Sponsors Link

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong ?

Sponsors Link

Tape singkong merupakan makanan khas bagi masyarakat Indonesia Tape sering dijadikan cemilan atau menjadi campuran dalam minuman atau es olahan yang sering dijual-jual. Tidak sedikit juga Ibu hamil yang cenderung mengidam ingin memakan tape singkong. Namun perlu diperhatikan Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong begitu saja, berhubung perlu dipertimbangkan keadaan hamil yang tentu berbeda dibanding saat tidak hamil. Oleh karenanya, untuk menjawab hal tersebut, kita perlu melihat sisi manfaat dan kerugian atau bahaya apakah yang ada bila kita mengkonsumsi tape saat hamil. Berikut penjabaran manfaat dan bahayanya yang kemudian akab disimpulkan:(Baca juga: Bahaya tape untuk Ibu hamil , Bolehkan Ibu Menyusui Minum Kopi)

ads

Manfaat

1. Sumber probiotik

Pada tape dikatakan bahwa terdapat kandungan probiotik yang sangat menguntungkan bagi tubuh. Probiotik sendiri sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit. Probiotik juga membantu dalam menjaga kesehatan usus. Dengan mengkonsumsi tape diharapkan kebutuhan akan probiotik dapat terpenuhi. (Baca juga: Larangan untuk Ibu hamil muda , Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil)

2. Sumber Vitamin B12

Pada tape mengandung vitamin B12. Vitamin B12 sendiri mempunyai banyak kegunaan bagi tubuh. Salah satu manfaat utama vitamin B12 adalah mencegah terjadinya anemia. Sebab kekurangan vitamin B12 dapat berefek terjadinya anemia dan hal ini sering terjadi pada Ibu hamil. Dengan mengkonsumsi tape, maka dapat menambah asupan vitamin B12, namun bagi Ibu hamil selain melihat keuntungan ini, perlu juga melihat dampak lain dari mengkonsumsi tape singkong. (Baca juga: Bolehkah Ibu hamil makan ketan , Manfaat beras merah untuk Ibu hamil)

3. Sumber Vitamin B1

Dikatakan bahwa tape memiliki kandungan vitamin B1 yang tinggi. Dengan proses fermentasi maka kandungan vitamin B1 dapat meningkat tiga kali lebih banyak. Vitamin B1 sendiri sangat penting bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan sistem saraf, kesehatan otot-otot dan kesehatan sistem pencernaan. Diharapkan dengan mengkonsumsi tape maka kebutuhan vitamin B1 dapat terpenuhi serta fungsi saraf, otot dan pencernaan dapat terjaga dengan baik. (Baca juga: Obat sakit kepala untuk Ibu hamil , Manfaat kelengkeng bagi Ibu hamil)

Sponsors Link

4. Mengeluarkan aflatoksin

Dengan mengkonsumsi tape, juga memiliki manfaat menjaga tubuh. Tape yang dikonsumsi mampu mengikat racun aflatoksin yang biasa berasal dari makanan. Aflatoksi merupakan racun dari jamur yang berkembang pada makanan. Hal ini sering didapatkan pada bagian permukaan makanan yang sudah mengalami basiatau menjamur. Jamur tersebutlah yang menghasilkan racun aflatoksin. Dengan mengkonsumsi tape, diharapkan mampu mengurangi kadar aflatoksin tersebut dari tubuh. (baca juga: Bolehkah Ibu menyusui makan durian , tekanan darah tinggi pada ibu hamil )

Bahaya

1. Resiko diabetes

Pada tape tentu terdapat kandungan kalori dan karbohidrat yang cukup tinggi. Tentu hal ini tidak akan membuat tubuh kekurangan kalori atau pun karbohidrat sebagai sumber energi. Namun ternyata dampak lainnya adalah dalam rasa yang manis tersebut dapat memicu terjadinya diabetes gestasionnal pada Ibu hamil. Diabetes gestasional merupakan terjadinya diabetes saat sedang hamil atau mengandung. (Baca juga: Bolehkah Ibu hamil makan acar , Manfaat air tebu bagi Ibu hamil)

2. Efek kandungan sianida

Pada singkong terdapat sedikit kandungan sianida yang tidak banyak dan akan berkurang saat dimasak. Namun pada tape yang semakin sering dikonsumsi, maka efek sianida secara perlahan-lahan dapat menyebabkan terjadinya keracunan pada darah dalam keadaan kecil yang mungkin tidak memberikan gejala. Namun dampak lainnya adalah Ibu hamil dapat menderita anemia. Karena salah satu efek sianida bisa menyebabkan anemia secara perlahan-lahan. (Baca juga: Bolehkah makan emping melinjo saat hamil , Akibat kelebihan asam Folat pada ibu hamil)

3. Penyebab Fetal Alcohol spectrum Disorder (FASD)

Pada proses pembuatan tape, dilakukan sebuah prosedur fermentasi singkong untuk mendapatkan tape singkong. Dengan bantuan atau penambahan ragi maka terjadi proses fermentasi. Dari proses fermentasi tersebut ternyata membuat tape singkong juga memiliki kandungan alkohol. Semakin lama proses fermentasi pada pembuatan tape singkong tersebut, maka semakin tinggi pula kemungkinan kandungan alkoholnya. Ternyata pada masa kehamilan, alkohol dapat mempengaruhi janin yang dikandung terutama saat awal-awal masa kehamilan. (Baca juga: Bolehkah Ibu hamil makan ati ampela)

Alkohol bersifat teratogen bagi Ibu hamil, yang berarti bahwa berkesmpatan menimbulkan kelainan bawaan pada janin. Tidak ada batasan tertentu seberapa banyak alkohol yang berisiko mengalami gangguan tersebut. Namun semakin banyak alkohol yang dikonsumsi, maka semakin besar pula kemungkinan terjadinya gangguan tersebut. FASD sendiri dapat terjadi berupa gangguan pada janin dimana kelak akan dapat lahir cacat secara fisik. Selain itu terdapat juga FASD yang dapat berupa keadaan dimana bayi yang akan tumbuh mengalami gangguan mental saat perkembangannya. (Baca juga: Bolehkah Ibu hamil makan daging panggang , Manfaat keju bagi Ibu hamil)

4. Menjadi resiko penyakit hamil

Mengkonsumsi tape terutama dengan kadar alkohol yang dikandungnya, dapat menyebabkan terjadinya faktor resiko mengalami penyakit hati. Hal ini dikarenakan alkohol dimetabolisme di dalam organ hati, sehingga membuat organ hati bekerja lebih berat. Penyakit hati paling sering terjadi akibat kebiasaan mengkonsumsi alkohol adalah sirosis hati. Walaupun ada yang mengatakan bahwa kandungan alkohol dari tape tidak begitu besar, namun tetap saja hal tersebut akan menjadi akumulasi pada saat sering dikonsumsi. (Baca juga: Bolehkah Ibu hamil makan makanan mengandung MSG , Makanan Pencegah Mual Saat Hamil)

Selain itu dalam beberapa pendapat mengatakan, bahwa ketika mengkonsumsi tape singkong selain dapat menyebabkan resiko penyakit hati pada Ibu hamil, diduga juga dapat merusak atau memicu gangguan hati juga pada janin. Hal ini dikarenakan setelah Ibu mengkonsumsi tape, maka alkohol di kangdungannya akan terbawa di dalam darah dan kemudian menembus plasenta lalu masuk ke tubuh janin. Dari situ di dalam tubuh janin, organ hatinya juga akan ikut dalam proses metabolisme alkohol sehingga ketika bayi lahir, bisa saja bayi mengalami gangguan fngsi hati dan tampak kuning. (Baca juga: Bahaya MSG untuk Ibu hamil)

Sponsors Link

5. Gangguan pencernaan

Salah satu dampak dari mengkonsumsi tape adalah dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan. Selain itu dapat terjadi penumpukan gas didalam perut sehingga dapat membuat perut menjadi kembung. Efek dari gangguan pencernaan yang terjadi sendiri salah satunya dapat berupa mual dan muntah. Sebagaimana yang kita ketahui, pada Ibu hamil terutama dengan usia kandungan yang masih muda, rawan mengalami hiperemesis. Hiperemesis merupakan keadaan mual dan muntah pada Ibu hamil yang sering terjadi pada awal masa kehamilan. Dikatakan bahwa hiperemesis terjadi akibat perubahan horman di dalam tubuh saat hamil (di dugan kemungkinan karena meningkatnya hormon hCG). (Baca juga: Penyebab mimisan pada Ibu hamil , Manfaat daun kemangi bagi Ibu hamil)

Dalam keadaan hiperemesis tersebut dan ditambah dengan mengkonsumsi tape yang mampu memperberat gangguan pencernaan, tentu dapat memperparah kejadian hiperemesis pada Ibu hamil. Sehingga Ibu hamil dapat mengalami mual dan muntah yang berlebihan. Dampak dari muntah berlebihan sendiri bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi dan syok. Efek terberat dehidrasi dapat mengakibatkan kematian bagi Ibu hamil jika dibiarkan. Baca juga: Penyebab jantung berdebar pada Ibu hamil)

Kesimpulan

Dengan melihat sisi menfaat dan bahaya tape singkong diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sebaiknya Ibu hamil mengurangi atau bahkan sama sekali menghidari mengkonsumsi tape singkong tersebut selama masa kehamilan. Walaupun mungkin ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan mengkonsumsi tape singkong, namun bahaya yang diterima bisa menjadi resiko kesehatan yang penting bagi Ibu dan terutamanya untuk janin. Hal ini tentu yang paling penting adalah dengan adanya efek alkohol terhadap janin. Sebab, Orang Tua mana yang ingin meresikokan janinnya mengalami penyakit atau malah justru meresikokan janinnya menjadi cacat bawaan saat lahir. Selain itu, untuk mendapatkan mafaat dari tape seperti kandungan nutrisinya, sebaiknya Ibu hamil mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan seperti pada tape, namun tetap aman dikonsumsi saat hamil. (Baca juga: Pantangan Ibu hamil muda , Manfaat tahu untuk Ibu hamil)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 11th, December 2016 / 11:04 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat