Sponsors Link

17 Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Sponsors Link

manfaat jahe untuk ibu hamilJahe merupakan salah satu tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) yang sering ditanam di halaman rumah bersama dengan tanaman lainnya. Tanaman yang sering ditanam bersama jahe adalah kencur, kunyit dan masih banyak lagi yang lainnya. Selama ini jahe hanya dikenal sebagai obat untuk masuk angin dan juga mengobati keseleo. Khasiatnya untuk ibu hamil pun belum banyak yang tahu. Karena ketidaktahuan akan manfaat jahe untuk ibu hamil, maka menimbulkan keraguan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan bahan dasar jahe.

ads

Keraguan ibu hamil tersebut dipengaruhi oleh mitos larangan ibu hamil yang beredar di masyarakat, yakni jahe membahayakan bagi janin karena rasa panasnya. Dalam artikel ini akan dibahas tentang manfaat jahe untuk ibu hamil, agar rasa ragu-ragu ibu hamil akan jahe hilang dan bisa terjawab.

Kandungan zat di Dalam Jahe

Banyak yang menganggap mengkonsumsi jahe akan membuat rasa panas di dalam rahim dan perut, sehingga ibu hamil tidak boleh mengkonsumsinya. Anggapan tersebut adalah anggapan yang salah karena jahe justru memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Manfaat itulah yang sering diabaikan dan tidak diketahui oleh orang banyak. Sebelum kita mengetahui manfaatnya apa saja sebaiknya kita tahu kandungan di dalam tanaman jahe :

  1. Zingeron. Zingeron adalah senyawa keton yang menyebabkan jahe memiliki rasa pedas dan juga panas.
  2. Senyawa lainnya. Senyawa lainnya yang ada dalam tanaman jahe adalah senyawa phenol.
  3. Zat besi. Manfaat zat besi juga ada pada tanaman jahe. Zat besi bermanfaat untuk menaikkan hb tubuh ibu hamil.
  4. Vitamin. Vitamin yang ada di dalam jahe adalah vitamin C, vitamin B1 dan juga vitamin A. Vitamin C ada di dalam kandungan jahe. Jahe memiliki rasa asam meskipun tidak dominan, hal itu dikarenakan kandungan vitamin C di dalamnya.
  5. Asam folat. Manfaat asam folat ada di dalam tanaman jahe, asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil.
  6. Minyak atsiri. Minyak tersebut membuat jahe memiliki aroma yang khas.
  7. Zak aktif. Zat itu adalah sineol, minyak damar, kamfer, borneol, gigerol, asam aminos, zingeron, lipidas, protein, niacin.
  8. Enzim pencernaan. Enzim yang ada dalam kandungan jahe adalah enzim protease dan juga lipase.
  9. Asam folat. Asam folat sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

Mengingat kandungan di dalam jahe sangat banyak, tentu manfaat jahe tidak boleh dianggap remeh. Berikut ini berbagai macam manfaat yang akan didapatkan ibu hamil dari tanaman jahe :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu hamil tidak jarang memiliki tekanan darah yang tinggi. Bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menurunkan tekanan darahnya menggunakan jahe. Alasannya adalah :

  • Jahe mampu merangsang pelepasan dari hormon adrenalin dan bisa melancarkan pembuluh darah.
  • Aliran darah bisa mengalir dengan lancar karena pembuluh darah yang lebar. Selain itu pembuluh darah yang lebar bisa meringankan fungsi jantung. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh organ di dalam tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil adalah enzim lipase dan juga protease. Enzim itu sangat membantu dalam sistem pencernaan. Tugas enzim tersebut adalah mencerna protein dan lemak dalam makanan sehingga sistem pencernaan bisa lancar. Pencernaan yang lancar bisa menghindarkan dari sembelit.

Selama ini ibu hamil banyak mengalami gangguan kehamilan seperti susah untuk BAB. Dengan mengkonsumsi minuman jahe sebelum makan besar, ibu hamil bisa melancarkan sistem pencernaannya dan menghindarkan dari sembelit.

3. Meredakan Maag Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami maag bisa drop kondisi kesehatannya. Mengkonsumsi jahe hangat bisa meredakan dan menurunkan kadar asam lambung yang ada pada ibu hamil tersebut. Ketahui perbedaan mual hamil dan maag untuk mendapat penanganan yang tepat.

4. Meredakan Perut Kembung

Ibu hamil muda sering mengalami perut kembung. Gejala ibu hamil muda adalah sering mengalami perut kembung yang diidentikkan dengan masuk angin. Konsumsi manfaat jahe untuk ibu hamil yang hangat dan kaya akan zat zingeron, bisa membuat reda perut kembung pada ibu hamil.

5. Menghilangkan Gas Berlebih

Ibu hamil sering tidak menyadari jika makanan yang dikonsumsinya bisa menimbulkan gas di dalam perutnya menjadi berlebih. Akibatnya adalah ibu hamil merasakan jika perutnya begah dan penuh. Rasa begah itu sangat membuat ibu hamil tidak nyaman. Gas berlebih bisa diakibatkan oleh mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung gas seperti sayur kol. Untuk menghilangkan gas yang berlebih bisa menggunakan jahe hangat. Senyawa phenol pada jahe bisa menghilangkan gas berlebih pada perut ibu hamil.

6. Menghilangkan Mual

Saat morning sickness banyak ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Untuk mengatasinya ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe hangat di setiap pagi. Kandungan minyak atsiri dan zat zingeron bisa menghilangkan mual ibu hamil. Aroma minyak atsiri yang khas bisa membuat rasa mual ibu hamil menjadi hilang, sedangkan zingeron yang ada pada tanaman jahe bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih nyaman dan hangat.

ads

7. Menghilangkan Pusing

Ibu hamil yang morning sickness juga sering mengalami pusing saat pagi hari. Pusing tersebut sangat tidak nyaman bagi ibu hamil. Oleh sebab itu dibutuhkan cara efektif untuk menghilangkan pusing pada ibu hamil. Cara itu sangat mudah dan aman. Caranya adalah :

  • Ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe hangat untuk menghilangkan rasa pusing yang dialaminya.
  • Caranya adalah dengan menghirup dalam-dalam aroma jahe hangat sebelum meminumnya.
  • Lakukan selama beberapa menit, barulah setelah itu ibu hamil bisa meminumnya.
  • Minyak atsiri yang ada pada manfaat jahe untuk ibu hamil, bisa membuat rasa pusing hilang.

8. Menghilangkan Stress

Ibu hamil sering mengalami stress, hal itu bisa diakibatkan oleh kondisi lingkungan dan juga ketidakseimbangan hormon. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat, dengan menghirup udara pagi dalam-dalam sambil ditemani secangkir jahe hangat bisa menghilangkan stress ibu hamil.

9. Aroma Terapi

Aroma terapi memiliki sifat menenangkan dan melegakan. Ibu hamil butuh suasana yang tenang dan pikiran yang lega. Sayangnya banyak ibu hamil yang sering tidak mendapatkan ketenangan dan kelegaan. Untuk menciptakan ketenangan dan kelegaan ibu hamil bisa menggunakan jahe sebagai aroma terapi. Caranya adalah :

  • Menumbuk jahe dan diseduh menggunakan air panas.
  • Hiruplah dalam-dalam aroma dari jahe tersebut.
  • Aroma yang dihasilkan dari minyak atsiri bisa berfungsi sebagai aroma terapi yang melegakan dan menenangkan.

10. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Vitamin C yang ada di dalam tanaman jahe bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh itu bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh. Ibu hamil harus pintar menjaga kondisi tubuhnya. Hal itu dikarenakan jika kondisi tubuh yang tidak fit bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Apalagi jika ibu hamil tersebut disertai demam tinggi, demam tidak boleh terjadi pada ibu hamil karena bisa menyebabkan janin mati di dalam kandungan, karena janin tidak bisa berteman dengan suhu tubuh ibu hamil yang tinggi.

11. Menghindari Cacat Lahir

Ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe untuk bisa menghindari cacat lahir dan juga ketidaknormalan fungsi otak. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, terdapat manfaat asam folat yang penting untuk janin. Kandungan folat ini, juga dapat ditemukan pada :

12. Membuat Badan Menjadi Segar

Akibat badan yang drop dikarenakan morning sickness banyak ibu hamil yang mengeluhkan badannya tidak segar dan mengalami lemas dan lesu. Untuk membuat tubuh dan badan ibu hamil menjadi segar kembali ibu hamil bisa mengkonsumsi minuman jahe hangat. Kandungan zingeron yang ada dalam jahe bisa menyegarkan tubuh ibu hamil.

13. Membangkitkan Stamina

Minuman jahe hangat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa membuat stamina ibu hamil yang tadinya lemas menjadi bertenaga kembali. Banyaknya vitamin yang ada dalam jahe bisa membuat tubuh ibu hamil sehat dan berstamina.

14. Membangkitkan Nafsu Makan

Banyak fakta ditemukan, pada ibu hamil yang mengalami morning sickness harus mengkonsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu sebelum makan. Hal itu dikarenakan jahe bisa membangkitkan nafsu makan selama kehamilan, terutama bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Kandungan zingeron yang ada dalam manfaat jahe untuk ibu hamil, akan menambah nafsu makan dan penghilang mual sehingga makan lebih nyaman.

15. Melindungi Dari Radikal Bebas

Selama kehamilan, ibu hamil akan sangat rentan terhadap radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan dan masalah kesehatan. Selain itu radikal bebas akan membuat banyak toksin atau racun masuk ke dalam tubuh. Jahe memiliki vitamin C seperti manfaat buah buahan untuk ibu hamil, yang bisa berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar ibu hamil.

16. Obat Alami

Selama kehamilan, ibu hamil rentan terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut misalnya adalah sakit gigi, demam, sakit kepala, migrain dan berbagai macam penyakit lainnya. Mengkonsumsi jahe bermanfaat sebagai obat alami untuk bisa meringankan dan meredakan rasa sakit dari penyakit-penyakit tersebut. Hindari pemakaian dan konsumsi obat kimia yang berlebihan dikarenakan bisa berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

Sponsors Link

17. Menghindarkan Dari Gangguan Kehamilan

Banyak gangguan kehamilan yang akan terjadi pada ibu hamil. Gangguan kehamilan itu sering menyerang dan mendera ibu hamil. Gangguan kehamilan itu berupa punggung nyeri, pinggang nyeri dan juga perut nyeri. Untuk mengatasi gangguan kehamilan tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi jahe yang hangat atau berbagai macam olahan jahe.

Kandungan senyawa yang ada dalam jahe bisa menghindarkan dan meredakan gangguan kehamilan pada ibu hamil. Cara menghilangkan gangguan kehamilan dengan wedang jahe, bisa dengan merebus jahe bersama dengan gula sampai mendidih dan diminum selagi hangat.

Mengenal Jahe Lebih Dekat

Jahe dikenal dengan nama ilmiah zingiber officinale. Jahe merupakan tanaman yang berkembang biak dan tumbuh menggunakan rimpang. Selama berabad-abad tahun yang lalu, jahe telah dikenal sebagai tanaman rempah-rempah dan juga bahan obat tradisional. Rimpang jahe bentuknya menjari dan menyerupai jari, ruasnya menggembung. Jahe jika dikonsumsi akan menghasilkan rasa pedas dan panas. Jahe masuk ke dalam suku zingiberaceae. Rasa pedas dan panasnya adalah ciri khas dari jahe, banyak masyarakat Indonesia yang suka akan rasa khas dari jahe tersebut. Rasa hangat yang khas jahe memberikan manfaat kesehatan, sekaligus sangat baik jika dikonsumsi ibu hamil. Namun konsumsi jahe dengan tidak berlebihan, agar tidak membawa dampak efek samping nantinya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 20th, April 2015 / 06:07 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat