4 Manfaat Daun Pepaya Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Kehamilan merupakan masa yang membahagiakan sekaligus masa yang rawan bagi seorang wanita. Pada masa kehamilan, seorang wanita akan mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan perubahan pada tubuhnya. Dalam hal ini seorang ibu hamil harus memperhatikan dengan baik janin yang tengah dikandung dengan melakukan kebiasaan yang sehat serta memperbanyak konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil pula.

Ada banyak hal yang harus dilakukan serta dicermati oleh ibu hamil supaya tidak lalai dan membuat kesalahan yang beresiko buruk bagi anak yang tengah dikandungnya. Salah satu hal yang begitu penting adalah masalah mengkonsumsi makanan. Dalam hal ini ibu harus tahu dengan betul makanan mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak.

Mitos tentang Daun Pepaya

Ada banyak mitos kehamilan yang beredar di masyarakat mengenai boleh tidaknya seorang ibu hamil mengkonsumsi daun pepaya. Banyak masyarakat yang menyatakan anti pada jenis sayuran yang satu ini sehingga sebisa mungkin dihindari selama masa kehamilan. Namun benarkah daun pepaya tidak boleh dikonsumsi pada masa kehamilan?

Secara klinis, mengkonsumsi daun pepaya pada masa kehamilan diperbolehkan karena tidak berbahaya asalkan dikonsumsi dalam batas yang masih wajar. Di dalam daun pepaya terkandung banyak senyawa aktif yang bagus untuk kesehatan janin maupun ibu hamil. Berikut uraian singkat tentang manfaat daun pepaya bagi ibu hamil :

1. Sumber Zat Besi

Daun pepaya dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan zat besi. Zat besi yang terkandung dalam daun pepaya, dapat membantu sistem pengangkutan oksigen dari paru-paru serta berperan pula dalam mengangkut elektron yang bagus untuk membentuk energi di dalam sel. Untuk menjalankan fungsinya sebagai pengangkut oksigen, zat besi akan bergabung dengan protein untuk kemudian membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah serta myoglobin yang ada pada serabut otot.

Kekurangan sel darah merah ternyata lebih banyak dialami oleh para wanita dibandingkan dengan laki-laki.


Hal ini dikarenakan cadangan zat besi pada wanita hanya berkisar 0 sampai 300 mg. Terutama pada ibu hamil, maka anemia pada ibu dapat menyerang dan menurunkan daya tahan tubuh selama kehamilan. Daun pepaya dengan kandungan zat besinya dapat digunakan sebagai makanan untuk mengatasi anemia. Tidak hanya itu, namun daun pepaya juga bisa merangsang kelenjar yang berperan dalam produksi ASI sehingga dapat menjadi makanan untuk memperbanyak ASI yang lebih baik dan pasti berkualitas.

2. Mengandung Vitamin D

Manfaat daun pepaya bagi ibu hamil memiliki nutrisi baik berupa vitamin D yang berperan dalam membantu proses pembentukan tulang janin. Bukan hanya vitamin D namun daun pepaya juga mengandung manfaat kalsium bagi ibu hamil yang memiliki peran sama seperti vitamin D yaitu bagus untuk kesehatan tulang. Seperti yang kita tahu kalsium berperan sebagai pencegah osteoporosis serta gangguan pada tulang sehingga tulang tetap kuat dan nyaman digunakan untuk beraktivitas.

3. Vitamin E

Daun pepaya memiliki kandungan vitamin E yang berperan dalam menjaga kandungan tetap kuat serta terhindar dari serangan radaikal bebas penyebab penyakit. Manfata vitamin E untuk ibu hamil memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk menjaga tubuh dari kerusakan yang bersumber dari radikal bebas. Selain vitamin E, vitamin C yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang ditemukan daun pepaya. Semasa kehamilan, ibu hamil biasa mengalami penurunan metabolisme yang dapat memudahkan kuman virus serta bakteri masuk ke dalam tubuh.

4. Membuat Nafsu Makan

Di dalam daun pepaya terdapat banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan secara umum maupun bagi ibu hamil. Di dalam daun pepaya terdapat banyak nutrisi layaknya protein, vitamin C, vitamin B1, kalsium, karbohidrat, mineral, serat serta kandungan yang berguna untuk mengatasi obat cacing yaitu carposide.


Daun pepaya memang merupakan daun yang memiliki rasa yang cukup pahit namun nyatanya daun ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.

Tidak hanya itu, namun perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil dapat mempengaruhi gerak peristaltik otot-otot usus yang berakibat pada terjadinya sembelit pada bumil. Daun pepaya dapat membantu usus dalam mencerna protein serta lemak untuk menghindari gejala sembelit.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak kandungan baik bagi ibu hamil. Namun tetap harus diperhatikan untuk menghindari gejala atau efek samping yang tidak diinginkan. Perlu diketahui, daun pepaya mengandung enzim yang bernama papain dimana enzim jenis ini dapat mengubah protein menjadi asam amino. Bukan hanya itu, namun daunnya yang pahit juga menjadi salah satu alasan kenapa harus berhati-hati saat mengkonsumsinya.

Daun yang pahit dapat membuat keguguran akibat rasa dingin yang dihasilkan. Makanan pahit jenis lainnya juga diduga akan memiliki efek yang sama jika dikonsumsi berlebihan. Bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi daun pepaya, sebaiknya mengolah daun pepaya dengan baik supaya rasa pahit daun bisa hilang.

Bagi ibu yang menderita hipertensi dalam kehamilan disarankan untuk menghindari daun pepaya karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil di dalam tubuh.

Cara Mengkonsumsi Daun Pepaya

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Hal ini juga berlaku pada daun pepaya. Mengkonsumsi daun pepaya terutama pada ibu hamil harus ditakar dengan benar, karena jika dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan begah dan perut kembung. Untuk menghindari rasanya yang terlalu pahit, ibu bisa menikmatinya dengan cara diolah menggunakan beberapa jenis bumbu lalu di tumis. Selain itu, ibu juga bisa meremas-remas daun terlebih dahulu sebelum diolah menggunakan garam hingga layu.

, , ,
Post Date: Wednesday 16th, March 2016 / 05:14 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12