Sponsors Link

Mentimun bagi Ibu Hamil – Manfaat dan Bahayanya

advertisement

Hamil merupakan kondisi di mana seorang ibu sering was-was dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Banyak jenis makanan yang sangat disukai namun harus dihindari. Tidak jarang pula berbagai jenis makanan yang tidak disukai sama sekali namun ternyata menyehatkan kandungan. Mungkin pertanyaan ini sering muncul dalam benak ibu hamil, makanan sehat apa saja yang baik bagi ibu hamil? Makanan berbahaya apa saja yang hendaknya dihindari oleh ibu hamil?

Salah satu dari sekian banyak pertanyaan dari ibu hamil bisa saja mengacu pada pertanyaan berikut. Apakah mentimun aman dikonsumsi oleh ibu hamil? Apa mentimun termasuk pada makanan yang dapat menyebabkan keguguran? Apa mentimun justru termasuk makanan sehat awal kehamilan? Atau bahkan makanan untuk mencegah bayi cacat? Menurut kesehatan, mentimun memang merupakan salah satu jenis buah yang dapat memicu reaksi alergi bagi tubuh. Namun, bagi Anda ibu hamil tidak perlu khawatir mengkonsumsi mentimun. Buah ini relatif masih aman untuk dikonsumsi. Tentu saja konsumsinya harus dalam porsi yang wajar, artinya tidak melebihi porsi yang disarankan.

Manfaat

Mengkonsumsi mentimun pada saat hamil tidak dilarang sama sekali asalkan porsinya tidak berlebih. Bahkan, mengkonsumsi mentimun ternyata memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang hamil. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi mentimun pada saat hamil.

  1. Mentimun memiliki kandungan kalori yang relatif rendah sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini berbanding terbalik dengan ketika ibu hamil mengambil risiko bahaya sate kambing bagi ibu hamil yang mengandung banyak kalori
  2. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat mencegah tubuh Anda terkena dehidrasi seperti halnya manfaat jambu air untuk ibu hamil.
  3. Ibu hamil sering menderita sembelit. Ternyata kulit mentimun kaya akan kandungan serat yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga sembelit dapat dicegah.
  4. Mentimun memiliki kandungan antioksidan alami yang cukup tinggi seperti juga manfaat buah delima bagi ibu hamil, sehingga dapat melindungi tubuh Anda dari serangan infeksi dan berbagai jenis penyakit.
  5. Mentimun mengandung vitamin K yang dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.
  6. Kandungan vitamin C yang juga terdapat pada manfaat jambu biji bagi ibu hamil, B1. B3, B2, asam folat, seng, kalium, magnesium, dan zat besi yang juga terdapat pada manfaat bayam bagi ibu hamil dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin yang ada dalam kandungan Anda.
  7. Kandungan vitamin B dalam buah mentimun berperan menjaga mood Anda tetap dalam kondisi stabil.
    Sponsors Link

    Kondisi tersebut sekaligus menjaga pertumbuhan janin menjadi lebih optimal.
  8. Kandungan kolagen di dalam mentimun juga akan membantu mengurangi selulit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.
  9. Mengkonsumsi mentimun akan membantu menjaga kadar gula darah agar tidak naik. Selain itu, mentimun juga mengandung natrium dan juga mineral yang berguna untuk mengontrol tekanan darah Anda sehingga menjauhkan risiko darah tinggi pada ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi mentimun pada saat hamil. Namun, mengkonsumsi mentimun pada saat hamil bukan berarti tanpa resiko, apalagi jika konsumsinya berlebih.

Bahaya

Mengkonsumsi salah satu buah-buahan untuk ibu hamil ini pada saat hamil ternyata memberikan banyak manfaat, baik bagi kesehatan bumil maupun pada perkembangan janin. Namun, konsumsi mentimun pada saat hamil bukannya tanpa bahaya. Perhatikan asupan mentimun anda pada saat hamil. Jika asupan mentimun pada masa kehamilan berlebih dapat menyebabkan berbagai resiko bagi tubuh seperti halnya pada manfaat salak untuk ibu hamil. Akibat asupan mentimun berlebih pada ibu hamil diantaranya :

  • Konsumsi mentimun dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan penumpukan gas di dalam perut. Akibatnya, perut akan mengalami gangguan pencernaan dan perut akan terasa kembung.
  • Seperti yang telah dijelaskan di bagian awal, mengkonsumsi mentimun dapat memicu reaksi alergi, seperti gatal-gatal, pembengkakan, serta reaksi alergi lainnya.
  • Kandungan air yang tinggi dalam mentimun akan membuat Anda sering buang air kecil.
  • Mentimun akan memicu penurunan tekanan darah. Konsumsi mentimun berlebihan sudah pasti akan menurunkan tekanan darah Anda sehingga penyebab ibu hamil cepat lelah dan terkadang akan menyebabkan pusing. Mentimun termasuk menjadi penyebab ibu hamil darah rendah
Sponsors Link

Itulah beberapa bahaya konsumsi mentimun pada saat hamil. Hal terpenting bagi Anda yang ingin mengkonsumsi mentimun adalah mengetahui kondisi tubuh terlebih dahulu. Dengan mengetahui kondisi tubuh, tentu Anda memiliki patokan dan juga pertimbangan khusus, seberapa besar Anda dapat mengkonsumsi mentimun tersebut. Bahkan akan lebih baik bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda mengenai asupan apa saja yang hendak Anda makan.

Tips Mengkonsumsi Mentimun pada Saat Hamil

Jika saat ini anda sedang hamil dan ingin mengkonsumsi mentimun, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pada masa proses penanaman, bisa saja mentimun dikembangkan dengan bahan pestisida. Bahan pestisida tersebut dapat membahayakan kesehatan janin dan juga tubuh Anda. Karena itu, cucilah mentimun yang hendak Anda konsumsi agar kandungan sedimen dan juga berbagai zat kimia lainnya dapat Anda hindari.
  • Untuk mencegah kontaminasi bakteri, Anda dapat memotong mentimun yang hendak Anda makan.
  • Jadikan mentimun tersebut sebagai bahan makanan pendamping, seperti sebagai lalapan.
  • Jika Anda memiliki tekanan darah rendah, usahakan agar Anda tidak mengkonsumsi mentimun. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsumsi mentimun akan menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan menambah risiko bahaya darah rendah pada ibu hamil. Tentuk tidak baik jika ibu mengambil risiko bahaya kelelahan pada ibu hamil.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin mengkonsumsi mentimun. Tidak perlu was-was ataupun khawatir mengkonsumsi mentimun pada saat hamil. Yang terpenting adalah konsumsi mentimun tidak melebihi porsi yang dianjurkan jangan sampai mentimun yang awalnya merupakan buah sehat manjadi makanan berbahaya karena kelebihan porsi. Selain itu, beberapa tips di atas juga akan membantu Anda menentukan metode yang aman dan juga tepat untuk mengkonsumsi mentimun pada saat hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, April 2016 / 09:45 Oleh :
Kategori : Buah Sehat