Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Bahaya Makan Gorengan Bagi Ibu Hamil Berdasarkan Jenisnya

advertisement

Masa-masa kehamilan merupakan masa seorang ibu harus memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan sungguh-sungguh. Kesehatan tubuh ibu hamil akan berpengaruh pada kesehatan janin di dalam tubuhnya. Ibu hamil perlu memperhatikan apa saja makanan yang sehat untuk dimakan ibu hamil dan menghindari makanan larangan  ibu hamil yang tidak baik dikonsumsi. Salah satu makanan yang banyak disukai ibu-ibu adalah gorengan. Makanan yang digoreng cenderung gurih dan itu banyak disukai walaupun banyak yang paham bahwa makanan tersebut bukan makanan yang sehat. Lalu bagaimana dengan ibu hamil?

Makanan gorengan sendiri ada bermacam-macam, contoh makanan gorengan dan bahayanya bagi ibu hamil yaitu:

1. Tempe dan tahu goreng

Tempe dan tahu goreng merupakan jenis makanan yang banyak kita temui di Indonesia. Orang Indonesia rata-rata menyukai makanan yang terbuat dari kacang kedelai tersebut. Tempe dan tahu sebenarnya makanan sehat untuk ibu hamil yang cukup layak dikonsumsi sebagai camilan atau lauk.

Sponsors Link

Namun jika digoreng menjadi tempe goreng dan tahu goreng, maka tidak boleh terlalu banyak memakannya karena makanan gorengan memiliki kandungan minyak yang banyak dan itu kurang baik bagi ibu hamil.

2. Roti goreng dan donat

Roti goreng dan donat merupakan dua contoh makanan yang cara pengolahannya digoreng. Kedua makanan tersebut sangat enak dan biasa dijadikan camilan baik oleh anak-anak maupun orang tua, karena rasanya yang manis. Selain banyak mengandung gula, baik roti goreng dan donat dibuat dengan cara digoreng dalam minyak yang banyak. Itu membuat 2 jenis makanan ini banyak mengandung minyak walaupun sudah ditiriskan terlebih dahulu.

3. Pisang goreng dan nanas goreng

Buah buahan untuk ibu hamil yang mengandung banyak vitamin juga banyak yang mulai diolah dengan digoreng. Pisang sebenarnya baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengenyangkan dan bergizi. Namun jika diolah menjadi pisang goreng maka manfaatnya bisa ditutupi dengan minyak dan campuran tepung dan gula yang digunakan. Lain lagi dengan nanas goreng, makan nanas saat hamil sebenarnya kurang baik jika dilakukan karena sifatnya yang cenderung keras dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Nanas juga kurang baik bagi kesehatan reproduksi terutama jika mentah dan terlalu banyak. Jadi jika nanas goreng memang sebaiknya benar-benar dihindari karena kurang baik bagi ibu hamil.

4. Singkong goreng dan telo goreng

Singkong dan telo merupakan makanan yang cukup baik dikonsumsi baik oleh orang biasa ataupun wanita hamil. Seperti makanan lainnya yang diolah dengan cara digoreng, singkong dan telo menjadi lebih berminyak dan minyak itulah yang kemudian dapat bermasalah jika masuk ke dalam tubuh terlalu banyak.

Sponsors Link

5. Kerupuk

Kerupuk merupakan salah satu makanan pelengkap yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kerupuk ini sering dimakan sehari-hari dan tanpa sadar bahwa sebenarnya kerupuk tidak terlalu sehat kalau dikonsumsi terlalu banyak. Kerupuk selain mengandung minyak karena digoreng, sebagian makanan pantangan ibu hamil ini karena adanya kandungan pemutih dan pengawet yang tidak baik bagi tubuh. Ibu hamil yang ingin mengonsumsi kerupuk sebaiknya tidak terlalu sering dan memilih kerupuk yang terbuat dari bahan alami, tanpa pemutih dan pengawet yang berlebihan.

Makanan gorengan bagi ibu hamil memang kurang baik karena bisa memicu bahaya kolesterol yang tinggi serta bahaya obesitas bagi ibu hamil yang tidak sehat. Hal ini dapat berdampak pada janin yang dikandungnya. Perkembangan janin yang dikandung sebaiknya menerima makanan yang sehat bukan minyak atau lemak yang tidak sehat. Sebenarnya boleh-boleh saja memakan makanan gorengan asalkan tidak berlebihan dan ada baiknya menggunakan minyak yang bagus seperti minyak zaitun. Selain itu, ibuhamil juga harus banyak makan sayuran dan buah-buahan serta minum susu.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 29th, October 2015 / 08:57 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya