Semangka untuk Ibu Hamil – Manfaat dan Bahaya

Buah semangka memang merupakan buah yang memiliki citarasa manis dan juga segar yang disukai banyak orang. Buah semangka ini cocok sekali dimakan saat terik matahari sedang panas- panasnya dan juga saat udara di sekitar kita terasa panas. Buah semangka ini selain menyegarkan juga dipercaya membawa manfaat-manfaat yang banyak bagi tubuh. Jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, buah semangka ini mampu mendatangkan berbagai manfaat.

Manfaat

Berbagai manfaat yang akan diperoleh oleh ibu hamil bila mengonsumsi buah semangka antara lain:

1. Mengurangi pembengkakan pada ibu hamil

Pada masa kehamilan, seringkali terjadi berbagai macam gangguan umum. Salah satu gangguan umum yangvterjadi pada masa kehamilan adalah gangguan pembengkakan. Pembengkakan ini bersifat ringan yang biasanya terjadi seperti kaki bengkak saat hamil dan pada tangan. Pembengkakan ini disebut dengan edema. Buah semangka yang banyak mengandung air dapat mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan juga otot, sehingga mencegah edema yang terjadi.

2. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Ketika dehidrasi ini terjadi pada ibu hamil, maka dapat berakibat fatal. Salah satu akibatnya yakni dapat menjadi penyebab bayi lahir prematur. Semangka sebagai buah yang kandungan airnya mencapai 90%, dapat mencegah adanya dehidrasi ini.

3. Mencegah pigmentasi

Pigmentasi ini merupakan masalah yang sering mendera ibu hamil. Dengan mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil, maka pigmentasi ini dapat berkurang menyerang ibu hamil dan kulit ibu hamil akan tetap halus. Hal ini karena semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan juga menjaga gerakan dari usus halus.


4. Mencegah terjadinya kram pada otot

Pada masa proses kehamilan maka kondisi tubuh ibu hamil akan banyak mengalami perubahan. Salah satunya adalah perubahan hormon dan berat badan. Akibat adanya berbagai perubahan ini, maka seringkali terjadi kaku otot atau kram yang terjadi pada ibu. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka akan mengurangi perubahan yang terjadi tersebut sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kram.

5. Mengatasi morning sickness

Morning sickness ini muncul sebagai tanda kehamilan. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka akan memberikan efek semangat. Hal ini karena kesegaran dan juga efek menenangkan yang dimiliki buah semangka.

6. Melancarkan pencernaan

Masalah pencernaan merupakan masalah yang seringkali mengintai ibu hamil. Hal ini karena produksi asam lambung yang meningkat dan juga adanya efek mual. Dengan mengonsumsi buah semangka, maka dapat melancarkan sistem pencernaan ini dan mengurangi keluhan pencernaan yang terjadi.

7. Menjaga kesehatan jantung

Buah semangka kaya akan Licopen yang bermanfaat sebagai zat penjaga kesehatan pada jantung ibu dan juga kesehatan jantung janin.

8. Menjaga sistem imunitas

Buah semangka juga kaya akan vitamin C yang berguna sebagai menjaga sistem imun agar ibu tidak mudah sakit, terutama dalam berbagai perubahan cuaca.

9. Mendukung pembentukan tulang pada janin

Buah semangka kaya akan kalium yang berfungsi untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang pada perkembangan janin.


10. Kaya akan antioksidan

Antioksidan banyak terkandung dalam buah semangka yang berasal dari vitamin A. hal ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga penglihatan bayi agar tetap jernih. Dan antioksidan ini sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

11. Melancarkan aliran urine

Buah semangka sangat bermanfaat untuk menlancarkan aliran urin yang ada di dalam tubuh, hal ini akan berpengaruh juga terhadap kesehatan ginjal.

Itulah beberapa manfaat yang akan diperoleh ibu hamil ketika mengonsumsi buah semangka. Lalu bila ada efek baiknya, apakah ada efek buruknya atau ada bahayanya mengonsumsi buah semangka ini bagi ibu hamil?

Bahaya

Beberapa anggapan beredar di masyarakat tentang bahaya atau efek buruk yang ditimbulkan buah semangka apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu anggapan yang beredar di masyarakat adalah bila ibu hamil mengkonsumsi buah semangka maka bayi yang lahir akan mempunyai berat badan berlebihan. Namun ternyata anggapan ini tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Bahkan dunia medis sering menganjurkan untuk mengkonsumsi buah semangka ini ketika ibu sedang hamil.

Ada sisi negatif juga ketika mengkonsumsi semangka untuk ibu hamil, namun sisi negatif ini ketika ibu mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Bila mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang berlebihan, maka ibu mungkin akan mengalami beberapa masalah. Beberapa masalah yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi buah semangka berlebihan adalah :

  • Diabetes gestasional

Hal ini dapat terjadi karena kandungan kadar gula pada semangka yang cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan resiko bahaya diabetes saat hamil ini.

  • Sakit lambung

Sakit lambung ini akan dapat menyerang ketika mengkonsumsi buah semangka yang sudah dikupas dan dibiarkan terlalu lama di ruangan terbuka. Karena hal ini akan menyebabkan semangka mengalami oksidasi, dan hal ini akan berakibat tidak baik bagi pencernaan kita.

Itulah informasi mengenai buah semangka untuk ibu hamil. Sekarang kita sudah mengetahui bahwasaanya semangka ini baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Adapun dampak negatif akan terjadi hanya ketika kita mengkonsumsi buah semangka ini dalam jumlah yang berlebihan. Maka dari itu, konsumsilah buah semangka ini dalam jumlah yang sewajarnya saja.

, ,
Post Date: Friday 11th, March 2016 / 03:39 Oleh :
Kategori : Buah Sehat