Sponsors Link

Vitamin B6 untuk Ibu Hamil – Manfaat dan Gejala Kekurangan

advertisement

Morning sickness atau gejala mual muntah merupakan salah satu gejala yang banyak dialami oleh para ibu hamil. Gejala yang satu ini bukan hanya membuat ibu merasa kurang nyaman dalam beraktivitas sehari-hari melainkan juga membuat ibu merasa lemas hingga dehidrasi. Untuk mengatasi bahaya morning sickness dapat dilakukan dengan beragam cara seperti mengkonsumsi makanan sehat serta memperbanyak vitamin B6.

Vitamin b6 untuk ibu hamil sebaiknya dikonsumsi sebanyak 1,9 miligram. Dalam hal ini vitamin B6 dapat membantu mengatasi rasa mual serta muntah yang berlebihan pada ibu hamil. Para ahli masih mempelajari bagaimana vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil karena vitamin B6 tidak memberi pengaruh yang sama pada setiap wanita. Ada beberapa dari wanita hamil yang gejala mual muntahnya berkurang setelah mengkonsumsi vitamin ini, namun ada pula yang tidak terpengaruh.

Untuk mengatasi mual muntah menggunakan vitamin B6, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Melalui konsultasi pada dokter, akan lebih membantu anda dalam menentukan perlu tidaknya mengonsumsi vitamin B6 serta berapa dosis yang dianjurkan. Untuk mengatasi rasa mual muntah di kala kehamilan dosis penggunaan B6 yang dianjurkan adalah sebanyak 10 mg untuk digunakan 3-4 kali dalam sehari.

Manfaat

Beragam manfaat vitamin B6 untuk kesehatan ibu hamil:

  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Membantu pembentukan neurotrsmitter
  • Mengurangi gejala morning sickness
  • Menghancurkan lemak dan mengubahnya menjadi energi
  • Penting untuk perkembangan otak
  • Penting untuk perkembangan syaraf
  • Menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah
  • Mencegah terjadinya penularan penyakit
  • Bagus untuk memperbaiki metabolisme tubuh
  • Menjaga keseimbangan sistam syaraf supaya tetap dalam kondisi yang baik
  • Berperan dalam memperbaiki jaringan pada tubuh yang terinfeksi akibat luka
  • Penting untuk sistem metabolisme pada tubuh
Sponsors Link

Vitamin B6 memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil, untuk itu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamn B6 menjadi hal yang penting dilakukan. Kekurangan vitamin B6 untuk ibu hamil biasanya mengalami gejala seperti orang yang kekurangan vitamin C seperti lidah terasa nyeri, gusi mengalami pendarahan serta memar di ujung bibir. Gejala-gejala tersebut biasa terjadi pada mereka yang mengalami kekurangan vitamin B6 yang bisa pula terjadi dengan diikuti rasa lelah yang luar biasa.

Gejala Kekurangan

  • Kulit ibu menjadi kering bahkan bersisik
  • Luka pada sudut bibir
  • Mudah merasa lelah karena sistem metabolisme yang tidak lancar
  • Mual dan muntah
  • Luka yang tidak kunjung sembuh
  • Fungsi hati yang terganggu
  • Memicu terjadinya gagal ginjal
  • Sistem pencernaan luka
  • Kesulitan tidur
  • Resiko bayi lahir dengan cacat
  • Merasa sesak napas
  • Resiko bayi terlahir dengan bobot tubuh kurang dari 2 kg
  • Susah tidur
  • Lidah mudah measa nyeri selain itu biasa diikuti dengan pendarahan
  • Rasa gatal di area bibir
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah
  • Meningkatnya kadar gula
  • Wajah kusam dan pucat
  • Kekurangan sel darah merah dalam tubuh
  • Mudah tertular penyakit
  • Mudah mengantuk
  • Beresiko terjadinya kelainan jantung
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan hingga menyebabkan tubuh lemas dan mudah mudah pusing
  • Susah BAB
  • Ibu kurang bertenaga ketika persalinan
  • Ibu sering merasa pegal di area punggung dan sendinya
Sponsors Link

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B6 bagi tubuh dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan sehat dengan kandungan vitamin B6 di dalamnya.

  • Sayuran hijau: daun katuk, daun singkong, kangkung dan bayam
  • Buah-buahan: tomat, alpukat, pisang dan kiwi
  • Daging: ayam, sapi, hati dan unggas

Konsumsi Vitamin pada Ibu hamil

Bagi ibu hamil menjaga kehamilan dapat dimulai dengan menjaga pola makan agar tetap baik hingga persalinan nantinya. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan zat-zat penting bagi kesehatan mampu menghindarkan anda dari resiko persalinan bayi yang tidak normal. Akan lebih baik jika ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil di dalamnya dibandingkan dengan suplemen. Berbeda dengan makanan yang secara alami telah mengandung zat baik tersebut, suplemen dalam proses pembuatannya telah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia. Jika sudah demikian, maka bayi di dalam rahim juga pasti akan mengkonsumsi vitamin B6 dengan kandungan yang telah terkontaminasi dengan bahan kimia tersebut. Dokter ahli sendiri biasa merekomendasikan kapsul racikan vitamin B6 yang biasanya telah teruji klinis sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal yang perlu diingat ketika mengkonsumsi sayuran adalah dengan tidak mengolahnya hingga hancur. Mengolah makanan dengan memasaknya hingga terlalu matang bahkan sayurannya sampai hancur dapat membuat kandungan vitamin B6 dan vitamin lainnya akan hilang. Selain itu, bagi anda yang mengonsumsi ikan karena alasan vitamin B6nya, sebaiknya memasaknya hingga matang. Ikan atau jenis makanan lain yang tidak dimasak dengan sempurna ditakutkan terdapat kuman atau bakteri yang masih hidup di dalamnya.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, March 2016 / 04:45 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil