Sponsors Link

11 Manfaat Toge untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Sponsors Link

Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil pada masa kehamilan sangat disarankan karena merupakan salah satu cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Berbagai macam sayuran memiliki manfaatnya sendiri begitu juga dengan sayuran toge. Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat toge untuk ibu hamil, karena sayuran toge mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin E, asam amino dan kaya akan serat. Toge juga merupakan salah satu sayuran dari makanan sehat untuk ibu hamil yang direkomendasikan. toge sering kita jumpai pada makanan rumahan seperti rawon, soto, atau bahkan gorengan. cara mengolah toge tentu sangat mudah. bahkan dapat anda jadikan sebagai lalapan ketika anda sedang makan atau bisa juga ditumis bagi anda yang kurang menyukai sayuran mentah.

ads

Apa saja manfaat toge untuk ibu hamil ? Berikut ulasannya,

1. Kesuburan Pria dan Wanita

Toge merupakan salah satu makanan untuk penyubur Meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita pada masa produksi, menurut penelitian sayuran toge dapat meningkatkan kesuburan karena mengandung vitamin E yang dipercaya dapat mengatur hormon dalam tubuh. mengonsumsi sayuran toge merupakan salah satu cara alami dari makanan untuk penyubur kandungan.

2. Mencegah keguguran

Sayuran toge merupakan salah satu cara mencegah keguguran saat hamil, karena toge mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu stabilitas dalam tubuh.

3. Memperlancar proses pencernaan

Sayuran toge mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh, hal ini bermanfaat bagi ibu hamil karena beberapa ibu hamil susah BAB.

4. Mengatur Gula Darah dan berat badan ibu hamil

Diabetes terjadi pada saat ibu hamil terjadi sekitar 4%, untuk menghindari diabetes saat hamil anda dapat menjadikan sayuran toge sebagai alternative untuk mengatur gula dalam darah anda sehingga terhindar dari bahaya diabetes saat hamil. Karena sayuran toge mengandung kalori yang rendah. Kandungan kalori yang rendah pada toge juga dapat mengatur berat badan ibu hamil. Sayuran toge yang banyak mengandung lesitin dapat membantu menjaga hati agar terhindar dari penumpukan lemak sehingga mengganggu kerja hati dan terhindar dari penyakit liver.

Sponsors Link

5. Mencegah bayi lahir cacat mental

untukmenghindari akibat kekurangan asam folat bagi ibu hamil sayuran toge adalah makanan yang dapat membantu mencukupi kebutuhan asam folat untik calon bayu karena toge mengadung asam folat yang berfungsi membantu proses pembentukan DNA pada calon bayi sehingga mencegah bayi lahir cacat mental karena kekurangan asam folat. Sayuran toge merupakan makanan untuk mencegah bayi cacat, karena toge yang berasal dari biji-bijian, bahkan toge memiliki 19% protein lebih banyak dari bijinya.

6. Membantu melembabkan kulit

Hiperpigmentasi saat hamil biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil atau biasanya disebut dengan perubahan kulit, perubahan kulit pada ibu hamil disebabkan karena adanya perubahan hormon. Untuk menyiasati perubahan kulit seprti kulit kering dan perubahan warna kulit pada masa kehamilan anda dapat mengonsumsi sayuran toge, vitamin E yang terkandung pada sayuran toge bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti membantu melembabkan kulit dan menjaga elastistas kulit agar senantiasa terkontrol kadar air dalam kulit sehingga kulit tidak kering pada saat hamil. Menjaga kelembapan kulit adalah salah satu dari manfaat vitamin E untuk ibu hamil.

7. Membantu pembentukan tulang pada janin

Manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat penting karena berguna untuk membantu penyempurnaan pembentukan tulang dan otot pada sayuran toge yang mengandung Asam amino pada protein membantu memenuhi kebutuhan untuk proses pembentukan tulang , untuk memperbarui jaringan atau sel pada otot yang rusak protein yang terkandung pada toge juga bermanfaat menghindari akibat kekurangan kalsium pada bayi. Tak hanya bermanfaat pada calon bayi untuk pembentukan tulang pada janin, kandungan estrogen alami yang terdapat pada toge juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis pada wanita, oleh karena itu . Karena wanita mengalami menstruasi setiap bulannya, hal tersebut menyebabkan banyak kehilangan kalsium pada wanita sehingga dianjurkan mengonsumsi sayuran toge untuk menambah cadangan kalsium pada tubuh.

8. Mencegah penyakit anemia

Sayuran toge yang mengandung asam folat yang bekerja memproduksi sel darah merah pada tubuh mampu mencegah penyakit anemia pada ibu hamil, wanita hamil yang mengalami anemia dapat menurunkan penyakit anemia pada calon bayi, selain itu kekurangan sel darah merah pada ibu hamil berakibat berkurangnya produksi oksigen pada tubuh karena sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Daya berfikir yang lemah pada anak merupakan salah satu akibat dari kekurangan oksigen pada masa kehamilan.

ads

9. Mencegah Penyakit  jantung

Sayuran toge mengandung zat saponin. Zat saponin adalah zat kimia yang dimiliki tumbuhan. Zat saponin berfungsi meminimalkan kolesterol jahat (LDL)  tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik (HDL) yang terkandung dalam tubuh sehingga kemungkinan-kemungkinan terjadi akan bahaya kolesterol tinggi bagi ibu hamil dapat diminimalisir. Sehingga seseorang yang terdapat banyak kolesterol baik pada tubuhnya akan terhindar dari penyakit stoke

10. Mencegah tumbuhnya bibit kanker

Menurut penelitian sayuran toge juga dapat membunuh bibit kanker leukemia, usus besar dan pancreas karena mengandung canavanine, canavanine merupakan salah satu yang dibutuhkn untuk menyusun asam amino arginin. tak hanya zat canavanine antioksidan yang terkandung pada sayuran toge juga dapat membunuh bibit kanker yang akan tumbuh pada tubuh serta serat yang terdapat pada toge berguna untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh.

11. Melancarkan peredaran darah 

Sayuran toge yang dapat memperlancar sirkulasi darah, karena pada sayuran toge memiliki kemampuan deoksidasi sehingga bagi ibu hamil dapat merasa rileks karena peredaran darah yang lancar. Tak hanya itu, karena kemampuan sayuran toge tersebut bermanfaat pada wanita yang akan mengalami menstruasi karena dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Banyak manfaat sayuran toge untuk ibu hamil, namun sangat disayangkan sayuran toge tidak dapat bertahan lama dalam penyimpanannya, walaupun harga sayuran toge ini termasuk ekonomis dan mudah untuk diperoleh.

Efek Negatif Mengkonsumsi Toge 

Namun perlu diketahui walaupun toge memiliki banyak manfaat tidak ada salahnya menetahui efek yang ditimbulkan ketika berlebihan mengonsumsinya, bagi seseorang yang alergi terhadap kecambah sebaiknya anda tidak mengonsumsi kecambah karena dapat mempermudah virus lainnya menyerang tubuh anda, selain itu kecambah alfalfa mengandung racun L-cavanine yang dapat mengakibatkan pembesaran pada limfa karena mengurangi sel-sel darah pada tubuh.

Tips Mengolah Toge

Beberapa pendapat membolehkan mengonsumsi toge mentah karena dalam keadaan mentah kandungan vitamin yang terdapat pada toge belum rusak dan masih utuh, namun beberapa pendapat tidak menyarankan toge dikonsumsi secara mentah karena kemungkinan adanya bakteri yang terkandung pada sayuran toge sehingga dapat menganggu kesehatan janin. Bakteri yang biasanya terkandung pada sayuran toge yaitu bakteri E coli.

Untuk menghindari bakteri yang mungkin terdapat pada sayuran toge sebaiknya anda memasaknya terlebih dahulu namun jangan memasaknya terlalu lama untuk menghindari hilangnya nutrisi yang terkandung pada toge.

Tips Menanam Toge

Bagi anda yang sulit menjumpai toge disekeliling anda, anda dapat menanamnya atau membuatnya sendiri dengan mudah. Siapkan kacang hijau kemudian rendam selama satu hari dalam baskom yang diberi air hangat secukupnya. Setelah itu cuci dengan air dingin, tempatkan kacang hijau pada baskom yang ditutup dengan kain katun agar mendapatkan suhu yang lembab, karena pada dasarnya toge dapat tumbuh pada daerah yang lembab. Jika kacang hijau sudah mulai tumbuh tunas pendek seperti toge yang anda ketahui sebelumnya, toge dapat anda konsumsi atau diolah.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 06th, June 2016 / 08:24 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat