12 Manfaat Nasi Merah Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Janin

Taukah anda makanan apa saja yang bermanfaat untuk ibu hamil ? tentunya sangat banyak, terutama salah satunya adalah nasi merah, atau beras merah. Bagi ibu yang sedang hamil sangat cocok ketika ingin mengambil beras merah sebagai salah satu alternative untuk merawat kesehatan bayi. Karena kandungan beras merah banyak memiliki manfaat untuk kesehatan ibu. (Baca Juga: Manfaat Beras Merah Untuk Ibu Hamil)

Kandungan Beras Merah

  1. EPA
  2. DHA
  3. B1
  4. B6
  5. karbohidrat

Dimana setiap kandungan itu memiliki banyak manfaat, adapun manfaat dari nasi merah akan diuraikan dibawah ini, semoga dapat membantu anda untuk menjaga kesehatan bayi anda. (Baca Juga: Manfaat Beras Merah untuk Bayi , Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Bayi)

Manfaat Nasi Merah Untuk Ibu Hamil

  1. Membantu memperlancar BAB

Pada nasi merah memiliki kandungan serat yang akan membantu memperlancar BAB pada ibu hamil, karena kelancaran BAB pada ibu hamil sangat mempengharuhi kesehatan pada bayi, ketika ibu hamil kesulitan untuk BAB berarti ia akan merasakan sakit perut yang akan mengakibatkan ibu tidak dapat rileks, padahal pada masa kandungan bayi memerlukan kerileksan . (Baca Juga: Gejala Disentri pada Bayi , Obat Sakit Perut Anak)

  1. Memperlancar pencernaan

Selain membantu memperlancar BAB, juga dapat memperlancar penceranan, konon katanya pencernaan sangat mempengharuhi kesehtan bayi, memang demikian, karena kesehatan pada bayi berpengharuh pada apa yang ibu makan dan bagaimana makanan itu sampai pada janin, dan ini memerlukan pencernaan yang sehat untuk mendapatkannya. (Baca Juga: Cara Pemeriksaan TORCH pada Ibu Hamil  , Bahaya Jamu pada Ibu Menyusui)

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan B6 pada nasi merah akan membantu ibu untuk mencetak kekebalan tubuh bayi sehingga ketika bayi itu sudah lahir maka bayi tidak mudah terserang penyakit yang diakibatkan virus dari luar.

  1. Mengobati mual pada ibu hamil

Mual saat hamil memang akan terjadi, hal ini terjadi karena kontraksi yang terjadi akibat adanya janin yang tinggal dirahim anda, tentu anda tidak perlu khawatir akan hal ini, karena hal ini sangat wajar terjadi. Namun selain itu anda dapat mengurangi rasa mual anda dengan mengkonsumsi nasi merah. (Baca Juga: Makanan Pencegah Mual Saat Hamil , Hamil Tapi Tidak Mual dan Tanpa Ngidam)


  1. Mengurangi kolesterol jahat

Kolesterol akan mengaggu sistem yang ada pada tubuh anda dan juga bayi anda, sehingga anda sangat memerlukan nasi merah sebagai alat untuk mengontrol agar kolesterol yang ada ditubuh anda hilang dan tidak akan mengganggu sistem pada tubuh anda. (Baca Juga: Bolehkan Ibu Hamil Makan Sate Kambing ?)

  1. Mempercepat pengobatan luka

Selain mengurangi kolesterol jahat, nasi merah juga kana membantu anda untuk mengobati luka yang anda derita, karena kandungan yang baik yang ada di dalam nasi merah ini mampu bekerja dengan cepat dan sigap untuk membantu mengembalikan kekebalan tubuh anda, sehingga sel-sel darah anda akan bekerja dengan cepat pula. Bahaya Kolestrol Tinggi untuk Ibu Hamil)

  1. Membentuk sel darah ibu dan janin

Sel darah pada ibu dan janin sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pada ibu dan bayi, sel darah yang dibutuhkan pada ibu dan bayi diantaranya adalah sel darah merah, sel darah putih dan juga trombosit, ketiga sel ini harus tumbuh seimbang, dan juga harus mencukupi pada tubuh anda, karena ketka salah satu sel saja hilang atau tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh anda akan dapat membuat anda menjadi lemas, dan tentunya ini akan menggaggu kehamilan anda. (Baca Juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil , Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil)

  1. Mencegah flu batuk dan pilek

Selain memperkuat kekebalan pada janin nasi merah juga bermanfaat untuk menjag a kebalan tubuh pada ibu, sehingga hal ini akan membantu ibu untuk terhindar dari sakit seperti flu, batuk dan pilek yang diakibatkan oleh bakteri yang ada diluar sana. (Baca Juga: Obat Flu Untuk Ibu Menyusui  , Bahaya Batuk Untuk Bayi)

  1. Menjaga kestabilan tubuh

Hal lain yang anda dapatkan dari nasi merah adalah ketabilan tubuh, ketika anda hamil anda memerlukan tubuh yang stabil untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh anda, dengan adanya kandungan B6 dan B1 pada nasi merah akan membantu anda mewujudkan itu semua.


  1. Membantu memperbaiki metabolisme

Selain kestabilan tubuh anda juga akan mendapatkan metabolism tubuh yang cukup yang akan membantu menjaga ketahanan tubuh anda dan janin anda, jadi pentinglah anda mengkonsumsi nasi merah ini. (Baca Juga: Vitamin untuk Ibu Hamil ,  Cara Mengatasi Anak Susah Makan)

  1. Membuat ibu memiliki banyak energi

Selain hal diatas, nasi merah juga sama dengan nasi putih, karbohidarat akan membantu anda untuk memberikan energy yang cukup banyak pada diri anda, sehingga anda tidak akan mudah merasa lelah ketika anda sedang mengandung bayi anda. Apalagi ketika masa kehamilan berdiam diri saja sudah membuat anda menjadi sangat lalah. (Baca juga: Makanan Ibu Menyusui)

  1. Mengembangkan otak dan saraf bayi

Yang terakhir dari manfaat nasi merah adalah membantu anda untuk mengambangkan otak dan saraf bayi, sehingga ketika bayi lahir bayi akan lebih mudah untuk mendapatkan materi atau menangkap dan merespon hal-hal yang akan diperolehnya di dunia luar. (Baca Juga: Makanan Yang Baik Untuk Otak Janin Dalam Kandungan , Manfaat Ayunan Untuk Bayi)

Cukup banyak bukan kandungan yang ada pada nasi merah untuk ibu hamil ? selai banyak kandugnannya nasi merah bukan merupakan nasi yang sulit untuk dicari, bahkan harga dari nasi merahpun tidak cukup mahal, jadi anda dapat memanfaatkannya setiap hari tanpa harus khawatir memilikirkan buget yang harus anda keluarkan.

, , , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 12:32 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat