Sponsors Link
     Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Varises Setelah Melahirkan Paling Mudah

advertisement

Varises adalah penyakit yang disebabkan oleh berhentinya pembuluh darah dan biasanya akan terlihat pada bagian betis. Penyebab penyakit varises salah satunya adalah berdiri terlalu lama sehingga pembuluh darah yang seharusnya kembali ke jantung tidak bisa kembali dan hanya terhenti di pembuluh vena. Pada ibu hamil, varises yang terjadi dikarenakan tertahan oleh janin sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar dan menumpuk dibagian betis. Varises pada ibu hamil biasanya akan sangat terasa setelah melahirkan. Adapun berbagai gejala varises yang harus diwaspadai.  (Baca juga: Penyebab Varises Pada Ibu Hamil , Bahaya Akibat Kelelahan Pada Ibu Hamil )

Gejala Varises Yang Harus Diketahui

1. Kaki Terasa Sakit dan Berat

Ibu hamil yang usia kandungannya mencapai 7 bulan keatas akan merasakan rasa sakit pada kakinya. Walaupun tergolong wajar, tapi hal ini perlu diwaspadai. Bisa jadi ini merupakan gejala varises. Saat hamil memang tidak begitu merasakannya, namun akan lebih terasa setelah melahirkan. Gejala varises dapat dilihat dari rasa sakit pada kaki saat berjalan. (Baca juga: Gejala Disentri Pada Bayi Paling Berbahaya , Gejala Hepatitis B Pada Ibu Hamil )

2. Rasa Sakit Pada Kaki Saat Terlalu Lama Berdiri

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga paling murah. Tapi beberapa orang biasanya akan mengeluh ketika terlalu lama berjalan kaki dan berdiri dalam jangka waktu lama. Rasa sakit pada kaki saat berdiri terlalu lama dalah gejala varises karena aliran darah yang hanya berhenti pada kaki yang mengakibatkan rasa nyeri. (Baca juga: Penyebab Bayi Lahir Prematur , Bahaya Jamu Pada Ibu Menyusui )

3. Kram dan Bengkak Pada Otot Kaki Bagian Bawah

Penyebab kram pada kaki ternyata tidak hanya kurang olahraga. Ini juga menjadi gejala awal seseorang terkena varises. Bagi ibu sesudah melahirkan yang mengalami bengkak pada bagian bawah bukanlah hal yanng umum karena menjadi tanda penyakit varises. Untuk itu agar hal ini dapat diperhatiakn dengan baik. (Bbaca juga: Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan , Penyebab Kram Kaki Pada Ibu Hamil )

Penyakit varises tidak hanya terjadi pada ibu setelah melahirkan. Ada beberapa faktor lainnya, antara lain, umur, kehamilan, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Varises juga dapat menyerang pada usia muda, khususnya bagi mereka yang sering melipatkan kaki setelah melakukan olah raga. Banyak orang yang tidak sadar dengan hal ini dan seringkali melakukannya. Misalnya saja setelah selesai lari-lari, kemudian beristirahat dengan cara melipatkan kedua kaki. (Baca juga: Resiko Ketika Mata Minus Melahirkan Normal , Resiko Melahirkan Normal Setelah Caesar )

Mengatasi varises tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan kesadaran pada diri sendiri. Beberapa orang tidak sadar dengan apa yang dilakukan sehingga mengakibatkan terjadinya varises. Varises pada ibu hamil memang seringkali terjadi dan akan sangat nampak setelah melahirkan. Adapun beberapa cara ampuh untuk mengatasi varises pada ibu hamil yang paling mudah untuk dilakukan. Kesehatan ibu setelah melahirkan tentunya akan semakin baik jika tidak mengalami penyakit varises. (Baca juga:Penyebab Bayi Lahir Tidak Menangis , Makanan Untuk Mencegah Bayi Lahir Cacat )

Sponsors Link

Cara Mengatasi Varises Setelah Melahirkan

1. Kurangi Terlalu Lama Duduk dan Berdiri

Kondisi tubuh yang berlebihan memang tidak baik. Hindari terlalu lama duduk, khususnya untuk ibu hamil dan setelah melahirkan. Terlalu lama duduk dapat menghambat aliran darah sehingga menyebabkan varises. Terlalu lama berdiri juga tidak baik sehingga harus dapat menyeimbangkan waktu berdiri dan duduk. (Baca juga: Bahaya Ibu Hamil Berdiri Terlalu Lama , Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Ibu Hamil )

2. Hindari Terlalu Sering Memakai Highheels

Tak hanya dipakai oleh kalangan anak muda, ibu hamil sekarang ini sudah banyak yang memakai highheels karena ingin tampil modis saat hamil. Beberapa highheels memang dirancangn lebih aman yang dikhususkan untuk ibu hamil sehingga tidak membahayakan. Walaupun terlihat aman, tapi pemakaian highheels ini dapat menyebabkan peredaran otot kaki pada bagian bawah tidak lancar dan menyebabkan terjadinya varises. Walaupun dampak memakai highheels saat hamil belum terlihat, tapi ini akan terasa saat sudah melahirkan. Agar lebih aman, sebaiknya ibu hamil memakai jenis sepatu atau sandal model flat. (Baca juga: Bahaya Highheels Bagi Ibu Hamil , Tips Memilih Baju Hamil Saat Kerja )

3. Menjaga Berat Badan Agar Stabil

Salah satu faktor penyeban varises adalah berat badan yang tidak proporsional. Hal ini disebabkan oleh pola makan tidak sehat yang berlebihan hingga membuat seseorang sulit berjalan karena peredaran darah tidak lancar yang menumpuk pada kaki. Bagi para ibu setelah melahirkan yang mengalami varises, sebaiknya lebih menjaga pola makan. Jika seorang ibu setelah melahirkan dan memiliki berat badan yang mengalami kenaikan, sebaiknya melakukan diet agar tidak mengalami sakit pada kaki yang disebabkan oleh varises. (Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Baru Lahir , Bahaya Obesitas Bagi Ibu Hamil )

4. Rutin Melakukan Olahraga

Setelah melahirkan tentunya tak menghalangi seorang Ibu untuk mekakukan olahraga ringan. Setelah melahirkan harus lebih banyak gerak agar kondisinya cepat pulih kembali. Salah satu masalah seoarng ibu yang baru saja melahirkan adalah varises. Munculnya varises memang tidak terasa sakit. Tapi jika dibiarkan terlalu lama akan seorang ibu kesulitan berjalan. Dengan rutin melakukan olahraga, maka akan membantu untuk mengatasi varises. Beberapa olahraga ringan adalah dengan berjalan kaki. (Baca juga: Olahraga Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil , Sit Up Bagi Ibu Hamil)

Sponsors Link

5.Memposisikan Kaki Lebih Tinggi

Setelah melakukan olahraga sebaiknya jangan melipat kaki karena ini menjadi penyebab utama seseorang mengalali varises. Agar lebih nyaman, sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi saat duduk atau pun saat berbaring. Memposisikan kaki lebih tinggi dapat melancarkan aliran arah sehingga terhindar dari penyakit varises. (Baca juga: Bahaya Berenang Bagi Ibu Hamil , Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil )

6.Menghindari Memakai Celana Yang Terlalu Ketat

Celana ketat atau skinny jeans memang terlihat lebh modis dan banyak wanita yang menyukai celana model ini. Walaupun terlihat modis, tapi celana ini ternyata berdampak butuk terhadap kesehatan, yaitu menjadi penyebab utama varises lantara peredaran darah yang tidak lancar sehingga akan berpusat pada kaki bagian bawah. Ibu hamil juga sangat tidak baik memakai celana yang terlalu ketat karena dampaknya akan terlihat setelah melahirkan. (Baca juga: Penyebab Kista Pada Wanita Muda , Cara Mengatasi Keputihan Gatal Paling Alami )

Cara pencegahan varises setekah melahirkan memang tidak sulit asalkan mau melakukannya dengan rutin. Setelah melahirkan memang terjadi perubahan pada bentuk tubuh dan telihat lebih besar. Beberapa orang juga akan mengalami varises setelah melahirkan sehingga kaki akan terasa sakit saat berjalan. Sebaiknya selama hamil sudah harus wasapada agar tidak terkena varises yang akan muncul setelah melahirkan. Varises juga menyebabkan ibu setelah melahirkan merasa kurang nyaman saat berjalan sehingga harus diantisipasi dengan baik dan aman.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, January 2017 / 11:09 Oleh :
Kategori : Pasca Hamil