Sponsors Link

10 Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil

advertisement

Daun kemangi adalah salah satu jenis sayuran hijau yang sering dijadikan sebagai lalapan pelengkap makanan. Daun kemangi ternyata tidak hanya nikmat dikonsumsi, namun kandungan gizi dalam daun kemangi juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun kemangi mengandung energi sebanyak 43 kilokalori, protein sebanyak 5,5 gram, karbohidrat sebanyak 7,5 gram, lemak sebanyak 0,3 gram, kalsium sebanyak 35 mg, serta zat besi sebanyak 20 mg. Tidak sampai di situ saja, daun kemangi juga mengandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 sebanyak 0,06 mg, serta vitamin C sebanyak 30 mg. Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam daun kemangi tersebut diperoleh dari total daun kemangi sebanyak 100 gram dengan total jumlah yang dapat dikonsumsi sebanyak 65%.

Baca Juga:

Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil

Kandungan nutrisi yang begitu besar dalam daun kemangi tidak diragukan lagi mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak terkecuali bagi ibu hamil. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh ibu hamil dengan mengkonsumsi daun kemangi adalah:

1. Mencegah Anemia

Ibu hamil sangat rentan terkena anemia karena sel-sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil banyak diserap oleh janin. Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya dokter akan memberikan suplemen penambah darah. Namun, jika Anda enggan mengkonsumsi suplemen dari dokter, Anda bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi daun kemangi. Kandungan zat besi dalam daun kemangi relatif tinggi dan efektif untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Bahkan menurut penelitian, dalam 10 gram kemangi terkandung zat besi sebanyak 2 mg. (Baca Juga: Anemia pada Ibu Hamil , Manfaat Zat Besi untuk Ibu Hamil)

2. Salah Sumber Energi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun kemangi mengandung kalori dan juga karbohidrat yang cukup tinggi. Kandungan karbohidrat dan juga kalori tersebut penting untuk meningkatkan energi bagi ibu hamil. Kandungan karbohidrat dan juga kalori dalam daun kemangi tersebut bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil tetap stabil. (Baca Juga: Makanan Pengganti Karbohidrat untuk Ibu Hamil)

3. Menjaga Perkembangan Janin

Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisinya karena asupan nutrisi tersebut penting untuk menjaga perkembangan janin dalam kandungan. Perlu Anda tahu bahwa dalam kemangi ternyata juga terkandung nutrisi berupa kalsium. Bahkan menurut penelitian, kandungan kalsium dalam daun kemangi mencapai 45 mg dalam setiap 10 gramnya. Selain asupan kalsium yang berasal dari susu, ibu hamil juga bisa menambah asupan kalsium dari daun kemangi. Kalsium berperan penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi bayi. Selain itu, kandungan vitamin A dalam daun kemangi juga berperan penting dalam pembentukan jaringan tubuh bayi. (Baca Juga: Manfaat Susu Anmum Materna Untuk Ibu Hamil , Manfaat Susu Bagi Ibu Hamil)

Sponsors Link

4. Melancarkan ASI

Mengkonsumsi daun kemangi juga dipercaya mampu melancarkan produksi ASI. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam daun kemangi dipercaya dapat merangsang produksi ASI. Jadi, dengan mengkonsumsi daun kemangi Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap jumlah ASI Anda. (Baca Juga: Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui)

Demikian beberapa manfaat daun kemangi bagi ibu hamil. Tidak hanya bagi ibu hamil saja, daun kemangi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Daun kemangi tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil saja. Jadi siapapun yang mengkonsumsi daun kemangi dipercaya dapat memperoleh manfaat yang besar darinya. Adapun manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi daun kemangi adalah:

1. Menjaga kesehatan mata

karena daun kemangi kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A dalam daun kemangi memang tidak sebanyak dalam wortel. Namun, bagi Anda yang tidak menyukai wortel, Anda bisa memperoleh manfaat vitamin A dengan mengkonsumsi daun kemangi. (Baca Juga: Vitamin A untuk Ibu Hamil , Vitamin untuk Ibu Menyusui)

2. Mengatasi bau mulut

Bau wangi dari daun kemangi ternyata dapat mengatasi masalah bau mulut. Bukan hanya itu, mengkonsumsi daun kemangi juga dipercaya mampu mengatasi bau badan. Maka tidak heran, banyak ramuan tradisional yang memanfaatkan daun kemangi untuk obat mengatasi bau badan.

Sponsors Link

3. Mencegah menopause dini

Kandungan triptofan dalam daun kemangi dipercaya mampu mencegah datangnya menopause lebih cepat. Selain itu, kandungan triptofan dalam daun kemangi juga dipercaya mampu mengatasi masalah keriput dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. (Baca Juga: Manfaat Konsumsi Pisang Ambon untuk Ibu Hamil)

4. Mengobati batuk dan pilek

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kandungan yang terdapat dalam daun kemangi adalah vitamin C. kandungan vitamin C itulah yang berperan aktif mempercepat proses penyembuhan batuk dan pilek. Selain itu, mengkonsumsi atau memanfaatkan daun kemangi menjadi minuman juga akan meningkatkan suhu tubuh sehingga tubuh terasa lebih hangat dan rileks. (Baca Juga: Ibu Hamil Batuk Pilek  , Manfaat Vitamin E bagi Ibu Hamil )

5. Mengatasi keputihan

Dalam daun kemangi terdapat zat yang bersifat sebagai antibiotik alami. Kandungan antibiotik alami tersebut aktif membunuh berbagai jenis bakteri maupun kuman yang menyebabkan keputihan. Tidak hanya itu, mengkonsumsi daun kemangi juga akan membuat organ intim Anda beraroma lebih wangi. (Baca Juga: Cara Mencegah Keputihan , Penyebab Keputihan)

6. Sebagai antiradang alami

Kandungan zat antibiotik dalam daun kemangi mencegah terjadinya peradangan. Peradangan disebabkan karena adanya bakteri atau kuman yang menginfeksi tubuh. Berbagai jenis bakteri dan kuman tersebut akan dibunuh oleh kandungan antibiotik alami yang ada dalam daun kemangi.

Baca Juga:

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi daun kemangi. Tidak hanya bagi ibu hamil saja, daun kemangi juga memberikan banyak manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsi sayuran hijau tersebut

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, October 2016 / 07:43 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat