15 Makanan Sehat Awal Kehamilan : Jenis dan Tipsnya

Masa kehamilan merupakan masa masa emas yang paling di tunggu oleh pasangan muda maupun tua. Sebab mereka tengah menantikan kelahiran dari buah cinta yang sudah di buat. Kemunculan buah hati akan menambah nilai atau value  dari cinta mereka. Generasi menjadi factor yang menentukan masa depan pasangan tersebut. Anak ini pulalah yang akan mempererat cinta pasangan wanita dan pria dalam membina rumah tangga.

Kehamilan pertama, merupakan pengalaman pertama untuk seorang ibu. Mereka akan sangat berhati hati, dan menjaga diri demi keselamatan dan kesehatan sang janin. Semakin besar perut wanita, semakin besar pula beban yang harus ia tangguh. Namun sama sekali tidak mengurangi porsi rasa sayang wanita tersebut pada si calon anak. Bahkan kualitas cinta yang di berikan semakin banyak dan akan terus bertambah seiring dengan waktu. Entah ibu sang janin itu sendiri, ayah sang janin, sampai orang tua dari kedua belah pihak juga ikut menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

Untuk itu, memilah milih makanan yang baik dan sesuai untuk perkembangan si janin merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kualitas kesehatan si anak. Semua orang tua pasti mengingnkan anak mereka sehat, juga pandai, yang nantinya bisa berguna untuk orang tua, untuk masyarakat, dan untuk negara. Orang tua mana yang tidak mengharapkan hal seperti itu?

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah tips dan trik untuk menjaga kesehatan anak dan ibunya. Focus utama pada makanan atau asupan gizi yang baik dan sesuai porisnya.

  1. Makanan yang mengandung olive oil

Olive oil atau biasa di kenal dengan minyak zaitun memiliki manfaat lebih untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya. Salah satunya adalah untuk menjaga kehalusan kulit,  kelembaban kulit dan merawat rambut agar tetap tampak indah. Kala hamil wanita akan merasa lebih lelah dari biasanya. Beban berat yang ada di perutnya ini membuat banyak wanita malas menghabiskan aktivitas yang tidak terlalu berguna seperti melakukan many pady. Untuk itu, mengkonsumsi minyak zaitun sudah sangat membantu untuk wanita hamil sekaligus janinnya.

  1. Makanan yang mengandung kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung sumber vitamin dan protein nabati yang tinggi. Ibu hamil dan janin perlu banyak mengkonsumsi makanan ini untuk membantu perbaikan sel yang rusak sekaligus mempermudah regenerasi sel yang baru. Selain itu manfaat lain yang bisa di ambil dari kacang kedelai ini adalah untuk mencegah dari kemungkinan kelahiran janin dengan berat badan rendah akibat kekurangan gizi saat masa kehamilan. Anda bisa mendapatkan kacang kedelai ini dalam tahu dan tempe yang sangat mudah di dapat.

  1. Perbanyak vitamin D

Masa kehamilan di sarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, khususnya vitamin D. Manfaatnya untuk tubuh sebagai zat yang memudahkan usus dalam melakukan penyerapan kalsium di usus dan kelenjar darah. Selain itu juga membantu memperkuat tulang, baik untuk ibu hamil dan janinnya. Bukan hanya itu, vitamin ini membantu ibu hamil untuk mengurangi resiko atau kemungkinan gigi keropos di usia muda. Anda bisa mendapatkan makanan yang kaya akan vitamin D ini dalam susu khusus ibu hamil, minyak ikan, telur ayam (usahakan yang ayam kampung), ikan laut dan kuning telur.

  1. Perbanyak vitamin E

Bukan hanya vitamin D saja yang konsumsinya di tingkatkan, namun juga vitamin D. Manfaat yang dapat di peroleh tubuh adalah untuk menjaga kesehatan dinding sel yang ada di tubuh, juga mengontrol asam lemak. Sebab asam lemak yang tidak terkontrol bisa meningkatkan resiko obsitas saat kehamilan. Contoh makanan yang kaya akan vitamin E ini adalah tauge dan gandum.

  1. Perkaya vitamin A

Vitamin A merupakan symbol dari kekuatan mata. Ibu hamil dan janin yang masih ada di dalam perut sangat di anjurkan mengkonsumsi makanan ini, bahkan taraf porsinya adalah 3 kali dalam satu hari. Manfaat lain dari vitamin A adalah untuk membantu memperkuat kuku, sehingga tidak mudah patah. Lalu menjaga kekuatan gigi agar tidak keropos (mirip dengan vitamin D), dan merawat keindahan rambut bagi janin dan ibunya. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin ini adalah minyak ikan, susu, kuning telur ayam serta buah wortel.

  1. Tambah konsumsi vitamin B1

Sangat di sarankan untuk ibu hamil selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Fungsinya untuk menjaga kesehatan lambung serta membantu memperlancar proses pencernaan. Wanita yang tengah hamil sangat sensitive sekali dalam masalah perut dan pencernaan. Tidak cocok sedikit bisa membuatnya merasa mual dan mudah muntah, padahal baru membaui makanannya. Untuk mengakalinya adalah dengan memperbanyak makanan yang mengandung vitamin B1.

Sampai nanti anda hamil di usia trimester ke tiga, tetap di sarankan untuk terus mengkonsumsi makanan ini. Sebab bisa membantu memperlancar produksi asi (air susu ibu). Banyak kandungan vitamin B1 dalam berbagai jenis kacang kacangan, hati ayam, yeast, serta gandum.

  1. Makan buah Apel cukup

Buah apel merupakan buah yang kaya akan kandungan anti oksidan. Ibu hamil dan janin yang masih tinggal di rahim juga di sarankan memakan buah ini. Sebab pada masa kehamilan, wanita biasanya mengalami bengkak bengkak di seluruh tubuhnya misalnya pada bagian kaki, siku, serta anggota tubuh lainnya. Manfaat lain yang anda dapatkan dari apel adalah mampu mengatasi diare atau sembelit yang sangat mengganggu di tengah masa kehamilan, membantu menurunkan asam lambung yang bisa berpotensi rasa mual dan muntah, menekan resiko kelahiran bayi premature, mengurangi resiko penyakit asma pada kelahiran bayi nantinya, juga menjaga nafsu makan ibu hamil agar tetap stabil dan seimbang.


  1. Makan makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat dapat anda dapatkan dari buah buahan segar dan sayuran hijau. Manfaat nyatanya dapat tubuh anda peroleh seperti menjaga kesehatan diri, menjaga pencernaan agar tetap bagus, dan mencegah dari penyakit sembelit, wasir, serta diare. Sangat tidak enak bukan, di tengah anda hamil yang menopang anak di perut harus terpaksa jongkok kesakitan karena perut anda yang bermasalah akibat diare?

  1. Mengkonsumsi semangka

Buah yang memiliki nama latin Citrullus lanatus ini memang sangat kental di telingan masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah ini menjadi icon pencuci mulut di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Wanita yang tengah mengandung sangat di sarankan memakan buah ini. Sebab kandungan air yang ada di dalam buah mampu mencegah dehidrasi bagi ibu hamil dan janin. Beberapa kasus terkait, banyak bayi yang masih kecil meninggal karena kekurangan cairan dan dehidrasi.

Selain itu, buah semangka bisa menjaga gerakan dari usus halus yang nantinya berimbas pada masalah pigmentasi. Hal inilah yang trik dan tips mengapa kulit ibu hamil bisa tetap halus. Selain itu, buah semangka bisa membantu mengatasi masalah kram pada otot ibu hamil. Semakin berat beban yang di bawa, maka otot yang biasanya hanya menopang satu tubuh harus bekerja menopang dua tubuh. Oleh sebab itu orang hamil lebih mudah terkena kram.

  1. Banyak makan buah kurma

Buah kurma merupakan buah yang paling terkenal dari Arabia. Salah satu makanan pembuka ketika berbuka puasa seperti yang di contohkan oleh Rosulullah. Siapa sangka kandungannya yang kaya akan serat, kalium, mangan, fosfor, zat besi, belerang, kalsium, serta magnesium. Ketika Ibu hamil mengonsumsi buah kurma, akan sangat membantu dalam peningkatan zat besi yang berguna untuk membentuk haemoglobin. Wanita hamil akan sangat rentan terkena anemia, sehingga sangat di sarankan memakan makanan yang banyak mengandung zat besi.

Selain itu, kurma juga bisa membantu mengatasi kram pada tubuh. Kandungan kalium mampu memperlancar aliran darah. Juga kandungan vitamin B kompleks yang tinggi sangat baik untuk mempersiapkan proses kehamilan bagi sang Ibu nanti di trimester tiga.

  1. Konsumsi buah Alpukat yang cukup

Alpukat menjadi buah favorit bagi banyak kalangan masyarakat di Indonesia. Buah yang berasal dari Meksiko ini kaya akan kandungan asam folat, kalium, serta vitamin B yang mampu merangsang perkembangan dan pertumbuhan janin.

Manfaat yang anda peroleh ketika mengkonsumsi cukup asam folat adalah mampu meningkatkan perkembangan otak janin serta tulang belakang (vertebrae).  Semakin banyak anda mengkonsumsi asam folat, maka sel otak yang ada di dalam sel otak bayi juga akan berkembang cukup baik. Selain itu, di sebutkan tadi bahwa alpukat mengandung banyak vitamin B, dimana sangat berperan penting dalam mengontrol asam lambung. Semakin baik kontrol asam lambung, akan membantu meredakan rasa mual dan muntah.

  1. Di barengi konsumsi buah manggis

Buah manggis merupakan buah yang cukup familiar di lidah masyarakat Indonesia. Ternyata kandungannya cukup kaya dan banyak memberikan cukup nutrisi bagi wanita yang tengah berada di masa kehamilan. Vitamin C yang sangat berperan dalam menjaga sistem imunnitas, sebab wanita hamil sangat rentan sekali terhadap penyakit. Selain itu juga bisa menjaga elastisitas kulit, perkara wanita hamil memiliki perut yang terus menerus membesar.

Selain itu, juga terdapat kandungan asam folat dan mangan yang cukup. Kandungan ini mampu menurunkan resiko kelahiran bayi premature serta cacat organ pada tubuh bayi. Buah manggis ini juga bisa membantu melindungi diri anda dari pengaruh radikal bebas di udara, serta membantu pembentukan tulang rawan dan kerangka janin.

  1. Makan sereal yang menyehatkan

Biasanya di waktu sarapan, banyak ibu hamil yang tidak nafsu makan. Karena kebanyakan mereka mengalami morning sickness yakni suatu gejala mual mual pada wanita hamil yang tengah memasuki awal kehamilan. Mengkonsumsi sereal bisa menjadi solusi mengatasi morning sickness dari pada membiarkan perut kosong di pagi hari.

Apalagi kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral dari sereal juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil. Pasalnya sudah di sesuaikan dengan kebutuhan dan gizi wanita hamil dan energi yang cukup.

  1. Konsumsi susu khusus ibu hamil

Ibu hamil sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil. Sebab kandungan zat gizi dan nutrisi sudah di sesuaikan dengan kebutuhan gizi wanita hamil serta janin yang ada di kandungannya. Misal seperti kandungan vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak yang di sesuaikan. Susu ibu hamil memiliki kaya nutrisi yang porsinya lebih banyak dua kali dari pada susu biasa. Sebab mereka di tuntut untuk mendapatkan nutrisi dua kali lebih banyak dari nutrisi orang normal biasa.

  1. Perkaya dengan makanan Ikan ikanan

Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung cukup protein tinggi. Selain itu yang paling penting dari ikan sendiri adalah kandungan asam folat dan omega tiga serta omega enam yang membantu perkembangan sel otak pada janin. Adanya kandungan nutrisi asam folat dan omega 3 yang tinggi akan membantu pembentukan sinapsis di dalam otak, sehingga antar sel satu dengan sel lainnya akan berhubungan dan saling menjembatani satu sama lain. Semakin banyak sinapsis yang saling berhubungan, maka semakin cerdas sel otak tersebut.

Panduan makanan yang baik untuk ibu hamil

Ini merupakan salah satu panduan makanan yang baik di terapkan untuk ibu hamil. Contohnya :

1. Sarapan

  • Jika anda mengalami morning sickness bisa mengakali dengan mengkonsumsi sereal dengan rasa favorit anda. Selain itu bisa di tambahkan dengan madu untuk menambah cita rasanya
  • Bisa pula anda mengkonsumsi makanan ini :
    • Jus buah
    • Nasi goreng
    • Telur mata sapi
    • Susu khusus kehamilan

2. Makan Siang

Seusai bangun tidur atau melakukan aktivitas ringan, ibu hamil bisa makan siang dengan menggunakan menu :

  • Nasi
  • Sayur bening (utamakan perbanyak sayuran hijau)
  • Ikan ikanan
  • Tempe goreng
  • Buah buahan

3. Makan Malam

Sedangkan untuk makan malam, bisa anda masak dengan sedikit nikmat dan lezat. Pasalnya anda makan bukan hanya sendiri, namun bersama suami di rumah. menu yang bisa anda gunakan adalah :

  • Nasi
  • Bistik (daging dagingan)
  • Bakwan jagung (makanan lauk yang ringan)
  • Selada buah (pengganti sayur dan buah sekaligus)
  • Susu khusus ibu hamil (di konsumsi saat mau tidur)

Menu makanan diatas sudah di hitung sesuai dengan kabutuhan gizi ibu hamil pada trimester pertama. Bukan berarti setiap hari, anda diharuskan makanan yang seperti itu. Namun merupakan salah satu pedoman dalam membuat menu makanan, dimana ketika pagi, siang, dan malam hari di sesuaikan dengan makanan yang mengandung cukup karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Untuk melengkapi gizi juga di tambah dengan susu. Dengan catatan, perbanyak nutrisi makanan yang masuk ke dalam perut, bukan hanya jumlah porsi makan. Sebab wanita hamil yang membutuhkan gizi dan nutrisi dengan porsi 2 kali lebih besar dari orang normal.

,
Post Date: Sunday 20th, September 2015 / 12:47 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular