11 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

manfaat semangka untuk ibu hamilKita semua tentu tidak akan merasa asing lagi dengan buah yang bernama semangka. Bahkan kebanyakan dari kita tentu pernah merasakan buah ini. Semangka (Citrullus lanatus) adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Rasanya yang manis, menjadikan buah semangka ini biasa disajikan sebagai hidangan pencuci mulut. Buah semangka juga biasa diolah menjadi jus atau aneka minuman menyegarkan lainnya. YDalam tatanan kehidupan tumbuh-tumbuhan, semangka masih satu kerabat dengan buah labu (cucurbitaceae), ketimun (cucumis sativus) serta melon (cucumis melo).


Karakteristik Buah Semangka

  • Semangka memiliki tumbuh merambat namun meskipun merambat, semangka tidak dapat membentuk akar edventif dan semangka tidak pula dapat memanjat.
  • Semangka mampu merambat hingga jangkauan rambatannya mencapai belasan meter.
  • Semangka memiliki daun dimana terdapat lekuk-lekuk di daunnya. Bunganya memiliki warna kuning, berukuran kecil (kira-kira berdiametert 3cm).
  • Semangka memiliki bunga sebanyak dua jenis pada satu tumbuhan, yaitu bunga yang memiliki benang sari (stamen) dan bunga yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).
  • Kulit pada buah semangka cukup keras, warnanya hijau pekat, namun ada yang memiliki warna hijau muda dengan diselingi larik-larik yang berwarna hijau tua.
  • Daging buah yang mengandung banyak air memiliki warna merah atau ada juga yang kuning. Serta biji yang terdapat dalam semangka berwarna hitam dan memiliki bentuk pipih seperti kuaci.
  • Semangka memiliki jenis yang tidak berbiji atau tetap memiliki biji namun kecil-kecil.


Kandungan dalam Buah Semangka

Dari setiap makanan atau buah yang kita konsumsi, tentu saja akan lebih baik jika kita mengetahui kandungan yang terdapat di dalam makanan atau buah tersebut. Dengan mengetahui kandungannya kita akan lebih bijak dalam memilih makanan atau buah yang kita konsumsi agar bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut adalah rangkuman mengenai kandungan atau nilai gizi dalam buah semangka yang terdapat dalam takaran 100 gram bagian semangka yang kita makan :

  • Energi – 127 kJ (30 kcal)
  • Air – 91.45 g
  • Karbohidrat – 7.55 g
  • Protein – 0.61 g
  • Vitamin B6 – 0.045 mg (3%)
  • Folat (Vit. B9) – 3 mg (1%)
  • Gula – 6.2 g
  • Serat pangan – 0.4 g
  • Vitamin C – 8.1 mg (14%)
  • Lemak – 0.15 g
  • Kalium – 112 mg (2%)
  • Fosfor – 11 mg (2%)
  • Kalsium – 7 mg (1%)
  • Besi – 0.24 mg (2%)
  • Magnesium – 10 mg (3%)
  • Seng – 0.10 mg (1%)
  • Vitamin A – 28 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) – 0.178 mg (1%)
  • Riboflavin (Vit. B2) – 0.021 mg (1%)
  • Thiamine (Vit. B1) – 0.033 mg (3%)
  • Asam Pantothenat (B5) – 0.221 mg (4%)


Dari sekian banyak kandungan atau gizi yang terdapat dalam buah semangka. Tentu saja membuah buah semangka tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia termasuk manfaatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini akan disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin yang sehat :

1. Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan maka sengat sering terjadi gangguan kehamilan umum seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi biasa disebut edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah edema yang terjadi.

2. Mencegah Dehidrasi

Tahukah anda bahwa dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berakibat sangat fatal? Salah satu akibatnya adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

3. Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi adalah masalah yang sering terjadi pada kulit ibu hamil. Namun buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, dimana kondisi tersebut cukup berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka pigmentasi dapat berkurang atau kulit ibu yang sedang hamil dapat tetap halus.

Khasiat ini juga ditemui pada manfaat melon untuk ibu hamil yang menangani masalah pencernaan.

4. Mencegah Terjadinya Kram Otot

Masa kehamilan adalah masa di mana tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan. Salah satunya adalah horman dan juga berat badan yang berubah atau meningkat. Hal ini dapat membuat tulang dan juga otot merasa sakit dan kram. Namun, dengan mengkonsumsi buah buahan untuk ibu hamil seperti semangka, akan mengurangi perubahan-perubahan yang terjadi tersebut dan lebih pentingnya lagi mampu mengurangi kram otot dan tulang serta otot yang sakit.


5. Mengatasi Morning Sicknes

Morning sickness muncul sebagai tanda-tanda kehamilan awal. Mengkonsumsi buah semangka secara teratur di pagi hari akan memberikan efek semangat ketika memulai hari saat terjadi morning sickness. Hal ini ditimbulkan dari rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan seperti ini pada ibu hamil.

6. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Sering kali ibu hamil mengalami permasalahan pada pencernaan yang tidak baik, yang biasa terjadi adalah munculnya rasa mual dan juga asam lambung. Namun buah semangka dapat mengatasi keluhan atau permasalahan tersebut yang terjadi pada ibu hamil.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah semangka diperkaya dengan kandungan zat yang bernama Likopen. Hal ini menjadikan makanan sehat untuk ibu hamil ini, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil, maupun pada janin.

8. Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka menjadikan buah semangka ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.  Hal ini tentu sangat baik untuk membuat tubuh tidak mudah sakit di saat kita berada pada cuaca yang ekstrim atau saat perubahan cuaca yang tidak menentu. (Baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)

9. Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Kandungan kalium yang kaya ini juga terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil.

10. Kaya Antioksidan dari Vitamin A

Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin. Selain itu, senyawa karotenoid vitamin A ini bermanfaat sebagai antioksidan yang lindungi tubuh dari radikal bebas. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

11. Melancarkan Urine

semangka juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan atau memperlancar aliran urine dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Hal ini tentu sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan organ ginjal bagi yang mengkonsumsinya.



Selain sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, buah semangka juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Jadi selain sehat, ibu hamil juga dapat terus tampil cantik dengan buah semangka ini.

  1. Buah semangka mampu menjadikan kulit lebih putih, dengan cara menjadikan buah semangka sebagai masker wajah.
  2. Buah semangka mampu menjaga kulit kita agar tetap terlihat awet muda karena semangka dapat mengurangi kerutan-kerutan yang terdapat pada kulit wajah, menghilangkan bekas noda akibat jerawat, dan lain-lain.
  3. Buah semangka mampu melindungu kulit manusia dari terpaan sinar matahari yang notabennya mampu membakar kulit dan membuat kulit lebih gelap.
  4. Buah semangka juga mampu mengurangi minyak yang berlebih pada wajah kita.
  5. Kulit buah semangka biasa digunakan sebagai vitamin rambut agar lebih lebat.


Dari sekian banyak manfaat yang diperoleh dari buah semangka kita tetap harus memperhatikan pola konsumsi. Karena mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah, hal ini tentu akan memicu diabetes gestational. Dan terlebih lagi untuk ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah semangka hanya dalam jumlah terbatas, tidak berlebihan (terlalu banyak).

Dalam mengkonsumsi buah semangka hindarilah mengkonsumsi buah yang sudah lama dipanen dan pilihlah yang masih segar. Hal ini untuk menghindari masalah pencernaan. Jika ibu hamil mengkonsumsi dalam bentuk jus, maka hindari penggunaan es yang terlalu banyak. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)


, , ,
Post Date: Saturday 18th, April 2015 / 04:05 Oleh :
Kategori : Buah Sehat