Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Bayam Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

advertisement

Sayuran merupakan makanan sehat bagi ibu hamil beserta janinnya. Ada banyak sekali macam sayuran yang bagus dan banyak direkomendasikan dimana salah satunya adalah sayur bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa ditemui dengan mudah di lingkungan sekitar karena harganya yang cukup murah dan menyehatkan sehingga banyak orang yang gemar mengonsumsinya. Bayam sendiri memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan seperti vitamin, zat besi dan mineral. Bayam bukan hanya enak dikonsumsi dengan dimasak sebagai sayur bayam melainkan juga enak dijadikan sebagai camilan yaitu dengan dibuat keripik bayam.

Adapun manfaat bayam bagi ibu hamil antara lain:

1. Kandungan asam folat yang tinggi

Bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat memiliki banyak khasiat bagi ibu hamil beserta janinnya seperti membantu pembentukan tabung syaraf pada bayi pada masa awal kehamilan, mengurangi resiko bayi terlahir dengan cacat dan lain sebagainya. manfaat asam folat bagi ibu hamil juga dapat digunakan untuk menghindarkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Kekurangan asam folat tidak hanya berpengaruh pada janin yang tengah dikandung melainkan juga berdampak buruk pada ibu hamil. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan ibu mudah merasa lelah, nafsu makan berkurang, radang gusi, pelupa hingga gangguan pencernaan berupa diare.

2. Menghindarkan ibu hamil dari anemia

Bayam mengandung manfaat kalsium dan manfaat zat besi yang berperan dalam membantu pembentukan sel darah merah sehingga mampu mencukupi kebutuhan darah pada rahim. Tercukupinya darah merah dalam tubuh dapat menghindarkan ibu hamill dari gejala anemia.

3. Menurunkan tekanan darah

Khasiat bayam bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh ibu. Saat masa-masa kehamilan, hipertensi dalam kehamilan merupakan salah satu jenis gangguan yang bisa saja terjadi. Tekanan darah tinggi pada saat masa kehamilan dapat diatasi menggunakan kandungan nitrat yang terdapat di dalam bayam.

4. Mencegah wasir

Wasir dan sembelit merupakan gejala kehamilan yang banyak dialami oleh para ibu hamil. Mengkonsumsi bayam dapat membantu anda terhindar atau setidaknya mengurangi kedua gejala tersebut.  Hal ini dikarenakan bayam mengandung serat yang bagus untuk menangani gejala pencernaan seperti sembelit.

5. Mengurangi nyeri hamil

Tidak jarang ibu hamil mengalami rasa nyeri saat kehamilan. Nyeri pada ibu hamil dapat terjadi karena berat badan yang bertambah dengan cepat serta perubahan hormon di dalam tubuh yang berakibat pada tulang dan otot yang terasa nyeri. Bayam memiliki kandungan sehat yang berupa agen anti inflamasi, glikolipid yang mampu meredakan rasa nyeri dan sakit di kala kehamilan.

Sponsors Link

6. Membantu pertumbuhan paru-paru janin

Bayam mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. vitamin A untuk ibu hamil tersebut dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan paru-paru pada bayi yang masih dalam kandungan. Tidak hanya itu,  namun dengan mengonsumsi vitamin A secara cukup, dapat membantu meningkatkan metabolisme ibu serta bagus untuk mendapatkan berat badan yang cukup bagi bayi.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat diandalkan untuk mengatasi radikal bebas penyebab penyakit supaya tidak menyerang tubuh. Bayam memiliki kandungan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahaya Bayam Bagi Kehamilan

Sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan ternyata tidak baik bagi kesehatan termasuk di dalamya adalah sayur bayam. Untuk menghindari kesan berlebihan tersebut anda tentu dapat mengonsumsi sayur bayam secukupnya dan dalam takaran yang benar. Bahaya bayam untuk ibu hamil antara lain adalah:

  • Menyebabkan batu ginjal

Jika anda merupakan orang dengan gagal ginjal sebaiknya menghindari mengkonsumsi bayam ketika kehamilan. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi dan dapat memicu terjadinya gangguan batu ginjal.

  • Gangguan pencernaan

Telah disebutkan di atas, jika ternyata bayam mengandung serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Namun ternyata tidak selamanya serat yang dikonsumsi dapat membawa dampak baik karena jika anda mengkonsumsi secara berlebihan, bayam dapat menyebabkan perut terasa kembung dan kram.

  • Mengandung salisilat

Bayam mengandung salisilat yang ketika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya dapat menyebabkan persalinan menjadi sulit. Selain itu,terlalu banyak mengkonsumsi salisilat juga membuat ibu kehilangan banyak darah saat persalinan.

Bayam memang mengandung bayak vitamin dan zat bergizi yang bagus selama kehamilan. Gangguan- gangguan yang disebutkan di atas hanya akan terjadi jika anda memgkonsumsi bayam secara berlebihan.

ads

Makanan Baik Untuk Ibu Hamil

Bukan hanya manfaat bayam bagi ibu hamil, namun ada banyak sekali jenis makanan yang bagus untuk kesehatan ibu hamil seperti :

  • Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk ibu hamil karena mengandung banyak sekali zat baik bagi ibu dan janinnya. Di dalam telur terdapat banyak kandungan baik seperti kolin, protein, lemak omega 3 yang memiliki peran penting dalam perkembangan otak janin. Dalam mengkonsumsi telur sebaiknya pilih telur organik tanpa  tercampur dengan bahan atau zat kimia yang berbahaya.

(Baca juga : manfaat telur bagi ibu hamil– manfaat telur asin bagi ibu hamil)

  • Kacang

Kacang memiliki banyak kandungan serat yang begitu dibutuhkan ketika kehamilan. mengonsumsi serat dapat membantu ibu hamil agar terhindar dari gangguan pencernaan. Ada banyak sekali jensi kacang- kacangan yang bisa anda manfaatkan dalam mencukupi kebutuhan serat anda seperti kacang almond, kacang hitam dan kacang buncis.

  • ubi jalar

Ubi jalar mengandung vitamin A yang bagus untuk dikonsumsi selama kehamilan. vitamin A dari ubi jalar berasal dari karotenoid yang kemudian dikonversikan sebagai vitamin A.

  • tahu dan tempe

Makanan yang satu ini menjadi makanan yang begitu digemari oleh bangsa Indonesia karena selain murah, tahu dan tempe juga mengandung banyak protein. Protein ketika masa kehamilan meningkat seiring dengan tumbuhnya janin di dalam rahim. Peningkatan akan kebutuhan protein tersebut dapat anda cukupi dengan mengonsumsi tahu serta tempe secara rutin.

  • Susu

Peran susu dalam kehamilan ternyata cukup besar karena dapat membuat ibu hamil merasa lebih rileks sehingga dapat mempernyaman istirahatnya. Selain itu, susu juga dibutuhkan untuk membantu melancarkan pencernaan perut ibu yang akan semakin membesar terlebih ketika memasuki trisemester akhir.

Selama masa kehamilan, sebaiknya anda memperhatikan dengan benar asupan anda. Perlu diingat jika anda bukan hanya memelihara diri sendiri melainkan juga memelihara bayi yang tengah di dalam rahim.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 04:51 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat