Sponsors Link

9 Manfaat Coklat untuk Ibu Hamil dan Janin

advertisement

manfaat coklat untuk ibu hamilApakah Anda suka makan coklat? Ya, coklat memang camilan yang sangat lezat dan bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Bahkan coklat bisa membuat kita menjadi lebih bahagia dan merasa tetap tenang untuk menghadapi berbagai kondisi yang sulit.

Tapi, jika Anda sedang hamil, apakah boleh untuk makan coklat? Ini adalah salah satu pertanyaan yang selalu membingungkan bagi semua ibu hamil. Ada  mitos yang menyebutkan bahwa makan coklat merupakan larangan ibu hamil, karena mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Tapi, mari kita pecahkan apakah mitos ini memang ada atau sekedar isu.

1. Mencegah Preklamsia

Preklamsia adalah sebuah gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan dan beresiko untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kondisi ini dapat menyebabkan kelahiran prematur, gangguan fungsi hati dan ginjal, dan membahayakan nyawa ibu hamil.

Manfaat coklat untuk ibu hamil ini ternyata bisa mencegah semua resiko preklamsia karena kandungan theobromin yang membuat ibu hamil menjadi lebih tenang, santai dan janin tidak stres.

2. Menormalkan Tekanan darah

Sistem tekanan darah dan produksi darah untuk wanita hamil memang sangat penting. Tapi dalam beberapa jenis kondisi kehamilan banyak ditemukan kasus dengan ibu hamil yang mengalami tekanan darah tinggi. Coklat menjadi salah satu makanan yang bisa membuat tekanan darah ibu hamil kembali normal dan mengurangi resiko cacat pada janin.

Komponen theobromin yang ditemukan pada coklat memiliki peran yang penting untuk mencegah masalah ini. Makanan sehat untuk ibu hamil ini, juga mencegah masalah pelebaran pembuluh darah yang sangat rentan untuk ibu hamil.

3. Memberikan Efek Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan selama kehamilan akan membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Berbagai jenis masalah yang berhubungan dengan gangguan kehamilan, bisa membuat ibu hamil rawan terhadap stres. Hal inilah yang membuat ibu hamil tidak bahagia dan membuat janin juga mengalami perasaan yang sama.

Mengkonsumsi coklat beberapa gram selama satu hari ternyata terbukti menurunkan resiko stres pada janin dan ibu hamil. Kondisi ini pernah diteliti oleh tim riset dari majalah kesehatan ibu hamil di Finlandia.

4. Meningkatkan Respon Bayi

Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan ternyata memberikan efek yang sangat baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir maupun dalam pertumbuhan. Bayi akan menjadi lebih santai dan tenang sehingga memiliki respon yang sangat baik terhadap orang tua dan berbagai kondisi lingkungan. Hal ini disebabkan karena coklat mengandung phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan juga menjadi nutrisi ibu hamil yang diserap oleh janin.

5. Sebagai Sumber Antioksidan

Dalam sebuah kehamilan dibutuhkan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan dapat membentuk sistem kekebalan dan kesehatan ibu hamil. Bahkan antioksidan dapat menyebabkan ibu hamil dan janin terbebas dari resiko kanker dan penyakit jantung. Manfaat coklat untuk ibu hamil mengandung flavonoid yang membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan bahagia.

Baca juga, manfaat kurma untuk ibu hamil yang menghasilkan antioksidan.

ads

6. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Banyak wanita hamil yang tidak mau makan coklat karena takut gemuk atau makanan berbahaya yang menimbulkan masalah lain, namun ternyata mitos ini tidak benar. Coklat mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting seperti magnesium dan zat besi. Magnesium dan zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses metabolisme lemak, produksi sel darah merah dan melindungi ibu hamil dari anemia.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Coklat mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Zat antioksidan juga berperan penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi jantung dari berbagai jenis penyakit. Konsumsi coklat untuk ibu hamil akan menurunkan resiko penyakit jantung pada janin. Jadi coklat sangat baik untuk menjaga kesehatan janin.

8. Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda percaya bahwa coklat bisa membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih gemuk? Pada dasarnya isu ini memang benar. Tapi jika mengkonsumsi coklat yang tidak mengandung lemak dan gula atau coklat hitam yang rendah lemak dan gula, maka bisa menurunkan berat badan. Makan coklat dengan cara yang benar akan membantu menurunkan berat badan karena pencernaan ibu hamil menjadi lebih nyaman. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)

9. Mempengaruhi Suasana Hati Ibu Hamil

Banyak orang yang mengatakan bahwa ibu hamil selalu memiliki suasana hati yang berubah-rubah dengan cepat. Hal ini memang nyata dan selalu dialami oleh ibu hamil. Perubahan hormon dan berbagai macam rasa lelah pada ibu hamil menjadi penyebab perubahan suasana hati. Manfaat coklat untuk ibu hamil, dapat mengatasi masalah ini dan membuat ibu hamil terus merasa bahagia maka bisa mengkonsumsi coklat saat sedang hamil.

Coklat memberikan efek yang sangat menenangkan sehingga membuat ibu hamil merasa nyaman. Hal ini akan mencegah aktivitas berbahaya untuk ibu hamil seperti stres.

Cara Memilih Coklat yang Sehat untuk Ibu Hamil

Jika  tetap ingin makan coklat selama kehamilan, maka pilihlah jenis coklat yang paling aman untuk ibu hamil. Pada dasarnya ada beberapa jenis coklat yang bisa ditemukan di toko dengan mudah. Sebelum memilih coklat sebagai snack atau camilan, maka ikuti beberapa langkah cara memilih coklat yang sehat untuk ibu hamil :


Cara 1 :

Hindari Coklat Olahan

Coklat olahan adalah salah satu jenis coklat yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Coklat olahan yang biasanya banyak ditemukan dalam berbagai jenis camilan ringan bisa menyebabkan bahaya bagi janin dan ibu hamil. Salah satu sebabnya adalah kemungkinan olahan coklat yang tidak bersih yang dapat meningkatkan infeksi bakteri untuk janin dan ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi coklat yang diolah menjadi bentuk coklat murni dengan campuran kacang atau permen.


Cara 2 :

Pilih Coklat Gelap

Bagi ibu hamil juga harus menghindari semua jenis coklat yang telah mengalami tahap pelepasan warna. Beberapa jenis coklat ini seperti coklat putih atau coklat berwarna lain harus dihindari. Bagi ibu hamil disarankan untuk makan coklat gelap atau coklat hitam. Coklat hitam mengandung gizi ibu hamil yang sangat penting untuk ibu hamil seperti zat besi, magnesium, antioksidan dan theobromin. Bahkan manfaat coklat untuk ibu hamil juga ditemukan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.


Cara 3 :

Coklat Rendah Gula dan Lemak

Bagi ibu hamil juga sangat disarankan untuk makan coklat murni yang tidak ditambah dengan gula pasir atau bahan pemanis lain. Coklat yang telah diolah dengan bahan pemanis dan lemak bisa meningkatkan obesitas dan gangguan metabolisme untuk janin dan ibu hamil.


Cara 4 :

Batasi Coklat Selama Kehamilan

Salah satu masalah lain yang banyak diragukan dalam coklat adalah kandungan bahaya kafein bagi ibu hamil. Ibu hamil wajib menjaga asupan kafein dengan batas maksimal 200 mg setiap hari. Ketika ibu hamil ingin makan coklat gelap maka ketahui kandungan kafein dalam coklat tersebut. Dalam setiap 100 gram coklat hitam mengandung sekitar 40 mg kafein. Jadi, pastikan ibu hamil tidak makan coklat berlebihan karena kafein bisa mengganggu sistem kerja tubuh ibu hamil dan janin.


Larangan Ibu Hamil untuk Makan Coklat

Coklat mengandung berbagai macam nutrisi yang ternyata memberikan dampak yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Manfaat coklat untuk ibu hamil mampu memberikan efek bahagia untuk janin dan melindungi ibu hamil dari stres. Meskipun coklat sangat baik untuk ibu hamil, namun ada beberapa larangan khusus yang berkaitan dengan kondisi kehamilan atau kesehatan umum ibu hamil.

Sponsors Link

Berikut ini beberapa larangan khusus untuk konsumsi coklat pada ibu hamil :


1. Ibu Hamil dengan Diabetes

Ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes sangat dilarang untuk konsumsi coklat hitam atau jenis coklat lain. Coklat mengandung kalori dan sejumlah gula yang bisa menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi. bagi ibu hamil yang menderita diabetes bisa mengkonsumsi coklat namun dengan batasan yang sangat ketat, tapi jika ingin menghindari semua resiko komplikasi dengan diabetes selama kehamilan sebaiknya tidak makan coklat.


2. Ibu Hamil dengan Kondisi Obesitas

Ibu hamil yang sudah memiliki kondisi obesitas sebaiknya juga menghindari coklat. Coklat memiliki rasa manis dan mengandung lemak sehingga bisa meningkatkan berat badan. Ibu hamil yang memiliki kondisi obesitas juga dianjurkan untuk tidak makan camilan atau makanan ringan yang mengandung coklat olahan.


3. Ibu Hamil dengan Alergi Coklat

Ibu hamil yang memiliki sifat alergi terhadap coklat sebaiknya juga tidak makan coklat selama kehamilan. Jika ibu hamil yang alergi coklat tetap makan coklat selama kehamilan maka ada beberapa resiko kesehatan yang sangat besar seperti reaksi alergi yang berlebihan, kejang-kejang, keguguran dan kematian.


Jadi, amankah coklat untuk ibu hamil? Coklat hitam sangat aman untuk ibu hamil dan membantu tubuh ibu hamil agar tetap santai. Selain itu coklat juga mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil. Namun tetap harus memperhatikan berbagai larangan yang berhubungan dengan coklat selama kehamilan. Pastikan untuk mengkonsumsi coklat yang aman untuk ibu hamil sehingga terbebas dari berbagai resiko buruk.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 15th, April 2015 / 03:21 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat