Sponsors Link
     Sponsors Link

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Dingin ?

advertisement

Saat musim panas, tubuh rentan akan yang namanya dehidrasi. Suhu lingkungan yang meningkat juga membuat tubuh mudah berkeringat dan gampang haus. Terlebih jika keadaan ini terjadi pada saat hamil, padahal perubahan hormon akibat kehamilan saja sudah membuat ibu merasa gerah. Di tambah dengan lingkungan sekitar yang panas, bertambahlah rasa tidak nyaman yang ibu hamil rasakan. Untuk menyegarkan tenggorokan, meminum minuman yang dingin adalah cara yang paling ampuh. Namun, akibat beberapa mitos yang beredar di masyarakat, ibu hamil cenderung menghindari dan menjadikan es sebagai pantangan makanan ibu hamil.

Ada yang mengatakan bahwa air es bisa menyebabkan bayi besar. Ada juga yang mengatakan bisa membuat kelebihan air ketuban. Apakah benar demikian?

Mitos Bayi Besar

Dikatakan bahwa ibu yang selama hamil sering meminum air es akan melahirkan bayi yang besar. Padahal, air es dan bayi besar tidak ada hubungannya.

Bayi besar atau makrosomia adalah bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari 4.000 gram. Hal ini bisa disebabkan oleh ibu yang mengidap penyakit diabetes (kencing manis). Diabetes meilitus (DM) adalah suatu kelainan yang ditandai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Penderita diabetes sering mengalami hiperglikemia dan glukosuria. Penderita sering merasa haus, sering buang air kecil, nafsu makan berlebih dan penurunan berat badan yang tiba-tiba.

Diabetes terjadi karena insulin tidak bisa mengontrol kadar gula darah secara normal. Oleh sebab itu, penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Pada dasarnya, air es merupakan air biasa sehingga ketika di minum, baik ibu hamil sekalipun tidak akan memberikan efek yang berbahaya bagi janin. Air es tidak akan membuat bayi besar jika dikonsumsi.

Sponsors Link

Namun yang menyebabkan bayi besar justru apabila air es dicampur dengan bahan pemanis seperti gula atau sirup. Sebab, kandungan gula berlebih yang dikonsumsi ibu hamil turut meningkatkan asupan gula yang diterima janin. Akibatnya, janin akan terlahir sebagai bayi dengan berat badan yang besar. (Baca juga : gizi ibu hamil yang tepat.

Mitos Kembar Air

Mitos kehamilan lain dari mengkonsumsi air es yakni bisa menyebabkan terjadinya kembar air.

Kembar air atau polyhidramnion merupakan suatu keadaan dimana air ketuban melebihi batas normal 4-5 liter (normal 1-2 liter). Keadaan ini dapat terjadi akibat dari kelainan kongenital, diabetes mellitus, janin besar, kehamilan kembar, gangguan pada sistem pencernaan janin sehingga tidak bisa mengkonsumsi air ketuban dengan baik. Produksi urin janin yang berlebih, kelainan pada plasenta dan tali pusat dan konsumsi obat-obatan. Sama sekali tidak ada disebutkan bahwa dengan mengkonsumsi air es bisa menyebabkan kelebihan air ketuban. Jadi, tidak ada hubungannya konsumsi air es dengan keadaan ketuban berlebih.

Jadi, Air Es Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil?

Jawabannya: Ya.

Akan tetapi, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi air es terlalu sering karena perbedaan suhu antara air es dan tubuh menyebabkan tubuh harus membakar banyak kalori saat mencerna air es. Hal ini menyebabkan ibu cepat kelelahan, sehingga akan merugikan terutama jika dikonsumsi pada saat mendekati saat tanda akan melahirkan (ibu cepat kehilangan tenaga untuk mengedan). Serta hindari meminum air dingin segera setelah makan karena akan mengganggu proses metabolisme tubuh dalam mencerna dan menyerap makanan. Sebagai gantinya, setelah makan ibu hamil disarankan untuk meminum air hangat.

Sponsors Link

Minuman yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

  • Air putih – Minum air putih minimal 2 liter perhari (setara dengan 8 gelas). Perbanyak minum di siang hari dan kurangi di malam hari untuk mencegah buang kecil terlalu sering.
  • Susu – Susu mengandung manfaat kalsium bagi ibu hamil yang sangat dibutuhkan terutama untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu, susu ibu hamil juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh ibu maupun janin.
  • Jus Buah – Jus buah yang dimaksud adalah jus dari buah murni tanpa campuran gula maupun susu kental manis atau pemanis buatan lainnya. Jus dari buah buahan untuk ibu hamil, banyak mengandung vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Jelas sudah bahwa mengkonsumsi air es tidak berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin asal jangan dikonsumsi secara terus-menerus. Oleh sebab itu, ibu tidak perlu takut lagi untuk meminumnya. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi demi menjaga kesehatan ibu dan perkembangan janin.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 27th, October 2015 / 03:54 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat