6 Manfaat Infused Water Untuk Ibu Hamil dan Pembuatannya

Mungkin ibu hamil pernah mendengar mengenai manfaat infused water yang cukup banyak, terutama untuk ibu hamil yang memang membutuhkan beragam nutrisi penting selama kehamilan. Infused water sendiri merupakan satu tren baru dalam menikmati air mineral yang di campur dengan beragam buah-buahan segar yang dipotong kecil kemudian dimasukkan kedalam air. Cara ini disebut-sebut selain menambah rasa pada air mineral ternyata juga dapat menambah nutrisi pada air tersebut. (baca juga: Nutrisi Ibu Hamil Trimester)

Manfaat Infused Water untuk Ibu Hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa masa kehamilan merupakan masa yang teramat penting yang juga riskan bagi seorang ibu. Sebab didalam perutnya tumbuh janin yang membutuhkan nutrisi agar mampu tumbuh dan berkembang supaya bayi lahir sehat dan tidak bermasalah saat proses kelahirannya. Berikut manfaat yang didapat dari konsumsi infused water selama kehamilan berlangsung:

 1. Mengatasi Mual

Penyebab morning sicknes bisa sangat beragam tergantung kondisi fisik dan juga psikis ibu saat hamil. Salah satunya penyebabnya adalah karena hormon kehamilan yang meningkat selama kehamilan. Namun ada juga ibu hamil yang tak pernah mengalami morning sickness, mungkin bukannya tak pernah tapi ibu hamil cukup pintar mencari cara mengatasi rasa mual yang sering dirasakan.

Seperti dengan mengkonsumsi infused water, ini karena ibu hamil dapat menambahkan buah-buahan apa saja dalam air mineral untuk membuat infused water ini. Misalnya potongan lemon dan mentimun yang dimasukkan kedalam air dan disimpan terlebih dulu di lemari es agar sari buah serta aroma buah menyatu dengan air (baca juga: Makanan Pencegah Mual Saat Hamil)

 2. Mengatasi Pusing

Ibu hamil seringkali merasa pusing dan sakit kepala, dan bila dibiarkan begitu saja dapat membahayakan untuk ibu dan juga janin. Infused water ini pun juga dapat digunakan sebagai alternatif obat pusing saat hamil untuk ibu hamil. Ini karena memang bahan-bahan yang digunakan juga merupakan buah yang notabene sangat kaya nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Dan untuk mengatasi pusing selama kehamilan ibu hamil dapat membuat infused water dari teh hijau, daun mint dan potongan jeruk limau. Diamkan beberapa saat agar rasanya menyatu dengan air dan lebih segar.

Baca juga:


 3. Menjaga Stamina

Seperti yang kita tahu bahwa ibu yang tengah hamil stamina dan juga daya tahan tubuhnya sedikit menurun, sehingga mudah sekali jatuh sakit. Tentu ini cukup berpengaruh pada kehamilan dan juga janin yang dikandunganya. Dengan menjaga akan jauh lebih baik dari pada mengobati bukan? Dengan mengkonsumsi infused water ini misalnya saja, ibu hamil pun juga dapat memilih apa saja buah yang baik dan disukai. Buah-buahan segar yang mengandung anti oksidan tinggi mialnya jeruk dan juga leci bisa juga ditambahkan buah delima. (baca juga: Manfaat buah delima bagi ibu hamil)

 4.Melancarkan Pencernaan

Salah satu keluhan ibu hamil selama masa kehamilan adalah susah buang air besar. Faktor utama yang menyebabkannya ialah karena rahim ibu yang membesar menekan saluran cerna, meski sedikit mengganggu sesunguhnya ini hal yang biasa terjadi pada wanita saat hamil. Dengan begitu nutrisi dalam tubuh akan diserap dengan lebih sempurna oleh tubuh. ibu hamil pun juga dapat mengkonsumsi infused water untuk melancarkan pencernaan yang sedikit macet. Karena mengandung air dan juga serat buah baik untuk mengatasi susah buang air besar. (baca juga: Susah BAB Saat Hamil)

 5. Meningkatkan nafsu Makan

Seringkali saat hamil banyak ibu hamil enggan makan karena seringkali mual saat menciuma aroma makanan yang mungkin memiliki aroma yang sedikit tajam. Makan menjadi sangat penting saat hamil sebab dengan makan ibu hamil akan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Rasa yang segar pada infused water dapar digunakan untuk membntu memperbaiki nafsu makan yang menurun. (baca juga: Makanan Ibu Hamil 4 Bulan)

 6. Menghidrasi Tubuh

Selanjutnya manfaat infused water untuk ibu hamil ialah untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.  Tubuh sangat membutuhkan air untuk dapat bekerja dengan baik yang slah satunya didapat dari infused water. Terutama bagi seseorang yang tidak suka meminum air putih yang tak memiliki rasa apapun. (baca juga: Bahaya dehidrasi bagi ibu hamil)

Sesungguhnya meskipun menurut ahli gizi, buah yang telah dipotong kadungan antioksidanya telah berkurang karena telah terkena radikal bebas. Meskipun demikian air yang telah dicampur dengan buah-buahan tersebut tetaplah memiliki manfaat yang tak kalah baiknya. Infused wwater ini dapat menjadi alternatif cara mengkonsumsi air mineral, sebab konsumsi air setiaknya 2 liter setiap harinya pentng untuk membantu metabolisme dalam tubuh. (baca juga: Gizi Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan)


Cara Membuat Infused Water

Membuat infused water ini pun cukup mudah saja, hanya perlu buah-buahan segar saja. Namun yang harus diperhatikan terutama bagi ibu hamil adalah kebersihan dalam memilih buah dan juga air harus benar-benar matang. Dan jika perlu gunakan air mineral agar kebersihan dan higienisnya terjamin. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk membuat infused water pilih buah yang memiliki rasa yang cenderung masam jangan buah yang memiliki rasa manis. Buah yang memiliki rasa asam misalnya stroberi, nanas, lemon, jeruk nipis, apel dan kiwi. (baca juga: Manfaat Melon untuk Ibu Hamil)
  2. Pilih buah yang matang dan segar serta bebas dan juga aman dari bahan kimia berbahaya seprti pestisida. (baca juga: Manfaat Nanas Bagi Ibu Hamil)
  3. Seselum memotongnya cuci buah-buahan tersebut hingga bersih dari bahan kimia pestisida yang mungkin masih menempel.
  4. Iris buah tipis-tipis, atau tergantung selera dan buang juga biji pada buah.
  5. Masukan irisan buah ke teko atau tempat minum yang berukuran agak besar, kemudin tambahkan air secukupnya. Tak ada takaran pasti, hanya sesuai selera dan perkiraan saja dan jangan beri pemanis tambahan  baik gula maupun pemanis sintetis karena dapat menyebabkan diabetes kehamilan.
  6. Setelah itu sebaiknya teko yang berisi infused water buatan ini ditutup dan disimpan dalam kulkas hingga kurang lebih selama 3 jam agar rasanya semakin segar.

Manfaat infused water untuk ibu hamil ini tak lepas dari manfaat buah-buahan segar yang digunakan, ini mengapa penyajiannya akan lebih segar bila diletakkan dalam kulkas terlebih dulu agar dingin. Ini akan membuat ibu hamil tak susah saat ingin sesuatu yang menyegarkan dan juga sehat karena semuany dibut sendiri. Jadi semuanya dapat dikontrol sesuai keinginan. Jaga kesehatan selalu!

, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, January 2017 / 08:01 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat