Sponsors Link

13 Obat Alergi untuk Ibu Menyusui (Alergi Penyebab Flu)

advertisement

Alergi menjadi masalah semua orang termasuk bayi hingga orang dewasa. Alergi terjadi ketika tubuh Anda membentuk histamin yang lebih tinggi sehingga bisa menyebabkan beberapa reaksi seperti gatal, ruam kulit, sesak nafas, asma, radang tenggorokan dan flu atau sinusitis. Kondisi flu atau pilek pada ibu menyusui juga sering disebabkan oleh alergi terhadap debu, serbuk sari, makanan atau minuman. Semua ini biasanya sudah terjadi semenjak ibu belum hamil sehingga menjadi kondisi bawaan yang umum. Namun alergi yang menyebabkan flu atau pilek bisa menjadi lebih buruk ketika ibu menyusui. Ibu mungkin tidak akan bisa merawat bayi dengan baik karena terus menerus pilek. (baca: obat flu untuk ibu menyusui – obat pilek untuk ibu menyusui)

Jika ibu mengalami kondisi ini maka ibu bisa mencoba obat alergi untuk ibu menyusui seperti dibawah ini:

  1. Cuka sari apel

Obat pertama yang sering digunakan untuk merawat flu akibat alergi pada ibu menyusui adalah cuka sari apel. Bahan organik yang dihasilkan dari apel ini sangat baik untuk melawan pertumbuhan bakteri dan menyebabkan anti alergi yang alami dalam tubuh. Kemudian bahan ini juga bisa membantu mengurangi produksi lendir sehingga flu akan hilang dengan cepat. Kemudian cuka sari apel akan menjadi obat untuk membersihkan sistem limfatik sehingga alergi akan lebih cepat sembuh. Cara untuk merawat alergi dengan cuka sari apel adalah dengan minum satu sendok cuka sari apel yang dicampur dengan air hangat. Lakukan selama tiga kali sehari hingga alergi membaik.

  1. Ikan kaya omega 3

Alergi yang sering menyebabkan flu dan radang tenggorokan bisa disembuhkan dengan ikan yang kaya dengan omega 3. Omega 3 menjadi salah satu zat yang akan membantu meringankan alergi dengan cepat. Bahkan ini bisa mengurangi produksi histamin yang memberikan reaksi alergi berlebihan. Namun obat ini bisa dikonsumsi jika Anda juga tidak memiliki alergi terhadap makanan laut. Beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 yang tinggi adalah seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan jenis lainnya. Makanan ini juga sangat baik untuk bayi sehingga mereka bisa mendapatkan rangsangan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Jika ibu tidak bisa makan ikan atau mendapatkan ikan yang kaya dengan omega 3 maka bisa menggantinya dengan suplemen minyak ikan salmon. Ikan yang kaya dengan omega 3 juga menjadi makanan sehat untuk ibu menyusui.

Baca: vitamin untuk ibu menyusui – makanan untuk memperbanyak ASI

  1. Yogurt

Alergi bisa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang tidak lagi seimbang sehingga menyebabkan reaksi yang sangat kuat. Kondisi ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dalam tubuh menjadi lebih kuat sehingga reaksi alergi menjadi sangat besar. Jika Anda menghadapi masalah ini maka bisa mencoba untuk makan yogurt selama alergi. Yogurt akan membantu melawan bakteri dalam tubuh termasuk virus penyebab flu. Tidak masalah jika ibu juga makan yogurt dingin yang organik asalkan tidak mengandung gula pemanis yang bisa berbahaya untuk bayi. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui)

  1. Madu organik

Salah satu obat yang sangat penting untuk melawan alergi pada ibu menyusui adalah madu organik. Obat alergi untuk ibu menyusui ini bahkan bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh ibu sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Madu bisa menjadi sumber yang akan melawan alergi dalam tubuh bahkan bisa membuat air susu yang diproduksi ibu menjadi lebih banyak. Madu mengandung senyawa khusus yang bisa menciptakan antibiotik sehingga bereaksi secara alami. Namun madu tidak boleh diberikan kepada bayi dibawah usia 6 bulan. Tapi madu yang dikonsumsi ibu menyusui sangat aman untuk bayi dan tidak berpengaruh pada kesehatan bayi. (baca: manfaat madu untuk ibu menyusui

ads

  1. Teh daun jelatang

Teh yang terbuat dari daun jelatang kering sangat baik untuk melawan alergi dengan cepat. Teh ini bisa bersifat sebagai bahan antihistamin yang akan membentuk senyawa khusus untuk menyembuhkan alergi. Efeknya sama seperti jenis obat alergi antihistamin kimia yang biasa diberikan oleh dokter. Beberapa jenis teh daun jelatang semakin manjur jika dikonsumsi bersama dengan daun mint dan daun raspberi. Tapi beberapa ibu menyusui bisa menerima efek samping karena tidak kuat dengan reaksi daun jelatang.

  1. Brokoli

Brokoli menyimpan antihistamin alami dalam bentuk quercetin. Ini adalah senyawa bioflavonoid yang sangat alami untuk melawan alergi. Kemampuan quercetin bisa membantu menjaga tubuh agar tidak melepaskan histamin secara berlebihan sehingga alergi bisa dikendalikan. Ketika masuk ke tubuh maka quercetin juga menjadi bahan antioksidan yang akan melawan radikal bebas termasuk penyebab alergi. Brokoli mungkin tidak bisa bekerja dengan cepat, karena biasanya membutuhkan waktu perawatan selama 4 sampai 6 minggu. (baca: manfaat brokoli bagi ibu hamil – manfaat brokoli untuk bayi)

  1. Kacang kenari

Kacang kenari sangat penting untuk menyembuhkan alergi pada ibu menyusui. Meskipun ini termasuk jenis kacang-kacangan namun sangat baik untuk tubuh karena mengandung bahan ALA. ALA adalah salah satu senyawa yang akan bekerja untuk membantu tubuh agar bisa menghasilkan DHA dan EPA alami. Jika Anda mencoba untuk makan setidaknya 50 gram kacang kenari setiap pagi maka ini sudah bisa melawan flu akibat alergi pada ibu menyusui. Dan lebih baik jika Anda mencampur kacang kenari dengan flaxseed yang bisa membantu alergi lebih cepat sembuh. Mengkonsumsi kenari juga bisa membantu mengatasi biduran pada bayi. (baca: obat tradisional biduran pada anak)

  1. Vitamin C alami

Vitamin C sangat penting untuk membantu tubuh dalam melawan alergi. Ini sangat penting karena bisa memiliki fungsi yang hampir sama seperti minyak sehat dan omega 3. Beberapa sumber vitamin C yang sangat alami termasuk stroberi, paprika, dan jeruk disebut paling ampuh untuk menghilangkan alergi. Vitamin C akan bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kemudian bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Bahkan vitamin C juga bisa menjaga produksi ASI agar lebih banyak dan mencegah peradangan termasuk mastitis pada ibu menyusui. (baca juga: vitamin C untuk ibu hamil)

  1. Sup kaldu ayam

Sup kaldu ayam menjadi obat yang paling efektif untuk menyembuhkan alergi. Sup kaldu ayam menciptakan antihistamin yang sangat alami sehingga juga baik untuk bayi. Nutrisi yang ditemukan dalam kaldu ayam termasuk magnesium, seng, kalsium dan juga lemak sehat. Seng sangat baik untuk membantu tubuh melawan virus, sedangkan kalsium penting untuk membuat penyerapan vitamin C bekerja dengan baik. Anda bisa mencoba untuk makan sup kaldu ayam ketika hidung meler atau demam. Sup kaldu ayam juga bisa menjadi obat masuk angin untuk ibu menyusui)

  1. Menguap dengan minyak esensial

Menguap bagian hidung dan wajah ketika alergi ternyata bisa membantu meringankan alergi yang berat. Beberapa ibu menyusui yang terkena alergi akan lebih sering bersin sehingga tidak bisa memberikan ASI untuk bayi. Kondisi ini bisa menyebabkan ibu merasa pusing, hidung yang terus mengeluarkan cairan dan tidak nyaman. Jika sudah seperti ini maka ibu bisa mencoba untuk menguap bagian hidung dan wajah. Berikut ini beberapa cara dan bahan untuk menguap hidung ketika alergi:

  • Masukkan air mendidih dalam panci kemudian berikan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak aromaterapi. Kemudian arahkan bagian wajah dan hidung ke uap yang dikeluarkan dari air mendidih. Anda juga bisa mencoba menutup bagian kepala dengan handuk sehingga uap yang selalu bisa mengenai wajah.
  • Anda juga bisa memasukkan cuka sari apel ke air yang mendidih sebagai pengganti minyak kayu putih atau aromaterapi. Aroma dari campuran air dan cuka sari apel akan membuat membuat uap yang dihasilkan lebih kuat kemudian ibu bisa menggunakan uap ini untuk menyegarkan bagian hidung atau saluran pernafasan.
  1. Bawang putih mentah atau sup bawang putih

Obat alergi untuk ibu menyusui yang sangat alami juga bisa terbuat dari bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa alami seperti alisin yang bisa membuat produksi histamin dalam tubuh bisa menurun. Untuk mencobanya maka Anda bisa mencoba mengunyah bawang putih atau membuat sup bawang putih dan minum airnya. Bawang putih juga bisa menjadi antibiotik alami yang akan membuat pilek akibat alergi bisa cepat sembuh.

 
Sponsors Link

  1. Adas manis

Adas manis adalah salah satu herbal yang bisa membantu mengatasi alergi pada ibu menyusui. Terutama jenis alergi yang akan sering menyebabkan flu atau pilek pada ibu menyusui. Anda bisa mencoba untuk merebus adas manis dengan beberapa gelas air. Kemudian rendam handuk pada air tersebut dan peras lalu serap aroma adas manis yang keluar. Adas manis juga bisa menjadi obat sakit perut anak

  1. Obat antihistamin

Obat antihistamin adalah jenis obat yang bisa digunakan oleh ibu menyusui untuk mengatasi alergi. Obat ini bisa melawan alergi yang disebabkan oleh debu atau sumber alergi yang lain. Namun obat antihistamin memang tidak bisa diberikan secara bebas untuk ibu menyusui, karena ini bisa menyebabkan efek khusus pada bayi. Jumlah antihistamin yang sesuai dengan kebutuhan dan masih dalam level yang aman untuk ibu sama sekali tidak akan menyebabkan efek samping. Obat antihistamin yang cukup aman juga termasuk dekongestan khusus untuk ibu menyusui. Jika ibu menyusui ingin menggunakan obat ini maka harus berkonsultasi dengan dokter. Antihistamin juga sering digunakan sebagai obat pilek untuk ibu hamil dan obat migrain untuk ibu menyusui.

Obat alergi untuk ibu menyusui terutama yang menyebabkan flu atau pilek memang bisa didapatkan dari obat medis atau obat alami. Kondisi alergi pada ibu menyusui juga bisa sembuh secara alami sehingga terkadang tidak membutuhkan obat dokter. Jadi pertimbangkan untuk memilih obat alami sebelum menggunakan obat medis.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 05:47 Oleh :
Kategori : Kesehatan Ibu