Sponsors Link

Vitamin C untuk Ibu Hamil – Manfaat, Sumber Asupan dan Bahayanya

advertisement

Ada banyak sekali jenis vitamin yang penting bagi tubuh seperti vitamin A, B, C, D dan lain sebagainya. Beragam jenis vitamin tersebut dapat anda temukan pada asupan yang masuk ke dalam tubuh sehari- hari. salah satu jenis vitamin yang begitu penting bagi tubuh adalah vitamin C. Keberadaan viamin C ini tidak hanya berperan sebagai peningkat kekebalan tubuh melainkan juga baik untuk kesehatan kulit sehingga kulit tetap cerah dan terhindar dari penuaan dini. Bukan hanya itu, namun vitamin C juga dapat digunakan untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan seperti demam, influenza, menangkal dampak polusi bagi tubuh, serta berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Vitamin C banyak ditemukan pada beragam jenis buah dan sayur yang bisa dengan mudah kita temukan di lingkungan sekitar kita.

Untuk mendapatkan khasiat vitamin C dengan baik, sebaiknya anda mengonsumsinya dengan ukuran dosis yang tepat yaitu 120 mg. Pengonsumsian vitamin C yang berlebihan dapat menyebabkan beragam masalah pada kesehatan. Dosis berlebihan yang beresiko menganggu kesehatan adalah 2000 mg perhari sementara itu, bagi penderita ginjal, dosis 1000 mg sudah dapat membahayakan.

Manfaat

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang begitu bagus untuk kesehatan. Bukan hanya itu, vitamin ini juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil serta janinnya. Kebiasaan mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang tepat merupakan cara baik untuk menjaga kesehatan ibu maupun janinnya. Berikut ini manfaat vitamin C untuk ibu hamil :

  1. Membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu maupun janin

Vitamin C yang merupakan nutrisi penting bagi tubuh memiliki banyak sekali manfaat dimana salah satunya adalah membantu penyerapan zat besi. Manfaat zat besi untuk ibu hamil berperan dalam banyak hal seperti memproduksi darah merah di dalam tubuh. Darah merah yang tercukupi dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia.

  1. Nutrisi bagi bumil

Selama masa kehamilan ibu hamil membutuhkan nutrisi yang baik bagi kesehatan anak yang tengah dikandung beserta dirinya sendiri. Nutrisi ibu hamil tersebut berperan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak supaya terjaga asupannya.

  1. Menjaga kesegaran tubuh

Mengkonsumsi vitamin C yang cukup dapat menjaga kesegaran tubuh ibu hamil. Seorang wanita hamil membutuhkan kesegaran tubuh yang senantiasa segar supaya dapat menjaga kandungannya dengan baik. Kekurangan vitamin C dapat berakibat buruk pada ibu hamil dimana salah satunya adalah membuat tubuh ibu hamil mudah lelah dan lemas.

  1. Meningkatkan fungsi paru- paru

Mengonsumsi vitamin C meruakan salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada ibu hamil. merokok merupakan hal yang tidak dianjurkan pada masa kehamilan namun bagi ibu yang merokok, menghonsumsi vitamin C secara cukup dapat membantu memelihara kesehatan janin yang dikandung.

Sumber Asupan

Ada banyak cara untuk mendapatkan konsumsi vitamin C yang cukup seperti dengan menjaga pola asupan anda. berikut ini merupakan sumber vitamin C yang baik bagi kesehatan seperti :

  • Jambu biji – Manfaat jambu biji bagi ibu hamil dinilai sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang paling tibggi termasuk jika dibandingkan dengan buah jeruk.
  • Buah kelengkeng – Buah dengan bentuk kecil bulat ini memiliki kandungan vitamin C sebanyak 84 miligram pada tiap 100 gramnya.
Sponsors Link

  • Buah kiwi – Buah dengan rasa dan bentuk eksotik ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dimana pada tiap 100 gramnya terdapat 100 gram vitamin C. Untuk mendapatkan manfaat buah kiwi bagi ibu hamil yang maksimal, sebaiknya konsumsi buah kiwi secara langsung.
  • Buah strawberry – Buah strawberry merupakan salah satu asupan vitamin C yang bagus untuk tubuh. Pada tiap 100 gram buah strawberry, terdapat 56,7 miligram vitamin C. Buah strawberry juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah serta untuk memutihkan gigi.
  • Buah apel – Manfaat apel banyak dikenal sebagai sumber vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Namun ternyata bukan hanya vitamin A, namun buah apel juga mengandung banyak vitamin C yang berperan sebagai penghilang toksin dari dalam tubuh.
  • Tomat – Satu lagi sumber vitamin C yaitu buah tomat. Manfata tomat untuk ibu hamil juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dengan cara menjadikannya masker untuk kulit.
  • Wortel – Manfaat wortel untuk ibu hamil merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, wortel ternyata juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Bahaya Kelebihan Vitamin C Pada Tubuh

Bahaya vitamin C ternyata cukup beresiko bagi kesehatan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak main-main, berikut ini diantaranya !

  • Dampak bagi ibu hamil

Seperti yang telah dijelaskan di atas jika vitamin C merupakan jenis vitamin yang bagus untuk ibu hamil dengan catatan dosis yang digunakan tidak kelebihan. Kelebihan vitamin C untuk ibu hamil ini, dapat membuat kesehatan terganggu terutama pada bayi yang dilahirkan nanti.

  • Memperburuk orang dengan defisiensi metabolik

Kelebihan vitamin C dapat membuat sel darah merah di dalam tubuh berhenti bekerja sehingga, dapat memperburuk kondisi seorang penderita defisiensi metabolik.

  • Memperburuk penderita diabetes

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh namun ketika dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes dapat memburuk kesehatannya.

Sponsors Link

  • Penyakit ginjal

Penggunaan vitamin C yang tepat dapat mengurangi resiko terjadinya gangguan ginjal yang fatal terutama pada penderita diabetes dengan type 2. Hal ini terjadi karena protein albumin yang menurun dan dikeluarkan melalui urin. Namun bagi penderita penyakit ginjal yang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan dapat membuat keadaan semakin parah.

  • Mengganggu penyembuhan kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit berat yang mematikan. Bagi penderita kanker, sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu untuk meminta saran berapa dosis yang tepat dalam mengonsumsi vitamin C agar tidak kelebihan dalam menggunakannya. Vitamin C yang berlebihan dapat mengganggu penyembuhan dari penyakit tersebut.

  • Kelelahan

Kelebihan vitamin C dapat mengakibatkan kelelahan pada otot sehingga dapat berdampak pada sulit tidur.  Meskipun seseorang mengalami kecapekan yang luar biasa, namun tubuh sulit untuk ditidurkan.

Mengonsumsi vitamin C merupakan kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang terkadang tidak ringan. Selain dampak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan di atas, ada pula beberapa dampak lain seperti memperburuk kondisi penderita penyakit sel sabit serta dapat mengganggu penyembuhan angioplasti.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, March 2016 / 08:03 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil