Sponsors Link

Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda ?

Sponsors Link

Soda sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang banyak dijual secara bebas, mulai dari toko kelontong hingga swalayan besar menjual minuman bersoda. Soda seringkali dipilih menjadi salah satu minuman pelepas dahaga karena rasanya yang biasanya menyegarkan dan seperti ada sensasi letupan di mulut saat meminumnya. Namun ternyata di balik rasa manisnya dan sensasi rasanya yang menyegarkan ternyata apabila ibu hamil mengkonsumsi soda dapat memicu komplikasi kehamilan apabila dikonsumsi secara berlebihan. (baca juga: Gejala Hamil MudaMakanan Pencegah Mual Saat Hamil)

ads

Kehamilan merupakan sebuah salah satu fase penting dalam kehidupan seorang wanita terutama bagi pasangan menikah. Selama dalam masa kehamilan banyak sekali pantangan makanan ibu hamil yang haruslah dipatuhi agar kondisi janin terjaga dengan baik. Namun, dengan dalih ngidam terkadang banyak pula ibu hamil yang mengkonsumsi soda tanpa mengindahkan bahaya soda bagi ibu hamil. Lalu, sebenarnya bolehkah ibu hamil minum soda ?

Kandungan Dalam Minuman Bersoda

Meski semua menjadi maklum bila ibu hamil ngidam dan ingin makan atau minum sesuatu, apalagi makanan yang memiliki rasa manis termasuk soda. Namun hal tersebut nyatanya membawa pengaruh yang buruk bagi ibu selama masa kehamilan. Sebagaimana berikut diantaranya beberapa bahaya yang ditimbulkan saat ibu hamil mengkonsumsi soda.

  1. Memiliki kandungan kafein yang cukup banyak

Kafein merupakan salah satu kandungan yang ada didalam minuman bersoda. Bila hanya ingi memuaskan perasaan ngidam maka boleh-boleh saja ibu hamil minum minuman bersoda, namun bila dikonsumsi tiap hari dan tanpa kontrol tentunya dapat meningkatkan efek buruk terhadap tubuh ibu dan juga janin dalam kandungan. Kafein dalam jumlah besar dapat menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan, karena kafein yang masuk ke tubuh ibu yang mengkonsumsi minuman bersoda akan masuk ke tubuh janin melalui plasenta. (baca juga: Bahaya Kopi Bagi Ibu HamilLarangan Ibu Hamil Wajib )

Berikut beberapa bahaya kafein bagi ibu hamil dan juga janin:

  1. Menghambat aliran darah selama kehamilan yang dapat membahayakan kondisi ibu dan janin dalam kandungan.
  2. Kafein memiliki sifat diuretik, yakni dapat memicu keinginan buang air kecil lebih sering akibatnya ibu hamil akan kehilangan mineral dan juga kalsium yang penting untuk daya tahan tubuh. (baca juga: Manfaat Kalsium Bagi Ibu Hamil)
  3. Dapat membuat ibu hamil mengalami gejala insomnia atau susah tidur atau istirahat di malam hari.
  4. Kafein disebut-sebut sebagai penyebab bayi lahir dengan berat badan rendah. Selain itu juga dapat menjadi penyebab bayi lahir prematur.
Sponsors Link

Menurut  para pakar kesehatan disarankan konsumsi kafein selama kehamilan tidak melebihi batasan 200 gram tiap harinya, dan dalam segelas soda terdapat kandungan kafein setara 47-71 gram. Segala sesuatu apabila dikonsumsi secara bijak dan juga terkontrol maka hal tersebut boleh dilakukan termasuk ibu hamil minum soda. Selama ibu hamil dapat menjaga asupan yang masuk kedalam tubuh makan pengaruh buruk makanan dapat dihindari selama kehamilan. (baca juga: Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama , Ibu Hamil Minum Air Teh)

  2. Soda memiliki kandungan kalori kosong (Empty Calories)

Minuman bersoda selain tidak sehat, ternyata mengandung kalori kosong (empty calories) yang cukup banyak  serta tak memiliki kandungan gizi sama sekali alias nol. Dan jika ibu hamil berpikir dapat meningkatkan sumber kalori dari soda sangat di sayangkan bahwa hal tersebut tidak benar sama sekali. Karena meskipun saat minum soda ibu hamil merasa kenyang, namun kenyang tersebut bukan karena kalori yang sehat namun karena kalori kosuong dildalam soda yang membuat tubuh seolah-olah merasa kenyang. (baca juga: Jenis Makanan Ibu Hamil 7 Bulan, Bahaya Fast Food bagi Ibu Hamil)

Seperti diketahui selama seorang ibu menjalani masa kehamilan, asupan nutrisi sangat dibutuhkan demi meningkatkan perkembangan janin dan membantu ibu hamil tetab bugar dan sehat. Selain itu kalori kosong dapat membuat ibu enggan makan makanan lainnya karena merasa kenyang, dan hal tersebut dapat membuat janin kekurangan nutrisi penting dalam masa perkembangannya. (baca juga: Nutrisi Ibu Hamil Trimester 1 , Pantangan Makanan Ibu Menyusui ASI Eksklusif)

  3. Meningkatkan Resiko Diabetes Kehamilan

Selama menjalani kehamilan,ibu hamil umumnya akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Di dalam minuman bersoda memiliki kandungan gula dari pemanis buatan yang cukup tinggi. Dan bila ibu hamil senang mengkonsumsi minuman bersoda selama kehamilan maka dapat memicu resiko diabetes selama kehamilan (Gestational). Bila ibu hamil mengalami hal tersebut maka dapat memicu peningkatan berat badan bayi dalam kandungan, sehingga menyulitkan kelahiran normal. (Baca juga: Bahaya Diabetes Saat HamilTanda Tanda Diabetes pada Ibu Hamil)

Sponsors Link

Selain itu minuman yang mengaduung soda kebanyakan dapat menyebabkan rasa mulas juga heartburn terutama pada saat kehamilan baru menginjak trimester awal. Serta kafein yang terkandung di dalam minuman bersoda akan semakin memperparah kondisi mulas tersebut. Dan mulas yang tak kunjung mereda dapat memicu terjadinya kontraksi rahim, sebaiknya bila ibu hamil yang sensitif terhadap soda agar menghindarinya mengkonsumsi minuman bersoda. (baca juga: Bahaya Durian Bagi Ibu Hamil, Bolehkah Ibu Hamil Makan Tape Singkong ?)

  4. Meningkatkan Tekanan Darah Selama Kehamilan

Tekanan darah selama masa kehamilan memang cenderung meningkat. Dan hal tersebut harus selalu dikontrol agar terhindar dari bahaya preeklampsia. Konsumsi minuman bersoda selama kehamilan diketahui dapat memicu meningkatnya tekanan darah atau hipertensi yang dapat membahayakan kehamilan. (baca juga: Hipertensi dalam Kehamilan, Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil)

Kesimpulan

Sesungguhnya minuman bersoda masih diperbolehkan untuk dikonsumsi selama kehamilan selama dalam batas wajar tidak berlebihan, dan ibu hamil pun tak memiliki potensi gangguan kesehatan lainnya. Namun meskipun diperbolehkan untuk dikonsumsi, perlu diingat dan diperhatikan oleh ibu hamil ialah bahwa minuman bersoda bukanlah pilihan konsumsi yang bagus untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janin. Dan akan lebih baik jika ibu hamil menghindari minum minuman bersoda terlebih dahulu selama masa kehamilan. Masih banyak makanan maupun minuman lainnya yang memiliki nutrisi yang baik bagi perkembangan janin. Jadi sebaiknya ibu hamil lebih bijak dalam memilihi apa yang akan dikonsumsi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca juga:  Tanda Tanda Dehidrasi pada Ibu Hami, Obat Migrain untuk Ibu Menyusui)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Friday 23rd, December 2016 / 00:19 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya