Sponsors Link

20 Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil dan Janin Serta Kesehatan

advertisement

Manfaat jambu biji bagi ibu hamil sangat penting untuk kesehatan kandungan (janin) hingga ibu hamil itu sendiri. Jambu biji merupakan salah satu jenis buah- buahan yang dapat kita temukan di sekitar pekarangan dengan mudah. Buah yang satu ini dapat tumbuh di pekarangan atau di kebun dengan baik. Tidak hanya dijual di pasar tradisional namun buah jambu biji juga telah banyak dikemas dalam kemasan yang menarik di pasar – pasar modern. Jamu biji memiliki rasa yang enak dan manis terutama ketika telah masak. Buah jamu biji memiliki banyak sekali kebaikan dimana salah satunya adalah mengandung vitamin C yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Kandungan vitamin C buah jambu lebih banyak ditemukan pada kulitnya. Bagi anda yang sebelumnya gemar mengupas kulit jambu biji, maka anda bisa mengubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

Selain kaya akan vitamin C, jambu biji juga kaya akan zat besi, kalsium, thiamin, magnesium serta fosfor yang bagus untuk tubuh. Selain itu, jambu biji tidak hanya bagus untuk kesehatan pada umumnya namun juga bagus untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi dan vitamin bagi pertumbuhan bayi yang tengah berada di janin.

1. Mengontrol tekanan darah

Dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil, wanita yang tengah mengandung rentan terhadap serangan darah tinggi. Mengurangi resiko tekanan darah tinggi menghindarkan anda dari penyakit komplikasi saat kehamilan. Mengonsumsi jambu biji yang telah matang setiap hari 1 biji membantu anda dalam mengontrol darah tinggi. Hipertensi dalam kehamilan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Diperlukan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat untuk menjaga janin serta sang ibu agar tidak mudah sakit. Mengonsumsi jambi biji baik untuk kehamilan karena buah yang satu ini banyak mengandung vitamin C yang bagus untuk kesehatan. Kekebalan tubuh yang bagus juga dapat mencegah bahaya radikal bebas di dalam tubuh.

3. Bagus untuk meningkatkan kebaikan indra penglihatan

Bukan hanya banyak mengandung vitamin C, jambu biji ternyata juga mengandung vitamin A yang bagus untuk mata. Kegunaan vitamin A sendiri diperlukan untuk janin dalam mencegah terjadinya kebutaan serta meningkatkan fungsi kerja mata sejak masih dalam kandungan.

4. Menghindarkan ibu hamil dari sembelit

Sembelit merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh ibu hamil. Jambu biji mengandung banyak serat yang bagus dalam membantu pencernaan bekerja secara baik. Serat dikenal sebagai salah satu bentuk kandungan makanan yang bagus dalam pencernaan sekaligus bagus untuk menurunkan berat badan yang berlebihan. Bagi anda yang ingin program dietnya segera berhasil, maka mengonsumsi banyak serat menjadi salah satu kuncinya.

5. Mengurangi stres

Manfaat buah jambu biji bagi ibu hamil yang berikutnya adalah untuk mengurangi stress. Rasa stres akibat tertekan dapat terjadi pada wanita hamil. Mengonsumsi jambu biji satu biji setiap hari membantu wanita hamil untuk meringankan gejala stres serta menenangkan saraf. Stress saat hamil memang harus di hindari agar tidak membahayakan janin dan ibu hamil, konsumsi buah jambu biji dapat menjadi salah satu solusinya.

6. Kaya akan asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin yang begitu penting bagi kesehatan serta tumbuh kembang janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan banyak gejala buruk seperti bayi terlahir cacat, bayi sumbing atau berat badan bayi yang kurang. Asupan asam folat memerlukan bantuan dari asupan luar yang ditemukan pada sayur serta buah – buahan. Kebutuhan akan asam folat sebenarnya bukan hanya diperlukan oleh mereka yang tengah hamil namun bagi anak – anak maupun remaja, asam folat juga penting untuk dipenuhi. Hanya saja kebutuhan akan asam folat ini akan meningkat selama terjadi kehamilan.

Baca : Manfaat asam folat bagi ibu hamil – akibat kekurangan asam folat – makanan yang mengandung asid folik

7. Bagus untuk pencernaan

Selain membantu mengatasi sembelit, jambu biji juga bagus untuk meringankan gejala reflux lambung.

8. Menurunkan resiko terkena kanker

Buah jambu biji memiliki banyak kandungan antioksidan yang berperan sebagai penghalau kanker. Sementara itu, kandungan baik jambu biji yang berupa lycopene dan vitamin C membantu tubuh dalam membuang racun dari tubuh.

9. Menjaga gula darah dalam tubuh

Mengonsumsi jambu biji sebanyak satu biji setiap hari pada masa kehamilan, membantu ibu hamil terhindar dari diabetes gestasional.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan selama masa kehamilan dengan mengonsumsi jambu biji. Bagi ibu hamil mengonsumsi sesuatu tentu harus dilakukan dengan hati – hati dan dengan takaran yang pas serta tidak berlebihan.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan

Tidak hanya baik untuk ibu hamil namun jambu biji juga bagus untuk kesehatan tubuh pada umumnya.

  1. Mencegah terjadinya penuaan dini

Jambu biji mengandung banyak antioksidan yang berperan dalam menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjangkitnya penyakit pada tubuh. Selain itu antioksidan juga bagus untuk mencegah stres oksidatif yang dapat memicu penuaan dini.

  1. Menambah jumlah darah

Jambu biji mengandung vitamin K, vitamin E, mangan, tembaga dan magnesium yang bagus dalam meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Bahaya akan kekurangan darah merah dapat menyebabkan anemia yang berdampak pada kesehatan tubuh.

  1. Bagus untuk pencernaan

Buah jambu mengandung lycopene yang bagus dalam meningkatkan kesehatan pencernaan selain itu, kandungan serat dalam jambu biji bagus untuk mengatasi sembelit serta bagus untuk menurunkan berat badan. Fungsi lain dari kandungan serat yaitu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi waktu paparan dari racun yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Bagus untuk kesehatan mata

Jambu biji memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak. Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang bagus untuk menyehatkan mata.

  1. Untuk relaksasi

Bekerja seharian dapat membuat capek dan saraf otot menjadi tegang. Jus buah jambu cocok bagi mereka yang merasa letih saat selesai bekerja. Jus jambu biji dapat dijadikan minuman yang kaya akan magnesium cocok untuk memberi energi baru serta mengendurkan otot yang tegang selama bekerja.

  1. Anti tumor dan anti inflamasi

Jambu biji mengandung lycopene yang bagus dalam mencegah pertumbuhan tumor serta sebagai anti inflamasi.

  1. Mencegah kanker .

Buah jambu biji mengandung anti oksidan yang bernama flanoid dan fito notrien. Kedua jenis zat tersebut bagus dalam mencegah datangnya kanker selain itu kandungannya yang kaya akan vitamin C yang berperan untuk menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

  1. Menyehatkan kulit

Selain bagus untuk mata kandungan vitamin A dalam buah jambu biji bagus pula untuk menyehatkan kulit tubuh. Buah ini mengandung anti oksidan yang mampu menyegarkan tubuh kita.

Dalam mengonsumsi buah jambu biji, dapat dilakukan dengan cara dimakan langsung atau bisa pula dengan dibuat jus. Jus jambu memiliki rasa yang enak sekaligus menyegarkan. Membuat jus jambu juga menjadi salah satu solusi cara mengkonsumsi buah jambu bagi anda yang merasa kesulitan makan karena banyaknya biji di dalamnya.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 01st, December 2015 / 13:09 Oleh :
Kategori : Buah Sehat