Sponsors Link

17 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Sponsors Link

Kondisi seorang ibu hamil tentu berbeda dari wanita yang tidak hamil. Secara medis dijelaskan bahwa ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi guna menjaga kandungannya agar tetap sehat. Nah, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil yaitu daun ubi jalar. Menurut penelitian daun ubi jalar menyimpan nilai gizi sangat tinggi, terdiri dari karbohidrat, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin C (asam askorbat), serat, protein, kalsium, zat besi dan masih banyak lainnya. Maka itu, tak heran jika ubi jalar sangat berguna bagi ibu hamil. Nah, berikut ini beberapa manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil. Simak terus ya! (Baca juga: Bolehkan ibu hamil minum air dingin?Cara meningkatkan nafsu makan ibu hamil )

ads
  1. Melancarkan pencernaan

Ibu hamil sangat rentan mengalami gangguan pencernaan. Umumnya semakin tua usia kandungan maka risiko sembelit akan semakin besar. Dan kondisi ini bisa mempersulit proses persalinan. Nah, maka itu untuk mencegah terjadinya sembelit selama masa kehamilan, ibu disarankan mengonsumsi daun ubi jalar. Daun ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu proses kerja sistem pencernaan menjadi lebih optimal. Baca juga:

  1. Membantu perkembangan janin

Daun ubi jalar tidak hanya berguna dalam melancarkan pencernaan saja. Sayuran ini juga membantu proses penguraian makanan menjadi sari-sari makanan, kemudian mendistribusikannya ke dalam plasenta sebagai asupan untuk janin. Selain itu, kandungan riboflavin di dalam daun ini juga mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Informasi pola perkembangan bayi :

  1. Menjaga kesehatan mata

Mata merupakan organ vital yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Biasanya kebiasaan menatap layar ponsel atau laptop terlalu lama dapat meningkatkan risiko gangguan pengelihatan bahkan hingga memicu kebutaan. Nah, untuk mencegah hal buruk tersebut sebaiknya kita-khususnya ibu hamil memperbanyakn konsumsi makanan sumber vitamin A. Umumnya sih, makanan sumber vitamin A banyak ditemukan pada telur dan susu. Namun kita tahu bahwa kedua bahan makanan tersebut tidak baik bila dikonsumsi berlebihan sebab bisa memicu kolesterol tinggi. Alternatif yang lebih aman, ibu hamil bisa memilih wortel atau daun ubi jalar. Kedua sayuran ini aman dikonsumsi ibu hamil, dapat membantu menjaga kesehatan mata tanpa memicu efek samping.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat daun ibu jalar untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun. Sebagaimana kita tahu bahwa ibu hamil sangat rentan terserang penyakit disebabkan daya tahan tubuhnya menurun. Nah, dengan mengonsumsi daun ubi jalar ini kekebalan tubuh akan meningkat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dalam ubi jalar yang mampu melindungi tubuh ibu dari serangan infeksi kuman atau bakteri lainnya. (Baca juga: Nutrisi ibu hamil trimester 1Pantangan makanan ibu hamil)

  1. Membantu pertumbuhan sel dan jaringan pada janin

Tidak hanya berguna untuk kesehatan ibu, daun ubi jalar juga memberikan manfaat bagi kesehatan janin. Kandungan vitamin C dalam daun ubi jalar membantu menjaga janin dari infeksi bakteri, melindungi plasenta, serta mengoptimalkan pertumbuhan sel dan jaringan. Sehingga nantinya kulit bayi bisa tampak lebih sehat dan cerah. Menurut penelitian, kadar vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 80-85 miligram perhari. Baca juga:

Sponsors Link

  1. Mengoptimalkan penyerapan zat besi

Fungsi lain dari daun ubi jalar adalah mengoptimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sebagaimana kita tahu bahwa ibu hamil sangat membutuhkan zat besi untuk menjaga kesehatan janinnya. Nah, dengan mengonsumsi daun ubi jalar, suplemen atau makanan sumber zat besi yang ibu konsumsi bisa diserap lebih sempurna, sehingga gizinya pun juga disalurkan merata dalam tubuh.

  1. Mengurangi risiko anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah juga menjadi salah satu penyakit yang rentan diidap ibu hamil. Biasanya ibu hamil yang menderita anemia akan sering pusing dan tampak lemas. Bahkan dalam kondisi parah, anemia bisa memicu terjadinya pendarahan hingga keguguran. Nah, untuk mencegah hal tersebut ibu hamil disarankan meningkatkan asupan zat besi. Salah satu makanan sumber zat besi adalah daun ubi jalar. Menurut penelitian, kadar zat besi yang dibutuhkan wanita hamil sekitar 27-50 miligram perharinya. (Baca juga: penyakit akibat kekurangan gizi pada bayi )

  1. Mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah

Tidak hanya mencegah anemia, daun ubi jalar juga mampu memperkecil risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang ada didalamnya. Sebagaimana penelitian yang dilakukan di Harvard University, ditemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi zat besi sekitar 10 miligram perhari, rata-rata berat badan bayinya meningkat hingga 15 gram dibandingkan ibu hamil yang tidak mengonsumsi zat besi. Baca juga:

ads
  1. Mengurangi gejala morning sickness

Di trimester pertama kehamilan biasanya seorang wanita akan mengalami gejala-gejala yang membuat dirinya menjadi tak nyaman. Misalnya saja mual dan muntah. Kondisi ini umumnya dikenal sebagai morning sickness. Ya, sebenarnya morning sickness ini cukup wajar. Bahkan menurut penelitian, sekitar 80% wanita hamil mengalami morning sickness. Penyebabnya dikarenakan adanya peningkatan produksi hormon progesteron. Gejala morning sickness ini bukannya tidak bisa diatasi. Untuk meminimalisir terjadinya mual dan muntah, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun ubi jalar. Daun ini mengandung vitamin B6 yang berguna dalam mengatur metabolisme tubuh sekaligus mengurangi gejala morning sickness. (Baca juga: Cara menjaga kehamilan mudaKomplikasi kehamilan)

  1. Menjaga kesehatan tulang

Daun ubi jalar juga mengandung kalsium serta vitamin K. Kandungan kedua zat tersebut bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menjaganya agar tetap sehat. Dengan mengonsumsi sayuran ini secara rutin, maka ibu hamil akan terhindari dari masalah-masalah gangguan tulang, seperti arthritis, rakitis, kesleo, osteoporosis dan sebagainya.

  1. Membantu produksi sel darah merah

Manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu produksi sel darah merah. Hal ini tentu menjadi hal penting bagi ibu hamil, sebab dengan adanya peningkatan kadar sel darah merah maka ibu akan terhindar dari risiko anemia ataupun pendarahan. Selain itu, daun ubi jalar juga membantu pembentukan sistem saraf dan neurotransmitter pada janin. Baca juga:

  1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat lain dari daun ini yakni sebagai pencegah penyakit jantung. Sebagaimana kita tahu bahwa mengonsumsi makanan berkolesterol secara berlebihan (seperti makanan instan,  junk food, soda, daging merah atau lainnya) bisa memicu penyakit kardiovaskular dengan cepat. Sistem sirkulasi darah jadi terhambat hingga memicu gangguan jantung dan stroke. Nah, daun ubi jalar ini bisa meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin yang tinggi di dalamnya, khususnya vitamin B6. (Baca juga: Cara menurunkan asam lambung saat hamil)

  1. Mengurangi risiko diabetes

Serat yang terkandung dalam daun ubi jalar tak sekedar membantu mencegah sembelit atau konstipasi, tapi juga bisa mengurangi risiko diabetes. Menurut penelitian, manfaat mengonsumsi serat bisa mengontrol penyerapan gula dalam darah atau usus, sehingga kadar gula pun cenderung lebih normal. (Baca juga: Tanda-tanda diabetes pada ibu hamil)

  1. Mengontrol berat badan

Ibu hamil umumnya disarankan untuk mengontrol berat badannya, sebab jika sampai mengalami obesitas maka hal tersebut bisa mengancam kesehatan dirinya juga janin. Ibu hamil dengan obesitas cenderung berisiko mengidap diabetes, hipertensi, sesak nafas, keguguran hingga bayi lahir cacat. Nah, salah satu cara mengontrol berat badan bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Sayuran ini terbukti mengandung serat tinggi sehingga dapat menekan rasa lapar sekaligus melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. (Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Baru Lahir , Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil )

Sponsors Link

  1. Mengurangi risiko hipertensi

Dikarenakan berkurangnya kadar kalsium dalam tubuh, biasanya ibu hamil rentan mengalami hipertensi, baik itu hipertensi gestasional ataupun preeklamsia. Kondisi hipertensi bagi ibu hamil tentunya cukup berbahaya sebab selain menganggu kerja organ-organ tubuh, juga berisiko membahayakan janin. Nah, alternatif untuk mencegahnya yakni dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Menurut penelitian, daun ini menyimpan serat cukup tinggi yang mana serat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mencegah terjadinya penyakit jantung. (Baca juga: Penyebab hipertensi pada ibu hamilCara mencegah hipertensi pada ibu hamil)

  1. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa daun ubi jalar ini menyimpan berbagai macam kandungan vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C dan juga vitamin K. Maka itu, tidak heran jika sayuran ini juga sangat berkonstribusi dalam menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsinya secara rutin, produsksi kolagen pada kulit akan cenderung meningkat sehingga kulit pun menjadi tampak lebih kencang dan elastis. Selain itu, daun ubi jalar juga membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan kulit, mencerahkan kulit serta melindungi dari paparan radikal bebas.

  1. Membuat rambut lebih sehat

Di samping melindungi kesehatan kulit, kandungan daun ubi jalar juga membantu mengatasi masalah-masalah pada rambut. Seperti rambut kering, kasar dan bercabang bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi daun ini. Anda bisa mengolahnya sebagai tumis ataupun menggunakannya secara langsung sebagai masker rambut. Kedua cara tersebut sama-sama berkhasiat dalam membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau. Baca juga:

Demikianlah beberapa manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil. Untuk pengolahan sayuran ini, Anda bisa merebusnya atau mengolahnya dengan cara ditumis. Informasi lebih lengkapnya, Anda dapat mencarinya di mesin google dengan kata kunci resep masakan daun ubi jalar. Semoga bermanfaat ya!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 18th, June 2017 / 01:24 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat