Sponsors Link

Bolehkan Ibu Hamil Makan Sate Kambing ?

advertisement

Sate kambing merupakan salah satu makanan terlezat yang menjadi favorit banyak orang. Bagi orang yang menderita darah rendah, sate kambing merupakan obat yang dapat mengatur tekanan darah menjadi lebih stabil. Tapi perlu diketahui, mengonsumsi daging sebaiknya jangan terlalu banyak karena akan berdampak pda kesehatan. Bagi ibu hamil, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi daging kambing. Ini tentunya tidak hanya berpengaruh pada kesehatan Ibu hamil, tetapi juga terhadap janinnya. Terkadang, banyak pertanyaan yang muncul apakah seorang wanita yang sedang hamil diperbolehkan makan sate kambing. Beberapa orang mungkin akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Sebagian ada yang pro dan sebagian ada yang kontra. Ibu hamil tentunya harus lebih memperhatikan pola makan demi menjaga keehatan diri sendiri dan janinnya. (Baca juga: Bahaya Sate Kambing Bagi Ibu Hamil , Taxoplasma Pada Ibu Hamil )

Beberapa ibu hamil pastinya akan mengalami nyidam. Nyidam yang dialami para ibu hamil pun juga berbeda-beda. Ada yang ingin memakai barang ini, ada yang ingin berdandan sampai keinginan untuk makan sesuatu yang sebenarnya dilarang. Seperti saat ibu hamil ingin makan sate kambing. Banyaknya pertanyaan yang muncul tentang boleh tidaknya ibu hamil makan sate kambing tentunya menarik perhatian para ahli gizi, terutama ahli gizi yang menangani nutrisi ibu hamil. Para ahli gizi menyarankan bahwa mengonsumsi sate kambing saat hamil sangat tidak disarankan karena memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan ibu dan janin. Ada beberapa dampak buruk yang akan terjadi apabila ibu hamil mengonsumsi sate kambing. (Baca juga: Bahaya Tape Untuk Ibu Hamil , Olahraga Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil)

Bahaya

1.Meningkatkan Kolesterol

Dibalik lezatnya sate kambing ternyata menyimpan beberapa dampak yang tidak baik saat dikonsumsi oleh para ibu hamil. Salah satunya adalah kolesterol tinggi. Kolesterol yang ada pada tubuh tentunya ada yang baik dan ada kolesterol jahat. Untuk itu, ibu hamil disarankan agar tidak terlalu banyak makan makanan yang mengandung kolesterol karena akan membuat kinerja jantung tidak stabil. Kerja jantung yang tidak stabil tentunya membuat ibu hamil berdebar sehingga akan berdampak buruk pada janinnya. (Baca juga:Bahaya Kolesterol Tinggi Untuk Ibu Hamil , Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil )

2.Keluhan Masalah Pencernaan

Sate kambing mengandung lemak tak jenuh yang sulit untuk dicerna dengan baik jika sering dikonsumsi. Lemak tak jenuh yang terdapat pada daging kambing akan menghambat penyerapan nutrisi sehingga ibu hamil akan sulit mendapatkan nutrisi. Padahal, nutrisi saat hamil harus diperhatikan dengan baik agar janin berkembang lebih sehat. Terlalu banyak makan daging kambing pada masa kehamilan juga akan memperlambat penyerapan nutrisi di usus halus sehingga lebih sering mengalami sembelit. Jika sembelit pada ibu hamil tidak segera diatasi, maka akan meningkatkan resiko kontraksi rahim dan menjadi penyebab utama wasir. (Baca juga: Manfaat Genjer Bagi Ibu Hamil , Bahaya Kunyit Bagi Ibu Hamil )

Sponsors Link

3.Menyebabkan Darah Tinggi

Ibu hamil harus menjaga pola makan dengan baik agar terhindar dari beberapa penyakit yang membahayakan ibu dan bayi yang dikandungnya. Darah tinggi adalah penyakit yang sebaiknya dihindari ibu hamil. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan tekanan arah adalah sate kambing. Sate kambing memang cocok untuk dikonsumsi orang-orang yang memiliki penyakit darah rendah. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari makan sate kambing. Darah tinggi yang dialami ibu hamil akan menghambat nutrisi yang akan masuk ke janin sehingga beresiko melahirkan bayi prematur dan kurang sehat. Tak hanya itu, darah tinggi pada ibu hamil juga memiliki resiko saat melahirkan normal sehingga harus merasakan operasi caesar. (Baca juga: Penyebab Hamil Diluar Kandungan , Penanganan Malaria Pada Ibu Hamil Paling Aman )

4.Menyebabkan Komplikasi Kehamilan

Semua ibu pasti ingin memiliki bayi yang sehat. Menjaga kesehatan bayi agar tetap sehat tidaklah sulit asalkan para ibu selalu menjaganya sejak masih dalam kandungan yaitu dengan menghindari mengonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk tumbuh kembang janin. Alasan mengapa ibu hamil tidak diperbolehkan makan sate kambing karena dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti bayi lahir cacat, prematur, keguguran dan gangguan kehamilan lainnya. Hal ini karena pada daging kambing mengandung bakteri toksoplasma yang harus dimasak dengan benar agar aman untuk dimakan. Danging kambing memang aman dikonsumsi semua orang tapi tidak disarankan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan dampak buruk. (Baca juga: Tanda-tanda Bahaya Kehamilan Yang Harus Diwaspadai , Gejala Hipertensi Dalam Kehamilan )

Tips Makan Sate Kambing Untuk Ibu Hamil

Setiap makanan yang lezat selalu saja memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Hal ini berlalu untuk semua orang namun yang wajib diperhatikan adalah kesehatan pada ibu hamil karena akan berdampak pada janin. Agar melahirkan bayi dengan sehat dan lancar, tentunya harus memperhatikan pola makan selama masa kehamilan termasuk menghindari makanan yang berdampak buruk pada janin. Para ibu tentu tidak ingin bayi yang dikandung memiliki kelainan tertentu bukan? Untuk mengantisipasinya, lebih baik ibu hamil tidak makan sate kambing selama masa kehamilan. (Baca juga: Akibat Kelebihan Air Ketuban Saat Hamil , Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil )

Sponsors Link

Namun ada beberapa ibu hamil yang nekat mengkonsumsi sate kambing karena nyidam yang sudah tidak dapat dihindari lagi. Bagi ibu hamil yang memaksakan diri untuk makan daging kambing sebaiknya tidak boleh terlalu banyak. Untuk mengimbangi nutrisinya, sebaiknya setelah mengkonsumsi sate kambing harus lebih banyak minum air putih agar tidak mengganggu pencernaa. Selain itu juga harus banyak makan sayuran agar nutrisinya seimbang. (Baca juga: Bahaya Keju Bagi Ibu Hamil , Bahaya Kipas Angin Untuk Ibu Hamil )

Dalam memasak daging kambing sebaiknya harus lebih diperhatikan. Jika asal-asalan dalam memasak daging kambing, maka bakteri yang melekat pada kambing tidak benar-benar hilang sehingga menyebabkan gangguan pada pencernaan yang berakibat fatal. Memasak daging kambing memang agak sulit sehingga banyak orang yang memasak daging kambing dan masih meninggalkan bau amis. Setiap makanan yang lezat tentunya memiliki resiko, seperti hal nya makan sate kambing. Walaupun diperbolehkan untuk semua kalangan, nyatanya sate kambing harus dihindari oleh Ibu hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 19th, December 2016 / 03:37 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya