Sponsors Link

18 Manfaat Jambu Air Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

advertisement

Jambu air merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak digemari karena bukan hanya rasanya yang enak namun juga mengandung banyak air yang dapat menghindarkan kita dari rasa haus. Dengan kandungan airnya yang banyak tersebut tidak heran jika buah ini dapat diandalkan ketika kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Jambu air merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan masih satu golongan dengan jambu-jambuan. Jambu air mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin seperti :

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Zinc
  • Potasium
  • Sam sitrat
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Copper
  • Thiamin

Secara umum, jambu air bukan hanya baik untuk kesehatan melainkan juga baik bagi ibu hamil. Selama kehamilan menjaga kesehatan merupakan hal yang harus dilakukan dimana salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan asupan yang bergizi bagi ibu dan janinnya. Pada saat hamil, asupan gizi bukan hanya berguna untuk menyehatkan ibu namun juga bagi janin yang tengah dikandung.  Mencukupi kebutuhan akan asupan yang bergizi dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dimana salah satunya adalah   jambu air. Adapun manfaat jambu air untuk ibu hamil yaitu:

  1. Mengandung vitamin A untuk ibu hamil yang baik untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata sang ibu
  2. Menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi
  3. Melancarkan pencernaan ibu hamil sehingga dapat melancarkan BAB serta mengurangi resiko terkena gangguan sembelit
  4. Membantu mengoptimalkan kecerdasan otak ibu serta janin yang dikandung karena mengandung manfaat vitamin B3 dan manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil
  5. Mengandung vitamin A yang dapat membuat fungsi sel darah putih meningkat sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit
  6. Membantu penyerapan zat besi pada tubuh
  7. Memelihara pembuluh kapiler
    Sponsors Link

  8. Melancarkan peredaran darah di dalam tubuh
  9. Menjaga kesehatan sel di dalam tubuh
  10. Menghindarkan ibu hamil dari konstipasi
  11. Menghindarkan ibu hamil dari bahaya diare pada ibu hamil
  12. Menjaga kesehatan mulut seperti gigi dan gusi
  13. Mencegah terjadinya kompilasi kardiovaskular
  14. Menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C juga berperan dalam mencegah keriput dini.
  15. Membantu memperlancar buang air kecil dengan kandungan seratnya
  16. Memelihara organ pencernaan dalam tubuh
  17. Berperan penting dalam pemeliharaan ginjal
  18. Mengurangi kaki bengkak saat hamil dengan cara melumatkan buah jambu secukupnya lalu dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak.

Jambu air memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas. Tidak hanya itu namun jenis jambu yang satu ini berperan mendinginkan suhu tubuh ibu yang meningkat akibat rasa panas. Selain itu, kandungan air dalam jambu air juga bisa membuat ibu hamil merasa lebih fresh. Dalam Jambu air merupakan salah satu jenis buah tropis yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Selain jambu air, ada pula jenis jambu-jambuan di Indonesia yang terkenal yaitu jambu biji. Sama seperti jambu air, jambu biji mengandung banyak nutrisi yang bagus pula untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya manfaat buah jambu air untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi, namun ada banyak buah-buahan yang bagus seperti berikut ini :

  • Buah naga

Buah yang satu ini kaya akan nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu dan janin. Selain itu, buah naga juga banyak dipelihara tanpa menggunakan pestisida sehingga aman dikonsumsi oleh para ibu hamil. Selain mengandung banyak vitamin, manfaat buah naga untuk ibu hamil juga dapat digunakan untuk membantu mengeluarkan dahak yang mengganggu dari tenggorokan.

Sponsors Link

  • Buah anggur

Anggur mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, karoten, asam organik, zat besi, lesitin, vitamin C dan vitamin B1 yang baik untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Manfaat anggur bagi ibu hamil menjadi buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Buah apel

Apel merupakan salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil dan sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Buah yang satu ini kaya akan kandungan baik seperti tanin, serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, namun manfaat apel untuk ibu hamil juga mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

  • Buah strawberry

Buah dengan bentuk yang cukup unik ini ternyata bagus untuk menjaga kesehatan ibu maupun janin. Strawberry dapat digunakan untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan seperti flu, mengatasi nafsu makan ibu yang berkurang, mencairkan lemak yang terdapat pada makanan dan lain-lain. Strawberry juga kaya akan vitamin C yang bisa dimakan secara langsung atau dijadikan minuman segar berupa jus buah. Dalam pengolahan, anda dapat mencampur jus strawberry dengan cherry maupun apel sehingga kandungan nutrisinya akan tambah berkali lipat.

  • Buah cherry

Buah cherry kaya akan zat besi bahkan 20 kali lipat jika dibandingkan dengan buah apel maupun buah jeruk. Selain itu buah cherry juga mengandung vitamin C, fosfor, vitamin B1, karoten serta kalsium. Buah cherry juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan serta memutihkan kulit bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 22nd, February 2016 / 09:30 Oleh :
Kategori : Buah Sehat