Sponsors Link

5 Manfaat Kelengkeng Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

advertisement

Masa kehamilan merupakan masa yang cukup rentan bagi seorang wanita. Dalam menghadapi masa-masa kehamilan, ada baiknya seorang wanita memperhatikan asupan harian mereka supaya terhindar dari beragam masalah kehamilan akibat konsumi makanan yang tidak baik. Dalam hal ini ibu hamil sebaiknya sering-sering membaca buku panduan kehamilan supaya dapat meningkatkan wawasan mengenai kehamilan. Untuk memperbanyak ilmu kehamilan sendiri, ibu juga bisa bertanya pada dokter ahli kandungan atau pada mereka yang telah berpengalaman. (Baca Juga: Pantangan Makanan Ibu Hamil , Makanan Yang Baik Untuk Otak Janin Dalam Kandungan)

Seorang wanita yang tengah hamil, mengonsumsi banyak buah serta sayuran sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh ibu maupun bayi. Namun sayangnya ibu hamil sering mengalami penurunan nafsu makan sehingga asupan bergizi bagi tubuhpun akan menjadi berkurang. Untuk mengatasi hal ini ibu hamil bisa menyiapkan beberapa jenis camilan sehat untuk supaya perutnya tidak kosong. Dalam menyiapkan jenis camilan, sebaiknya hindari biskuit atau snack yang memiliki banyak kandungan penyedap di dalamnya. Kandungan penyedap tidak baik bagi ibu dan bayi karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan. dalam hal ini, ibu hamil bisa memperbanyak konsumsi buah serta sayuran yang bagus bagi kesehatan pada umumnya. Salah satu buah untuk camilan yang baik adalah kelengkeng.

Baca Juga:

Di balik ukuran buahnya yang kecil ternyata kelengkeng menyimpan begitu banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kelengkeng menyimpan banyak zat serta nutrisi yang bagus untuk kesehatan begitu pula bagi ibu hamil. Meski demikian, banyak beredar mitos yang menyebutkan jika buah kelengkeng tidak baik dikonsumsi bagi bumil. Bagi ibu hamil mengonsumsi kelengkeng sebenarnya tidak masalah dengan catatan dikonsumsi dengan batas yang wajar. Mengonsumsi kelengkeng yang berlebihan dapat menimbulkan rasa panas bagi ibu hamil. (Baca Juga: Bahaya Buah Kelengkeng Bagi Ibu Hamil , Bahaya Buah Nangka Bagi Ibu Hamil)

Lantas apa saja manfaat kelengkeng bagi ibu hamil?

1. Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil

Sudah menjadi hal yang wajar bagi ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan. Dampaknya adalah ibu akan mengalami penurunan stamina sehingga kurang bersemangat dalam mengerjakan apapun. Mengonsumsi kelengkeng diperlukan ibu hamil dalam mengembalikan stamina tubuh mereka karena kandungan glukosa serta sukrosanya. Bukan hanya itu namun konsumsi kelengkeng secara teratur ternyata dapat mengatasi keluhan ibu hamil yang susah tidur. Selain itu, kelengkeng juga bisa digunakan untuk mengurangi kecenderungan ibu hamil merasa gelisah.

Baca Juga:

Sponsors Link

2. Bagus Untuk Pencernaan

Manfaat lainnya yang tidak boleh disepelekan dari buah kelengkeng adalah bagus untuk pencernaan. Masa awal kehamilan banyak ibu hamil mengalami mual muntah atau yang disebut pula dengan morning sickness. Gejala lainnya adlah ibu sering mengalami kesulitan buang air besar, diare atau bahkan perut kembung. Mengonsumsi buah kelengkeng mampu membantu ibu hamil dalam mengatasi segala masalah pencernaan tersebut. Dalam buah kelengkeng terkandung lemak serta protein nabati yang bagus untuk menstimulasi proses metabolisme di dalam tubuh. (Baca Juga: Susah BAB Saat Hamil , Bahaya Diare pada Ibu Hamil)

3. Mengatasi Susah Buang Air Kecil

Karena perut yang semakin besar, tidak hanya susah buang air besar namun ibu hamil juga sering mengalami susah buang air kecil. Kondisi susah buang air kecil ini jika dibiarkan akan membuat ibu hamil merasa sakit dan kurang nyaman. Konsumsi buah kelengkeng dapat membantu ibu hamil mengatasi gejala sulit buang air kecil.  Kelengkeng bisa digunakan sebagai camilan makanan penutup sehingga hidangan utama anda akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya kelengkeng sebagai buah penutupnya.( Baca Juga: Sering Kencing Saat Hamil)

4. Sebagai Obat Cacing

Buah kelengkeng ternyata juga bisa digunakan sebagai obat cacing alami. Hal ini dikarenakan dalam kelengkeng terdapat kandungan asam tartic. Obat cacing alami selama kehamilan dirasa lebih baik mengingat konsumsi obat-obatan pada kehamilan tidak dianjurkan karena bisa berdampak pada bayi.  Kelengkeng bisa dijadikan sebgaai solusi aman bagi ibu hamil. (Baca Juga: Obat untuk Anak Cacingan , Tanda Tanda Anak Cacingan)

Sponsors Link

5. Sebagai Sumber Vitamin

Selama kehamilan, memperbanyak konsumsi vitamin terutama dari bahan-bahan alami sangat dianjurkan untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang bagus digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Daya tahan tubuh yang bagus tentu membuat ibu hamil terhindar dari beragan jenis masalah kesehatan akibat serangan radikal bebas. Untuk mendapatkan asupan vitamin C, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi banyak jenis buah dengan kandungan vitamin C yang lain.

Baca Juga:

Kelengkeng merupakan jenis tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi dengan rasa buah yang manis. Kelengkeng mengandung banyak zat serta nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, lemak, asam tartarik, sukrosa, glukosa serta fitokimia yang merupakan senyawa tumbuhan yang bagus untuk kesehatan manusia. Bukan hanya itu, namun kelengkeng juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit hernia serta bagus untuk pencernaan ibu hamil. (Baca Juga: Bahaya Teh Bagi Ibu Hamil , Manfaat Brokoli bagi Ibu Hamil)

Bagi ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah kelengkeng bagi ibu hamil tentu tidak boleh berlebihan namun tetap pada batas-batas tertentu. Pengonsumsian buah kelengkeng yang berlebihan dapat menyebabkan rasa panas pada ibu hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, October 2016 / 09:00 Oleh :
Kategori : Buah Sehat