Sponsors Link

7 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Sponsors Link

Oatmeal merupakan makanan yang mirip dengan gandum, tetapi oatmeal berbeda dengan gandum atau beras. Oatmeal merupakan biji-bijian yang masih satu famili dengan gandum yaitu famili serelia tetapi beda jenis. Perbedaan lain antara oatmeal dengan gandum yaitu kalau biji gandum tidak bisa langsung dikonsumsi tetapi kalau biji oatmeal bisa langsung dikonsumsi. Biji gandum harus diproses terlebih dahulu menjadi tepung, dari tepung lalu dibuat jenis makanan baru bisa dikonsumsi. Sementara biji oatmeal bisa langsung dikonsumsi dengan langsung dimasak.

ads

Oatmeal memang masih jarang dikonsumsi oleh orang Indonesia, tetapi ternyata oatmeal mengandung banyak gizi yaitu kaya akan serat pangan, vitamin B kompleks, fitokimia serta manfaat mineral. Menurut penelitian kandungan gizi oatmeal lebih tinggi dibanding dengan gandum. Setiap 100 gram oatmeal mempunyai kandungan serat larut sebanyak 5,1 gram serta protein sebanyak 16 gram. Sementara kandungan gandum dalam 100 gram mengandung hanya 2,2 gram serat larut serta 13,7 gram protein. Dari hal tersebut terlihat jelas kalau oatmeal mengandung gizi lebih tinggi dari gandum. Banyak manfaat oatmeal untuk tubuh, terutama untuk ibu hamil. Beberapa manfaat oatmeal untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut :

1. Karbohidrat kompleks

Oatmeal mengandung karbohidrat yang kompleks sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan karbohidrat kompleks didalam oatmeal akan membuat perut cepat terasa kenyang sehingga ibu hamil tidak akan mengalami obesitas karena kebanyakan makan atau mengemil. Bahaya obesitas bagi ibu hamil kurang baik untuk kesehatannya karena akan menyebabkan ibu hamil merasa malas. Padahal ibu hamil harus tetap aktif dan tidak malas agar bayinya sehat serta proses melahirkan nanti bisa berjalan dengan lancar dan selamat.

2. Serat

Serat yang terkandung di dalam oatmeal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil. Serat tinggi yang terkandung di dalam oatmeal sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan bagi ibu hamil yang sering mengalami gangguan pencernaan. Konsumsi oatmeal akan terhindar dari penyakit gangguan pencernaan seperti susah bab saat hamil, konstipasi, maupun diare saat hamil. Kandungan serat dalam oatmeal akan menjaga agar berat badan tubuh ibu hamil tetap dalam kondisi ideal.

Serat yang terkandung didalam oatmeal termasuk tergolong kedalam serat yang mudah larut. Serat larut ini mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat. Selain itu kandungan serat dalam oatmeal bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh ibu hamil sehingga ibu hamil terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan hipertensi dalam kehamilan.

Sponsors Link

3. Kalsium

Manfaat kalsium bagi ibu hamil merupakan zat yang bertugas dalam hal kekuatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium didalam oatmeal akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta akan membantu menumbuhkan tulang dan gigi calon janin agar tumbuh dengan baik. Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin sangat baik jika ditunjang asupan zat kalsium.

4. Magnesium

Magnesium yang terkandung di dalam oatmeal akan berfungsi mengatur kadar gula didalam tubuh ibu hamil, sehingga tidak terkena resiko bahaya diabetes saat hamil.

5. Zat besi

Oatmeal mengandung tinggi akan zat besi. Manfaat zat besi untuk ibu hamil yang terkandung di dalam oatmeal akan berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah didalam tubuh.

Sponsors Link

Sel darah ini akan mengurangi resiko enemia pada ibu hamil dan kadar hemoglobin rendah pada ibu hamil. Zat besi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil selain untuk mencegah resiko anemia yaitu untuk menjaga kesehatan rambut, kulit serta kuku pada ibu hamil.

6. Asam folat

Zat asam folat ini berfungsi sangat penting untuk ibu hamil. Asam folat bagi ibu hamil terkandung di dalam oatmeal akan mengurangi resiko bayi lahir cacat, bayi lahir dengan prematur serta bayi lahir dengan berat badan rendah. Jadi asam folat ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk diberikan kepada ibu hamil.

7. Protein

Protein mempunyai manfaat yang tidak kalah penting dengan zat lain yang terkandung didalam oatmeal. Protein akan membantu mengoptimalkan pembentukan dan perbaikan jaringan pada tubuh calon bayi. Jaringan penting tersebut meliputi jaringan otot, kulit, tulang serta mata. Selain bermanfaat untuk bayi yang sedang dikandung, protein ini juga bermanfaat untuk ibu yang sedang mengandung yaitu ada dua manfaat seperti pembentukan darah serta meningkatkan sistem imun di dalam tubuh ibu hamil, sehingga ibu hamil tidak mudah terserang penyakit yang juga dapat membahayakan kesehatan janin yang sedang dikandung.

Baca juga : Manfaat Makanan Laut Bagi Ibu Hamil – Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil

Demikian beberapa manfaat aotmeal dengan banyak zat gizi yang terkandung didalamnya untuk ibu yang sedang hamil serta perkembangan janin yang sedang dikandung. Untuk ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi oatmeal secara rutin agar asupan gizi dapat terpenuhi. Oatmeal bisa dikonsumsi dengan berbagai menu, agar tidak bosan maka buatlah dengan menu yang berbeda setiap harinya. Banyak menu yang dapat dibuat dengan bahan dasar oatmeal, seperti bubur untuk sarapan, biskuit untuk cemilan, kue atau menu makanan lainnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 09:53 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat