12 Manfaat Vitamin B6 Bagi Ibu Hamil dan Janin serta Efek kekurangannya

Vitamin B6  (piridoksin) adalah salah satu bagian dari vitamin B lainnya yang lebih sering disebut B kompleks. Sifat dasar dari vitamin B6 adalah mudah larut dalam air. Vitamin B6 sangat dibutuhkan ibu hamil untuk kesehatan tubuhnya dan janin yang dikandungnya secara bersamaan.

Pada ibu hamil kebutuhan vitamin B6  lebih banyak diperlukan  sampai masa persalinan. Kebutuhan yang harus dipenuhi selama masa kehamilan adalah 2 Miligram perharinya atau lebih. karena jika kebutuhan Vitamin B6 hanya dapat mencapai kurang dari miligram perhari akan ada dampak kurang baik untuk si ibu dan bayinya.

Inilah manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil

  1. Dapat menghancurkan lemak didalam tubuh agar dapat menjadi energi
  2. Memperbaiki, menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh atau antibodi
  3. Dapat mengobati dan menghilangkan rasa mual pada ibu hamil
  4. Menjaga keseimbangan kadar gula darah Menurunkan kadar homocystein, sebuah enzim yang memicu timbulnya penyakit jantung
  5. alnya penyakit kulit, flu, pilek, dan lain lain
  6. Dapat mencegah penularan penyakit mis
  7. Menambah energi untuk ibu hamil
  8. Penting untuk  kesehatan tubuh ibu dan perkembangan otak serta saraf bagi organ tubuh bayi
  9. Untuk pembentukan sel darah merah ibu dan bayi
  10. Memperbaiki jaringan tubuh yang meradang akibat luka
  11. Untuk menjaga satabilitas fungsi sistem saraf  agar tetap pada kondisi terbaiknya
  12. Penting untuk mengontrol dan memperbaiki metabolisme tubuh

Kekurangan vitamin B6 pada ibu hamil bisa terlihat dari tanda tanda khasnya berupa  gejala awal yang mirip seperti orang yang menderita kekurangan vitamin C, misalnya terdapat gatal gatal,  luka dan memar kecil dibagian sudut bibir,  lidah nyeri dan gusi luka yang terkadang ada pendarahan, Gejala ini terjadi karena vitamin B6 yang ada dalam tubuh tidak mencukupi. Gejala yang terjadi biasanya diikuti dengan kelelahan yang hebat kendati tidak melakukan aktifitas yang memakan banyak tenaga. Ini dikarenakan  keseimbangan metabolisme  tubuh sedang terganggu.

Inilah akibat kekurangan vitamin B6 pada ibu hamil:

  1. Sistem metabolisme tidak normal menyebabkan mudah lelah
  2. Kulit ibu kering dan bersisik
  3. Kulit pecah dan terdapat luka disudut bibir
  4. Penyembuhan luka yang terlalu lama atau tidak kunjung sembuh
  5. Mual dan muntah
  6. Terganggunya fungsi hati
  7. Memicu gagal ginjal
  8. Sistem pencernaan luka
  9. Bayi bisa lahir dengan cacat mental
  10. Bayi lahir dengan bobot tubuh kurang dari 2 kilogram

  1. Cepat lelah dan sesak nafas
  2. lidah nyeri dan gusi luka yang bisa diikuti pendarahan ringan
  3. Timbul gatal disekitar area bibir
  4. Melemahnya sistem kekebalan tubuh
  5. kadar gula darah agar meningkat
  6. Kekurangan sel darah merah
  7. Kesulitan tidur
  8. Kondisi wajah pucat dan kusam
  9. Mudah tertular penyakit
  10. Sering atau mudah mengantuk
  11. memicu timbulnya kelainan jantung
  12. tubuh lemas karena dehidrasi
  13. munculnya pegal pegal dan nyeri diarea sendi dan punggung
  14. Ketika menghadapi persalinan ibu tidak mempunyai tenaga cukup
  15. Kesulitan buang air besar

Sekarang banyak vitamin B6 yang dikemas dan diperdagangkan dalam bentuk suplemen. Untuk hidup hamil suplemen tidak cocok, karena Vitamin B6 tersebut telah terkontiminasi dengan bahan kimia tertentu ketika proses pembuatan dilakukan. Ibu yanaag bijak akan berkonsultasi tentang boleh tidaknya mengkonsumsi makanan atau minuman suplemen. Biasanya dokter ahli kandungan akan merekomendasikana vitamin B6 dalam bentuk kapsul  yang diracik sendiri oleh tim kesehatan yang ada didalam rumah sakit, dimana vitamin B6 tersebut telah lulus uji secara medis sebagai vitamin yang aman untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

  • Pengertian tentang memasak sayuran yang disarankan

Sayuran hijau banyak memiliki zat penting khususnya vitamin B6 untuk kesehatan maksimal ibu hamil. Tetapi sayuran tidak boleh direbus sampai hancur karena vitamin B6 yang ada pada tiap helai daunnya akan terbuang lewat uapnya. Ini akan mengakibatkan sayuran  yang sudah matang tidak lagi memiliki kadar vitamin yang cukup.

  • Pengertian tentang makanan karbohidrat yang aman untuk ibu hamil

Nasi putih adalah sumber energi karena mempunyai kadar karbohidrat dan gula yang tinggi namun sedikit serat. Nasi putoih cenderung mamapu membuat perut cepat kenyang, Tetapi nasi putih tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena karbohidrat daan kadar gulanya dapat memicu kelelahan dan gejala diabetes.

Disarankana ibu hamil untuk sering menyantap nasi merah sebagai makanan alternatif pengganti nasi putih yang kaya serat dan mineral. Nasi merah tidak mengandung gula dan memiliki  jumlah karbohidrat yang sangat minim dan bahkan hampir tidak ada, jangan heran jika nasi merah tidak membuat kegemukan. Nasi merah kaya dengan serat yang membuat pencernaan ibu hamil sehat dan lancar ketika buang air besar.

  • Pengertian tentang telur untuk ibu hamil

Telur kaya akan protein,  serat dan mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi. Tetapi untuk ibu hamil dilarang merebus atau menggoreng telur dalam keadaan setengah matang, karena enzim yang mengandung bakteri didalamnya cenderung belum mati daan daapat mempengaruhi janin.

Bakteri yang ada pada telur akan masuk melalui sel darah merah dan plasenta janin.

  • Pengertian tentang mengkonsumsi vitamin B6 yang mudah dan cepat

Mengkonsumsi vitamin dengan caraa instan masih banyak dilakukan oleh para ibu hamil karena dengan alasan hemat waktu dan tenaga. Suplemen vitamin B6 menjalani beberapa tahap kimiawi yang didalamnya terdapat bahan pengawet yang tidak disarankan untuk diminum ibu hamil, karena jika meminumnya otomatis bayipun menelan sari sari vitamin B6  hasil proses kimiawi tersebut. Perkembangan tubuhnya akan terganggu daan rentan untuk keguguran bagi ibu yang sedang hamil muda.

Lebih baik membuat makanan sehat untuk ibu hamil sendiri dengan jalan dihaluskan dan dihancurkan lewat blender.  Makanan bisa dikelaborasikan pada jenis makanan lain misalnya buah alpukat bisa dikelaborasi dengan susu dan tomat. Ketiganya kaya manfaat untuk kesehataan ibu hamil dan bayinya. Cara menggabungkan beberapa macam makanan kaya manfaat akan menghasilkan nutrisi yang berlipat ganda tanpa harus mengkonsumsi  makanan suplemen yang dijual dipasaran.

  • Sumber vitaminB6 yang tidak disarankan untuk dimasak setengah matang dengan alasan kesehatan

ikan – pada sebagian orang menyukai menu masakan setengah matang ala jepang. ikan yang dimasak setengah matang diklaim bangsa jepang sebagai makanan yang masih mempunyai kandungan nutrisi yang utuh. Apapun alasannya ibu hamil tidak diperbolehkan makan ikan setengah matang, karena kemungkinan besar masih ada bakteri atau kuman yang tertinggal di daging ikan (Baca : Manfaat ikan bagi ibu hamil).

Sate ayam –Daging ayam sumber vitamin B6 yang baik bagi ibu hamil dan janin, tetapi jika daging ayam diolah untuk dijadikan sate, ini tidak diasarankan unyuk ibu hamil konsumsi. Daging yang dipanggang setengah matang sama saja dengan tidak matang.

Kerang dan kepiting  – Jenis makanan Sea food seperti kerang dan kepiting banyak mengandung protein tetapi  juga mengandung merkuri yang berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil, selain itu kerang dan kepiting mengandung kolesterol tinggi. Ibu hamil boleh makan makanan hasil laut tetapi tidak untuk kerang dan kepiting.

Sumber vitamin B6 yang dibutuhkan ibu hamil adalah:

  • Sayuran hijau                    terdiri dari bayam, daun katuk , daun singkong dan kangkung
  • kacang kacangan              termasuk kacang panjang, kacang polong dan kacang merah
  • Daging                                terdiri dari daging unggas,  ayam,  sapi  dan hati
  • buah buahan segar           terdiri  dari Alpukat, tomat, wortel, pisang, kiwi
  • Sumber protein tinggi     terdiri dari Kedelai, ikan, telur, tempe, tahu keju
  • Sumber kabohidrat          terdiri dari Kentang, beras merah, gandum, sereal, ubi jalar

,
Post Date: Sunday 08th, November 2015 / 13:52 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12