11 Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil Muda

manfaat manggis untuk ibu hamilManggis adalah buah menyegarkan dengan kulit ungu yang sangat tebal. Buah ini memang memiliki penampilan luar yang sangat menyenangkan. Daging buah manggis berkelompok pada bagian dalam kulit dengan biji yang kecil. Buah ini banyak dipanen pada musim kemarau dan mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki karakteristik rasa yang lembut, manis dan menyegarkan. Ibu hamil biasanya banyak makan buah manggis untuk mengatasi rasa mual atau haus berlebihan.

Buah manggis masih menjadi misteri untuk semua ibu hamil. Beberapa orang mengatakan bahwa buah manggis merupakan larangan ibu hamil yang tidak boleh dimakan selama hamil. Namun jika melihat kandungan di dalamnya bisa dikatakan bahwa buah manggis bisa mencukupi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Jadi, mari kita buktikan bahwa buah manggis mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Berikut ini sejumlah manfaat manggis untuk ibu hamil dan janin :

1. Manggis Mencegah Cacat Bayi

Ibu hamil membutuhkan asupan folat sebesar 600 mikrogram sepanjang kehamilan. Folat diperlukan dalam gizi ibu hamil untuk mencegah cacat bayi yang terjadi pada tulang belakang dan otak. Manggis memiliki kandungan folat sebesar 65 mikro gram dalam setiap 50 gram buah manggis, jumlah ini tentu sangat besar. Manfaat manggis untuk ibu hamil membantu pertumbuhan bayi sehingga mencegah cacat pada otak, tulang belakang dan beberapa jenis cacat pada bibir.

2. Membentuk Jaringan Tulang Rawan

Manggis mengandung sekitar 0,3 miligram mangan dalam setiap 50 gram daging buah. Semua ibu hamil membutuhkan mangan untuk membantu pembentukan jaringan tulang rawan dan sistem tulang pada janin. Kesempurnaan bentuk dan fisik dari bayi ditentukan dari jumlah kecukupan asupan mangan. Buah manggis sangat baik dikonsumsi saat mulai tanda tanda kehamilan di trimester pertama. Bahkan mangan juga memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk janin yang sehat dan terlindungi dari kanker.

3. Membentuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ibu hamil membutuhkan asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang berperan untuk membentuk dukungan imun tubuh yang kuat selama kehamilan. Manggis kaya dengan sumber vitamin C, bahkan dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 5,8 miligram vitamin C. Sementara ibu hamil membutuhkan sekitar 86 miligram vitamin C per harinya.

Vitamin C berperan untuk meningkatkan kesehatan ibu, menjaga sistem kesehatan janin agar tidak mudah terkena infeksi kuman dan bakteri, serta mempersiapkan kulit ibu hamil saat janin tumbuh besar.

4. Mengatasi Sembelit

Serat adalah salah satu zat khusus yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama saat masuk ke trimester pertama. Ibu hamil selalu mengalami gangguan kehamilan seperti sembelit dan rasa tidak nyaman karena pengaruh hormon pada sistem pencernaan. Dalam setiap 50 gram manggis mengandung sekitar 3,7 gram serat. Kebutuhan wanita hamil sekitar 26 gram serat setiap hari. Serat pada buah manggis akan mengurangi rasa sembelit.

5. Mencegah Preklamsia

Preklamsia adalah sebuah kondisi yang bisa terjadi pada semua ibu hamil. Kondisi ini disebabkan karena adanya masalah pembuluh darah yang mengalami tekanan selama kehamilan, karena pola makan yang buruk dan riwayat tekanan darah tinggi sebelum hamil. Kondisi ini bisa menjadi penyebab keguguran, kematian ibu dan janin, kelahiran prematur dan cacat janin. Konsumsi buah manggis setidaknya 2 buah sehari akan mengurangi semua resiko preklamsia. Manfaat manggis untuk ibu hamil mampu mempengaruhi tekanan darah dan penyerapan protein dalam darah.

6. Menjaga Elastisitas Kulit

Selama hamil kulit bagian perut ibu hamil akan merenggang sesuai dengan perkembangan janin yang terus membesar. Ibu hamil membutuhkan asupan yang bisa membuat elastisitas kulit tetap terjaga dan mampu kembali seperti semula setelah kelahiran. Manggis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C juga mendukung agar kulit ibu bisa menjadi lentur sesuai dengan kondisi dan ukuran janin.


7. Mampu Menurunkan Kolesterol

Bagi ibu hamil yang memiliki kolesterol tinggi akan mendatangkan resiko kesehatan yang cukup buruk untuk tubuhnya sendiri dan juga janin. Ibu hamil harus mencukupi asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Tapi untuk menurunkan kolesterol maka ibu hamil memerlukan camilan yang sehat. Buah buahan untuk ibu hamil seperti manggis ini, rendah kalori dan juga tidak mengandung kolesterol. Manggis bisa menjadi camilan yang menyehatkan untuk ibu hamil dengan riwayat tinggi kolesterol.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang pencernaan yang buruk dan kesehatan yang kurang baik. Hal ini dipengaruhi karena tubuh sedang mempersiapkan pertumbuhan janin. Untuk mencegah semua masalah ini maka ibu hamil bisa makan buah manggis secara rutin. Manfaat manggis untuk ibu hamil mengandung vitamin B kompleks yang mendukung proses metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Makanan yang masuk ke tubuh ibu hamil bisa dicerna dengan baik dan kesehatan ibu hamil akan tetap terjaga.

9. Mengontrol Detak Jantung

Manggis adalah adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung kalium. Kalium diperlukan oleh ibu hamil untuk mengontrol detak jantung, memelihara kesehatan jantung janin dan juga sistem tekanan darah. Manggis akan melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai gangguan penyakit jantung.

Kalium juga bisa didapatkan dari manfaat kurma untuk ibu hamil.

10. Mengatasi Lelah untuk Ibu Hamil

Manggis adalah salah satu buah menakjubkan yang memiliki sifat anti inflamasi. Senyawa ini sangat baik untuk ibu hamil karena ibu hamil biasanya merasa lebih lelah terutama untuk bagian panggul dan kaki. Konsumsi buah manggis secara rutin akan mengurangi semua efek samping alami yang muncul selama kehamilan.

11. Mendukung Kesehatan Kulit Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang merasa memiliki penampilan buruk selama hamil hingga setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena ibu hamil memiliki sel kulit mati yang lebih besar pada kulit. Untuk menghindari semua resiko ini maka konsumsi buah manggis yang mengandung senyawa xanthon. Senyawa ini akan memberikan perlindungan kepada kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mati dan rusak. (Baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)



Tips Memilih Buah Manggis

Jika kita melihat manggis yang ada di toko buah atau supermarket maka semua bagian buahnya terlihat sangat berkualitas. Tapi kulit manggis yang keras mungkin akan menutupi bagian buah yang tidak layak untuk dikonsumsi. Agar terhindar dari buah manggis yang busuk atau mengandung bakteri, maka bisa mengikuti beberapa tips dalam memilih manggis, seeprti berikut :

  • Jangan memilih manggis yang memiliki kulit keras dan tidak bisa ditekan dengan jari. Namun jangan memilih manggis yang terlalu lunak.
  • Jangan memilih manggis yang memiliki bekas luka, kerak atau kulit yang tidak mulus.
  • Jangan memilih manggis yang memiliki noda hijau kekuningan dan keras yang terlihat seperti bekas getah.
  • Pilih manggis segar yang di peram atau matang dengan cara alami agar terhindar dari paparan bakteri dan parasit.
  • Simpan manggis di tempat terbuka atau kulkas, tapi jangan menyimpan di kulkas dalam waktu yang lama.


Efek Samping Konsumsi Manggis

Buah manggis memang menjadi buah yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin, namun konsumsi buah manggis berlebihan sangat tidak disarankan. Berikut ini beberapa efek samping jika makan manggis berlebihan :

  • Diare – Diare disebabkan karena pencernaan tidak mampu menerima manggis yang berlebihan.
  • Mual – Makan manggis yang berlebihan akan menyebabkan perut mual karena kandungan asam dalam buah manggis bisa meningkatkan asam lambung.
  • Diabetes – Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes sebaiknya mengkonsumsi dalam batas tertentu untuk menjaga kadar gula dalam darah.


, , ,
Post Date: Friday 17th, April 2015 / 08:51 Oleh :
Kategori : Buah Sehat