Sponsors Link

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es ? Ketahui Fakta dan Mitosnya

advertisement

Es memang menjadi minuman yang sangat menyegarkan, terutama ketika cuaca sedang panas. Tidak hanya untuk semua orang tapi juga ibu hamil. Terlebih ibu hamil sering merasa panas berlebihan saat cuaca panas. Karena itu biasanya ibu hamil cenderung untuk minum es, baik itu es berupa air dingin dan berbagai jenis es yang mengandung banyak gula. Namun biasanya orang tua selalu memperingatkan bahwa minum es saat hamil bisa menyebabkan masalah yang berat untuk ibu dan janin. Tidak hanya saat janin masih dalam kandungan tapi juga saat bayi sudah lahir.

Namun sekarang banyak ibu hamil yang tetap minum es ketika mereka ingin minum itu. Berikut ini adalah beberapa hal tentang pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil minum es, antara fakta dan mitos yang beredar di masyarakat.

  1. Minum es bisa menyebabkan bayi terkena asma

Ada sebuah kepercayaan yang menyatakan jika ibu hamil sering minum es atau mengkonsumsi minuman dingin maka bisa menyebabkan bayi lahir terkena asma. Hal ini dipandang ketika minuman dingin yang masuk ke perut bisa menyebabkan kondisi rahim menjadi lebih dingin sehingga janin tidak sehat. Namun sebuah fakta medis mengatakan jika pernyataan ini sama sekali tidak benar. (baca: bahaya es bagi ibu hamil – ibu hamil minum air dingin)

Fakta :

Asma tidak disebabkan oleh ibu hamil yang sering minum es saat hamil. Asma bisa menjadi penyakit yang terkait dengan kondisi ibu hamil,misalnya asma saat hamil atau ibu hamil asma. Salah satu bahaya asma bagi ibu hamil bisa berpengaruh ke bayi, karena terkadang asma juga terkait dengan faktor genetik dari ibu ke bayi.

Penyebab asma pada bayi:

Baca: gejala asma pada bayi – obat asma anak – gejala asma pada anak

  1. Es bisa menyebabkan keguguran

Salah satu alasan mengapa ibu hamil tidak boleh minum es adalah ketika es dipercaya bisa menyebabkan keguguran. Sebenarnya masalah ini sama sekali tidak bisa dibuktikan secara medis. Ketika ibu hamil minum es maka minuman ini akan masuk ke perut melalui saluran pencernaan sementara janin berada di dalam rahim.

Fakta:

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Dan secara medis memang es tidak terbukti menyebabkan keguguran. Hanya saja ketika ibu hamil minum es saat sistem kekebalan tidak terlalu baik maka ibu bisa sakit. Misalnya penyakit yang terkait dengan selaput lendir atas seperti batuk saat hamilibu hamil batuk pilek, flu berat, sinusitis dan infeksi lain. Bahaya batuk bagi ibu hamil dan bahaya flu untuk ibu hamil bisa memicu keguguran spontan sehingga ibu bisa kehilangan bayinya. Jadi sepenuhnya es tidak menyebabkan masalah ini ketika ibu berada dalam kondisi sehat saat minum es. (baca: obat batuk untuk ibu hamil – obat batuk herbal untuk ibu hamil)

ads
  1. Es menyebabkan bayi besar dalam kandungan

Minum es memang sangat menyegarkan dan bisa memuaskan ibu hamil yang sedang merasa kehausan. Namun minum es juga dipercaya bisa membuat bayi yang dilahirkan memiliki berat badan berlebihan. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu terkena berbagai resiko ketika melahirkan, terutama pendarahan akibat janin terlilit tali pusat. Bayi yang memiliki berat badan berlebihan juga bisa menyebabkan masalah lain terutama terkait dengan obesitas pada anak dan masalah kesehatan jantung seperti kelainan jantung pada bayi baru lahir.

Fakta:

Es memang bisa membuat berat badan bayi naik dengan cepat. Terutama jika ibu lebih banyak minum es yang mengandung banyak gula, seperti misal es teh atau es sirup. Kondisi ini memang bisa sangat berbahaya untuk ibu karena memicu diabetes gestasional pada ibu hamil, preeklamsia dan juga masalah komplikasi kelahiran. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya ibu bisa mengurangi es yang memiliki rasa manis dan memilih es yang lebih netral. Buah yang didinginkan juga sangat baik untuk ibu hamil karena bisa mengurangi rasa mual dan rasa cepat lapar saat hamil.

Baca juga:

  1. Minum es bisa menurunkan tekanan darah

Rasa dingin dari es yang memang bisa menghilangkan rasa panas dan haus memang sangat menyegarkan. Namun ibu hamil yang minum es juga bisa mengalami kondisi yang tidak menyenangkan. Beberapa pembuluh darah yang terkait dengan selaput lendir di saluran pernafasan bisa menyusut dengan cepat. Kemudian ini menjadi penyebab ibu hamil darah rendah yang bisa memicu bahaya darah rendah pada ibu hamil. Termasuk seperti ibu hamil sering pingsan dan penyebab sering pusing saat hamil. Tekanan darah rendah pada ibu hamil bisa menyebabkan masalah yang sangat berat, termasuk resiko anemia pada ibu hamil.

Fakta:

Ada banyak pemicu yang menyebabkan ibu hamil terkena tekanan darah rendah, termasuk resiko anemia. Kondisi ini sangat berhubungan dengan masalah aliran darah dalam tubuh ibu. Ibu hamil membutuhkan jumlah darah yang lebih banyak dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil. Ketika ibu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka es bisa membuat kondisi tubuh ibu menjadi lebih lemah. Jadi pertimbangkan untuk tidak minum es saat tubuh sedang tidak sehat.

Baca: tekanan darah tinggi pada ibu hamil – hipertensi dalam kehamilan – cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil

  1. Es menyebabkan tulang rapuh pada ibu hamil

Es juga dianggap sebagai minuman yang bisa menyebabkan tulang rapuh pada ibu hamil. Kondisi ini terkait dengan masalah kesehatan ibu selama hamil. Tidak ada bukti yang bisa menyatakan jika es bisa membuat tulang rapuh atau nyeri sendi pada ibu hamil.

Fakta:

Ibu hamil memang bisa merasa nyeri sendi atau tulang yang lebih lemah. Kondisi ini terkait dengan kondisi penyerapan tubuh ibu terhadap kalsium. Namun sebenarnya bukan disebabkan oleh es yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil memang lebih tinggi dibandingkan wanita tidak hamil. Kalsium tidak hanya menguntungkan untuk ibu tapi juga untuk janin seperti untuk pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh pada janin. (baca: manfaat kalsium bagi ibu hamil – manfaat calsium d redoxon CDR untuk ibu hamil)

  1. Es menyebabkan ibu hamil mudah sakit

Es yang memang menyegarkan ternyata juga bisa menyebabkan ibu hamil mudah sakit. Ketika hamil sebenarnya tubuh ibu mengalami berbagai perubahan yang sangat besar. Ibu hamil mudah lelah dan sering pusing karena tekanan darah yang turun dengan cepat. Karena itu terkadang minum es bisa menyebabkan kondisi kesehatan tubuh ibu hamil menurun dengan cepat.

Fakta:

Es sebenarnya cenderung membuat ibu mengalami kondisi yang lebih melelahkan. Suhu dingin es bisa membuat kejutan yang sangat besar pada bagian kepala. Kondisi ini juga sering dialami oleh orang biasa yang sedang minum es. Suhu dingin membuat kepala menjadi lebih berat kemudian ibu hamil bisa merasakan pusing, lelah dan tubuh lebih lemah.

Baca: ibu hamil cepat lelah – bahaya kelelahan pada ibu hamil – hamil cepat ngantuk

  1. Es menyebabkan migrain

Es yang dingin juga bisa menyebabkan perubahan yang sangat besar pada bagian kepala. Ketika ibu hamil minum es maka suhu dingin akan membuat tekanan darah naik dengan cepat sampai kepala. Kondisi ini juga bisa memicu otak beku dimana aliran darah di bagian otak terhenti untuk waktu yang sangat singkat. Meskipun hal ini dialami dalam waktu yang singkat atau hanya beberapa detik saja, tapi efeknya sangat besar sehingga ibu hamil bisa terkena migrain.

Fakta:

Es memang bisa membuat tekanan darah bermasalah kemudian juga memicu tekanan yang besar pada bagian kepala. Kasus otak beku akibat suhu dingin yang masuk cepat lewat saluran pencernaan bisa terjadi pada semua orang. Sementara ibu hamil yang mengalami kondisi ini bisa mendapatkan serangan yang lebih cepat. Akibatnya ibu hamil akan merasa sangat pusing dan tidak nyaman. (Baca: obat pusing saat hamil – gejala keracunan kehamilan)

Bagaimana jika ibu hamil minum es teh?

Sebenarnya ibu hamil diperbolehkan untuk minum es teh, selama minuman ini dibuat dengan gula asli. Namun ibu hamil sebaiknya tidak minum es teh berlebihan, karena teh mengandung kafein yang bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin. Selain itu kandungan kadar gula yang berlebihan dalam es teh bisa membuat ibu hamil terkena obesitas atau resiko diabetes selama hamil.

Baca: bahaya teh bagi ibu hamil – teh bagi ibu hamil 

Sponsors Link

Bagaimana jika ibu hamil minum minuman kemasan dingin?

Ibu hamil sebaiknya juga membatasi minuman dingin dalam kemasan yang mengandung soda, kafein, gula pemanis, dan bahan pengawet. Semua bahan ini tidak baik untuk perkembangan janin. Kafein bisa menyebabkan keguguran, membatasi penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga bisa merusak perkembangan tulang dan gigi bayi. Kemudian efek minuman yang mengandung pemanis dan soda bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, kelahiran bayi yang cacat, dan minuman ini tidak mengandung kalori atau nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil

Kesimpulan

Banyak ibu hamil yang tetap minum es dan beberapa ibu hamil juga sudah tidak mau minum es. Sebenarnya secara medis memang es tidak terbukti bisa menyebabkan efek khusus pada ibu dan janin. Namun ibu hamil harus memilih jenis es yang memang aman untuk bayi. Misalnya seperti air dingin yang masih ditoleransi untuk ibu hamil. Sementara minuman seperti es soda, es teh, es kopi, es dengan sirup pewarna dan bahan pengawet sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi ibu hamil harus memilih es yang paling aman untuk diminum sehingga tidak menyebabkan dampak yang serius untuk kesehatan ibu dan janin.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 04th, January 2017 / 05:04 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya