Sponsors Link

11 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil Muda dan Janin

Sponsors Link

Jeruk adalah buah yang manis dan segar, yang banyak disukai baik orang dewasa maupun anak-anak. Buah ini juga mudah ditemukan sepanjang musim di Indonesia, bahkan ada berbagai varietas jeruk yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Buah ini dikenal memiliki berbagai jenis nutrisi berupa vitamin dan mineral yang sangat baik untuk ibu hamil. Jeruk banyak digunakan ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual berlebihan saat memasuki trimester pertama kehamilan . Tapi, apakah jeruk benar-benar buah yang bermanfaat untuk ibu hamil?

ads

Nutrisi di dalam buah Jeruk

Daftar Panduan nutrisi dalam jeruk sesuai kebutuhan ibu hamil. Nutrisi per 100 gram, dan jumlah yang disarankan untuk ibu hamil per hari :

manfaat jeruk untuk ibu hamil

  • Vitamin A – 295 IU (2565 IU perhari)
  • Vitamin B1 – 0,115 mg (1,4 mg perhari)
  • Vitamin B2 – 0,057 mg (1,4 mg per hari)
  • Folat – 40 mcg (600 mcg)
  • Asam Pantotenat – 0,329 mg (6 mg perhari)
  • Vitamin B6 – 0,08 mg (1,9 mg)
  • Vitamin C – 67,9 mg (85 mg per hari)
  • Kalium – 338 mg (4700 mg per hari)
  • Fosfor – 19 mg (700 mg per hari)
  • Magnesium – 14 mg (350 mg per hari)
  • Kalsium – 55 mg (1000 mg per hari)
  • Zat besi – 0,14 mg (27 mg per hari)

Dari beberapa daftar nutrisi diatas, maka jeruk menjadi buah yang sempurna untuk ibu hamil. Paling tidak jeruk mampu menyumbang setidaknya 15% kebutuhan harian gizi ibu hamil. Jeruk yang sehat tentu saja sangat aman untuk ibu hamil, serta memberikan asupan yang sangat berguna untuk janin.

Berdasarkan jumlah dan kandungan nutrisi pada buah jeruk, maka buah ini sangat sehat untuk ibu hamil. Jeruk bisa dikonsumsi sepanjang kehamilan dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil. Jika pernah mendengar tentang larangan ibu hamil untuk mengkonsumsi buah jeruk, sebaiknya tinggalkan pantangan itu. Mulailah untuk makan buah jeruk agar tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut ini manfaat buah jeruk yang dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setiap satu buah jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C. Kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil rata-rata sekitar 86 mg per hari. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam manfaat jeruk untuk ibu hamil akan meningkatkan imunitas tubuh. Ibu hamil membutuhkan imunitas yang tinggi untuk mempertahankan kesehatan fisik dan juga kesehatan janin.

2. Sumber Kandungan Folat

Dalam setiap 1 buah jeruk berukuran sedang bisa mengandung sekitar 46 mikrogram folat, sementara kebutuhan ibu hamil sekitar 600 mikrogram per hari. Folat bermanfaat untuk mengembangkan sistem syaraf dan pembentukan tabung syaraf selama tanda tanda kehamilan di trimester pertama. Kekurangan folat akan identik dengan cacat fisik seperti penutupan tabung syaraf yang tidak sempurna.

3. Membantu Memelihara Tekanan Darah

Masalah tekanan darah yang terlalu rendah atau terlalu tinggi memang sangat wajar dialami oleh ibu hamil. Gangguan kehamilan ini berhubungan dengan sistem kesehatan ibu hamil yang mengalami banyak perubahan. Untuk mengatasi masalah ini maka ibu hamil bisa mengkonsumsi buah jeruk secara rutin. Buah jeruk mengandung sekitar 338 miligram kalium. Kalium bermanfaat untuk mengatur tekanan darah sehingga ibu hamil bisa tetap sehat.

ads

4. Mengatasi Dehidrasi

Jeruk yang mengandung vitamin C tinggi dan banyak mengandung air memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Masalah ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah pada trimester pertama. Jeruk menghilangkan rasa mual dan mengatasi kekurangan cairan tubuh. Selain itu vitamin C dalam buah jeruk dan buah buahan untuk ibu hamil lainnya, juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Zat besi menjadi bagian yang sangat penting bagi ibu hamil karena berfungsi untuk membantu produksi sel-sel darah merah.

5. Mengatasi Alergi untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mendapatkan kondisi alergi karena berbagai sebab, meskipun berbagai reaksi alergi tersebut bisa hilang sesudah kelahiran. Konsumsi jeruk secara rutin bisa meningkatkan peluang agar terhindar dari reaksi alergi. Alergi bisa mempengaruhi kondisi janin terutama untuk perkembangan otak dan sistem tubuh.

6. Membantu Ibu Hamil Merasa Kenyang

Jeruk bisa menjadi camilan yang sangat sehat untuk ibu hamil. Jeruk tidak mengandung lemak, selain itu jeruk juga memiliki jumlah kalori yang rendah. Hal ini membuat manfaat jeruk untuk ibu hamil, bisa menjadi camilan sehat dan tidak perlu khawatir akan memiliki berat badan yang berlebih.

Baca juga manfaat asparagus untuk ibu hamil yakni sayur bebas lemak penyebab badan gemuk.

7. Melawan Infeksi

Infeksi kuman dan bakteri sangat rentan untuk ibu hamil. Berbagai jenis kuman dan bakteri bisa memberi gangguan yang sangat besar untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Konsumsi jeruk ternyata bisa membuat ibu hamil memiliki sistem tubuh yang kuat untuk melawan infeksi. Jeruk mengandung senyawa polifenol yang berperan untuk mengatasi infeksi dan melawan kuman.

8. Mencegah Sembelit

Buah jeruk juga mengandung serat yang sangat baik dalam mengatasi masalah sembelit. Jeruk buah yang sangat segar dan menyehatkan untuk ibu hamil. Serat yang larut dalam air menjadi keunggulan buah jeruk yang bisa membantu ibu hamil agar terhindar dari gangguan sembelit.

9. Memelihara Kesehatan Mata untuk Janin

Kesehatan mata pada janin sudah ditentukan sejak dalam kandungan. Manfaat jeruk untuk ibu hamil, bisa menyumbang vitamin A yang didapatkan dari kandungan senyawa karotenoid. Jeruk sangat baik dalam membentuk penglihatan pada janin dan melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan mata dan kulit.

Manfaat tomat untuk ibu hamil juga menghadirkan asupan vitamin A di dalmnya

10. Mengatasi Darah Tinggi

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka bisa mengkonsumsi jeruk sebagai terapi yang sangat sehat. Jeruk mengandung sejenis senyawa hesperidin yang bisa mengatur sistem tekanan darah. Ibu hamil yang memiliki penyakit darah tinggi bisa mengatur tekanan darah dengan konsumsi jeruk harian. Bahkan peran senyawa hesperidin akan semakin tinggi dengan bantuan magnesium yang ditemukan pada buah jeruk.

11. Mengatur Keseimbangan Elektrolit

Jeruk menjadi sumber buah yang banyak mengandung elektrolit, dan hal ini akan semakin besar ketika jeruk sudah masuk ke sistem pencernaan. Keseimbangan elektrolit juga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung, detak jantung dan melindungi tubuh dari beberapa kelainan jantung pada janin. Elektrolit ini juga banyak terdapat pada manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

Tips Memilih Jeruk untuk Ibu Hamil

Meskipun buah jeruk sangat sehat untuk ibu hamil, namun harus memilih jenis jeruk yang benar-benar sehat dan aman untuk dikonsumsi. Dibawah ini adalah beberapa tips untuk memilih buah jeruk :

Sponsors Link

  • Pilih buah jeruk yang masih segar, ini bisa melihat dari kondisi kulitnya yang masih lentur, mengeluarkan aroma yang khas dan tidak ada luka pada kulit jeruk.
  • Hindari memilih jeruk yang banyak mengandung kerak atau noda pada bagian kulit.
  •  Jangan menyimpan jeruk di kulkas dalam waktu yang terlalu lama.
  • Jika Anda ingin membuat jus jeruk, maka pastikan semua perlengkapan sudah bersih sehingga terhindar dari kuman.
  • Ibu hamil yang memiliki masalah atau gangguan dengan lambung dan asam lambung sebaiknya mengkonsumsi sedikit buah jeruk.

Jeruk buah yang sangat aman untuk ibu hamil. Jeruk menyumbang sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan pertumbuhan janin. Jika ingin membeli jus jeruk dalam kemasan maka pilih jus jeruk yang sudah melewati tahap pasterurisasi. Konsumsi jeruk segar maupun jus jeruk diperbolehkan untuk ibu hamil, namun pastikan bahwa jeruk yang  makan juga sehat dan tidak terkena paparan kuman maupun bakteri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 17th, April 2015 / 07:59 Oleh :
Kategori : Buah Sehat