Sponsors Link

9 Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Anda seorang ibu hamil? Apa yang ingin anda harapkan dari kelahiran anak anda? apakah anda ingin melahirkan seorang anak yang sehat dan tanpa adanya kecacatan? Pastinya semua ibu ingin melahirkan seorang anak yang sehat dan tidak mengalami suatu kecacatan apapun, pada intinya adalah hampir semua orang ingin memiliik sosok anak yang lahir secara normal dan sehat.

ads

manfaat asam folatLalu bagaimana cara terbaik agar janin yang ada di dalam kandungan anda pada nantinya dapat lahi secara normal dan sehat? Pada dasarna, untuk mengoptimalkankondisi kesehatan janin yang baik sejak berada di dalam kandungan hingga lahir. Pada umumnya asupan-asupan nutrisi pada masa kehamilan (nutrisi ibu hamil) akan sangat membantu dan menolong perkembangan janin dan menghindari jenis-jenis kecacatan pada bayi ketika dilahirkan. Ketika pada masa kehamilan

Faktor gizi merupakan faktor paling penting pada masa kehamilan. Faktor ini dapat menentukan bagaimana nantinya sang bayi lahir, apakah dalam keadaan yang normal dan sehat ataupun tidak. (Baca juga : penyebab janin cacat)

Salah satu asupan gizi yang penting selama masakehamilan adalah asam folat. Asam folat atau folat, dan sering juga disebut dengan vitamin B9. Vitamin B9 atau folat ini memiliki banyak sekali manfaat penting bagi masa kehamilan dan juga sangat baik bagi perkembangan janin.

Berapa kebutuhan asam folat setiap harinya?

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat setiap harinya, ada ketentuannya sendiri. Berikut ini adalah ketentuan asupan asam folat per harinya :

  1. Untuk wanita yang ingin hamil, konsumsi asam folat dianjurkan sebanyak 400 mg per hari
  2. Sejak 3 bulan pertama kehamilan, dianjurkan untuk mengkonsumsi 400 mcg asam folat.
  3. Mulai bulan ke 4 hingga 9, dianjurkan agar asupan asam folat per harinya sebanyak 600 mcg
  4. Sedangkan untuk masa menyusui, dianjurkan untuk mengkonsumsi asupan asam folat sebanyak 500 mcg.

Baca : Gizi ibu hamil

Apa saja manfaat dari asam folat?

Manfaat terpenting asam folat adalah manfaat bagi janin, berikut ini adalah manfaat dari asam folat bagi ibu hamil selama masa kehamilan :

1. Memproduksi eritrosit. Produksi eritrosit yang tinggi dapat membuat perkembangan otak dan sumsum tulang belakang yang baik dan tidak mengalami gangguan dan kelainan pada sumsum dan tulang. Hal ini sangat baik bagi perkembangan janin, agar tidak mengalami kelainan.

2. Mencegah terjadinya keguguran. Asam folat juga terbukti dapat mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi asam folat, para ibu hamil akan terhindar dari resiko penyebab keguguran selama masa kandungan.

3. Dapat mencegah terjadinya kerusakan otak. Salah satu manfaat penting dari asam folat adalah asam folat adalah membantu dalam mendukung perkembangan otak pada janin. Dengan asupan asam folat yang cukup dalam sehari nya, maka perkembangan otak pada janin menjadi lebih baik dan dapat menghindari kemungkinan terjadinya kasus kecacatan pada saat kelahiran. (Baca juga : cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan)

4. Folat dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Asam folat merupakan salah satu jenis zat yang dapat membantu dalam meningkatkan produksi asam folat pada tubuh. Dengan naiknya pembentukan sel darah merah, maka ibu hamil akan terhindar dari kondisi :

  • Anemia
  • Keletihan (larangan ibu hamil)
  • Mudah terserang sakit
  • Rasa lelah dan lemah pada tubuh

5. Dapat mencegah penyakit jantung. Asam folat juga merupakan salah satu zat yang dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kondisi ibu hamil merupakan salah satu kondisi mudah mengalami serangan jantung apabila tidak memperoleh asupan asam folat yang cukup.

Sponsors Link

6. Mencegah depresi. Dalam beberapa kasus, ibu hamil akan mengalami fase depresi ketika sedang mengalami masa kehamilan. Depresi yang dialami oleh ibu hamil ini dapat berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil). Asam folat sendiri merupakan salah satu zat yang dapat membantu menurunkan:

  • Depresi
  • Stress
  • Kecemasan

7. Menjaga kesehatan otak. Salah satu fungsi utama dari asam folat adalah menjaga kesehatan otak dan mencegah otak dalam mengalami gangguan-gangguan yang menyerang otak.

8. Baik untuk perkembangan bayi. Ketika berada di dalam kandungan, janin akan mengalami perkembangan dari pertama terbentuk hingga akhirnya lahir ke dunia. Kandungan asam folat sendiri dapat membantu perkembangan bayi di dalam kandungan. Karena itu untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin dengan baik, diperlukan asam folat yang cukup setiap harinya.

9. Membantu pembentukan jaringan tubuh. Jaringan tubuh yang terbentuk selama masa kandungan, dapat terbentuk, baik dalam waktu cepat ataupun lambat. Cepat atau lambatnya pembentukan jaringan – jaringan tubuh ini juga dipengaruhi oleh asupan asam folat yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Bagaimana jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B9 atau asam folat?

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan asam folat atau vitamin B9 yang cukup dalam satu harinya, maka kemungkinan anda akan mengalami beberapa hal seperti ini :

Sponsors Link

  • Gangguan pada fungsi otak pada janin
  • Perkembangan janin yang tidak normal
  • Kelainan pada bayi ketika lahir
  • Lambatnya perkembangan jaringan-jaringan otak san sel-sel tubuh pada janin.

Bagaimana kita dapat memperoleh asam folat?

Untuk memperoleh asam folat sendiri, banyak sekali jenis bahan-bahan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan asam folat para ibu hamil setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang mengandung asam folat :

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kol, sawi, brokoli
  • Buah-buahan, seperti pisang, strawberry, jeruk dan tomat (baca : Buah Untuk ibu hamil)
  • Manfaat asparagus
  • Kacang-kacangan
  • Telur
  • Manfaat Ikan
  • Daging
  • Jeroan ungags dan hewan lain, seperti hati dan ginjal
  • Susu yang khusus diformulasikan untuk ibu hamil biasanya juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi.
  • Sereal
  • Mie yang terbuat dari terigu dan telur.

Itulah beberapa manfaat dari asam folat bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Pantangan makanan ibu hamil

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 16th, April 2015 / 04:43 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil