Sponsors Link

7 Manfaat Makanan Laut Bagi Ibu Hamil (No.7 Paling Mengejutkan)

Sponsors Link

Selama masa kehamilan, sangat penting bagi seorang wanita untuk selalu menjaga asupan nutrisi bagi tubuhnya, seperti karbohidrat seperti pada manfaat telur bagi ibu hamil, protein seperti pada manfaat ikan tuna pada ibu hamil, asam folat, asam lemak omega 3, zat besi seperti pada manfaat bayam bagi ibu hamil, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Mengapa? Karena asupan nutrisi yang diserap tubuh sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan, baik bagi ibu maupun perkembangan janin dari perkembangan janin 1 bulan hingga perkembangan janin 9 bulan.

ads

Berbagai nutrisi penting tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai jenis sumber makanan, minuman, serta suplement kesehatan. Akan tetapi, beberapa pendapat telah menyatakan bahwa beberapa jenis sumber makanan diyakini dapat memiliki efek buruk bagi kondisi kesehatan, salah satunya adalah makanan laut. Benarkah demikian?

Pendapat yang menyatakan bahwa makanan laut berbahaya bagi kehamilan bisa dibenarkan dan juga bisa disalahkan. Ya, makanan laut seperti ikan yang mengandung merkuri, cakalang, serta seafood mentah memang terbukti berbahaya bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Sedangkan kerang, berbagai jenis ikan, serta udang justru memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi kehamilan. Apa sajakah manfaat makanan laut bagi ibu hamil? Berikut ulasannya :

1. Sebagai sumber energi bagi tubuh
Seorang wanita yang sedang hamil memiliki kebutuhan asupan nutrisi yang lebih besar jika dibandingkan asupan nutrisi ketika ia belum hamil. Alasannya adalah karena selama masa kehamilan, nutrisi yang diserap tubuh tidak hanya dibutuhkan oleh calon ibu saja, akan tetapi nutrisi tersebut juga penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang berada dalam kandungannya. Makanan laut seperti kerang, merupakan salah satu sumber makanan yang sangat baik untuk pembentukaan energi dalam tubuh wanita hamil seperti juga manfaat ubi untuk ibu hamil.

Kerang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan tahukah Anda bahwa selain sebagai penghasil energi, protein juga sangat penting diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang bagi ibu dan juga janin, membantu pertumbuhan jaringan, plasenta, serta otak janin, membantu membentuk antibodi bagi ibu dan janin, dan lain sebagainya.

2. Membantu pertumbuhan organ tubuh janin
Makanan laut memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin A yang juga terdapat pada manfaat wortel untuk ibu hamil, D, B kompleks, kalsium, fosfor, asam lemak omega3 dan masih banyak lagi. Bagi ibu hamil, asupan nutrisi tersebut sangat berguna untuk membantu pertumbuhan organ tubuh si janin, seperti mata, saraf, serta otak.

3. Membantu perkembangan otak janin
Tentu setiap orang tua menginginkan agar buah hati mereka bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas,

Sponsors Link

sehingga para orang tua pun melakukan berbagai macam cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan, salah satunya adalah dengan memberikan stimulasi bagi anak-anak mereka sejak masih dalam kandungan, yaitu dengan memperdengarkan alunan musik klasik seperti mozart pada janin. Sebagian masyarakat telah terlanjur mempercayai mitos bahwa dengan memperdengarkan alunan musik klasik bisa membantu meningkatkan IQ anak-anak mereka, akan tetapi beberapa fakta telah menunjukkan bahwa mitos tersebut salah adanya.

Salah satu faktor pendukung tumbuh kembang janin adalah jumlah asupan nutrisi yang tepat yang diserap oleh tubuh calon ibu. Untuk itu, maka sebaiknya selama masa kehamilan, seorang wanita harus memperhatikan asupan gizinya. Makanan laut bisa menjadi alternatif yang tepat guna memenuhi asupan nutrisi tersebut. Di dalam berbagai jenis sumber makanan yang berasal dari laut seperti ikan, udang, dan kerang memiliki kadar nutrisi seperti protein, asam lemak omega 3, zat besi, dan berbagai jenis nutrisi lainnya yang secara klinis telah dipercaya mampu membantu perkembangan otak pada janin.

4. Mencegah Anemia
Gangguan anemia pada ibu hamil telah menjadi hal yang umum terjadi, akan tetapi Anda tak perlu khawatir, karena dengan mengkonsumsi beberapa jenis seafood maka keluhan tersebut bisa teratasi, karena seafood memiliki kandungan berbagai nutrisi penting seperti asam folat, zat besi, serta vitamin B12 yang memiliki peranan cukup penting dalam proses produksi sel-sel darah merah. Tapi ingat ya, jangan sekali-kali mengkonsumsi seafood mentah ketika hamil, karena itu berbahaya.

5. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Beberapa jenis makanan laut seperti ikan memiliki kandungan vitamin C yang melimpah seperti juga yang ada pada manfaat jeruk untuk ibu hamil, dan ketika asupan akan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, maka hal ini akan dapat membantu dalam proses pembentukan antibodi baik dalam tubuh ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungannya yang pada akhirnya kondisi tersebut akan dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Sponsors Link

Tubuh yang memiliki sistem imun yang kuat, maka nantinya akan dapat menurunkan resiko bagi ibu hamil dan juga bayinya terkena penyakit.

6. Dapat menyehatkan jantung
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan laut seperti ikan, terutama ketika dalam masa kehamilan. Ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan jantung calon ibu, baik ketika hamil maupun nanti pasca proses kelahiran janin. Selain itu, nutrisi yang terdapat pada makanan laut tersebut ternyata juga sangat membantu dalam proses pembentukan dan perkembangan organ jantung pada janin. Seperti juga manfaat oatmeal untuk ibu menyusui.

7. Menurunkan resiko keguguran
Dalam beberapa kasus, kita bisa menjumpai terjadinya kontraksi dini yang terjadi pada wanita hamil. Kondisi seperti ini bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran. Nah, makanan laut seperti ikan menawarkan solusi untuk mengatasi kondisi berbahaya tersebut. Mengapa? Karena dalam tubuh makanan laut seperti ikan terdapat kandungan DHA yang cukup tinggi seperti yang juga ada pada manfaat ikan salmon untuk ibu hamil. Nah, kandungan DHA tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya kontraksi, sehingga resiko terjadinya keguguran pun bisa menurun.

Banyak manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi makanan laut, terutama selama masa kehamilan. Tapi yang perlu diingat adalah sebaiknya porsi menyantap makan tersebut juga harus selalu diperhatikan untuk kesehatan bumil dan kesehatan janin. Para pakar kesehatan menyarankan agar wanita hamil mengkonsumsi makanan sehat laut seperti ikan dan kerang 2 hingga 3 kali dalam seminggu atau sekitar 12 ons hingga 340 gram perminggunya. Selain itu, tidak semua jenis makanan laut baik dikonsumsi selama kehamilan, ada juga makanan berbahaya laut bagi ibu hamil yang sudah dijelaskan sebelumnya. Beberapa jenis makanan laut yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan antara lain adalah :

  • Tuna kaleng
  • Udang
  • Kepiting
  • Beberapa jenis ikan seperti trout, herring, teri, char, hake, mullet, haddock, manfaat ikan lele bagi ibu hamil, cod, nila, sarden, ikan salmon yang rendah merkuri, ikan putih
  • Kerang
  • Tiram
  • Udang karang

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, April 2016 / 07:51 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat