Sponsors Link

16 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil (Ada Efek Samping) 

Sponsors Link

Susu untuk ibu hamil sudah lama banyak dibicarakan oleh berbagai ahli nutrisi khusus untuk ibu hamil. Manfaat susu bagi ibu hamil dibutuhkan bukan hanya untuk ibu tapi juga janin. Pada dasarnya ada beberapa jenis susu yang bisa diminum ibu hamil seperti susu sapi, susu kambing, susu kedelai, susu kacang hijau, dan susu almond. Seperti manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil yang bisa mencegah berbagai masalah kesehatan selama hamil sebagai akibat ibu hamil jarang minum susu hamil. Namun untuk ibu hamil susu kedelai menjadi jenis susu yang paling mudah didapatkan, dan bahkan harganya juga terjangkau. Susu yang dibuat dari bahan kedelai ini kaya dengan nutrisi kompleks dengan cara pembuatan yang cukup bersih. Susu kedelai biasanya dibuat dengan produksi di rumah dan tidak melewati proses pasteurisasi serta tidak tahan lama.

ads

Ada banyak ibu hamil yang ragu, apakah susu kedelai bermanfaat atau tidak untuk janin mereka. Berikut ini beberapa uraian mengenai manfaat susu kedelai bagi ibu hamil sesuai dengan kandungan nutrisi kedelai.

  1. Sangat baik untuk jantung ibu hamil

Susu kedelai mengandung nutrisi utama berupa lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Dua asam lemak tak jenuh dalam susu kedelai bisa membantu mencegah pembentukan kolesterol dari sumber lemak makanan dan minuman lain. Sehingga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Kemudian efeknya juga bisa meningkatkan kadar lipoprotein yang bisa membuat kesehatan jantung terus membaik. Ini sangat baik untuk ibu hamil dengan riwayat penyakit jantung. (baca: cara mendengarkan denyut jantung bayi dalam kandungan – kelainan jantung pada bayi baru lahir)

  1. Membantu penyerapan kalsium

Ibu hamil membutuhkan tingkat kalsium yang lebih tinggi yaitu sekitar 1200 mg per hari. Ada banyak sumber makanan yang mengandung kalsium seperti yogurt, susu, keju, ikan sarden, semua sayuran hijau, jeruk dan kedelai. Susu kedelai yang terbuat dari bahan kedelai mengandung bahan fitoestrogen yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Efeknya maka ibu hamil tidak akan kekurangan kalsium. Dan kalsiun menjadi nutrisi penting karena bisa membangun pembentukan jaringan tulang, gigi dan rambut untuk janin. Efeknya juga bisa mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah masuk tahap menopause. Bahkan beberapa manfaat kalsium bagi ibu hamil  juga bisa mencegah akibat kekurangan kalsium pada bayi.

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi pada ibu hamil bisa menjadi kondisi yang sangat berbahaya. Preklamsia bisa membuat ibu hamil mengalami kelahiran prematur dengan resiko kematian ibu dan bayi yang sangat tinggi. Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil bisa mencegah semua masalah hipertensi dalam kehamilan, karena susu kedelai kaya dengan asam omega 3 dan asam omega 6. Selain itu susu kedelai juga mengandung fito-antioksidan yang akan  bekerja untuk melindungi pembuluh darah. Bahan ini akan menjaga pembuluh darah agar lentur, sehat dan lebih fleksibel.

Baca: resiko bayi lahir prematur 7 bulan – ciri ciri bayi lahir prematur – penyebab bayi lahir prematur – cara mencegah bayi lahir prematur

  1. Mencegah obesitas untuk ibu hamil

Seiring dengan penambahan jumlah usia kehamilan maka berat badan ibu hamil juga akan naik. Hal ini sangat wajar karena berat badan janin juga bertambah. Minum susu kedelai yang mengandung kadar gula alami lebih kecil dibandingkan susu sapi dan susu kambing memang sangat menyehatkan. Susu kedelai bisa membantu mengelola berat badan ibu hamil sehingga tidak terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil, salah satunya seperti bayi besar dalam kandungan.

  1. Membantu kenaikan berat badan janin

Kandungan lemak utama dalam susu kedelai adalah lemak tak jenuh atau jenis lemak nabati. Lemak ini sangat baik untuk tubuh ibu hamil karena mengendalikan kolesterol dan menjaga agar pembuluh darah tetap sehat. Dan nutrisi lemak sehat ini juga diterima oleh janin sehingga bisa membantu meningkatkan berat badan janin. Namun jangan khawatir karena ini lemak nabati maka tidak akan menyebabkan bayi besar dalam perut ibu hamil. Minum susu kedelai bisa membantu sebagai cara meningkatkan berat badan janin paling alami. (Baca: penyebab berat badan bayi tidak naik – cara menaikkan berat badan bayi

ads

  1. Mencegah cacat tabung syaraf

Penyakit cacat tabung syaraf biasanya terjadi pada bayi yang dilahirkan dengan kondisi kekurangan asam folat selama kehamilan. Susu kedelai adalah susu yang bisa membantu mencegah penyakit ini. Manfaat asam folat bagi ibu hamil bisa membantu mencukupi kebutuhan ibu hamil. Asam folat dalam susu kedelai juga aktif meningkatkan pertumbuhan sel syaraf pada janin sehingga membantu bayi yang dilahirkan lebih sehat dan cerdas. Minum susu kedelai akan melindungi ibu dari masalah seperti akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil. (baca: akibat kelebihan asam folat pada ibu hamil)

  1. Membantu perkembangan organ vital janin

Susu kedelai adalah sumber protein sehat untuk ibu hamil. Ini akan membantu tubuh ibu hamil tidak hanya sehat tapi juga mendorong perkembangan organ vital janin dalam kandungan. Beberapa bahan protein alami dalam susu seperti treonin, isoleusin, arginin, glisin dan lisin bisa bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan pada janin, termasuk pembentukan organ dalam seperti kandung kemih. Jumlah protein yang dibutuhkan ibu hamil antara 40 mg – 70 mg per hari. (baca: akibat kelebihan albumin bagi ibu hamil)

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil sangat rentan dengan infeksi dan tertular beberapa penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh sedang membangun jaringan khusus untuk pertumbuhan janin. Dan susu kedelai yang mengandung vitamin A bisa mencegah masalah ini.  Vitamin A untuk ibu hamil akan membantu membangun sistem kekebalan tubuh, membantu meningkatkan volume darah sehingga bisa mencegah anemia, mencegah penyebab belekan pada bayi baru lahir dan membantu pembentukan jaringan tubuh janin. Dan tentu saja vitamin A juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata pada janin. (baca: bahaya vitamin A bagi ibu hamil

  1. Mencegah kelelahan dan kurang energi

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang sering tidak diperhatikan adalah bahwa susu ini bisa membantu menghilangkan kelelahan dan kurang energi. Ibu hamil cepat lelah memang bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama, masih bekerja secara aktif, kurang nutrisi ibu hamil dan kondisi perubahan hormon. Susu kedelai seperti memberikan nutrisi yang menyegarkan untuk tubuh. Cadangan energi yang hilang bisa segera digantikan dengan susu kedelai karena susu ini mengandung karbohidrat yang sehat dan mencegah berbagai bahaya kelelahan pada ibu hamil.

  1. Mencegah pendarahan pasca persalinan

Resiko pendarahan pada masa kehamilan sering menyebabkan masalah keguguran. Kondisi ini bisa terjadi pada semua tahap kehamilan dari trimester pertama hingga trimester ketiga. Susu kedelai yang mengandung fitonutrisi, antioksidan alami, asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 bisa membantu kesehatan lapisan pembuluh darah. Nutrisi ini juga akan melindungi sel darah dari serangan sel jahat yang bisa menyebabkan pendarahan. Dan efeknya juga bisa bertahan selama setelah persalinan.

  1. Mencegah diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang terjadi selama kehamilan. Ini bisa terjadi pada ibu hamil yang belum terkena riwayat diabetes atau memang sudah mengalami diabetes sejak sebelum hamil. Penyakit ini sering ditandai dengan kaki bengkak saat hamil. Dan yang paling berbahaya adalah bahwa penyakit ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme untuk janin sehingga janin mengalami obesitas. Susu kedelai mengandung lemak sehat dengan kadar gula alami yang sangat rendah. Susu kedelai akan membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil dan mencegah bahaya diabetes saat hamil. (baca: bahaya kaki bengkak saat hamil)

  1. Menjaga pertumbuhan rambut dan kuku untuk janin

Semua organ janin memang akan tumbuh selama dalam rahim. Nutrisi yang didapatkan dari plasenta diserap dari tubuh ibu  hamil secara langsung. Susu kedelai yang mengandung protein tinggi sangat baik untuk janin karena bisa membantu pembentukan jaringan kuku dan rambut. Protein ini juga akan mendukung perkembangan jaringan organ vital pada janin. Jadi susu kedelai memang sumber protein yang sangat sehat untuk janin.

  1. Menjaga fungsi otot, syaraf dan jantung ibu hamil

Susu kedelai yang dibuat dari kedelai juga menyumbangkan nutrisi penting selama kehamilan yaitu vitamin B1. Vitamin yang disebut dengan nama thiamin ini berperan sangat penting untuk meningkatkan pembangunan sistem syaraf dan otot pada janin, membantu jantung ibu bekerja dengan sehat, dan membantu tubuh ibu merubah sumber karbohidrat menjadi energi tubuh. Bahkan thamin sangat penting untuk menjaga agar otak janin berkembang dengan sempurna. Ibu hamil membutuhkan thiamin alami dari makanan setidaknya sekitar 1,4 mg per hari. Akibat kekurangan B1 pada ibu hamil bisa menyebabkan gejala untuk ibu hamil seperti:

  • Morning sickness berlebihan
  • Kurang nutrisi
  • Bengkak pada kaki dan tangan
  • Kaki dan tangan tidak bisa gerak karena hilang fungsi otot dan syaraf
  • Gangguan detak jantung.
    Sponsors Link

  1. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Masalah sembelit memang bukan masalah baru untuk ibu hamil. Karena tekanan perkembangan janin pada rahim juga menekan usus maka ibu bisa terkena susah BAB saat hamil dan perut melilit saat hamil. Dan juga masalah perubahan hormon yang akan membuat usus ibu hamil sulit untuk bekerja dengan baik, termasuk untuk usus besar. Susu kedelai mengandung tingkat kalori yang cukup yaitu sekitar 80 kalori untuk satu cangkir. Jumlah ini sudah dilengkapi dengan serat yang akan membuat ibu hamil tidak mudah kelaparan dan membantu melancarkan BAB pada ibu hamil.

  1. Mendukung fungsi kognitif untuk bayi

Membuat anak cerdas sejak dalam kandungan memang lebih baik dilakukan oleh ibu hamil. Dan ini adalah salah satu manfaat susu kedelai untuk ibu hamil. Kandungan asam lemak omega 3 dari susu kedelai bisa membantu jaringan sel dan syaraf otak janin lebih baik. Ini juga akan mendorong fungsi kognitif bayi menjadi lebih maju. Termasuk untuk mengatasi masalah terlambat berjalan, terlambat bicara dan berbagai gangguan lain saat bayi masuk masa perkembangan.

  1. Menurunkan resiko cacat lahir dan kematian bayi

Susu kedelah termasuk dalam makanan untuk mencegah cacat janin yang sangat menyehatkan. Susu kedelai telah menjadi gizi tambahan yang bisa membantu mencegah penyakit infeksi dan cacat lahir pada bayi. Susu kedelai mengandung protein dan vitamin E bagi ibu hamil yang bisa bekerja untuk mendorong penyerapan nutrisi untuk ibu hamil. Manfaat vitamin E untuk ibu hamil sangat baik untuk menentukan pembangunan organ bayi selama dalam rahim. Jadi ibu hamil bisa terhindar dari dua masalah ini dengan rajin minum susu kedelai.(baca: penyebab janin cacat sejak dalam kandungan – penyebab bibir sumbing pada janin)

Efek Samping Berlebihan Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang bertanya, apakah susu kedelai aman untuk ibu hamil? Hal ini disebabkan karena kandungan fitoestrogen dalam produk kedelai bisa menyebabkan kerusakan tingkat estrogen yang bisa merusak perkembangan janin dan resiko kanker untuk ibu hamil. Namun semua ini hanya terjadi jika berlebihan mengkonsumsi susu kedelai. Berikut ini efek samping lain akibat terlalu banyak susu kedelai saat hamil.

  1. Kandungan isoflavon dalam susu kedelai bisa merusak sistem estrogen dalam tubuh ibu hamil. Kemudian bisa merusak tingkat kesuburan setelah hamil dan resiko kanker.
  2. Sebuah penelitian juga menyebutkan susu kedelai memicu pertumbuhan tumor pada janin dalam rahim.
  3. Bisa menyebabkan alergi dengan gejala bengkak, sulit bernafas, ruam, muntah, mual dan asma.(baca: asma saat hamil – bahaya asma bagi ibu hamil)
  4. Bisa menyebabkan gangguan pernafasan seperti anafilaksis yang bisa menyebabkan kematian mendadak ibu hamil.
  5. Berlebihan susu kedelai juga bisa menyebabkan migren pada ibu hamil. (baca: penyebab sering pusing saat hamil – obat sakit kepala untuk ibu= hamil)

Jumlah Susu Kedelai yang Aman untuk Ibu Hamil

Mengingat ada berbagai resiko buruk ketika susu kedelai diminum secara berlebihan,maka ibu hamil harus mengendalikan jumlahnya. Menurut penelitian jumlah susu kedelai yang masih dalam tahap batas aman bagi ibu hamil yaitu sekitar 4 cangkir per hari. Kemudian susu kedelai untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengandung gula tambahan, bahan pengawet dan juga bahan perasa makanan.

Susu kedelai ternyata bisa menjadi alternatif susu untuk ibu hamil. Minuman ini sangat penting untuk mengelola kesehatan ibu hamil dan janin. Jangan ragu untuk minum susu kedelai namun juga jangan berlebihan agar tidak terkena efek samping.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 05:32 Oleh :
Kategori : Minuman Sehat