Sponsors Link

12 Manfaat Konsumsi Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

advertisement

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini yaitu buah pisang. Memiliki rasa yang manis dan daging yang padat serta memiliki banyak manfaat. Selain itu buah pisang sangat mudah ditemui dan didapatkan. Salah satu jenis pisang andalan Indonesia di negeri Belanda adalah pisang ambon. Kaya akan nutrisi dan vitamin, pisang ambon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan dan bagi ibu hamil. Sekarang ini kita akan membahas manfaat apa saja yang ada dalam buah pisang ambon untuk ibu hamil.

Manfaat pisang ambon untuk ibu hamil :

1. Menjadi sumber energi

Ibu hamil sering kali merasa lemah dan kelelahan, oleh karena itu sangat baik sekali mengkonsumsi pisang ambon. Karena dalam buah pisang ambon memiliki 3 jenis kandungan gula alami antara lain glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan gula ini dapat mengubah energi dengan sangat cepat.

2. Memperbaiki mood / Mood Booster

Kandungan vitamin B6 untuk ibu hamil dan triptofan dalam pisang ambon, memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk hormon serotonin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur suasana hati dan menenangkan otak. Ibu hamil sangat rentan sekali dengan perubahan emosi, untuk mengatasi ini sebaiknya konsumsi pisang ambon.

3. Meredakan rasa nyeri

Pisang ambon juga dapat dijadikan obat herbal penghilang rasa nyeri pada ibu hamil. Kandungannya dapat mengurangi rasa nyeri ringan seperti nyeri sendi atau penyebab sering pusing yang sering kali terjadi pada ibu hamil.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Banyak wanita pada saat hamil sistem kekebalan tubuhya menurun, karena pada dasarnya setiap orang memiliki sistem imun yang berbeda-beda. Kandungan vitamin A untuk ibu hamil, vitamin B6, dan vitamin C untuk ibu hamil yang ada pada pisang ambon dipercayai mampu meningkatkan kadar anti bodi dalam tubuh agar terhindar dari berbagai macam infeksi dan virus. Tidak hanya itu, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam pisang ambon mampu menghambat perkembangan virus HIV dalam tubuh.

Sponsors Link

5. Membantu pengobatan hipertensi

Bagi seorang penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ambon. Buah pisang ini mengandung kadar kalium yang berfungsi untuk mengatur fungsi jantung, tekanan darah, saraf, dan aktivitas otot. Selain itu senyawa kalium juga berguna untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit , sehingga tekanan darah selalu dalam kondisi normal. Tidak hanya kalium, kandungan serat dalam pisang ambon juga mampu mengikat lemak pada pembuluh darah.

Baca juga : hipertensi bagi ibu hamildarah tinggi – Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

6. Mengobati anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya merasa lemas dan lesu. Hal itu terjadi karena jumlah sel darah merah yang ada dalam tubuh berada dibawah garis normal. Kandungan manfaat zat besi untuk ibu hamil dalam pisang ambon cukup tinggi sehingga baik untuk mengatasi anemia pada ibu hamil yaitu dengan cara meningkatkan sel darah merah yang ada dalam tubuh.

7. Kandungan asam folat yang tinggi

Ahli gizi sangat menganjurkan wanita hamil mengkonsumsi buah pisang khusunya pisang ambon. Hal itu dikatakan karena dalam pisang ambon terdapat asam folat alami yang mudah diserap oleh janin melalui rahim. Manfaat asam folat yang yang diserap oleh janin berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Jika seorang wanita hamil kekurangan asam folat, hal itu akan menyebabkan kelumpuhan, kerusakan jaringan otak, hingga resiko keguguran menjadi besar.

8. Dapat berfungsi sebagai oralit alami

Biasanya saat wanita hamil ia kehilangan banyak cairan. Pada penanganan konservatif, elektrolit yang hilang akan menggunakan bahan yang asin. Nah, pisang ternyata dapat menjadi oralit alami karena kandungan kalium yang terdapat dalam pisang ambon tersebut. Tidak hanya itu dengan mengkonsumsi pisang ambon juga dapat memadatkan tinja saat terjadi diare akut.

Sponsors Link

9. Mengurangi mual dan muntah

Saat pagi hari seringkali merasa mual hingga muntah, hal ini terjadi selama trimester pertama kehamilan dengan kata lain pada 3 bulan pertama. Pisang dapat dikonsumsi pada tahap kehamilan agar morning sickness berkurang.

10. Mencegah dan menurunkan pembengkakan secara alami

Selama masa kehamilan ibu hamil mengalami pembengkakan pada anggota tubuh seperti kaki. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tidak cukupnya kalium. Menurut sebuah penelitian di Amerika, mereka mengungkapkan jika terpenuhinya kadar kalium ibu hamil maka dapat mengurang pembengkakan yang terjadi pada masa kehamilan.

11. Meningkatkan nafsu makan ibu hamil

Kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral pada pisang ambon dapat membantu ibu hamil menjadi sehat dan memiliki nafsu untuk makan. Sebaiknya setiap hari ibu hamil mengkonsumsi pisang, agar selalu memiliki nafsu makan yang lebih baik.

Baca juga : manfaat pisang – manfaat madumanfaat buncis

12. Mendapatkan bayi laki-laki

Memang hal ini belum ada kepastiannya karena itu diluar kuasa kita. Akan tetapi menurut sebuah penelitian yang dilakukan di inggri, mereka meneliti 750 wanita yang baru pertama kali hamil dan mencari hubungan antara pola makan dan jenis kelamin bayi. Tinginya kadar kalium, kalsium, dan natrium dikatakannya akan berkolerasi membentuk seorang bayi laki-laki. Nah, pisang adalah buah yang mengandung kalium tinggi.

Pisang ambon dapat dikonsumsi setiap hari selama dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Dianjurkan pisang ambon dapat dikonsumsi sebanyak 1 -2 buah per hari, dapat dikonsumsi setelah atau sebelum makan. Akan dikatakan jangan mengkonsumsi pisang ambon secara berlebihan, karena pisang ambon memiliki kadar kalori sekitar 85-100 kalori per buah. Hal itu akan menyebabkan berbagai gangguan seperti obesitas, menurunkan daya tahan tubuh serta meningkatkan resiko diabetes.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 26th, April 2016 / 08:55 Oleh :
Kategori : Buah Sehat