Sponsors Link

97 Makanan Yang Baik Untuk Otak Janin Dalam Kandungan Agar Cerdas

Sponsors Link

Kecerdasan otak anak sangat penting dibentuk sejak masih dalam kandungan agar setelah lahir nanti telah memiliki kemampuan untuk mengolah motoriknya dan mampu berfikir dengan kreatif  lalu siap digunakan seiring bertambahnya usia.

ads

Jaringan otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasannya.

Inilah jenis makanan yang baik untuk otak janin selama berada di kandungan.

1. Hati ayam dan sapi

Nutrisi yang terkandung dalam hati ayam dan sapi dapat memberi pasokan oksigen yang cukup untuk memperbaiki dan melancarkan sirkulasi darah ke plasenta dan janin .

2. Daging ayam tanpa kulit

Kandungan zat besi yang tinggi dan protein pada daging ayam tanpa kulit terbukti mampu membentuk dan meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandunagn sampai masa persalinan tiba.

3. Ikan tuna, salmon dan kakap

Ikan tuna, salmon dan kakap mempunyai kandungan protein , Omega 3 yang kuat yang mampu membangun dan menyusun kekuatan dan kepekaan otak bayi,

4. Kuning telur

Kandungan kolin yang tinggi pada kuning telur dapat meningkatkan perkembangan  sel sel otak bayi menjadi lebih aktif dan sehat. Kuning telur juga merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui agar banyak asinya.

5. Susu murni

Susu murni yang tanpa tambahan gula dan pengawet banyak mengandung yodium, protein dan kalsium utuh yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan memperkuat daya tahan otak bayi.

6. Yogurt

Kandungan protein dan kalsium yang ada pada yogurt dapat menyehatkan dan melindungi otak janin yang sedang terbentuk.

7. Kacang tanah

Kacang tanah memiliki kandungan protein ttinggi dan asam folat yang kuat yang terbukti dapat mencegah otak dari ancaman kerusakan sekaligus dapat membantu memperkuat tulang belakang bayi.

8.Kacang kedelai

Kacang kedelai mempunyai kandungan asam amino yang tinggi yang dapat menyusun dan membentuk struktur sel sel otak agar selalu kuat sejak usia bayi masih berusia 3 sampai 4 bulan hingga masa persalinan tiba.

9. Rumput laut dan garam yodium

garam beryodium dan Rumput laut banyak mengandung yodium yang sangat berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi dan membentuk hormon didalam kelenjar tiroid.

10. Cumi-cumi dan kerang

Cumi cumi dan kerang mempunyai kandungan seng,  protein dan nukkleud acid yang tinggi yang  dapat mempercepat pembelahan sel, dan regenerasi sel pada perkembangan otak bayi.

11. Sarden

Sarden kaya dengan zat Sphingomyelin yang termasuk asam lemak essensial yang dapat mempercepat dan menstimulasi rangsangan otak dan jaringan otak bayi.

12. Ketela dan beras merah

Ketela dan beras merah adalah sumber karbohidrat yang terbebas dari kadar gula yang menyebabkan diabetes. Kandungan nutrisinya dapat kesehatan saraf pada otak bayi dan mampu membentuk jumlah sel darah merah yang sesuai dengan usia kandungan.

13. Makanan jenis Oat dan sereal

Sereal dan Oat mengandung vitamin B dan E yang tinggi yang dapat memberi cadangan energi pada otak bayi dan menjaganya dari berbagai macam serangan virus atau bakteri. Ini juga termasuk makanan sehat awal kehamilan agar janin kuat.

14. Gandum cokelat

Gandum cokelat mengandung asam amino dan serat yang sangat tinggi  yang dapat membentuk, menyusun dan menyehatkan sel sel otak bayi yang sudah terbentuk sejak usia 3 sampai 4 bulan.

15 Kacang hijau

Kandungan kalsium, fosfor, Vitamin B1 dan enzm enzim yang aktif pada kacang hijau dapat memperkuat tulang kepala dan otak bayi. (Baca : manfaat kacang hijau untuk ibu hamil)

16. Kacang polong

Kacang polong mengandung Flavonoid, carotenoid, asam folat dan polyphenol yang baik untuk melindungi dan mengontrol perkembangan otak bayi agar selalu sehat .

17.Bayam merah, pepaya, apel dan buah bit

Bayam merah, pepaya, apel  dan buah bit mengandung zat besi tinggi yang sangat berguna untuk perangsangan saraf otak agar kecerdasannya semakin meningkat.

18. Alpukat dan  biji labu

Alpukat dan biji labu mengandung vitamin E dan asam amino yang tinggi yang mampu mencerdaskan otak bayi dalam merespon suara suara yang ada diluar perut ibu, misalnya mendengarkan musik.

19. Pisang dan Keju

Pisang dan keju mengandung mengandung asam amino yang mampu mengendalikan neurotransmitter kate koalmin dan serotin yang berguna mengatur emosi dan prilaku janin selama sel sel otaknya berkembang.

20. Kacang merah

Kacang merah mengandung protein yang tinggi, omega 3, serat,magnesium, kalsium dan antioksidan yang jauh lebih tinggi dari antioksidan yang ada pada buah buahan, nutrisinya itu dapat meningkatkan sel darah merah dan kecerdasan otak bayi secara sistematik (teratur).

21. Kubis /kol

Kubis atau kol menagndung thiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, asam folat dan lain lain yang mampu menjaga dan melindungi perkembangan otak bayi

22. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung zat besi, fosfor, omega 3 dan lain lain yang dapat memperbaiki dan mempertahankan perkembangan otak bayi agar tetap stabil dan seimbang.

23. Brokoli

Brokoli mengandung kalsium yang tinggi, antioksidan yang aktif, asam folat tinggi dan anti bakteri  yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan mencegah virus atau bakteri masuk melalui aliran darah menuju otak bayi. Manfaat brokoli untuk ibu hamil juga dapat dijadikan makanan penyubur kandungan

24. Jagung manis

Jagung manis mengandung vitamin B kompleks, antioksi. fenolik flavonoid dan asam ferulat yang mampu meningkatkan kecerdasan otak bayi.

25. Jeruk dan kangkung

Mengandung vitamin, mineral, serat dan asam folat yang tinggi yang dapat mencegah resiko terjadinya cacat pada saraf otak bayi.

Baca : manfaat jeruk untuk ibu hamil


Semua makanan yang mengandung vitamin adalah baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dalam kandungan. Inilah manfaat pada tiap vitamin menurut jenisnya.

1.Vitamin A

  • Makanan yang mengadung vitamin A baik untuk meningkatkan daya tahan ibu hamil sehingga mampu mengendalikan masa masa  sulit pada trimester pertama.
  • Setelah usia 3 sampai 4 bulan masa kehamilan Vitamin A sangat berguna meningkatkan perkembangan otak bayi yang baru terbentuk.

2. Vitamin B1

  • Makanan yang mengandung vitamin B1 dapat mencegah dan mererdakan rasa mual dan meringankan muntah muntah pada ibu hamil.
  • Makanan yang mengandung vitamin B1 baik untuk meningkatkan energi bagi otak bayi agar dapat berkembang dengan lancar.

3. Vitamin B2

  • Vitamin B2 dapat menyuplai sari makanan atau zat nutrisi untuk perkembangan sel sel otak bayi
  • Vitamin B2 dapat mencegah mual mual dan pusing pada ibu hamil disaat malam hari.

4. Vitamin B3

  • Vitamin B3 dapat meredakan pegal pegal dan rasa tidak nyaman pada perut ibu hamil sehingga mencegah rasa mual dan nyeri pada pinggang.
  • Vitamin B3 mampu menjaga stabilitas perkembangan pertumbuhan otak bayi agar tetap seimbang hingga masa persalinan ibu tiba.

5. Vitamin B5

  • vitamin B5 dapat membantu memperlancar pembentukan sel darah merah diotak janin secara bertahap tetapi teratur disesuaikan usia kehamilan setiap bulannya
  • Vitamin B5 dapat melindungi dan memelihara sel sel darh merah pada ibu hamil agar terhindar dari serangan anemia dan tubuh lemas.

6. Vitamin B6

  • Vitamin b6 dapat meningkatkan perkembangan otaak bayi dan saraf pada organ tubuhnya.
  • Vitamin B6 saangat baaik untuk proses metabolime dan menjaga sistem saraf , regulasi hormon, pertumbuhan sel dan penyusunan sel darh merah padaa ibu hamil

7. Vitamin B 12

  • Vitamin 12 dapat membantu membentuk dan menguaatkan sistem saraf dalam otak janin dan sekaligus memperlancar pembentukan sel sel darah merah agar dapat menyehatkan otak bayi.

8. Vitamin C

  • Vitamin C mampu melancarkan dan mempercepat penyerapan zat besi sehingga ibu tidak mengalami anemia
  • Vitamin C bisa menjadi antioksidan tinggi yang dapat mencukupi persediaan sel darah merah didalam otak bayi.

9. Vitamin D

  • Vitamin D sangat baik untuk melancarkan jaringan pernafasan bayi sehingga jaringan otaknya yang sudah terbentuk dengan sempurna tetap normal dan sehat.
  • Vitamin D mampu menjaga kekebalan tubuh agar tetap normal dan meredakan tekanan darah tinggi serta membuat tulang ibu semakin padat dan kuat.

10. Vitamin E

ads
  • Vitamin E dapat menjaga kelenturan rahim dan kulit perut ibu hamil agar janin dapat melakukan gerakan dengan nyaman selama masa kehamilan.
  • Vitamin E mampu meningkatkan kualitas pertumbuhan sel otak bayi agar semakin berkembang dan sehat.

11. Vitamin K

  • Vitamin K sangat baik untuk melancarkan pembentukan lemak tak jenuh tunggal pada otak janin agar kesehatannya selalu terjaga.
  • Vitamin K baik untuk melaancarkan proses pembekuan darah pada luka agar terhindar dari infeksi dan peradangan, serta baik untuk kesehatan tulang.

pola hidup sehat untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan

  1. Sebaiknya makan makanan yang tidak digoreng
  2. Sebaiknya sayuran, kentang dan ketela direbus atau dikukus
  3. Sebaiknya membuat jus gabungan antara buah dan sayuran
  4. Hindari makanan yang dipanggang atau dibakar
  5. Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan berbumbu tajam
  6. Hindari makanan yang setengah matang, misalnya telur
  7. Hindari minuman kopi, soda, alkohol dan rokok
  8. Hindari buah buahan yang terlalu asam dan mengandung gas
  9. Masukkan selalu minyak ikan pada menu masakan selama masa kehamilan
  10. Perbanyak makan ikan untuk kecerdasan bayi
  11. Hindari makan kepiting karena banyak mengandung logam
  12. Hindari makan sayuran mentah misalnya pada makanan karedok, terong hijau, kol, dan lain lain
  13. Perdengarkan musik klasik setiap hari untuk ketenangan dan kecerdasan otak bayi
  14. Bentuklah komunikasi pada bayi dengan cara mengajaknya bicara
  15. Hindari stres berlebihan karena dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi
  16. Cukup istirahat agar bayi juga merasakan tubuhnya dapat beristirahat dengan nyaman.

Makanan camilan ibu hamil yang bermanfaat bagi otak bayi

  • Cokelat. Cokelat banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas sel sel otak bayi dan mencerdaskan otak secara sistematik. Konsumsilah cokelat sewajarnya dan tidak terlalu banyak.
  • Kentang rebus/kukus. Kentang baik sebgai makan pengganti nasi dan lebih sehta jika dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus. dapat menjaga perkembangan otak bayi dan melindungi fungsi otot dan saraf.
  • Ketela atau ubi jalar. Ketela atau ubi mengandung karbohidrat tapi rendah lemak dan memiliki kadar gula alami yang tidak meningkatkan kadar gula darah. Nutrisi pada ketela atau ubi dapat melindungi saraf otak dan membentuk sel sel darah merah pada otak bayi.
  • Kacang telur. Makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan telur dan minyak zaitun dapat mencegah kecacatan pada otak bayi dan menjaga perkembangan otak bayi selama masa kehamilan.
  • Jus gabungan antara sayuran dan buah. Membuat jus dengan bahan sayuran serta buah dalam satu blender misalnya tomat dan brokoli, mangga dan wortel dan sebagainya dapat meningkatkan kualitas vitamin yang didapat dalam satu hari. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak bayi, ini akibat dari efek vitamin dan antioksidan ganda yang terdapat pada jus tersebut.
  • kacang merah, kedelai dan polong. Rebusan ketiga makanan bergizi tinggi ini dapat anda konsumsi dalam satu piring. Khasiatnya dapat meningkatkan kecerdasan otak dan membentuk struktur otak bayi menjadi lebih sempurna.
  • jagung kukus/rebus. Dibuat nasi jagung tanpa parutan kelapa untuk camilan disiang hari. nutrisi pada jagung sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak usianya 3 sampai masa persalinan ibu.
  • Agar agar rumput laut. Buatlah agar agar yang dicampur susu dan kacang merah rebus  karena dapat menggadakan nutrisi yang mampu melancarkan pencernaan dan buang air besar pada ibu serta meningkatkan perkembangan otak bayi.
  • Makan apel menjelang tidur. Apel mampu memperbaiki daya tahan tubuh dan melancarkan kinerja enzim lipase sekaligus baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.
  • pepes tempe. Jadikan pepes tempe untuk camilan pada siang atao sore hari, nutisinya dapat membantu membentuk struktur sel sel otak bayi agar selalu sehat dan berfungsi dengan baik sampai masa persalinan ibu.
  • Bubur kacang hijau dan beras merah. Buatlah bubur kacang hijau yang padat dicampur sedikit beras merah dan susu untuk camilan siang dan sore hari. Kandungan nutrisinya dapat memperkuat  tulang kepala serta  mencerdaskan otak bayi.

Catatan penting :

Kini banyak suplemen makanan yang telah dibuat secara  kimia yang dapat menggantikan nutrisi alami dari sayuran dan buah buahan. Dikhawatirkan ada efek negatifnya untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan, Untuk mendapatkan pemahaman dan informasi yang benar sebaiknya bertanyalah langsung pad dokter ahli gizi, apakah mengkonsumsi suplemen diperbolehkan pada ibu hamil atau tidak.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 12th, December 2015 / 09:46 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat