darah

Di harapkan dengan mengkonsumsi buah blewah, maka mampu menjaga gula darah agar tetap stabil. Dikatakan bahwa blewah dapat berperan dalam meningkatkan metabolisme insulin di dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang diedarkan di dalam tubuh yang bertujuan atau membantu gula darah agar dapat menuju sel tubuh untuk dimetabolisme dan diubah menjadi energi. Insulin sendiri dibuat atau diproduksi tubuh di organ pankreas, lalu diedarkan ke seluruh tubuh. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh, yang kemudian bisa menyebabkan terjadinya diabetes melitus. (Baca juga: Manfaat buah kiwi bagi Ibu hamil )

9. Mencegah resiko sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan keadaan kesehatan dimana tubuh berisiko mengalami gangguan-gangguan metabolik yang dapat ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah (hipertensi), peningkatan gula darah, penumpukan lemak (gemuk), dan peningkatan kadar kolesterol di dalam darah. Akibat dari sindrom metabolik ini dapat menyebabkan resiko terjadinya stroke, penyakit jantung dan diabetes. (Baca juga: Manfaat buah delima bagi Ibu hamil , Bahaya Jantung Pisang bagi Ibu Hamil)

Sponsors Link

Dengan mengkonsumsi buah blewah, maka diharapkan resiko mengalami sindrom metabolik dapat menurun. Hal ini telah diteliti pada tahun 2008 dengan melakukan penelitian yang melibatkan ratusan wanita. Dikatakan bahwa setidaknya dalam sehari kita dapat mengkonsumsi buah blewah minimal atau setidaknya 12 ons per harinya. Buah lain yang juga memiliki manfaat yang sama adalah semangka, apel, anggur dan pisang. (Baca juga: Manfaat buah belimbing bagi Ibu hamil , Manfaat Anggur Bagi Ibu Hamil)

10. Menjaga kesehatan ginjal

Mengkonsumsi buah blewah juga mampu memberikan efek terhadap menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi bluah blewah, maka dapat mengurangi proses terjadinya stres oksidatif pada ginjal, sehingga ginjal dapat cenderung lebih sehat. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menjaga tubuh dari resiko terjadinya beragam penyakit ginjal. (Baca juga: Bahaya buah cempedak bagi Ibu  hamil )

11. Mengobati nyeri sendi

Kandungan Phytochemical dari buah blewah mempu memberikan efek anti inflamasi. Hal ini secara tidak langsung dapat menyebabkan penurunan terjadinya nyeri sendi dengan menghambat atau mencegah proses peradangan pada sendi. Peradangan yang terjadi pada sendi mampu memberikan rasa nyeri, terutama di sendi-sendi gerak tubuh dan paling sering misalnnya lutut. Dengan penghambatan proses peradangan diharapkan pelepasan mediator kimia yang menstimulasi reseptor nyeri di bagian lokal dari area radang agar dapat berkurang nyerinya. (Baca juga: Manfaat buah pepaya bagi Ibu hamil)

12. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah blewah memiliki kandungan serat. Seperti pada kebanyakan buah lainnya, kandungan serat dapat menjaga kesehatan saluran cerna. Serat berfungsi untuk membuat usus tetap bekerja dengan lancar dalam mencerna makanan. Serat mampu membuat gerakan usus bekerja lebih lancar dan teratus, sehingga dapat menjaga proses buang air besar (BAB) tetap lancar. Oleh karena itu, tubuh dapat terhindar dari gangguan seperti sembelit atau susah BAB. Menfaat lebih baik lagi adalah bahwa tubuh atau saluran cerna dapat terhindar dari resiko terjadinya kanker kolorektal atau biasa disebut kanker usus besar. (Baca juga: Buah-buahan untuk Ibu hamil , Bayi Sering Buang Angin)

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 22:26 Oleh :
Kategori : Buah Sehat